Follow Us

  • Share

    Langkah-Langkah Mendaftar Internet Banking Mandiri

    Fasilitas internet banking Mandiri memungkinkan para nasabah untuk melakukan transaksi di mana saja. Di era internet seperti sekarang, fasilitas ini menjadi favorit banyak orang. Bagaimana tidak, dengan internet banking Anda bisa melakukan hampir semua transaksi perbankan, mulai dari transfer uang, berbelanja online, sampai melakukan pembayaran tagihan rutin hanya dari rumah.

    Nah, jika Anda ingin menikmati kemudahan tersebut, daftarkan rekening Anda ke pelayanan internet banking. Cara daftar internet banking Mandiri cukup mudah. Yang terpenting Anda memenuhi semua syarat dan prosedur pendaftaran. Berikut ini informasi selengkapnya.

    Syarat Daftar Internet Banking Mandiri

    Agar pendaftaran internet banking yang Anda lakukan berjalan lancar dan Anda dapat menikmati fasilitasnya, Anda perlu memenuhi syarat-syarat berikut ini.

    Wajib menjadi nasabah Bank Mandiri – Fasilitas internet banking Mandiri hanya bisa diakses oleh para nasabah bank bersangkutan. Jika Anda belum memiliki rekening Mandiri, tentunya Anda harus membuatnya terlebih dulu sebelum dapat mendaftar internet banking. ( baca : Gampang kok Mengajukan Rekening Baru di Bank Mandiri )

    Buku tabungan – Buku tabungan adalah bukti bahwa Anda memiliki rekening Mandiri. Bawa buku tabungan ini ketika Anda melakukan aktivasi internet banking di kantor Bank Mandiri terdekat. Pendaftaran harus dilakukan oleh orang yang namanya tercantum di dalam buku tabungan.

    Kartu identitas – Untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik buku tabungan, Anda harus menunjukkan kartu identitas berupa KTP, SIM, atau Paspor yang masih berlaku. Apabila menggunakan KTP, pastikan Anda sudah mendaftar e-KTP.

    Surat kuasa – Apabila Anda ingin mendaftar internet banking untuk rekening atas nama organisasi atau badan usaha, Anda perlu membawa surat kuasa. Surat tersebut menyatakan bahwa Anda secara sah ditunjuk oleh perusahaan sebagai wakilnya dalam mengurus urusan perbankan di Bank Mandiri.

    Itulah syarat untuk melakukan pendaftaran internet banking Mandiri. Syarat tersebut memang hanya ada empat sehingga nasabah tidak perlu kesulitan memenuhinya.

    Langkah Mendaftar Internet Banking Mandiri

    cara daftar internet banking mandiri

    Cara daftar internet banking Mandiri pada dasarnya terdiri dari tiga tahap utama, yaitu: melakukan pendaftaran melalui mesin ATM, melakukan aktivasi, dan membeli token PIN agar Anda bisa melakukan transaksi online.

    Dimulai dari tahap pertama, Anda harus melakukan pendaftaran, bisa langsung mendatangi kantor Bank Mandiri atau lebih praktis melalui mesin ATM. Jika melalui ATM, caranya adalah sebagai berikut.

    • Masukkan kartu debit Anda ke mesin ATM dan tekan PIN.
    • Pada menu utama, pilih “Transaksi Lainnya”, lanjutkan dengan pilihan “E-Banking”, lalu “Internet Banking”.
    • Selanjutnya tekan enam angka sebagai PIN. Enam angka ini akan digunakan dalam membuat akun internet banking Anda nanti.
    • Tekan “BENAR”, lalu masukkan PIN sekali lagi. Tekan “BENAR” lagi.
    • Jika pendaftaran berhasil, akan ada tulisan di layar ATM yang menyatakan pendaftaran berhasil. Bukti pendaftaran pun akan keluar dari mesin ATM.

    Dan setelah melakukan pendaftaran melalui mesin ATM, rekening Anda sudah terdaftar dalam fasilitas internet banking Mandiri.

    Namun, Anda harus melakukan aktivasi dengan cara berikut.

    • Pastikan koneksi internet Anda lancar, lalu buka aplikasi internet di laptop atau telepon seluler Anda.
    • Masuk ke laman www.ib.bankmandiri.co.id dan klik pilihan “Pengguna Baru/Registrasi Ulang”.
    • Klik “Setuju” setelah Anda membaca syarat dan ketentuan Mandiri Internet.
    • Pada kolom “Access ID”, masukkan enam belas digit nomor kartu debit Anda. Jika Anda melakukan pendaftaran melalui e-mail, masukkan access ID yang dikirim ke alamat e-mail yang Anda gunakan.
    • Pada kolom “Access Code”, masukkan enam angka yang Anda gunakan saat Anda mendaftar di mesin ATM.
    • Ketik “Aktifkan”, maka akan muncul kolom user ID dan passsword.
    • Masukkan user ID yang ingin Anda gunakan dan password-nya. Keduanya akan Anda gunakan setiap kali Anda masuk ke akun internet bangking Anda. Jadi, pastikan Anda ingat user ID dan password tersebut. Jika takut lupa, catat di tempat yang aman dan tidak bisa dilihat orang lain.

    Setelah melakukan tujuh langkah di atas, cara daftar internet banking Mandiri pun sudah lengkap. Anda sudah dapat masuk ke akun dan dapat langsung mengecek informasi rekening seperti jumlah saldo dan mutasi yang terjadi. Namun, Anda belum bisa melakukan transaksi online seperti melakukan transfer, berbelanja, dan membayar tagihan listrik.
    Untuk bisa menikmati fasilitas transaksi online.

    Cara Pembayaran Online

    • Datang ke kantor Bank Mandiri terdekat untuk membeli token PIN. Bawa syarat yang dibutuhkan seperti buku tabungan, kartu identitas, dan surat kuasa jika kamu mewakili organisasi atau badan usaha.
    • Mengisi formulis pendaftaran token PIN yang diberikan oleh petugas.
    • Lakukan pembayaran token PIN senilai Rp20.000.
    • Setelah mendapatkan token PIN, Anda bisa melakukan aktivasi melalui akun internet banking Anda.
    • Di akun internet banking, pilih menu “Administrasi”, lalu pilih “Aktivasi Token PIN Mandiri”.
    • Tekan tombol merah di token PIN Anda, lalu masukkan enam angka PIN token ATM Anda.
    • Pada layar akan muncul tulisan “Apply—”, tekan angka 2, lalu di layar token akan muncul enam angka.
    • Masukkan enam angka di layar token ke dalam kolom di laman internet banking Anda, lalu pilih “benar”.
    • Pengaturan PIN token pun selesai. Kamu sudah dapat menggunakan token Anda untuk mendapatkan one time password setiap kali Anda melakukan transaksi online.

    Jika Anad masih bingung tentang penggunaan token PIN ini, tak usah khawatir. Dalam setiap pembelian token PIN baru, terdapat buku panduan yang menjelaskan langkah penggunaan token PIN dengan cukup jelas.

    Dengan aktivasi token PIN, cara daftar internet banking Mandiri pun selesai. Anda dapat menikmati semua fasilitas transaksi online, mulai dari transfer, pembayaran tagihan listrik, sampai melakukan pengaturan direct debit untuk memudahkan Anda saat berbelanja di online merchant dengan 3D secure.

    Baca juga

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah