Follow Us

  • Share

    Perbedaan Layanan BI Fast dan Realtime Online

    BI FAST merupakan layanan baru dari Bank Indonesia yang berguna untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan digital.

    Transaksi perbankan menjadi aktivitas rutin sehari-hari yang dilakukan banyak orang. Mulai dari cek saldo, mutasi rekening, hingga transfer dana ke beda bank. Bank Indonesia selaku pihak yang memiliki wewenang dalam pengelolaan sistem pembayaran, telah memperkenalkan layanan baru, yaitu BI FAST pada akhir 2021 lalu. Layanan ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam bertransaksi perbankan.

    Pengertian BI FAST

    Berdasarkan informasi dari situs resmi Bank Indonesia, BI FAST merupakan infrastruktur sistem pembayaran terbaru dari Bank Indonesia yang akan memfasilitasi transaksi pembayaran ritel secara aman, efisien, dan real time. Nantinya, layanan ini akan muncul di aplikasi mobile banking, internet banking dari masing-masing bank yang menerapkan BI FAST. 

    Penerapan BI FAST ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan perencanaan bank masing-masing. Harapannya, ayanan ini menjadi jawaban dari kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan transfer uang dengan cepat, efisien, kapan saja, dan biaya transaksi yang lebih terjangkau, yaitu Rp2500 per transaksi.

    Biaya ini relatif jauh lebih murah dibanding transfer antar bank konvensional, yaitu Rp6.500,-. Nantinya, setiap penggunaan BI FAST, masing-masing bank terkait harus membayarkan Rp19,- per transaksi ke Bank Indonesia. 

    tujuan BI FAST

    Tujuan BI FAST

    BI FAST memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan transaksi yang lebih mudah, cepat, dan aman. Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut ini ulasannya.

    • Meningkatkan konsolidasi sistem pembayaran di Indonesia dan integrasikan perekonomian digital secara end to end.
    • Menyelaraskan national driven agar sejalan dengan Peraturan Bank Indonesia yang berlaku.
    • Selaras dengan kebijakan Bank Indonesia, mulai dari moneter, stabilitas sistem keuangan, hingga sistem pembayaran dengan terciptanya ekosistem yang interoperable, integrated, dan interconnected. 

    Kelebihan BI FAST

    Sebagai produk baru dalam transaksi perbankan, BI FAST memiliki kelebihan yang bisa dinikmati nasabah. Adapun beberapa kelebihan tersebut adalah sebagai berikut ini.

    Durasi Transaksi

    Kelebihan pertama dari BI FAST adalah layanan untuk proses transaksi yang digunakan berbasis realtime. Artinya semua transaksi yang dilakukan akan diproses pada saat itu juga. Hal ini tentu berbeda dengan SKNBI dan RTGS yang harus membutuhkan waktu transaksi setidaknya 2-3 hari kerja.

    Baca juga: Gunakan Cara Berikut Ini untuk Transfer Uang dengan Layanan BNI

    Kesiapan Layanan

    BI FAST siap membantu nasabah untuk menyelesaikan segala kegiatan transaksi setiap saat selama 24 jam non stop. Keunggulan ini menjadikan BI FAST sebagai produk yang cukup efisien dan diandalkan. Berbeda dengan SKNBI dan RTGS yang membatasi jam operasional layanan dari 06:30 hingga 16:30 WIB.

    Instrumen Pembayaran

    BI FAST dapat melayani berbagai transaksi perbankan. Mulai dari transfer debit, kredit, melalui ATM, hingga uang elektronik. 

    Opsi Pembayaran

    BI FAST bisa digunakan untuk semua kanal pembayaran, seperti mobile atau internet banking, counter bank, dan bahkan kemungkinan bisa bertransaksi melalui QR Code, ATM, atau EDC. 

    perbedaan BI FAST dan Realtime online

    Pengertian Realtime Online 

    Realtime Online merupakan semua bentuk transaksi yang dilakukan melalui internet atau mobile banking, dan ATM. Realtime Online (RTO) mengarah pada waktu transaksi yang dibutuhkan nasabah dalam memindahkan dana dari rekening ataupun pembayaran di e-commerce. Realtime Online bisa dilakukan kapan dan di mana saja tanpa harus kamu mengunjungi kantor cabang bank tersebut. 

    Lalu, apa saja perbedaan BI FAST dan Realtime Online?

    Biaya Admin Transfer

    Biaya transaksi antara BI FAST dan Realtime Online merupakan perbedaan yang paling mencolok. Biaya transfer beda bank untuk fitur BI FAST, nasabah hanya dikenakan sebesar Rp2.500, sedangkan Realtime Online, nasabah akan dikenakan biaya Rp6.500 per satu kali transfer.

    Nominal Transfer

    Realtime Online hanya bisa melayani maksimal Rp25 juta untuk per transaksi. Sementara BI FAST, nasabah bisa melakukan transfer hingga Rp250 juta per transaksi. Namun, nominal ini akan disesuaikan dengan masing-masing bank.

    Baca juga: Motede Praktis Transfer Uang dari Layanan Bank Mandiri

    Kelengkapan FItur

    BI FAST dilengkapi oleh fitur proxy address sehingga nasabah bisa melakukan transaksi tanpa harus menggunakan nomor rekening. Data yang dibutuhkan hanyalah nomor handphone atau alamat email sebagai alternatif nomor rekening. 

    fitur BI FAST

    Cara Menggunakan Fitur BI FAST di Masing-Masing Bank

    Hingga saat ini, sudah ada beberapa bank yang menerapkan fitur BI FAST di sistem pembayarannya. Berikut ini beberapa cara mudah menggunakan BI FAST di BCA, BNI, dan Livin by Mandiri.

    BI FAST di BCA

    • Buka situs mybca.bca.co.id.
    • Login menggunakan BCA ID kamu.
    • Setelah berhasil, pada halaman utama, klik menu “Transfer”, lalu klik “Ke Rekening Bank Lain”.
    • Selanjutnya, pilih jenis transaksi, tulis nomor rekening tujuan, dan jumlah nominal dana yang ingin ditransfer.
    • Kemudian, klik menu “BI FAST” pada jenis transfer.
    • Berikutnya lakukan validasi di website myBCA dan klik “Lanjut”.
    • Transaksi kamu selesai dan tunggu bukti transfernya keluar. 

    BI FAST di BNI

    • Lakukan login pada aplikasi BNI Mobile Banking.
    • Pada halaman utama, klik menu “Transfer” dan pilih “BI FAST’.
    • Selanjutnya, masukkan nomor rekening yang dituju dan nominal dana yang ingin ditransfer.
    • Kemudian klik “Selanjutnya”.
    • Masukkan kata sandi dan tunggu hingga proses selesai. 

    Baca juga: Tutorial Mudah Transfer Uang dari ATM BCA

    BI FAST di Livin by Mandiri

    • Login aplikasi Livin by Mandiri.
    • Klik menu “Transfer” lalu pilih dan klik “Transfer ke Penerima Baru”.
    • Masukkan nomor rekening yang dituju, lalu klik “Lanjutkan”.
    • Masukkan nominal dana yang ingin ditransfer dan pilih “Metode Transfer dan Tujuan Transfer”.
    • Selanjutnya pilih “BI FAST” dan tujuan transfer.
    • Cek kembali nomor rekening, nama penerima, dan nominal dana yang ditransfer.
    • Jika semuanya benar, masukkan PIN.
    • Transaksi selesai.

    Sejauh ini BI FAST cukup diterima dengan baik oleh nasabah. Selain memudahkan dalam melakukan transaksi, BI FAST juga memiliki biaya admin transfer ke beda bank yang terjangkau. 

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah