Follow Us

  • Share

    Cara Membuka Rekening Baru di Bank Mandiri

    Untuk Anda yang bekerja di sektor swasta, perusahaan Anda biasanya mengharuskan karyawannya untuk memiliki rekening bank swasta nasional. Salah satu pilihannya adalah Mandiri.

    Nah, kalau Anda tertarik untuk membuat rekening Mandiri, berikut ini adalah cara, syarat, dan biaya pembukaan rekening yang perlu Anda ketahui.


    Syarat Membuat Rekening Mandiri

    syarat membuat rekening mandiri
    syarat membuat rekening mandiri

    Agar Anda bisa buka rekening Mandiri, Anda harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:

    • Kartu identitas—bisa berupa KTP bagi WNI; kartu pelajar dan surat izin orang tua bagi pelajar; paspor dan surat keterangan izin tinggal bagi WNA.
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)—apabila belum memiliki NPWP, Anda harus mengisi formulir surat pernyataan bahwa Anda belum memilikinya.
    • Anda harus memiliki nomor telepon yang bisa dihubungi.
    • Anda membawa uang untuk setoran awal.

    Hanya dengan empat syarat di atas, Anda sudah dapat membuka rekening Mandiri.


    Cara Membuka Rekening Mandiri

    Saat membuka rekening, Anda harus datang sendiri ke kantor Mandiri. Bank ini telah memiliki cabang di seluruh Indonesia sehingga Anda dapat mengunjungi kantor terdekat di daerah Anda.

    Setelah sampai ke bank, utarakan kepada penjaga keamanan yang biasanya berjaga di pintu masuk bahwa Anda ingin membuka rekening baru. Beberapa penjaga keamanan akan menanyakan kelengkapan dokumen sebagai syarat pembukaan rekening baru.

    Namun, terkadang, Anda langsung diberi nomor antrean ke bagian customer service. Tunggulah sampai nomor antrean Anda disebut, kemudian temui petugas jika giliran Anda sudah tiba.

    Bank Mandiri memiliki beberapa jenis rekening, berikut ini diantaranya:

    • Rekening tabungan perorangan—dibuat untuk Anda yang menggunakan rekening untuk keperluan pribadi. Rekening ini tersedia baik di Mandiri biasa maupun Syariah Mandiri.
    • Rekening tabungan bisnis—bisa atas nama Anda sebagai pemilik usaha atau atas nama badan usaha Anda.
    • Rekening tabungan rencana—untuk Anda yang ingin menabung dalam jangka panjang. Jenis rekening ini memiliki bunga yang lebih tinggi dan perlindungan gratis menggunakan asuransi.
    • Rekening tabungan investor—untuk perseorangan atau badan usaha yang ingin berinvestasi di pasar modal.
    • Rekening tabungan haji—untuk Anda yang ingin menabung biaya beribadah ke Tanah Suci.
    • Rekening tabungan valas—cocok untuk Anda yang menyimpan dana dalam mata uang asing.
    • Rekening tabungan TKI—untuk Anda yang berencana bekerja di luar negeri sebagai buruh migran.
    • Rekening tabunganKu—rekening untuk Anda yang tidak berniat menabung dalam jumlah banyak. Saldo minimal rekening ini hanya Rp20.000 dan tidak ada biaya administrasi bulanan.
    • Rekening tabunganMU—jenis rekening untuk mitra usaha mikro dan menengah. Tidak ada biaya administrasi bulanan untuk jenis rekening ini.

    Mandiri memang memiliki banyak pilihan jenis rekening yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Maka dari itu, saat Anda mau membuka rekening Mandiri, Anda harus tahu jenis rekening mana yang ingin Anda buka.

    • Isi semua formulir dengan hati-hati – Anda akan diminta mengisi beberapa formulir yang menanyakan identitas pribadi Anda. Isi dengan lengkap dan tanyakan kepada petugas kalau ada yang Anda tidak pahami.
    • Serahkan KTP dan NPWP kepada petugas untuk difotokopi – Jika Anda sudah membawa fotokopian KTP dan NPWP, jangan lupa tunjukkan aslinya kepada petugas. Setelah selesai, tunggu sampai buku tabungan dan kartu ATM baru Anda (jika ada) jadi.
    • Serahkan setoran awal kepada petugas teller- Sambil menunggu buku tabungan dan ATM diproses oleh petugas, Anda harus membayar setoran awal ke petugas teller. Jumlah setoran awal berbeda-beda, tegantung jenis rekening yang Anda pilih.
    • Tanda tangani buku tabungan dan kartu ATM – Setelah buku dan kartu ATM jadi, Anda harus menandatangani keduanya. Petugas bank akan membantu Anda bagaimana menandatangi buku tabungan di tempat yang benar.
    • Urus pelayanan perbankan yang Anda butuhkan – Setelah selesai, Anda bisa langsung mengurus pelayanan perbankan yang dibutuhkan, misalnya internet banking, mobile banking, dan SMS banking.

    Biaya Membuat Rekening Mandiri

    Untuk membuat rekening Mandiri, dibutuhkan setoran awal sejumlah minimal Rp500.000 untuk rekening tabungan biasa dan tabunganKu, dan Rp1.000.000 untuk rekening tabungan bisnis. Untuk rekening jenis valas, rencana, dan investor, Anda harus menanyakan informasi detailnya langsung kepada petugas bank.

    Jenis rekening lain memiliki setoran awal minimal lebih rendah, yaitu Rp100.000 untuk tabungan haji; Rp50.000 untuk rekening mitra usaha; Rp10.000 untuk rekening tabungan TKI. Cukup murah, bukan?

    Menariknya, setoran awal ini hanya dibutuhkan untuk membuka rekening. Pihak bank tidak akan mengambilnya. Begitu buku tabungan dan kartu ATM Anda jadi, Anda bahkan bisa langsung mengambil setoran awal ini.

    Yang terpenting Anda menyisakan sejumlah dana sebagai saldo minimal yang jumlahnya tergantung pada jenis rekening yang Anda pilih.

    Dengan memenuhi syarat dan membayar biaya ini, Anda pun bisa buka rekening Mandiri dan menikmati seluruh fasilitas. Misalnya, fasilitas Mandiri mobile, online, direct debit, dan auto-debet yang memudahkan Anda dalam bertransaksi dan membayar tagihan.

    Top Up e-Wallet

    3 Komentar

    • sulton auliak
      August 23, 2019 at 3:26 am

      Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..mau nanya mas..kalau misal milih tabungan haji..ber arti uang itu khusus buat tabungan haji doang ya..!! Apa bisa di ambil jika kita perlu

      Balas Komentar
    • Herwan
      September 25, 2020 at 1:12 pm

      Siag bos, mU nanya bos kalo mau bikin rekenig mandiri make SIM idetitas nya bisa enga bos, ,

      Balas Komentar
    • Simon
      June 22, 2021 at 8:28 am

      Untuk luar daerah, Kenapa buat rekenining baru mandiri harus pakai surat domisili..??

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    3 Komentar

    • sulton auliak
      August 23, 2019 at 3:26 am

      Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..mau nanya mas..kalau misal milih tabungan haji..ber arti uang itu khusus buat tabungan haji doang ya..!! Apa bisa di ambil jika kita perlu

      Balas Komentar
    • Herwan
      September 25, 2020 at 1:12 pm

      Siag bos, mU nanya bos kalo mau bikin rekenig mandiri make SIM idetitas nya bisa enga bos, ,

      Balas Komentar
    • Simon
      June 22, 2021 at 8:28 am

      Untuk luar daerah, Kenapa buat rekenining baru mandiri harus pakai surat domisili..??

      Balas Komentar