Follow Us

  • Share

    Silakan Cek Nomor Rekening Mandiri Kamu Dengan Cara Berikut

    Rekening bank merupakan hal yang sangat penting sekarang ini. Kebanyakan orang sekarang menggunakan bank untuk bertransaksi. Berbeda dengan dulu, ketika transfer uang sering melalui pos atau pelayanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan pos.

    Transfer melalui bank membutuhkan nomor rekening. Nomor inilah yang menjadi ‘identitas’ perbankan Anda. Namun, nomor rekening menggunakan angka-angka yang tidak mudah diingat. Rekening Bank Mandiri misalnya, menggunakan belasan angka sehingga sedikit saja orang yang benar-benar menghafalkan nomor rekeningnya. Tak mengherankan, orang sampai kebingungan mencari catatan nomor rekeningnya sendiri ketika membutuhkan.

    Kalau kamu juga lupa nomor rekening dan kehilangan catatan yang berisi nomor rekening tersebut, Anda tak perlu khawatir. Anda dapat dengan mudah melakukan cek nomor rekening Mandiri. Bagaimana caranya? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini ya.

    Cek nomor rekening di buku tabungan Bank Mandiri

    Cara paling mudah untuk menemukan nomor rekening Mandiri-mu adalah dengan mengecek di buku tabungan. Saat Anda membuka rekening, Anda tentu mendapat buku tabungan.

    Di halaman depan buku tersebut, tidak hanya terdapat nama, alamat, dan tanda tangan pemilik buku tabungan, tetapi juga informasi nomor rekening. Hal inilah yang membut Anda harus menyimpan buku tabungan dengan baik. Anda bisa saja membutuhkannya sewaktu-waktu untuk mencari nomor rekening atau bertransaksi di bank.

    Namun, kebanyakan orang tidak membawa buku tabungan ke mana-mana, apalagi dengan adanya fasilitas internet dan mobile banking, orang sudah jarang menggunakan buku tabungan manual untuk bertransaksi di bank. Mereka lebih memilih bertransaksi praktis menggunakan laptop atau telepon seluler.

    Jika Anda membutuhkan nomor rekening, tetapi buku tabungan sedang tidak ada di tangan Anda, Anda harus mencari alternatif cek nomor rekening Mandiri lainnya.

    Cek melalui ATM

    cek nomor melalui ATM mandiri

    Selain buku tabungan, Anda dapat mengecek nomor rekening Mandiri melalui ATM. Kunjungi ATM Mandiri atau ATM Bersama terdekat, lalu masukkan kartu debit Mandiri-mu ke dalam mesin ATM tersebut. Masukkan PIN dengan benar, lalu di menu utama, Anda bisa memilih “Penarikan Uang”. Saat Anda melakukan penarikan tersebut, di bukti penarikan akan tertulis nomor rekening Anda.

    Pilihan lainnya, Anda bisa mencoba dengan cara melakukan transfer. Setelah Anda mengisi data-data transfer dengan benar, biasanya akan muncul informasi tentang nomor rekening pengirim dan penerima. Jika nomor ini sudah muncul, Anda bisa mencatat atau mengambil gambar nomor tersebut, lalu membatalkan transfer.

    Jika ternyata tidak muncul, kamu bisa melakukan transfer sehingga bukti transfer tercetak di mesin ATM. Di bukti transfer tersebut tertulis nomor rekening pengirim. Untuk melakukan ini, Anda bisa melakukan transfer ke teman atau ke rekening Anda lainnya.

    Mengecek melalui E-Banking

    mengecek nomor melalui ebanking mandiri

    Cara cek nomor rekening Mandiri berikutnya adalah menggunakan layanan E-banking. Mandiri memiliki tiga fasilitas e-banking utama, yaitu: menggunakan aplikasi yang disebut Mandiri Mobile, melalui internet banking, dan Mandiri Online. Mandiri Mobile bisa dipasang di Android atau iOS, sedangkan internet banking dan Mandiri Online dapat diakses melalui browser di laptop atau telepon seluler.

    Meskipun ada tiga jenis e-banking Mandiri, Anda tak perlu bingung harus mengecek nomor rekening menggunakan cara yang mana. Pasalnya, ketiganya dapat digunakan untuk mengecek nomor rekening. Caranya pun mirip satu sama lain, berikut cara selengkapnya.

    • Buka aplikasi Mandiri Mobile kalau Anda memakai mobile banking. Kunjungi ib.bankmandiri.co.id atau ibank.bankmandiri.co.id. Yang pertama adalah situs untuk internet banking, sedangkan yang kedua merupakan situs Mandiri Online.
    • Masukkan nomor kartu debit atau username dan PIN Anda dengan benar.
    • Setelah berhasil masuk ke akunmu, Anda dapat memilih “Informasi Rekening”, di sana akan tertulis jelas nomor rekening Anda.

    Langkah mengecek nomor rekening sendiri melalui e-banking memang sangat mudah. Anda bisa melakukannya dari mana saja selama Anda memiliki akses internet cukup baik.

    Yang menjadi sulit adalah ketika Anda belum melakukan pendaftaran e-banking, tetapi Anda kehilangan buku tabungan dan kartu debit Anda. Misalnya, saat Anda mengalami sesuatu yang tak diinginkan seperti kecopetan. Jika yang terjadi adalah demikian, Anda harus langsung mendatangi kantor Bank Mandiri terdekat.

    Untuk menanyakan nomor rekening ke kantor Mandiri saat Anda kehilangan buku tabungan dan kartu debit, Anda perlu membuktikan identitas diri Anda. Gunakan kartu identitas yang Anda pakai ketika membuka rekening Mandiri dulu. Jika identitas Anda berbeda dengan yang Anda pakai untuk mendaftar dulu, pihak bank dapat menolak memberikan nomor rekeningmu kepada Anda untuk alasan keamanan.

    Itulah beberapa cara cek nomor rekening Mandiri. Nah, sebelum hal-hal merepotkan seperti di atas terjadi pada Anda, selalu lakukan hal-hal berikut.

    • Simpan buku tabungan dengan baik – Anda mungkin jarang membutuhkannya, tetapi buku tabungan tetap sangat penting. Jangan sampai buku tabungan Anda berjamur atau bahkan dimakan rayap ketika disimpan.
    • Catat nomor rekeningmu di lebih dari satu tempat – Anda bisa menggunakan buku catatan, telepon seluler, dan komputer. Dengan mencatat nomor rekening di beberapa tempat, Anda tak perlu khawatir jika salah satu hilang. Masih ada catatan di tempat lain yang bisa Anda baca.
    • Minta tolong keluarga atau teman dekat untuk menyimpan nomor rekeningmu – Apabila kesulitan menemukan nomor rekening Anda sendiri, Anda bisa bertanya kepada mereka. Pastikan orang yang Anda mintai tolong adalah orang yang Anda yakini tidak akan melakukan hal-hal tak diinginkan menggunakan nomor rekening Anda.

    Dengan langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah menemukan nomor rekening Anda. Kalaupun catatan Anda hilang, Anda masih bisa cek nomor rekening Mandiri dengan banyak cara yang telah dijelaskan di atas.

    Baca juga

    Yuk, Cek Cara Bayar BPJS Melalui Layanan Bank Mandiri!

    Gampang kok Mengajukan Rekening Baru di Bank Mandiri

    Top Up e-Wallet

    1 Komentar

    • herlisanurliani
      March 22, 2021 at 8:06 am

      ingin melihat tgal lahir yg tertera di bank mandiri atasnama rekening saya

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    1 Komentar

    • herlisanurliani
      March 22, 2021 at 8:06 am

      ingin melihat tgal lahir yg tertera di bank mandiri atasnama rekening saya

      Balas Komentar