Follow Us

  • Share

    Simak Cara Membuat Akun Youtube dengan Mudah

    Salah satu peluang bisnis yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh para milenials adalah dengan membuka kanal Youtube, dan kemudian menjadi seorang Youtuber kondang. Tapi tidak semudah itu Ferguso…!!

    Sebelum menjadi artis Youtube kondang, kamu harus melewati berbagai rintangan yang menghadang di depan. Banyak rintangan dan perjuangan yang harus kamu hadapi agar kamu bisa menjadi artis Youtube. Rintangan pertama tentunya adalah dengan membuat akun Youtube pertama kamu.

    Sepulsa telah merangkum cara membuat akun Youtube serta beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan dengan akun kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu bisa mewujudkan impian menjadi Youtuber kondang, ya!

    Membuat Akun Youtube Pertama Kamu

    Kamu bisa segera membuat akun dan email Youtube kamu baik menggunakan komputer ataupun laptop, menggunakan ponsel pintar berbasis Android, hingga menggunakan Iphone dan Ipad. Sepulsa akan menjelaskannya ke kamu satu persatu.

    Kamu yang menggunakan laptop bisa segera membuka browser default yang ada di dalam laptop, dalam kondisi kamu tehubung dengan internet tentunya. Kemudian bukalah laman situs Youtube, dan di pojok kanan atas klik Sign in. Setelah itu klik More options dan Create Account. Kemudian, kamu tinggal mengikuti langkah demi langkah dan mengisi semua data diri secara lengkap.

    Login ke google

    Bagi kamu yang menggunakan ponsel cerdas berbasis Android, kamu bisa membuka aplikasi Youtube di ponsel. Kemudian tekan ikon manusia di pojok kanan atas. Klik Sign in dan kemudian klik Add accountuntuk menambahkan akun.

    Sementara kamu yang merupakan pengguna Apple, caranya kurang lebih sama dengan para pengguna Android. Kamu bisa membuka Aplikasi Youtube di ponsel kamu, klik ikon manusia di pojok kanan atas, dan kemudian tekan Sign in. Terakhir klik Add account +untuk membuat akun baru.

    Setelah selesai membuat akun Youtube pertama kamu, kamu sudah siap untuk menapaki anak tangga kedua menuju kepopuleran menjadi seorang Youtuber. Anak tangga kedua tersebut adalah membuat kanal Youtube pertama kamu!

    Membuat Kanal (Channel) Youtube

    Dengan akun yang telah dibuat sebelumnya, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas ini misalnya menonton, menyukai beberapa video, hingga melakukan subscribe ke berbagai kanal yang ada.

    Akan tetapi hanya dengan akun Youtube, keberadaan kamu tak akan bisa dirasakan orang lain. Artinya, kamu belum bisa berinteraksi dengan orang-orang di dalam Youtube sana. Hal yang perlu dilakukan adalah membuat kanal Youtube!

    Dengan adanya aturan baru dari Youtube, kamu harus membuat Kanal Youtube bukan hanya untuk melakukan kegiatan mengunggah video. Tapi juga untuk memberikan komen, atau bahkan membuat playlist.

    Untuk membuat kanal Youtube pertama kamu, tentu harus melakukan Sign in, baik melalui browser atau pun mobile site. Setelah itu lakukanlah segala aktivitas yang seharusnya membutuhkan kanal, misalnya mengunggah video, memberikan komentar, ataupun membuat playlist.

    Nah, kalau kamu belum mempunyai kanal Youtube, nantinya akan ada prompt yang menganjurkan kamu untuk membuat kanal Youtube yang baru. Kemudian periksa detail dalam prompt tersebut dan segera konfirmasi untuk membuat kanal baru kamu.

    Dengan kanal ini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang sebenarnya masih terbilang dasar dalam Youtube. Bagi kamu yang menginginkan kanal kamu menjadi kanal bisnis dengan multiple manager maka perlu membuat brand accounts.

    Apa itu Brand Accounts? Bagaimana Cara Membuat Kanal Bisnis?

    Pada dasarnya akun brand merupakan akun yang dimiliki atau dimanajeri oleh lebih dari satu orang. Akun brand pada umumnya memiliki nama “dagang” atau nama “perusahaan” dan bukan nama perorangan.

    Sudah tentu akun brand ini diurus oleh banyak orang. Beberapa contoh akun brand misalnya akun-akun yang memiliki konten khusus untuk melakukan review mobil, review ponsel, hingga akun-akun yang memiliki talent lebih dari satu orang.

    Untuk membuat akun brand semacam ini, kamu bisa langsung melakukan Sign in ke dalam Youtube, boleh melalui browser ataupun mobile site. Setelah itu, kamu bisa langsung masuk ke laman your channel list.

    Akun youtube sudah terdaftar

    Kemudian, kamu bisa membuat kanal Youtube yang baru dengan menekan tanda + di samping kanal yang sudah ada sebelumnya. Dan itu isilah form yang diberikan oleh Youtube sesuai dengan keinginan kamu. Klik Done dan proses ini selesai.

    Akun Bisnis Google

    Mengganti Manager Akun Brand Youtube

    Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas bahwa akun brand/ akun merek berarti memberikan keleluasaan untuk kamu agar akun tersebut bisa dimiliki atau dimanajeri oleh lebih dari satu orang. Tapi bagaimana memindahkan ‘kekuasaan’ tersebut antar personel?

    Catatan penting dari akun brand ini adalah hanya pemilik akun brand yang bisa memberikan akses kepada seseorang untuk mengelola akunnya. Oleh karena itu, kamu lah yang pertama kali membuat akun ini yang menentukan siapa saja yang boleh mengelola akun kamu.

    Kemudian Sign in dengan menggunakan akun brand kamu. Pada pojok kanan atas klik ikon akun kamu dan klik kanal yang ingin diatur. Kemudian lanjut klik laman pengaturan akun dengan klik ikon kanal dan klik pilihan settings.

    Setting channel youtube

    Jika sudah, kamu bisa klik add or remove managers dan kamu akan dialihkan ke laman brand account details. Setelah itu silahkan klik manage permissions dan disana kamu akan segera melihat daftar orang-orang yang bisa mengakses akunmu.

    Setelah itu, kamu bisa menambahkan orang-orang yang akan kamu berikan keleluasaan untuk mengakses akun brand tersebut. Masukan email mereka dan di bawah nama mereka, kamu bisa memilih ‘jabatan’ mereka.

    Edit setting akun merek

    Kamu bisa memilih mereka sebagai owners yang dapat melakukan berbagai aktivitas ataupun managers yang dapat menggunakan layanan Google yang berhubungan dengan akun brand, namun secara terbatas. Klik invite dan done, kamu telah selesai menambahkan manager bagi akun brand kamu.

    Sebagai sang pemilik akun utama, tentu saja kamu juga bertindak layaknya pemimpin perusahaan. Kamu bisa dengan bebas mengganti peran ataupun mendepak orang lain dari jabatannya di dalam akun brand yang kamu kelola bersama.

    Nah, untuk melakukan hal ini pertama-tama seperti biasa kamu bisa langsung Sign in ke dalam akun brand yang kamu kelola. Kemudian di pojok kanan atas klik ikon akun kamu dan pilihlah akun yang ingin kamu manage.

    Setelah itu pergilah ke pengaturan akun dengan klik tombol pengaturan dan klik settings. Di sana kamu bisa mencari pilihan add or remove managers dan kemudian akan dialihkan oleh Youtube ke laman brand account details.

    Carilah pilihan manage permissions di dalam laman tersebut. Di sana kamu akan segera ditampilkan orang-orang yang mengelola beserta peran-perannya terhadap akun yang kalian kelola bersama.

    Nah di laman ini kamu bisa mengganti peran orang tertentu dengan cara klik role mereka saat ini dan pilihlah role baru yang kamu kehendaki. Untuk hal ini kami merekomendasikan kamu banyak-banyak belajar kembali apa kewenangan yang bisa dilakukan masing-masing jabatan di dalam akun brand tersebut.

    Sementara, jika kamu ingin mengeluarkan seseorang dari daftar manajer akun brand Youtube, kamu bisa melakukannya dengan klik remove di sebelah nama orang tersebut. Kemudian konfirmasi pilihan kamu, dan klik Done.

    Cara Termudah Membuat Channel Youtube

    Jika tidak ingin cara yang ribet hanya untuk membuat channel Youtube, ini dia cara paling mudah untuk kamu. Terpenting jika ingin membuat channel Youtube adalah, kamu harus memiliki Google Mail atau yang biasa disebut Gmail. Jika sudah punya silakan login ke akun Gmail kamu, dan otomatis kamu sudah memiliki channel youtube. Kamu cukup membuat video dan silakan upload ke channel milik kamu.

    Baca Juga : Cara Ganti Password Gmail dengan Mudah 

    Apa saja jenis konten Youtube?

    Jenis konten Youtube dibagi ke dalam 5 jenis yang paling populer. Untuk mendapatkan banyak penonton, mungkin kamu bisa memilih salah satu dari jenis konten berikut ini:

    1. Vlog

    Vlog atau video blog merupakan konten Youtube yang isinya merupakan aktivitas sehari-hari. Banyak Youtuber dan artis yang memulai channelnya dengan menghadirkan konten Vlog. Memang banyak penonton yang penasaran dengan kegiatan sehari-hari seorang public figure.

    2. Cover lagu 

    Ada momen di mana video meng-cover lagu sangat populer di media sosial. Sehingga banyak sekali para pemilik channel yang meproduksi konten tersebut. Bahkan seperti Raditya Dika saja ikut membuat cover Youtube lucu-lucuan, dan banyak peminatnya. Banyak juga para Youtuber yang dahulunya suka membuat video cover hingga akhirnya memiliki album sendiri, seperti Gamaliel, Audrey, dan Cantika.

    3. Film pendek 

    Bisa dibilang kini film pendek memiliki wadah baru. Sebelum ada Youtube, film pendek mungkin hanya ditampilkan di festival film dan acara khusus lainnya. Tapi kini masyarakat pun sudah lebih mudah untuk mengakses berbagai film pendek yang diproduksi. Dan banyak lho peminatnya!

    4. Challenge 

    Kini banyak penonton yang menyukai para Youtuber ketika melakukan berbagai challenge. Dari challenge tidak keluar dari rumah, hingga belanja menghabiskan sejumlah uang. Video jenis ini pasti banyak peminatnya.

    5. Mukbang / video kuliner 

    Kini musik tak lagi jadi topik hangat di Youtube, kuliner dan makanan-makanan enak menjadi tema yang kian banyak dipilih. Apalagi munculnya tren Mukbang asal Korea Selatan belakangan ini. Dimana, biasanya para Youtuber akan makan dalam porsi yang cukup banyak, lalu dilengkapi dengan mic, sehingga suara mengunyah pun terdengar jelas sekali. Video ini biasanya disebut juga sebagai video Mukbang ASMR. Sekali nonton pasti ngiler deh!

    Kesimpulan

    Nah, itulah beberapa cara yang telah Sepulsa rangkum bagi kamu yang ingin membuat akun Youtube serta Kanal Youtube pertama. Bagi kamu yang memang ingin membuat kanal pribadi cukup buat kanal personal, sementara kamu yang ingin membuat suatu merek silahkan buat kanal merek yang bisa dikelola bersama. Semoga sukses!

    Baca Juga : Cara Daftar Google Adsense Paling Gampang! 

    Beli Pulsa di Sepulsa

    2 Komentar

    • deni wibowo
      September 15, 2019 at 12:20 pm

      mksh mas tutorial ya..sangat bermamfaat

      Balas Komentar
    • charles steven
      September 21, 2019 at 1:21 pm

      Terimakasih atas informasinya
      kenalkan nama saya Charles Steven (1722500182) dari Atma Luhur

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    2 Komentar

    • deni wibowo
      September 15, 2019 at 12:20 pm

      mksh mas tutorial ya..sangat bermamfaat

      Balas Komentar
    • charles steven
      September 21, 2019 at 1:21 pm

      Terimakasih atas informasinya
      kenalkan nama saya Charles Steven (1722500182) dari Atma Luhur

      Balas Komentar