Follow Us

  • Share

    Cara Daftar Google Adsense!

    Di era teknologi macam sekarang, ada berbagai cara halal untuk mendapatkan uang. Salah satunya adalah dengan Google AdSense.

    Tanpa banyak orang menyadari, Google adalah sebuah agensi periklanan terbesar yang pernah ada di muka bumi ini. Untuk kamu yang menyadari hal itu, dan ingin mencoba daftar Google AdSense demi memperbaiki kondisi keuanganmu, artikel ini tepat untukmu!

    Baca juga: Cara Membuat Website dan Blog


    Situs yang Seperti Apa yang Bisa Didaftarkan Untuk AdSense?

    Situs apapun pada dasarnya bisa kamu ubah menjadi mesin uangmu. Mulai dari blog sehari-hari yang sederhana, hingga situs yang membagikan pengetahuan. Sebut saja, situs tentang teknologi, ponsel, hingga situs-situs mengenai hewan peliharaan.

    Selama kamu memiliki akses untuk mengedit HTML source code, kamu bisa memanfaatkan situsmu itu untuk menjadi mesin uangmu. Meski demikian kamu yang belum familiar dengan HTML ini pun sebenarnya bisa menggunakan content management system seperti blogger misalnya untuk tetap memasukkan AdSense kedalam situsmu nantinya.

    Pertanyaan yang lebih rumit pun kemudian muncul, kalau situsmu tidak kompatibel dengan JavaScript atau malah kalau kamu tidak punya situs, apakah kamu tetap bisa memanfaatkan AdSense?

    CMS

    Tentu tidak, kecuali kamu menjadi vlogger di YouTube. Mungkin YouTube saat ini adalah satu-satunya platform dimana kamu tidak perlu banyak menulis, dan kamu tetap bisa memanfaatkan AdSense untuk meraup keuntungan.

    Sementara kamu yang belum punya situs sendiri, kamu bisa memanfaatkan banyak content management system dengan tampilan yang mudah, bahkan bagi kamu yang masih dikategorikan sebagai awam.


    Pastikan Situsmu Siap Untuk AdSense

    Sebenarnya tidak banyak hal yang harus kamu siapkan apabila kamu ingin mendaftarkan Google AdSense. Kata kuncinya adalah konten yang unik dan menarik. Intinya hal apa yang kira-kira membuat orang tertarik untuk terus menerus masuk ke dalam situsmu?

    Dengan banyaknya situs-situs bermunculan di era teknologi macam saat ini, kamu harus memikirkan dengan matang bagaimana nantinya situsmu akan ditampilkan. Mulai dari konten, hingga layout dan template yang menarik.

    Kamu harus memikirkan bagaimana caramu untuk terus-terusan menarik para pembaca sehingga mereka “terikat” dengan situsmu. Dengan cara inilah kemudian pengunjung situsmu akan membludak dan tentu saja kamu layak daftar Google AdSense untuk menambah penghasilan.

    Dua kunci utama untuk membuat orang-orang terikat dengan situsmu adalah navigasi situs yng mudah dan konten yang menarik. Kamu harus banyak-banyak membaca mengenai hal ini, karena banyak metode-metode yang telah dibuat oleh orang-orang di luar sana, dan banyak yang berhasil dari sini!

    Baca juga: Cara paling mudah membuat google forms


    Bisakah Situsmu Dihubungkan dengan AdSense

    Selain konten dan segala tetek bengek teknis dari situs yang kamu miliki, Google juga telah memberikan beberapa persyaratan sehingga situsmu bisa dihubungkan dengan Google AdSense untuk kamu ubah menjadi mesin uang.

    Pertama-tama seperti yang telah kami ulang-ulang sebelumnya, pastikan bahwa situs yang ingin kamu hubungkan dengan Google AdSense adalah situs milikmu sendiri. Kamu pun harus memiliki akses untuk mengedit HTML code dari situs milikmu itu.

    Kemudian kamu harus mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan oleh Google. Aturan inipun harus selalu kamu baca, karena Google cukup sering mengubah aturannya mengenai AdSense ini, sehingga nantinya kamu tidak akan tertinggal.

    Aturan lainnya yang harus kamu penuhi adalah umur minimal situsmu. Di beberapa wilayah Google menerapkan aturan usia situs minimal 6 bulan telah teraktivasi sebelum kamu mendaftarkannya menjadi AdSense.

    Terakhir, kamu tentunya harus berusia minimal 18 tahun sebagai sang pemilik situs. Hal ini amat menentukan, karena nantinya akan banyak persyaratan legal yang harus kamu penuhi terutama terkait pembayaran.


    Saatnya Membuat Akun AdSense!

    Untuk membuat akun Google AdSense, kamu hanya akan diminta 2 persyaratan yang amat mudah. Pertama kamu harus punya akun Google. Nah rasa-rasanya nyaris tidak mungkin bukan seseorang tidak memiliki akun Google di masa seperti ini.

    Syarat kedua adalah kamu memiliki konten apapun yang telah kamu bangun dari nol. Syarat ini adalah syarat mutlak yang harus kamu penuhi. Kamu tidak bisa mencuri konten, apalagi menggunakan “wahana” orang lain untuk meraup keuntungan dari AdSense.

    Setelah memiliki situs dan akun Google, kamu sudah bisa langsung membuat akun AdSense. Nah untuk membuatnya kamu bisa langsung menuju laman resmi yang telah disediakan oleh Google sang penyedia jasa AdSense.

    Kemudian kamu bisa klik sign up now dan kamu akan diminta untuk memilih akun Google yang bisa digunakan kemudian sebagai akun AdSense mu. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan URL situs yang ingin kamu jadikan mesin uang dengan AdSense mu nantinya.

    Bagi kamu yang masih awam, kamu bisa memilih agar AdSense selalu mengirimkan customized help and performance. Kami menyarankan kamu untuk memilih ini apabila kamu benar-benar belum pernah melakukan ini sebelumnya.

    Kemudian kamu bisa pilih negara tempat kamu tinggal saat ini dan kemudian baca dan accept ketentuan yang diberikan oleh tim AdSense. Terakhir kamu bisa klik create account untuk segera membuat akun AdSense mu.

    Setelah itu kamu akan dinavigasikan menuju laman akun AdSense mu. Saat ini kamu pasti melihat ada beberapa fitur yang masih belum bisa kamu akses. Tapi tenang saja, karena memang masih ada langkah selanjutnya agar akun AdSense anda bisa teraktivasi.


    Aktivasi Google Adsense Milikmu

    Oke mari kita lakukan langkah penting selanjutnya, mengaktivasi Google AdSense milikmu! Untuk melakukan hal ini ada tiga langkah utama yang harus dilalui yakni menyambungkan situsmu dengan AdSense, isi alamat pembayaran, dan verifikasi nomor ponsel milikmu.

    Untuk menyambungkan situsmu dengan AdSense, pertama-tama kamu tentu saja harus melakuan sign in dengan menggunakan akun AdSense yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

    Setelah itu kamu bisa langsung copy kode di laman depan akun AdSense mu, dan paste kode tersebut di bagian HTML laman website mu. Letakkan kode tersebut diantara <head> dan </head>. Pastikan website ini adalah website yang URL nya kamu berikan ketika pertama kali daftar Google AdSense.

    Kemudian centang pilihan Show ads as soon as account is activated apabila kamu ingin iklan dari AdSense secara otomatis teraktvasi setelah ini. Setelah selesai melakukan ini semua, kamu cukup klik tombol Done.

    Dalam proses ini ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pemilik website. Kesalahan pertama adalah kesalahan copy paste code, dimana kamu melakukan copy code HTML tersebut secara tidak lengkap, atau kamu melakukan copy paste di URL yang berbeda dengan URL yang pertama kali kamu masukkan saat daftar Google AdSense.

    Masalah kedua adalah situsmu tidak dapat diakses. Hal ini mungkin sangat teknis, tapi intinya kamu harus memastikan bahwa situs yang ingin kamu jadikan mesin uang benar-benar bisa diakses oleh orang luar.

    Langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat pembayaran untuk Google AdSense milikmu. Khusus untuk langkah ini, berikanlah alamat pembayaran secara detil dan tentunya kamu sama sekali tidak boleh salah, karena hal ini amat berkaitan dengan pembayaran AdSense nantinya.

    Untuk melakukan ini pertama-tama lakukan sign in ke dalam akun AdSense milikmu, dan kemudian isi kolom payment address details card. Disana kamu akan diminta memilih account type milikmu, apakah individual ataupun business. Apapun yang kamu pilih disini, tidak akan membedakan sistem maupun pembayaran AdSense nantinya, jadi jangan khawatir.

    Kemudian isi nama lengkap kamu sesuai dengan nama yang anda cantumkan di akun bank milikmu di kolom name. Isi pula alamat rumahmu di kolom address, dan nomor ponselmu di kolom phone number. Setelah itu kamu bisa menekan tombol submit.

    Selanjutnya kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel yang terdaftar di akun AdSense mu. Hal ini semata-mata sebagai usaha Google dalam melindungi dirimu sebagai pemilik akun yang tentunya pemilik konten di dalam websitemu.

    Untuk melakukan hal ini silahkan sign in ke dalam akun AdSense milikmu dan pilihlah menu verify your phone number. Di dalam sana masukkan nomor ponsel yang ingin anda gunakan. Tunggu kode dikirimkan ke ponsel kamu, dan masukkan kode 6-digit unik, dan klik submit!

    Setelah melakukan tiga langkah ini, Google akan melakukan review menyeluruh terhadap situs milikmu. Hal ini dilakukan agar situsmu sudah memenuhi segala peraturan yang telah dibuat oleh Google. Jika sudah terverifikasi Google akan memberitahumu melalui email, dan biasanya konfirmasi ini akan diberikan dalam waktu kurang dari satu hari.


    Setelah Daftar Google AdSense, Apa yang Bisa Kamu Lakukan?

    Setelah kamu daftar Google AdSense, kamu tidak bisa diam santai dan menunggu uang-uang itu masuk ke kantongmu. Kamu tentu harus segera membuat konten dengan kualitas yang tinggi sehingga pembacamu tidak bosan.

    Dapatkan uang dari google

    Konten yang kamu buat haruslah unik serta asli. Selain itu buatlah agar kontenmu mudah dibaca dan hindari segala kesalahan penulisan. Buat konten dengan panjang yang cukup, serta berguna dan informatif. Tidak ada patokan khusus untuk panjang konten, namun umumnya konten yang terdiri dari 1000 hingga 2000 kata merupakan konten yang cukup baik.

    Selanjutnya buatlah laman privacy policy, contact us, serta laman about milik website mu. Hal ini akan menjadikan ‘nilai’ tambah bagi Google. Laman webmu akan tergolong menjadi laman yang baik, dan tentunya akan semakin mudah bagi dirimu untuk meningkatkan traffic website mu.

    Selain itu kamu juga harus membuat postingan dengan konsisten. Meski tidak ada batasan baku post minimal AdSense, setidaknya buatlah target post berkualitas sebelum kamu mendaftarkan laman webmu ke Google AdSense.

    Tips lainnya adalah dengan membuat laman website mu seprofesional mungkin. Seprofesional mungkin maksudnya adalah dengan menggunakan layout yang menarik dan nyaman dilihat, bukan menggunakan layout sembarangan dan membuat laman website mu tampak seperti laman website amatiran.

    Kuncinya buat laman website sesimpel mungkin, mudah dioperasikan/dinavigasikan, menu yang tidak terlalu banyak dan pas, tidak ada menu-menu tak berguna di sidebar maupun footer, search engine friendly, dan tentunya harus dapat dibuka dengan cepat!

    Terakhir, gunakanlah top level domain untuk membuat websitemu. Semakin baik penyedia domain, misalnya wordpress atau blogger, maka kemungkinan websitemu akan diterima oleh AdSense akan jauh lebih tinggi. Bahkan akan lebih baik lagi jika kamu memiliki domain dengan akhiran *com.

    Saat ini banyak penyedia jasa yang menyediakan domain *.com yang berharga murah, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk membuat laman website mu sendiri. Rata-rata para penyedia jasa memberikan harga US$ 10 hingga US$ 15 per tahun, murah bukan?

    Akhirnya kamu sendiri lah yang nantinya akan menentukan pemasukan mu dari AdSense ini. Sepulsa memberikan gambaran awal bagi kamu yang ingin mencoba peruntunganmu dari sini, semoga sukses!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah