Follow Us

  • Share

    Cara Ganti Password Gmail Paling Gampang Gak Pake Ribet

    Gmail merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan orang di dunia sosial media saat ini. Gmail berfungsi untuk mengirimkan pesan, menerima lampiran gambar dan file ke teman ataupun ke rekan kerja. Gmail sangat berguna di dunia profesional karena menjadi komunikasi utama untuk berkordinasi lintas divisi yang tidak boleh diketahui oleh siapapun.

    Karena privacy, merubah password email secara berkala menjadi solusi agar Gmail yang kamu miliki tetap aman dan tidak dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara ganti password gmail. Buat kamu yang belum tahu cara ganti password gmail kamu, Sepulsa akan memberikan tutorial cara mengganti password Gmail sekaligus membagikan rahasia membuat password yang mudah diingat namun sulit untuk ditebak, yang berarti keamanan maksimal.


    Cara Mengganti Password Gmail Menggunakan Browser

    cara ganti password gmail

    Pertama-tama tentunya kamu harus membuka browser apapun yang kamu miliki dan segera pergi ke laman Gmail melalui browser tersebut. Kamu harus melakukan ini menggunakan komputer atau laptop, karena cara ini tidak bisa dilakukan jika kamu memasuki laman Gmail mobile ataupun menggunakan perangkat ponsel.

    Setelah kamu memasuki laman yang memiliki tampilan seperti di atas, kamu bisa melakukan sign in dengan cara mengisi email kamu pada kolom email.

    Setelah itu, kamu akan memasuki laman di dalam Gmail yang berisi surel-surel yang masuk ke dalam akun kamu. Arahkan mouse ke tombol dengan lambang gir di pojok kanan atas laman website.

    cara ganti password gmail

    Kemudian klik tombol berbentuk gir tersebut dan akan muncul menu drop down berisi berbagai macam pilihan. Setelah itu, kamu bisa klik pilihan settings. Di dalam laman settings terdapat berbagai macam menu yang berwarna biru seperti general, labels, inbox, accounts and import, filters and blocked addresses, dan sebagainya. Kamu bisa klik pilihan accounts and import di sebelah atas.

    cara ganti password gmail

    Setelah kamu klik tombol accounts and import, kamu akan memasuki laman yang dengan berbagai macam pilihan dan di pilihan paling atas terdapat tulisan berwarna biru bertuliskan change password.

    cara ganti password gmail

    Setelah itu, kamu akan diminta memasukkan password sebelumnya. Jika kamu sudah lupa password sebelumnya, kamu bisa meresetnya dan dengan mudah membuat password baru yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kemudian ketikkan password baru yang harus terdiri dari setidaknya 8 karakter. Setelah itu klik tombol change password.

    Kemudian, kamu bisa mencoba untuk masuk ke dalam akun kamu dengan password baru yang kamu miliki untuk mengetahui apakah proses penggantian password sudah berhasil atau belum.

    Baca Juga : Cara Mengganti Password Instagram 


    Cara Mengganti Password Gmail Menggunakan Android

    cara ganti password gmail

    Pertama-tama, kamu harus mencari aplikasi settings di Android kamu. Nah, jika telah menemukannya, silahkan klik aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut biasanya berbentuk gerigi, atau biasanya terletak di menu drop down di atas layar ponsel kamu. Namun, hal ini bergantung dari merk dan jenis ponsel pintar kamu.

    Kemudian, kamu akan menemukan menu-menu seperti Themes, Lock Screen, dan sebagainya. Menu tersebut terdapat di dalam section personal. Salah satu pilihan di dalam menu tersebut adalah Google. Klik menu bertuliskan Google atau Google services, atau Google settings untuk kamu para pengguna ponsel cerdas Samsung.

    cara ganti password gmail

    Di dalamnya, kamu juga akan kembali menemui berbagai macam menu, dan salah satunya adalah menu Account. Pilihlah pilihan sign-in & security. Setelah kamu memilih menu tersebut seharusnya kamu sudah dapat memasuki pilihan Password dengan tulisan change your password di bawah pilihan tersebut. Pilihlah pilihan tersebut.

    Langkah selanjutnya adalah mengetikkan password kamu sebelumnya untuk memverifikasi diri. Setelah kamu sukses memverifikasi diri maka kamu akan diminta untuk memasukkan password baru dan memasukkannya sekali lagi untuk mengonfirmasi. Setelah itu silahkan pilih tombol change password dan selanjutnya kamu bisa melakukan sign in ke dalam akun Google agar dapat mengetahui apakah penggantian password yang telah kamu lakukan berhasil atau tidak.

    Baca Juga : Cara Mengatasi Lupa Password Gmail 


    Cara Mengganti Password Gmail Menggunakan Laman Google My Account

    Sesuai dengan namanya, kamu bisa memasuki laman google my account menggunakan browser yang kamu miliki. Jika cara pertama yang kami bagikan hanya bisa digunakan untuk kamu yang menggunakan laptop atau komputer, maka cara ini dapat digunakan walaupun kamu hanya menggunakan browser dari ponsel.

    Sebenarnya caranya tidak terlalu jauh dengan cara pertama yang kami bagikan ke kamu. Pertama-tama, kamu bisa melakukan sign in dengan akun yang ingin kamu ubah passwordnya, dan jika kamu lupa password kamu, kamu bisa meresetnya dan menggantinya dengan yang baru.

    Setelahnya, kamu bisa langsung klik signing in to Google pada bagian sign in & security. Di dalam menu ini, kamu akan menemukan menu ubah password maupun account recovery options. Untuk mengganti password Gmail kamu, silahkan klik password.

    Selanjutnya kamu bisa mengganti password Gmail kamu sebagaimana cara-cara sebelumnya.

      Baca Juga : Cara Ganti Password Wifi 


    Cara Mengganti Password Gmail yang Terlupa

    Nah bagian ini khusus kami ulas bagi kamu semua yang ingin mengganti password Gmail yang terlupa, atau dengan kata lain mereset ulang password Gmail kamu.

    Pertama-tama, kamu bisa mengunjungi laman google account support page. Kamu dapat melakukan ini dari perangkat apapun baik dari laptop/komputer ataupun dari ponsel cerdas kamu atau kamu bisa memasuki laman ini dengan klik pilihan need help? di bawah kolom pengisian password di laman sign in Google.

    Kemudian, kamu akan diperintahkan untuk memasukkan akun email kamu. Setelah itu, kamu akan diperintahkan untuk memasukkan password terakhir yang dapat kamu ingat. Jika kamu berhasil memasukkan salah satu password terakhir yang kamu ingat biasanya proses reset password ini akan jauh lebih mudah.

    cara ganti password gmail

    Jika kamu tidak berhasil mengingat salah satu password terakhir, kamu akan masuk ke dalam laman seperti di atas. Kamu bisa klik pilihan try a different question. Pilihan ini akan mengarahkan kamu ke dalam beberapa metode untuk verifikasi identitas kamu.

    Pilihan yang bisa kamu pilih bergantung dari informasi recovery yang berhubungan dengan akunmu. Beberapa metode yang dapat kamu pilih misalnya pesan langsung ke dalam piranti Android kamu, mendapatkan SMS recovery ataupun panggilan telepon, mendapatkan recovery email, ditanyakan tanggal dan bulan saat akun kamu di buat, hingga diminta untuk memasukkan alamat email baru untuk mendapatkan kode verifikasi.

    Sebelum kamu benar-benar bisa mereset password, Google akan berusaha untuk memverifikasi identitas kamu sebelumnya. Jika kamu sudah melakukan verifikasi, kamu akan mendapatkan instruksi baru untuk mereset password akun Gmail kamu.

    Setelah berhasil memverifikasi identitas kamu, kamu akan diminta memasukkan password baru. Kemudian, kamu akan diminta memasukkan password baru sekali lagi dan kamu bisa klik change password. Setelah berhasil, kamu bisa mengecek apakah kamu berhasil mereset password dengan melakukan sign in dengan password baru kamu. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat!

    Baca Juga: Cara Download Video di Facebook

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah