Follow Us

  • Share

    Metode Praktis Transfer Uang Dari Layanan Bank Mandiri

    Selain untuk menabung, fungsi utama rekening Bank Mandiri adalah mempermudah Anda dalam melakukan transfer uang. Dengan memiliki rekening sendiri, Anda tidak perlu selalu datang ke bank.

    Kamu bisa memiliki beragam pilihan cara transfer uang Bank Mandiri. Untuk yang menyukai cara transfer tradisional, kamu dapat mengunjungi kantor cabang Mandiri di berbagai kota di Tanah Air, untuk kamu yang ingin transfer uang dengan cara yang praktis, kamu bisa memilih fasilitas perbankan lewat SMS atau internet.

    Selengkapnya tentang cara transfer uang di Bank Mandiri adalah sebagai berikut.

    Cara transfer uang dari Bank Mandiri

    Bank Mandiri memiliki fasilitas transfer antar bank untuk memudahkan nasabah yang ingin melakukan transfer dari rekening Mandiri ke bank lain. Untuk fasilitas transfer ini, Anda dapat melakukannya melalui ATM Mandiri atau ATM Bersama, SMS banking, mobile banking, dan internet banking Mandiri. Banyak pilihannya, bukan?

    ATM

    Untuk transfer melalui ATM dari rekening Mandiri ke rekening penerima dari bank lain, berikut adalah caranya.

    • Masukkan kartu debit Mandiri ke mesin ATM, tekan PIN Anda. Jangan sampai Anda salah memasukkan PIN ya. Jika sampai salah tiga kali berturut-turut, kartu debit Anda akan diblokir dan tidak dapat digunakan lagi sampai Anda mengurusnya ke bank.
    • Setelah muncul laman menu utama, pilih menu “Transaksi Lainnya”.
    • Klik pilihan “Transfer”, setelah itu klik pilihan “Antar Bank Online”.
    • Jika Anda belum tahu tiga angka kode bank tujuan, pilih “Daftar Kode Bank”. Di sana tertera daftar nama bank beserta kodenya. Ingat-ingat kode tiga angka dari bank tujuan Anda. Misalnya, kalau Anda akan mentransfer ke Bank BCA, di sana tertulis 014. Angka tersebut adalah kode Bank BCA yang akan Anda tuju untuk mentransfer uang.
    • Klik “Kembali”, lalu masukkan tiga angka kode bank tujuan diikuti dengan nomor rekening penerima. Pilih “Benar”.
    • Masukkan jumlah uang yang ingin kamu transfer, lalu pilih “Benar”.
    • Selanjutnya akan tampak data-data tentang transfer Anda seperti nomor rekening tujuan, nama penerima, dan jumlah transfer. Jika semua data sudah benar, pilih “YA”.
    • Jika transfer berhasil, di layar akan tertulis transfer berhasil. Bukti transfer akan keluar dari mesin ATM.

    Baca juga: Tutorial Lengkap Menggunakan Aplikasi Livin By Mandiri

    Mandiri SMS banking

    Apabila Anda ingin menggunakan SMS banking, pastikan nomor telepon seluler yang akan Anda gunakan sudah terdaftar dalam fasilitas SMS banking Mandiri. Jika belum, Anda perlu mendaftarkan mendatangi kantor cabang Mandiri dan mendafarkan nomor Anda.

    Cara transfer uang Bank Mandiri dengan SMS adalah sebagai berikut.

    • Pilih menu SMS pada telepon seluler Anda.
    • Ketik TRT.
    • Kirim hasil ketikan yang benar ke 3355.
    • Anda akan mendapat pesan balasan yang meminta nomor PIN. Masukkan PIN sesuai yang diminta.

    Cara transfer melalui SMS tersebut tidak sulit, tetapi Anda akan membayar biaya kirim SMS sesuai dengan tarif operator nomor Anda. Untuk setiap SMS dari Mandiri yang Anda terima, pulsa Anda juga akan terpotong Rp500.

    Cara berikutnya adalah menggunakan fasilitas Mandiri Mobile, yaitu aplikasi yang dapat diunduh dari PlayStore Android atau App Store iOS. Jika Anda sudah punya Mandiri Mobile ini, Anda perlu masuk ke akun Anda dengan memasukkan PIN yang tepat.

    Setelah berhasil masuk ke akun Anda, pilih menu “Transfer”, lalu masukkan kode bank tujuan diikuti nomor rekening tujuan dan jumlah transfer. Anda akan menerima SMS berisi one time password. Masukkan password tersebut, lalu masukkan PIN Mandiri Mobile Anda, kemudian selesai.

    Baca juga: Perbedaan Layanan BI FAST dan Realtime Online

    Internet banking Mandiri

    sms banking mandiri

    pilihan transfer ke uang dari rekening Mandiri ke rekening bank lain selanjutnya adalah menggunakan fasilitas internet banking. Berikut cara selengkapnya.

    • Siapkan token internet banking yang sudah Anda dapatkan dari bank sebelumnya.
    • Gunakan komputer yang memiliki jaringan internet bagus, lalu buka tautan www.ib.bankmandiri.co.id.
    • Pada laman internet banking tersebut, Anda perlu memasukkan username dan PIN berupa enam angka
    • Setelah berhasil masuk ke akun Anda, pilih “Transfer”, lanjutkan dengan “Antar Bank Online”.
    • Isi semua kolom yang diminta dengan benar seperti jumlah transfer, bank tujuan, dan nomor rekening penerima.
    • Klik “LANJUTKAN”, kemudian akan muncul data-data tentang transfer Anda.
    • Apabila semua data sudah benar, hidupkan token milik Anda, lalu klik APPLY 1 pada token Anda.
    • Masukkan beberapa angka challenge code yang terlihat di laman transfer ke dalam token. Tunggu beberapa detik sampai muncul kode di token.
    • Masukkan kode di token ke laman transfer Anda, kemudian klik “LANJUTKAN”. Transfer pun selesai.
      Mandiri juga memiliki fasilitas Mandiri Online yang dapat diakses melalui www.ibank.bankmandiri.co.id. Cara transfer uang ke rekening bank lain hampir sama dengan cara menggunakan internet banking di atas. Hanya saja, Anda tidak menggunakan token melainkan SMS untuk menerima password.

    Sama seperti saat Anda melakukan transfer uang ke rekening lain, cara transfer uang Bank Mandiri ke sesama rekening Mandiri juga dapat dilakukan melalui ATM, SMS, mobile banking, internet banking, dan Mandiri Online.

    Caranya pun hampir sama. Namun, kamu harus memilih menu “Rekening Mandiri”, bukannya pilihan “Bank Lainnya”. Anda tidak perlu memasukkan kode bank tujuan, melainkan langsung nomor rekening penerima dan jumlah uang yang ingin Anda transfer.

    Apabila Anda ingin mentransfer uang dalam jumlah besar melebihi transaksi maksimal harian, kamu dapat melakukan transfer dengan mengunjungi kantor Bank Mandiri. Jangan lupa bawa buku tabungan Anda.
    Itulah cara transfer uang Bank Mandiri yang perlu Anda tahu. Banyaknya pilihan membuat para nasabah bisa memilih cara mana yang paling nyaman bagi mereka.

    Baca juga

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah