Follow Us

  • Share

    Teknologi Yang Akan Punah di Tahun 2021

    Apakah Anda mengetahui hubungan antara bolpoin dengan kaset? Bagi Anda yang tahu, pastilah Anda merupakan “anak muda” generasi 90-an ke bawah. Namun bagi Anda yang tidak mengerti, kami yakin Anda pasti merupakan anak-anak generasi milenial. Atau malah Anda-Anda yang generasi milenial ini tidak tahu bentuk dari kaset sama sekali?

    Nah kami ingin mengajak Anda yang memiliki masa muda di tahun 90an ke bawah untuk bernostalgia karena kami yakin bagi Anda yang merupakan generasi dahulu, kami yakin artikel ini akan membangkitkan banyak memori Anda tentang masa lalu. Sementara bagi generasi milenial, kami berpesan “jangan sekali-sekali melupakan sejarah!”

    Kemudian, pertanyaan kami selanjutnya adalah sama seperti judul artikel ini: apa saja kah teknologi yang akan punah di tahun 2021?


    Meja Kerja

    Teknologi yang akan punah 2020

    Tahun 2020 merupakan tahun kehilangan meja kerja! Kami memprediksi nanti di tahun 2021 meja kerja luas dengan peralatan kerja dan kertas-kertas yang berserakan di atasnya akan mulai menghilang dari muka bumi ini.

    Dengan ditemukannya internet serta sistem kolaborasi berbasis internet saat ini, penggunaan meja kerja di lingkungan kerja maupun di lingkungan sekolah akan semakin minimal dan mungkin akan punah di 2021.


    Laboratorium Bahasa

    Teknologi yang akan punah 2020

    Orang-orang di Indonesia mungkin tidak familiar dengan laboratorium bahasa, karena di Indonesia kata laboratorium identik dengan percobaan-percobaan saintifik.

    Nah bagi Anda yang pernah kursus bahasa, mungkin mengetahui laboratorium bahasa asing yang penuh dengan komputer-komputer yang masing-masingnya tersambung dengan headphone yang super besar.

    Nah kami memprediksi di tahun 2020 segala keruwetan kabel-kabel komputer, dan headphone besar ini akan terganti dengan segala macam teknologi yang kebanyakan mengusung ide-ide compact dan portabel.


    Koran dan Majalah Cetak

    Teknologi yang akan punah 2020

    Mungkin prediksi kami tentang kepunahan koran maupun majalah cetak masih dapat Anda perdebatkan. Tapi percayakah Anda bahwa salah satu media di luar negeri, The Atlantic pernah mengadakan riset kecil-kecilan tentang nilai iklan di koran dibandingkan dengan online.

    Hasil yang didapatkan ternyata mengejutkan, nilai iklan cetak yang pada tahun 2006 berada di angka 50.000 juta dollar AS, di tahun 2012 turun hingga 20.000 juta dollar AS. Nah dilihat dari ini saja, kami cukup yakin setidaknya koran cetak akan mulai kehilangan pamornya di 2021.

    Selain itu, kini sudah banyak orang yang paham dan mampu mengoperasikan smartphone dengan baik, dan di dalam smartphone itu sendiri tersedia banyak portal untuk koran online yang bisa Anda baca secara gratis.

    Baca Juga: Tutorial dan Cara Screenshot di Laptop


    Peta Cetak

    Teknologi yang akan punah 2020

    Jika Anda sangsi akan kepunahan koran maupun majalah cetak, kami yakin anda cukup sepakat dengan prediksi kami kali ini: kepunahan peta yang dicetak di atas kertas! Lihat saja peta-peta “elektronik” yang banyak bermunculan, mulai dari MapQuest, OpenStreetMap, Waze, dan tentunya sang megabintang Google Maps.

    Kemunculan peta-peta elektronik ini kami yakin akan mampu menggeser popularitas dari peta yang dicetak, dan kami yakin di akhir 2021 peta ini sudah hilang dari muka bumi. Sederhananya, apakah Anda-Anda generasi milenial pernah melihat peta yang dicetak di atas kertas?


    Pre-Recorded Physical Media

    Teknologi yang akan punah 2020

    Semenjak popularitas internet meroket, banyak media-media yang berbentuk fisik kini tak lagi mudah ditemui. Apa maksudnya? Lihat saja para generasi milenial. Apakah mereka tahu apa itu VCS, kaset, atau CD lagu?

    Di masa sekarang saja semua hal yang dahulu disimpan dalam bentuk fisik tersebut bisa dengan amat mudah Anda temui di dalam internet.

    Revolusi ini benar-benar membawa media-media ini ke ambang kehancuran. Dengan segala kelebihannya, internet berhasil menggerus media-media ini perlahan lahan, dan kami percaya CD, VHS, kaset, disket, dan semacamnya akan menjadi salah satu teknologi yang akan punah di 2021.

    Di masa sekarang juga CD, VHS, kaset dan disket sudah bisa digantikan dengan 2 alat yang bisa menampung banyak file. Jika file yang Anda simpan tidak terlalu banyak Anda bisa gunakan flashdisk yang kapasitas memorinya bisa mencapai 64gb. Dan jika file yang Anda simpan sangat banyak, Anda bisa memanfaatkan hardisk yang kapasitasnya lebih dari 4tb.


    Remote Control

    Teknologi yang akan punah 2020

    Jangan salah paham dulu, remote control yang kami maksud di sini adalah remote control televisi. Mengapa kami bilang punah? Yah mungkin tidak 100% teknologi ini mengalami kepunahan, melainkan evolusi. Jika Anda merupakan generasi sebelum 90 an, kami yakin Anda banyak melihat perubahan pada remote televisi Anda.

    Jika di zaman dahulu remote televisi terdiri dari tombol-tombol yang amat banyak, semakin kesini, Anda akan mendapati remote televisi semakin simpel dengan sedikit tombol dan dilengkapi dengan berbagai macam teknologi semisal touch pad.

    Jadi wajar kan kalau kami memprediksi remote televisi masa kini merupakan teknologi yang akan punah di 2021. Contoh saja salah satunya yang akan menggantikan fungsi remote adalah smartphone xiaomi, yang memiliki aplikasi untuk menggantikan fungsi dari remote tv. Dan tidak hanya tv saja, ac pun bisa diubah suhu dan kecepan anginnya hanya dengan satu alat.


    Telepon Kabel

    Teknologi yang akan punah 2020

    Kali ini kami juga cukup yakin banyak dari Anda para pembaca setuju dengan prediksi kami ini, telepon kabel kami prediksi akan menjadi teknologi yang akan punah di tahun 2021. Seiring dengan berkembangnya teknologi ponsel, saat ini banyak ponsel-ponsel cerdas yang bermunculan di pasaran.

    Sekali lagi kami bahkan memiliki keyakinan bahwa anak-anak generasi milenial pun sudah tidak familiar dengan keberadaan telepon berkabel. Sama seperti kami dahulu tidak familiar dengan telepon dengan rotary dial. Sekali lagi, zaman berkembang dan pasti akan ada teknologi-teknologi terdahulu yang punah dan ditinggalkan orang-orang, kali ini telepon kabel lah korbannya.


    Desktop

    Teknologi yang akan punah 2020

    Familiar dengan istilah desktop? Anda yang berkepala 2 atau 3 mungkin masih memahami asal muasal istilah ini. Namun tidak hal nya dengan “kids zaman now”, kami yakin istilah ini identik dengan halaman utama dalam laptop/PC mereka.

    Nah istilah ini pada awalnya digunakan untuk perangkat komputer yang dahulu nya memenuhi meja kerja, terdiri atas monitor yang besar, CPU yang juga besar, serta keyboard dan mouse. Di tahun-tahun ini saja mungkin nyaris tidak ada orang-orang yang menggunakan teknologi ini, nah berdasarkan inilah jelas kami memprediksi hal ini akan hilang di tahun 2021, percayalah!

    Desktop atau yang biasa Anda sebut komputer sekarang sudah mulai jarang digunakan, karena semua orang kini s udah beralih menggunakan laptop. Ukurannya yang cukup ramping bisa di bawa kemanapun Anda pergi, dan kini sudah tersedia banyak laptop dengan kemampuan yang mumpuni bahkan bisa dibilang mengalahkan kemampuan desktop.


    Jam dengan Alarm

    Teknologi yang akan punah 2020              

    Jam dengan alarm dahulu merupakan salah satu properti film yang amat penting, dengan suara khasnya: “KRIIIIING!!” Anda yang sedang menonton film pasti tahu keberadaan benda ini. Keberadaan benda ini amat penting dahulu dan telah menyelamatkan waktu banyak orang, terutama orang-orang dengan mobilitas maupun jam kerja yang tinggi.

    Nah seiring dengan ditemukannya ponsel dan ponsel cerdas yang pasti memiliki fitur ini, keberadaannya pun mulai ditinggalkan, dan kami pun memprediksi bahwa jam dengan alarm merupakan salah satu teknologi yang akan punah di 2021 pula.

    Di zaman sekarang nika Anda ingin menyalakan alarm untuk pengingat, tak usah pergi ke minimarket dahulu untuk mendapatkan jam alarm tersebut. Cukup dengan alat yang sehari-hari Anda gunakan yaitu ponsel ataupun smartphone Anda sudah bisa menyalakan alarm sesuai dengan jam yang Anda inginkan.


    Telepon Umum

    Teknologi yang akan punah 2020

    Kapan terakhir kali Anda menyimpan kartu telepon umum di dalam kantung Anda, atau di dalam dompet Anda? Atau kapan terakhir kali Anda iseng mengorek-ngorek telepon umum mencari koin-koin yang tertinggal di dalamnya? Ahh sungguh memori yang menurut kami sulit dilupakan, dan pasti tidak dialami oleh anak-anak milenial masa kini.

    Kartu-kartu telepon yang dahulu dibuat berwarna warni dan sengaja dibuat dalam berbagai macam seri oleh PT Telkom itu pun menjadi salah satu barang koleksi yang dahulu cukup populer.

    Lalu siapa pembunuhnya?

    Lagi-lagi ponsel cerdas yang semakin lama semakin berkembang saat ini menjadi pembunuh telepon umum nomer satu di dunia. Yah meski demikian tidak ada yang perlu disalahkan bukan, karena zaman memang berkembang dan kita harus bisa menerima perubahan itu.


    Artikel Menarik Lainnya:

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah