Follow Us

  • Share

    Penasaran Berapa Penghasilan Youtuber? Simak Disini!

    Youtube adalah situs website berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal tahun 2005. Situs yang biasa digunakan sebagai hiburan dan sarana informasi ini kabarnya bisa “menggaji” para kreator alias Youtubernya dengan nominal uang yang fantastis. Benarkah demikian?

    Di masa pandemi ini, banyak sekali artis dan public figure yang mengaku bergantung penghasilannya kepada Youtube. Tidak heran kalau banyak orang awam yang kemudian berharap hingga ratusan juta perbulan dari AdSense tanpa perlu ngantor.

    Adsense adalah produk jaringan periklanan dari Google yang keuntungannya ditentukan oleh banyak faktor. Penghasilan dari Youtube bukan hanya berdasarkan jumlah klik ataupun view pada iklan yang muncul, melainkan juga berdasarkan negara, topik video, dan harga iklan itu sendiri.

    Selain adsense, youtuber juga mendapat penghasilan dari menjual produk sendiri, affiliate marketing, dan sponsor.

    Kamu harus mengetahui lebih detil mengenai setiap sumber pemasukan youtuber agar tidak salah fokus dalam membangun kanal youtube. Karena membangun sebuah channel yang sukses adalah proses yang panjang!


    Penghasilan Youtuber di Indonesia

    Ada yang menyebutkan jika penghasilan youtuber kasarnya mendapatkan 1 USD per 1000 views.

    Namun sayangnya angka ini merupakan angka yang ada bertahun-tahun lalu. Jujur saja, saat ini algoritma Youtube sudah jauh lebih pintar bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, sehingga seringkali sulit untuk menentukan pendapatan Youtuber hanya dari views mereka.

    Bahkan dalam beberapa ‘teori’ dikatakan bahwa semakin populer isi dari kontenmu maka semakin besar nilai yang bisa kamu dapatkan. Akan tetapi sebenarnya memang tidak ada yang benar-benar tahu berapa jumlah pendapatan dari adsense per view nya.

    Tapi salah satu hal yang barangkali di antara kamu banyak yang mengeluhkan adalah jumlah views video sudah mencapai puluhan ribu, tetapi pendapatan masih diangka belasan dollar atau bahkan dibawah 10 dollar. Kenapa?

    Hal tersebut terjadi dikarenakan Indonesia memiliki Effective cost per mille yang rendah dibandingkan dengan negara lain, apalagi Amerika yang bayaran per 1000 views nya bisa mencapai 1 sampai 7 USD.

    Di Indonesia, perhitungan kasarnya adalah kamu bisa mendapat sekitar 7000 rupiah per 1000 tayangan. Maka kalau video kamu mendapat 1 juta views, pendapatan yang bisa diperoleh setidaknya adalah 550 USD atau sekitar Rp7.000.000. Angka tersebut merupakan perkiraan, namun lebih realistis dibanding 1 USD (13 ribu rupiah) per 1000 views.

    Angka tadi bisa didapat berdasarkan dua faktor penting dalam penayangan iklan: CPM (Cost per Mille) dan CPC (Cost per Click)


    Pembayaran Biaya per Seribu Tayang dan Biaya per Klik

    Biaya per Seribu, adalah uang dihasilkan per 1000 view ke video kamu . Untuk youtuber Amerika, BPS biasanya berkisar di 2 USD per 1000 view.

    Berbeda untuk pasar Indonesia yang tentunya lebih rendah, BPS youtuber Indonesia biasanya berkisar di 0,5 USD per 1000 view. Atau 7000 rupiah per 1000 tayangan.

    Biaya per Klik adalah uang yang dihasilkan per klik iklan di video atau channel kamu . Untuk youtuber Indonesia, BPK berkisar di 5000 rupiah. Permasalahan yang ada disini adalah, untuk setiap 1000 tayangan kamu biasanya hanya akan mendapat 3 klik, alias CTR yang hanya 0,3%.

    Rumus pendapatannya adalah RPM (Revenue Per Thousand Impression pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1000 impresi) = penghasilan bersih/jumlah tampilan halaman x 1000.

    Penghasilan Publisher Adsense (RPM) yang diperoleh youtuber indonesia berkisar antara $1 – $5, ini juga tergantung dimana wilayah kamu tinggal, jenis konten, relevansi iklan, dan lamanya iklan tayang pada setiap video. (sumber)


    Pendapatan Lain Seorang Youtuber

    Nah dari banyaknya Youtuber yang menghasilkan pundi-pundi, sebagian besar ada yang menyebutkan dari mana saja mereka bisa mendapatkan penghasilan. Ternyata adsense merupakan bagian kecil dari pendapatan mereka.

    Adapun pendapatan lain yang bisa didapatkan oleh seorang Youtuber adalah dari endorsement, iklan, hingga saat kolaborasi. Ada pula beberapa Youtuber yang mengenakan tarif khusus apabila ingin dijadikan bintang tamu di kanal Youtube lain.

    Selain itu Youtuber, khususnya yang sering melakukan review juga kadang mendapatkan kekayaan dalam bentuk produk. Sebut saja reviewer laptop dan ponsel cerdas, seringkali mendapatkan produk secara cuma-cuma untuk direview.

    Cara Mengetahui Penghasilan Youtuber

    kamu pasti penasaran kan dengan semua youtuber yang sudah sukses, kenapa dia bisa membeli ini itu sesuai dengan yang dia inginkan, dan rata-rata harganya juga mahal. Dibalik semua barang-barang branded yang bisa dibeli oleh youtuber pastinya ada banyak penghasilan yang didapat dari Youtube itu sendiri.

    Jika kamu penasaran sebenarnya berapa sih penghasilan dari masing-masing youtuber, kamu bisa cek langsung penghasilan Youtuber itu melalui socialblade. Disana kamu bisa mengetahui semua tentang Youtuber yang kamu cari, mulai dari grade youtuber itu sendiri, estimasi penghasilan per bulan dan estimasi penghasilan per tahunnya juga.

    Baca Juga: Berapa Penghasilan Pramugari di Indonesia?

    Adapun beberapa perkiraan penghasilan Youtuber di Indonesia berdasarkan Social Blade adalah sebagai berikut ini:

    1. Deddy Corbuzier; sekitar Rp 280 juta hingga Rp 4,2 miliar per bulannya.
    2. Atta Halilintar; sekitar Rp 400 juta hingga Rp 7 miliar per bulannya.
    3. Dalang Pelo; sekitar Rp 50 juta hingga Rp 800 juta per bulannya.
    4. Jurnalrisa; sekitar Rp 56 juta hingga Rp 1 miliar per bulannya.
    5. Denny Caknan; sekitar Rp 140 juta hingga Rp 2,1 miliar per bulannya.
    6. Vincent Raditya; sekitar Rp 25 juta hingga Rp 420 juta per bulannya.
    7. Motomobi; sekitar Rp 7 juta hingga Rp 100 juta per bulannya.
    8. Jess No Limit; sekitar Rp 336 juta hingga Rp 5,6 miliar per bulannya.
    9. Jessica Jane; sekitar RP 220 juta hingga 3,6 miliar per bulannya.

    Angka di atas memang hanyalah perkiraan saja. Lebih jauh lagi kebanyakan Youtuber mengklaim kalau penghasilan yang ditampilkan di Social Blade lebih akurat ke jumlah yang lebih kecil.

    Akan tetapi toh, dengan jumlah subscribers yang mencapai jutaan, dan views yang sudah mencapai jutaan tentu saja biaya para sponsor dan brand yang ingin beriklan pada mereka pun sangat mahal.

    Nah, apakah kamu masih tertarik untuk menjadi seorang Youtuber?

             Baca Juga: Cara Membuat Akun Youtube Pertama Kamu 

    Beli Pulsa di Sepulsa

    32 Komentar

    • Virgoe
      August 13, 2019 at 3:36 am

      Kecil juga penghasilan youtuber.. gk ada harapan buat youtuber kecil..
      Mending cari kuli bangunan,, dapat 70000 perhari..hahahh

      Balas Komentar
      • Neo
        October 8, 2019 at 9:38 am

        Di tempat ane, tukang 200,000 kalo kuli 100,000 an..hehehe..

        Balas Komentar
      • Y
        October 2, 2020 at 3:22 am

        Itu kan satu vidio upload setiap hari sebulan 30 vidio , misal misal paling minim youtuber kecil udah pasti 20 ribu viewers meskipun belum sampek 10 ribu subs itu satu vidio 140 ribu satu bulan 4,2 juta yang pasti ngorban ngeyoutube sakit diawal kemungkinan 5-7 bulan lah rajin upload itu yang kasar yah buat monetisasi sisanya nikmatin aja dah jadiin hobby buat konten

        Balas Komentar
        • Satber
          January 11, 2021 at 12:27 pm

          Benar ini kata si Y.
          Kalo mau banyak pendapatan ya upload setiap hari

          Balas Komentar
          • Doni
            March 14, 2021 at 1:26 pm

            Belum tentu upload tiap hari jd jaminan. Upload tiap hari tp konten recehan, auto sepi viewer. Yg ga klh ptg kreatiavitas dn pinter liat peluang konten apa yg brpotensi viewer banyak.

            Balas Komentar
        • Doni
          March 14, 2021 at 1:30 pm

          Bener selain pedih diawal, dituntut bgt bisa baca peluang konten apa yg bsa bkin byk viewer.. bikin ngiler yutuber yg konten cm makan, tp viewer bejibun.. udh makan enak, dpt duit dr juml viewer yg mpe jutaan pula. Ya bsa dblg yutuber jd slh satu cita2 kaum mileneal skrg sih krn emg peluang terbuka lebar bgi yg kreatif/bsa bca peluang dn konsisten

          Balas Komentar
    • Radijordan
      August 19, 2019 at 8:16 pm

      Tapi kenapa orang tambah banyak jadi youtuber min kalau penghasilannya minim banget seperti itu ?

      Balas Komentar
      • Sky
        September 11, 2019 at 11:42 pm

        Per 1 video anda bs menghasilkan 100.000 viewer, kalau anda punya 10 video ?????? Bagaimana menurut anda dengan hanya bermodal video anda d beri uang cuma-cuma…

        Balas Komentar
        • Bang zul
          September 27, 2020 at 5:14 am

          Benar tu bang, dari video yg kita buat kita tidak tau yang mana nantinya akan meledak penontonnya, sy mengalami dari awal ngeyotube views sy sedikit setelah 1 bulan bisa mencapai puluhan ribu, emang susah cari konten yang benar2 penonton suka, akhirnya coba post yg lagi viral ternyata bisa tembus ratusan ribu view ls malah hampir 1 juta views

          Balas Komentar
          • Andi
            June 4, 2021 at 4:34 pm

            nama channel ente apa bang Zul

            Balas Komentar
        • Taufik
          October 8, 2020 at 2:39 pm

          Ini Kak dlm 1 video harus 1000 viewer atau dlm selurh video kita kalau dijumlhkn sdh 1000 viewers?

          Balas Komentar
        • budi
          October 18, 2020 at 8:32 pm

          tidak semudah itu bro ane punya 2000sub setiap upload video perlu data ber gbgb and kalo ada 10video dgn viewer sedikit tidak akan balik modal… tapi subscribe2000 itu udah bikin hati senang walau tak punya uang heheheh

          Balas Komentar
      • Agus sachie
        September 21, 2020 at 6:46 am

        Mereka tidak hanya mendapatkan uang dari iklan , tp juga dengan banyak nya subscriber mereka di endors banyak merk .. jadi penghasilan nya juga bertambah dari endorse ..

        Balas Komentar
    • nikilus aver
      August 28, 2019 at 2:58 pm

      Lumayan buat penambahan kerja

      Balas Komentar
    • vidia
      September 24, 2019 at 12:17 pm

      ternyata susah juga….1000 tayangan di hargai Rp.7.000….mendingan
      jadi tukang jahit aja…selesai 1 baju dapat 100.000

      Balas Komentar
      • jack
        October 21, 2019 at 12:14 pm

        menjahit sambil divideo nanti buat chanel youtube, kn lumayan dapet tambahan

        Balas Komentar
    • Uwo Deni 0852-1156-8947
      September 28, 2019 at 10:48 pm

      Semoga youtube Channel Uwo Deni bisa menyusul

      Balas Komentar
    • Dion
      October 8, 2019 at 5:39 pm

      Jangan lupaa subscribe saya supaya anda masuk surga wkwk
      Sardion dandi purba19

      Balas Komentar
      • Darya Hidayat
        September 25, 2020 at 10:04 am

        Saya sudah 18rb tayangan tapi ko belum dapet bayaran ya ada yg tau kah?

        Balas Komentar
      • Clara
        October 2, 2020 at 7:16 pm

        Emang kamu yg nentuin?

        Balas Komentar
    • Writer Daylight
      October 10, 2019 at 9:28 am

      gak pasti mending bisnis udah pasti

      Balas Komentar
    • Novianto
      October 12, 2019 at 9:56 am

      Jualan bakso kemasan gak smp 6jam dpt 200rb-300rb per hari…
      Ibadah tenang, sholat jmh bs tepat waktu, gak byk kegiatan2 yg sia2…
      Sdh alhamdulillah… di syukuri…
      Semakin sibuk urusan dunia, urusan akhirat pasti terbengkelai…

      Balas Komentar
    • Kiking entertainment
      October 28, 2019 at 10:47 am

      Buat video hanya untuk hobbi. Bukan Cari uang atau ketenaran. Ada view Dan subcribe syukur…ga Ada ga pa pa. Kebahagiaan tidak Bisa dinilai Dari uang

      Balas Komentar
    • Yoona
      October 29, 2019 at 12:13 am

      Jadi youtuber harus sabar, nggak bisa instan. Penghasilannya pun kalau sudah jadi ya lumayan gede.

      Balas Komentar
    • fery farkhan
      October 25, 2020 at 2:22 pm

      gw selalu bermimpi untuk jadi youtuber sukses,
      dan hasilnya.. syukur2 bisa menopang kebutuhan hidup gw dan sekeluarga
      soalnya terus terang gw udh pegel merantau terus di negri orang “TKI”
      buat temen2 yang udh tau atau udh ngrsain gaji jadi youtuber tolong komen yaaaa
      thanks

      Balas Komentar
      • Boy london
        May 5, 2021 at 4:13 pm

        Saya seminggu sekali upload 1 video. 1 tahun hanya 50 video. Tiap bulan dapet 2.5jt. Setelah rutin 6tahun upliad kini punya 300 video. Otomatis pendapatan naik jadi 15juta sebulan. Sementara dari kerja pabrik kantor saya tetep dapet gaji 4jt sebulan. Jadi lumayan membantu.. Makasih

        Balas Komentar
        • Hasanah
          June 8, 2021 at 10:17 pm

          Luarbiasa kerja kerasnya Kwan, smua mmg berawal itu tdk mudah apabila sabar n tekun hasilnya pun memuaskan bhkn klo suda diatas psti sbntr aj dpt duitx, yg pnting itu dari awalnya itu yg hrus berjuang 💪😊👍👍👍

          Balas Komentar
        • anjaysamara
          June 16, 2021 at 7:41 pm

          nama channel nya apa bro?

          Balas Komentar
        • Quenn
          August 19, 2021 at 12:46 am

          Kontennya apa bang

          Balas Komentar
    • fery
      March 22, 2021 at 11:35 am

      awali buat konten untuk hoby atau koleksi video story anda,jangan ke uang dulu,,, segala sesuatu kalau berawal karena uang berakhir dengan membandingkan… anggap aja video kenang2n kita semasanya…

      Balas Komentar
      • Ninuk
        August 8, 2021 at 12:08 am

        Betul sekali, jangan jadikan ke uang dulu, walau ujungnya juga uang yang kita cari. Berusaha, berkarya dulu hingga bagus. Biarlah yang menilai massa.

        Balas Komentar
    • Masturi Daili clining
      November 1, 2021 at 5:18 pm

      Asalamu’alaikum slmat sore bp / ibu maaf saya anak baru gabung di yutuber dan saya baru belajar jadi blm paham 🙏🙏. Saya cmn pekerja jadi tukang bersih bersih dan saya sllu bersukur seberapun penghasilan saya kadang sehari cmn dpt 100 ribu itu aja udh bersukur bnget yng penting anak istri jangan sampai kelaparan saya hanya anak yatim-piatu bp ibu saya sudah meninggal 😭😭 dan saya harus berjuang sendiri kadang dpt oderan kadang ngga sama x . Jika ada yang peduli dengan saya ini nmr rekening saya 474 0694494 .BCA nma saya sendiri mastur itu aja rekening saya ngga pernah ada saldonya .bisa mkn aja setiap hari aja udh bersyukur .maaf sebelumnya 🙏🙏 bila kata kata saya kurang sopan beribu ribu saya minta maaf 🙏🙏. Salam saya buat tim yutuber semoga sehat selalu dan selalu di limpahkn rezekinya dan slalu di jauhkan dari marabahaya tetap semngat tetap optimis dan sukses selalu aamiin ya rabbal alamin 🤲🤲🤲🤲🤲

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    32 Komentar

    • Virgoe
      August 13, 2019 at 3:36 am

      Kecil juga penghasilan youtuber.. gk ada harapan buat youtuber kecil..
      Mending cari kuli bangunan,, dapat 70000 perhari..hahahh

      Balas Komentar
      • Neo
        October 8, 2019 at 9:38 am

        Di tempat ane, tukang 200,000 kalo kuli 100,000 an..hehehe..

        Balas Komentar
      • Y
        October 2, 2020 at 3:22 am

        Itu kan satu vidio upload setiap hari sebulan 30 vidio , misal misal paling minim youtuber kecil udah pasti 20 ribu viewers meskipun belum sampek 10 ribu subs itu satu vidio 140 ribu satu bulan 4,2 juta yang pasti ngorban ngeyoutube sakit diawal kemungkinan 5-7 bulan lah rajin upload itu yang kasar yah buat monetisasi sisanya nikmatin aja dah jadiin hobby buat konten

        Balas Komentar
        • Satber
          January 11, 2021 at 12:27 pm

          Benar ini kata si Y.
          Kalo mau banyak pendapatan ya upload setiap hari

          Balas Komentar
          • Doni
            March 14, 2021 at 1:26 pm

            Belum tentu upload tiap hari jd jaminan. Upload tiap hari tp konten recehan, auto sepi viewer. Yg ga klh ptg kreatiavitas dn pinter liat peluang konten apa yg brpotensi viewer banyak.

            Balas Komentar
        • Doni
          March 14, 2021 at 1:30 pm

          Bener selain pedih diawal, dituntut bgt bisa baca peluang konten apa yg bsa bkin byk viewer.. bikin ngiler yutuber yg konten cm makan, tp viewer bejibun.. udh makan enak, dpt duit dr juml viewer yg mpe jutaan pula. Ya bsa dblg yutuber jd slh satu cita2 kaum mileneal skrg sih krn emg peluang terbuka lebar bgi yg kreatif/bsa bca peluang dn konsisten

          Balas Komentar
    • Radijordan
      August 19, 2019 at 8:16 pm

      Tapi kenapa orang tambah banyak jadi youtuber min kalau penghasilannya minim banget seperti itu ?

      Balas Komentar
      • Sky
        September 11, 2019 at 11:42 pm

        Per 1 video anda bs menghasilkan 100.000 viewer, kalau anda punya 10 video ?????? Bagaimana menurut anda dengan hanya bermodal video anda d beri uang cuma-cuma…

        Balas Komentar
        • Bang zul
          September 27, 2020 at 5:14 am

          Benar tu bang, dari video yg kita buat kita tidak tau yang mana nantinya akan meledak penontonnya, sy mengalami dari awal ngeyotube views sy sedikit setelah 1 bulan bisa mencapai puluhan ribu, emang susah cari konten yang benar2 penonton suka, akhirnya coba post yg lagi viral ternyata bisa tembus ratusan ribu view ls malah hampir 1 juta views

          Balas Komentar
          • Andi
            June 4, 2021 at 4:34 pm

            nama channel ente apa bang Zul

            Balas Komentar
        • Taufik
          October 8, 2020 at 2:39 pm

          Ini Kak dlm 1 video harus 1000 viewer atau dlm selurh video kita kalau dijumlhkn sdh 1000 viewers?

          Balas Komentar
        • budi
          October 18, 2020 at 8:32 pm

          tidak semudah itu bro ane punya 2000sub setiap upload video perlu data ber gbgb and kalo ada 10video dgn viewer sedikit tidak akan balik modal… tapi subscribe2000 itu udah bikin hati senang walau tak punya uang heheheh

          Balas Komentar
      • Agus sachie
        September 21, 2020 at 6:46 am

        Mereka tidak hanya mendapatkan uang dari iklan , tp juga dengan banyak nya subscriber mereka di endors banyak merk .. jadi penghasilan nya juga bertambah dari endorse ..

        Balas Komentar
    • nikilus aver
      August 28, 2019 at 2:58 pm

      Lumayan buat penambahan kerja

      Balas Komentar
    • vidia
      September 24, 2019 at 12:17 pm

      ternyata susah juga….1000 tayangan di hargai Rp.7.000….mendingan
      jadi tukang jahit aja…selesai 1 baju dapat 100.000

      Balas Komentar
      • jack
        October 21, 2019 at 12:14 pm

        menjahit sambil divideo nanti buat chanel youtube, kn lumayan dapet tambahan

        Balas Komentar
    • Uwo Deni 0852-1156-8947
      September 28, 2019 at 10:48 pm

      Semoga youtube Channel Uwo Deni bisa menyusul

      Balas Komentar
    • Dion
      October 8, 2019 at 5:39 pm

      Jangan lupaa subscribe saya supaya anda masuk surga wkwk
      Sardion dandi purba19

      Balas Komentar
      • Darya Hidayat
        September 25, 2020 at 10:04 am

        Saya sudah 18rb tayangan tapi ko belum dapet bayaran ya ada yg tau kah?

        Balas Komentar
      • Clara
        October 2, 2020 at 7:16 pm

        Emang kamu yg nentuin?

        Balas Komentar
    • Writer Daylight
      October 10, 2019 at 9:28 am

      gak pasti mending bisnis udah pasti

      Balas Komentar
    • Novianto
      October 12, 2019 at 9:56 am

      Jualan bakso kemasan gak smp 6jam dpt 200rb-300rb per hari…
      Ibadah tenang, sholat jmh bs tepat waktu, gak byk kegiatan2 yg sia2…
      Sdh alhamdulillah… di syukuri…
      Semakin sibuk urusan dunia, urusan akhirat pasti terbengkelai…

      Balas Komentar
    • Kiking entertainment
      October 28, 2019 at 10:47 am

      Buat video hanya untuk hobbi. Bukan Cari uang atau ketenaran. Ada view Dan subcribe syukur…ga Ada ga pa pa. Kebahagiaan tidak Bisa dinilai Dari uang

      Balas Komentar
    • Yoona
      October 29, 2019 at 12:13 am

      Jadi youtuber harus sabar, nggak bisa instan. Penghasilannya pun kalau sudah jadi ya lumayan gede.

      Balas Komentar
    • fery farkhan
      October 25, 2020 at 2:22 pm

      gw selalu bermimpi untuk jadi youtuber sukses,
      dan hasilnya.. syukur2 bisa menopang kebutuhan hidup gw dan sekeluarga
      soalnya terus terang gw udh pegel merantau terus di negri orang “TKI”
      buat temen2 yang udh tau atau udh ngrsain gaji jadi youtuber tolong komen yaaaa
      thanks

      Balas Komentar
      • Boy london
        May 5, 2021 at 4:13 pm

        Saya seminggu sekali upload 1 video. 1 tahun hanya 50 video. Tiap bulan dapet 2.5jt. Setelah rutin 6tahun upliad kini punya 300 video. Otomatis pendapatan naik jadi 15juta sebulan. Sementara dari kerja pabrik kantor saya tetep dapet gaji 4jt sebulan. Jadi lumayan membantu.. Makasih

        Balas Komentar
        • Hasanah
          June 8, 2021 at 10:17 pm

          Luarbiasa kerja kerasnya Kwan, smua mmg berawal itu tdk mudah apabila sabar n tekun hasilnya pun memuaskan bhkn klo suda diatas psti sbntr aj dpt duitx, yg pnting itu dari awalnya itu yg hrus berjuang 💪😊👍👍👍

          Balas Komentar
        • anjaysamara
          June 16, 2021 at 7:41 pm

          nama channel nya apa bro?

          Balas Komentar
        • Quenn
          August 19, 2021 at 12:46 am

          Kontennya apa bang

          Balas Komentar
    • fery
      March 22, 2021 at 11:35 am

      awali buat konten untuk hoby atau koleksi video story anda,jangan ke uang dulu,,, segala sesuatu kalau berawal karena uang berakhir dengan membandingkan… anggap aja video kenang2n kita semasanya…

      Balas Komentar
      • Ninuk
        August 8, 2021 at 12:08 am

        Betul sekali, jangan jadikan ke uang dulu, walau ujungnya juga uang yang kita cari. Berusaha, berkarya dulu hingga bagus. Biarlah yang menilai massa.

        Balas Komentar
    • Masturi Daili clining
      November 1, 2021 at 5:18 pm

      Asalamu’alaikum slmat sore bp / ibu maaf saya anak baru gabung di yutuber dan saya baru belajar jadi blm paham 🙏🙏. Saya cmn pekerja jadi tukang bersih bersih dan saya sllu bersukur seberapun penghasilan saya kadang sehari cmn dpt 100 ribu itu aja udh bersukur bnget yng penting anak istri jangan sampai kelaparan saya hanya anak yatim-piatu bp ibu saya sudah meninggal 😭😭 dan saya harus berjuang sendiri kadang dpt oderan kadang ngga sama x . Jika ada yang peduli dengan saya ini nmr rekening saya 474 0694494 .BCA nma saya sendiri mastur itu aja rekening saya ngga pernah ada saldonya .bisa mkn aja setiap hari aja udh bersyukur .maaf sebelumnya 🙏🙏 bila kata kata saya kurang sopan beribu ribu saya minta maaf 🙏🙏. Salam saya buat tim yutuber semoga sehat selalu dan selalu di limpahkn rezekinya dan slalu di jauhkan dari marabahaya tetap semngat tetap optimis dan sukses selalu aamiin ya rabbal alamin 🤲🤲🤲🤲🤲

      Balas Komentar