Follow Us

  • Share

    Tutorial Mudah Transfer Uang Anda Dari ATM BCA

    Saat ini, berbelanja secara online sudah menjadi gaya hidup sehari-hari masyarakat modern. Membeli sebuah barang dari toko online bukan lagi hal yang asing. Bagaimana dengan Anda, apakah pernah melakukan pembelian dengan memanfaatkan toko online?

    Pada umumnya, ada beberapa metode pembayaran yang biasa digunakan dalam proses jual beli di toko online. Pertama, melalui kartu kredit. Kedua, online payment gateway seperti Paypal. Ketiga, melalui transfer bank. Keempat, melalui Cash on Delivery (COD). Masing-masing metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    Dari keseluruhan metode tersebut, yang paling umum digunakan oleh orang awam adalah transfer bank. Metode ini bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Hanya saja, metode ini membutuhkan langkah lanjutan yaitu pengiriman bukti transfer, berupa foto struk transfer. Ini adalah bukti yang biasanya dibutuhkan toko online sebelum memproses sebuah pesanan.

    Salah satu bank yang menawarkan jasa transfer melalui ATM adalah BCA. Seperti kita ketahui, BCA adalah salah satu bank tepercaya yang menawarkan beragam kemudahan kepada nasabahnya. Nah, berikut adalah cara transfer uang lewat ATM BCA, baik ke lain bank maupun sesama BCA.

    Cara transfer uang dari ATM BCA ke lain Bank

    Kehadiran gerai ATM sesungguhnya merupakan solusi praktis yang masih banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Di sini, para nasabah bisa melakukan berbagai aktivitas transaksi finansial maupun nonfinansial. Begitu pula untuk melakukan transaksi finansial berupa transfer ke bank lain, Anda bisa melakukannya di gerai ATM BCA.

    Ada dua syarat utama yang perlu Anda persiapkan saat hendak melakukan transaksi di ATM BCA. Pertama, Anda tentu harus memiliki kartu ATM atau kartu debit. Pastikan kartu tersebut masih dalam keadaan baik alias utuh. Kedua, Anda harus mengetahui PIN dari kartu ATM tersebut. PIN menunjukkan kepemilikan yang sah terhadap rekening tersebut.

    Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk melakukan transaksi ke bank selain BCA di gerai ATM.

    • Masukkan kartu ATM BCA ke tempat yang tersedia. Pastikan posisinya sudah tepat, yaitu menghadap ke atas dengan sisi kiri yang dimasukkan pertama.
    • Setelah kartu ATM masuk, di layar akan muncul panduan untuk mengisi PIN. Biasanya, PIN terdiri atas 6 digit. Masukkan dengan hati-hati karena jika salah pada percobaan ketiga, kartu akan langsung terblokir.
    • Jika PIN yang dimasukkan sudah benar, di layar akan muncul beberapa menu. Pilihlah menu “Transaksi Lainnya”.
    • Kemudian, lanjutkan ke pilihan, “Transfer” dan menu “Ke Rek Bank Lain”.
    • Nah, setelah itu akan muncul sebaris tempat untuk memasukkan kode bank dan nomor rekening yang dituju. Anda bisa mencari kode bank pada pilihan yang tersedia. Biasanya, kode bank terdiri atas 3 digit. Untuk setiap bank, kode yang digunakan berbeda-beda.
    • Setelah informasi ini selesai diisi, akan muncul layar yang meminta Anda memasukkan nominal yang akan ditransfer.
    • Lalu, ada pertanyaan tentang No Referensi. Bagian ini bisa dikosongkan.
    • Setelah semua terisi, pada layar ATM akan muncul informasi transaksi yang akan Anda lakukan, mulai dari nomor rekening yang dituju, nama pemilik rekening, hingga nominal transaksi. Jika semua sudah benar, tekan OK atau Ya.
    • Kemudian, selembar struk akan keluar dari ATM. Jangan membuang struk ini karena akan menjadi bukti yang menunjukkan Anda sudah melakukan transaksi.

    Perlu diketahui bahwa untuk melakukan transfer dana ke bank lain dari BCA, ada biaya administrasi yang dibutuhkan.

    Baca juga: Perbedaan Layanan BI FAST dan Realtime Online

    Transfer ke sesama pengguna pelanggan Bank BCA

    cara transfer uang dengan ATM BCA

    Selain ke bank lain, tentunya Anda juga boleh melakukan transfer ke rekening bank BCA. Nah, apa saja langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk itu?

    • Masukkan Kartu ATM BCA ke tempat yang tersedia di mesin ATM.
    • Isilah PIN ATM dengan benar. Pada layar akan muncul beberapa menu transaksi. Pilihlah “Menu Transaksi Lainnya”.
    • Setelah itu, pilih menu “Transfer” dan “Ke Rek BCA”.
    • Kemudian, masukkan nomor rekening BCA yang dituju.
    • Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan nominal yang akan ditransfer.
    • Setelah semua langkah ini selesai, Anda akan melihat data transaksi yang baru saja dimasukkan, yaitu berupa nama penerima, nomor rekening, dan jumlah yang akan ditransfer. Jika sudah benar, pilih YA atau OK.
    • Selanjutnya, struk akan keluar, begitu pula kartu ATM.

    Cara transfer uang lewat ATM BCA memang sangat praktis dan mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak melakukan transaksi melalui metode ini.

    • Pertama, jangan memberikan informasi yang bersifat rahasia kepada orang asing yang belum Anda kenal. Bahkan, jika ada orang yang mengaku dari pihak bank, PIN harus tetap dirahasiakan.
    • Kedua, sebelum melakukan transaksi, amati dahulu lingkungan sekitar. Pada zaman sekarang, ada banyak hal yang bisa terjadi, termasuk kejahatan fisik di area mesin ATM.
    • Ketiga, Anda harus mengetahui strategi yang paling aman jika terjadi kondisi darurat. Misalnya, ketika kartu ATM tertelan atau ketika mesin macet sementara transaksi belum selesai. Hubungilah nomor yang tepat, yaitu nomor customer service BCA.
    • Keempat, jika ada orang yang berniat membantu, tetapi melakukan gerak-gerik yang mencurigakan, Anda sebaiknya segera waspada.

    Nah, demikian cara transfer uang lewat ATM BCA. Ada pula cara lain, yaitu dengan melakukan transfer melalui bank dan menggunakan e-banking. Jangan lupa, setelah melakukan transfer, Anda berkewajiban untuk mengabari si penerima uang dengan menyertakan bukti berupa foto struk transfer.

    Baca juga

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah