Follow Us

  • Share

    Cara Membuat Website dan Blog

    Di masa sekarang dimana semua serba online, banyak platform di internet yang bisa kita gunakan baik untuk menunjukkan karya seni yang kita miliki, atau sekadar untuk unjuk eksistensi diri kita.

    Sebut saja blog, bagi orang-orang yang cinta menulis kemunculan blog beberapa tahun lalu ibarat angin surga dimana tanpa biaya sepeser pun mereka bisa menghasilkan karya tulis yang bisa langsung dinikmati oleh orang banyak.

    Bukan hanya blog, saat ini kebutuhan manusia dalam membuat website bisa dikatakan cukup tinggi. Nyaris seluruh aktivitas manusia saat ini berhubungan dengan dunia internet alias online. Terutama dalam aktivitas jual beli, baik barang maupun jasa.

    Nah ditengah hiruk pikuk dunia per-website-an dan per-blog-an, mungkin masih banyak orang-orang yang ingin turut serta membuat website dan blog pertama mereka. Namun yang terbayang adalah betapa sulitnya proses membuat website dan blog.

    Tenang saja, karena Sepulsa akan merangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat website maupun blog pertama Anda. Apapun tujuan Anda membuat website dan blog, Anda pasti bisa melakukannya.

    Pilih Platform yang Tepat!

    Langkah pertama yang akan kami anjurkan tentu saja untuk memilih platform yang tepat. Mengingat saat ini sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan berbagai macam platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat blog

    Sebut saja Wix, Joomla, Drupal, Blogger, Squarespace, CPanel, Moodle, hingga WordPress yang memang sudah terkenal. Mungkin Anda bisa membuat website dari nol, namun proses ini amat membuat waktu dan pastinya hasil yang akan Anda dapatkan sangat-sangat menimal!

    Sebenarnya kita bisa merujuk kepada BuiltWith yang (terima kasih) telah membuat survey kecil-kecilan mengenai distribusi penggunaan CMS (Content Management System) dalam 1 juta situs di seluruh dunia.

    builtwith

    Menurut BuiltWith saat ini 308.129 website atau 30,81% user menggunakan WordPress untuk memanage website mereka, disusul 2,77% dan 2,16% oleh Drupal dan Joomla! Sementara posisi terbawah diduduki oleh Data Life Engine dengan 0,48% user dan Wix dengan 0,52% user.

    CMS TOP

    Seperti yang bisa Anda lihat sendiri mayoritas umat manusia di seluruh dunia ini menggunakan platform milik WordPress (Selanjutnya disingkat WP) untuk membuat website mereka. Alasannya tentu pertama-tama karena mereka gratis. Selain itu WP merupakan platform dengan GUI yang nyaman dan navigasi yang relatif mudah bahkan untuk pemula.

    Tapi WP sendiri tidak bisa disebut sebagai platform “kaleng-kaleng” khusus untuk pemula. Sebut saja The New York Times, CNN, Forbes, UPS, ebay, hingga Reuters. Seluruh perusahaan besar yang kami sebut tadi ternyata menggunakan WP sebagai basis platform situs mereka loh.

    Alasan lain mengapa Anda yang baru membuat website harus menggunakan WP adalah Anda tidak perlu belajar HTML, CSS, ataupun PHP. Percayalah jika Anda ingin membuat website dari nol Anda perlu belajar hal itu semua dan mungkin bisa memakan waktu 6 hingga 12 bulan.

    Sementara jika Anda menggunakan WP, Anda hanya membutuhkan 2 sampai 3 hari untuk membuat website yang ciamik. Selain itu apabila Anda bandingkan WP dengan website builder lainnya, biaya yang harus Anda keluarkan akan jauh berbeda.

    Rata-rata website builder mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk penggunaannya. Ditambah lagi biasanya mereka memberikan banyak batasan yang dalam hal ini bisa diatasi apabila Anda menggunakan WP.

    Selain itu dengan menggunakan WP, artinya Anda menggunakan platform terbesar yang digunakan umat manusia saat ini. Artinya sudah pasti support forum dan bantuan lainnya ketika Anda menemukan kesulitan akan jauh lebih mudah ditemukan.

    Jika anda masih skeptis, alih-alih support forum yang kebanyakan berisi saran dari para pengguna lain. WP bahkan mengeluarkan WordPress Codex, hingga developer documentation dan handbooks untuk penggunanya. Menakjubkan bukan?

    Dari segi customizability alias “kemudahan untuk pengubahan” tentu WP juaranya. Nyaris seluruh hal bisa anda ubah di dalam WP. Selain itu saat ini pun GUI yang dimiliki WP menurut kami termasuk yang terbaik, dan tentu paling mudah dipelajari oleh pemula.

    Kesimpulannya, untuk para pemula yang ingin membuat website kami menyarankan diri Anda menggunakan WordPress. Tapi bagi Anda yang hobi bereksplorasi tidak ada salahnya loh menggunakan platform yang lain, kembali kepada Anda ya!

    Pilih Nama Domain dan Web Hosting

    Apa itu domain name dan web hosting? Mudahnya, domain adalah nama yang akan Anda gunakan sebagai alamat situsmu nantinya. Sementara web hosting adalah layanan yang akan membantu Anda menghubungkan situs Anda ke dalam internet.

    Tanpa web hosting tentu saja Anda tidak akan bisa membuat website Anda tampak di internet. Sementara dengan memiliki nama domain Anda sendiri, tentu saja Anda akan tampak sangat profesional.

    Mudahnya Anda wajib memiliki web hosting dan nama domain apabila Anda memang berniat untuk membuat website yang ciamik. Soal harga, percayalah harganya murah kok. Rata-rata penyedia layanan sejenis ini membandrol harga US$ 15-75 per tahun, murah bukan?

    Untuk mendapatkan nama domain dan web hosting, Anda bisa mencarinya dengan mudah di internet. Saat ini bertebaran banyak penyedia layanan pemberi nama domain serta web hosting. Namun selalu pastikan bahwa mereka terpercaya ya sebelum Anda gunakan jasanya.

    Penyedia jasa nama domain dan web hosting yang cukup kami rekomendasikan misalnya adalah Bluehost, Hostgator atau misalnya penyedia jasa lokal seperti Niagahost dan IDwebhost. Silahkan pilih sesuai dengan yang Anda kehendaki ya.

    Nah kami disini akan memberikan contoh pembuatan dengan menggunakan Bluehost ya, kalau mau diikuti silahkan. Tapi kalian juga bebas menggunakan jasa yang lain. Oke kita mulai, pertama-tama yuk dibuka laman Bluehost.

    Bluehost

    Setelah itu Anda bisa klik get started now untuk segera membuat web pertama Anda. Setelah Anda klik tombol get started now, Anda akan diminta pilihan hosting plan. Silahkan pilih sesuai dengan kondisi keuangan dan tentunya pertimbangan pribadi Anda.

    Paket bluehost

    Bagi Anda yang baru memulai membuat website, Anda cukup memilih plan basic. Karena sebenarnya di host plan plus maupun choice plus beberapa fitur tambahannya mungkin belum Anda butuhkan. Kecuali ada ratusan ribu visitor orang yang mengunjungi situs Anda nantinya, Anda baru akan butuh host plan plus ataupun choice plus.

    Jumlah traffic atau kunjungan yang website anda terima sangat mempengaruhi kecepatan loading website, kasarnya semakin banyak yang mengakses, semakin lambat pula website anda loading sehingga perlu mesin yang lebih kuat.

    Setelah memilih paket, Anda akan diminta untuk mengisi nama yang akan dijadikan laman website nantinya. Sementara Anda yang sudah memiliki nama domain Anda bisa pilih untuk mengetikkannya di kotak I have a domain name.

    Sign up bluehost

    Apabila Anda menggunakan nama yang sudah digunakan oleh orang lain sebelumnya Anda pasti akan diberikan rekomendasikan lain. Khusus untuk rekomendasi dari Bluehost ini, hindari penggunaan ekstensi selain .com, .org, ataupun .net karena akan membuat website Anda tampak kurang profesional.

    Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi informasi akun Anda, isilah seluruhnya dengan benar. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih informasi paket. Perhatikan baik-baik ketika Anda mengisi ini, karena ada harga yang harus Anda bayarkan.

    Create account bluehost

    Di bawah pilihan paket Anda, Anda akan ditawarkan beberapa tambahan yang terlihat menarik. Namun sebenarnya Anda tidak akan banyak membutuhkan pilihan-pilihan itu, apalagi jika Anda hanya membuat website ataupun blog sederhana.

    Terakhir isi pilihan pembayaran dan klik submit. Setelah itu Anda baru akan bisa segera membuat password untuk akun Anda. Begitulah kira-kira cara untuk membuat nama domain dan menggunakan layanan web hosting, mudah bukan?

    Apa Selanjutnya? Melakukan Pengaturan Website Anda!

    Anda pada dasarnya telah melakukan langkah penting sebelumnya, langkah-langkah ke depannya akan semakin mudah kok jadi tenang saja ya.

    Pertama-tama carilah pilihan instalasi di dalam panel kontrol web hosting Anda. Kalau Anda bingung ikuti langkah ini, log in ke dalam akun hosting Anda, masuk ke panel kontrol, cari ikon website atau wordpress Anda, pilih domain yang ingin Anda install, klik install now. Semudah itu!

    Bluehost dashboard

    Setelah Anda sukses melakukan instalasi WP kepada domain Anda, Anda akan diberikan tampilan dasar website Anda. Tampilan ini bisa dibilang merupakan tampilan default bagi semua orang yang pertama kali membuat situs menggunakan WP.

    Tentu saja Anda harus membuat website sesuai dengan imajinasi Anda toh, silahkan Anda pilih template tema yang telah diberikan oleh WP. Di sana ada ribuan tema yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan peruntukan website Anda loh.

    Dasbor wordpress

    Untuk segera mengubah tema Anda bisa langsung login ke dashboard WP Anda. Kemudian navigasikan mouse Anda ke arah sidebar dan carilah pilihan appearance. Klik pilihan tersebut dan kemudian klik pilihan themes.

    Anda nantinya akan diberikan ribuan tema gratis, ya Anda tidak salah membaca kok, 100% gratis! Mengingat jumlahnya yang ada banyak silahkan Anda susuri “belantara” tema-tema gratisan itu secara perlahan, siapa tahu Anda menemukan salah satu yang menarik.

    Kalau bingung saat memilih tema untuk website dan blog, Anda bisa mencontoh website orang lain kok. Coba saja Anda buka tampilan website orang yang memiliki kategori sama dengan website Anda, dan tirulah apabila tema nya menarik menurut Anda.

    envatomarket

    Kalau masih belum puas dengan pilihan tema yang ada di WP, Anda bisa juga melakukan pencarian di website external semisal ThemeForest.net. Tapi tentu saja ada biaya yang harus Anda keluarkan kalau Anda mencari di sana.

    Tips dari sepulsa ketika Anda memilih tema, pilihlah tema yang tampak bagus bukan hanya di laptop, namun juga tampak bagus bila dibuka di tablet maupun ponsel pintar Anda. Karena visitor website dan blog Anda toh nantinya bisa saja membuka laman situs Anda dari tablet dan ponsel kan.

    Setelah Anda puas mengembara di belantara tema WP, Anda cukup klik install dan klik activate sehingga tema yang Anda pilih akan segera digunakan pada situs Anda, mudah bukan?

    Selesai Pilih Tema, Saatnya Membuat Konten!

    Saatnya membuat konten! Konten menurut kami merupakan salah satu bagian paling penting diantara langkah-langkah pembuatan situs lainnya. Sebagus apapun nama domain dan tema Anda, tanpa konten berkualitas kami jamin pengunjung situs Anda tidak akan terlalu banyak.

    visual editor wordpress

    Untuk membuat konten Anda bisa kembali membuka dashboard WP Anda. Kemudian navigasikan mouse Anda ke bagian sidebar, carilah pilihan pagesdan kemudian klik add new. Jika Anda melakukannya dengan benar Anda akan berpindah ke laman dimana Anda bisa menulis konten.

    Silahkan buat konten sesuka Anda, dan tentu saja sesuai dengan peruntukan website dan blog Anda. Kemudian Anda bisa klik preview apabila ingin melihat tampilan konten Anda, save draft apabila Anda ingin melanjutkan pembuatan konten di lain waktu, dan publish tentunya untuk mempublikasikan konten Anda!

    Ingin Lebih dari Sekadar Konten? Pasangkan Plugin di Website Anda!

    Kalau Anda merasa website dan blog Anda terlalu datar, maka Anda bisa mencoba untuk memasangkan plugin di dalam website Anda. Plugin bisa dikatakan semacam ekstensi yang bisa ditaruh di website Anda sehingga website Anda memiliki banyak kemampuan dan tampak lebih menarik.

    Ini pula yang menjadi salah satu keuntungan menggunakan WP sebagai CMS Anda, Anda tidak perlu membuat tambahan ekstensi yang bermanfaat dari nol, melainkan cukup memilihnya dari yang tersedia di WP, tinggal cari, klik, dan voila! Plugin langsung terpasang di website Anda!

    Plugin yang bisa Anda instal mulai dari plug in sederhana dan mendekati tidak berguna, hingga banyak plug in yang memungkinkan Anda untuk menambahkan galeri foto ataupun membuat toko online! Menakjubkan bukan?

    Untuk menambahkan plug in silahkan masuk ke laman Dashboard WP Anda dan carilah pilihan Plugins. Kemudian Anda bisa klik add new dan silahkan cari plug in yang ingin Anda tambahkan ke dalam website dan blog Anda.

    Menariknya WP telah memberikan pilihan lebih dari 20 ribu plug in dan percaya lah seluruhnya adalah gratis. Nah mengingat banyaknya plug in yang ditawarkan, Anda tentunya harus menentukan pertama-tama plug in apa yang ingin Anda tambahkan sehingga bisa segera dilakukan pencarian.

    Silahkan cari plug in yang Anda harapkan akan ada di dalam website dan blog Anda, cari hingga ketemu, dan setelah ketemu Anda cukup klik install. WP secara otomatis akan menambahkan plug in tersebut ke dalam website dan blog Anda.

    Beberapa plug in yang cukup direkomendasikan, terutama bagi Anda para pemula adalah Yoast SEO, WordFence Security, serta Google Analytics Dashboard for WP by ExactMetrics. Ketiga plug in tersebut menurut kami merupakan plug in dasar yang setidaknya dibutuhkan untuk para pembuat website dan blogger.

    Dengan Yoast SEO Anda akan terbantu dalam meng-handle optimasi mesin pencari (search engine optimazion). Yoast SEO bisa membantu Anda dalam melakukan optimasi content Anda sehingga website dan blog Anda akan semakin bersinar di mesin pencarian.

    yoast seo

    Sementara Google Analytics membuat Anda bisa melakukan analisis trafik website dan blog Anda. Anda bisa melihat berbagai macam data para visitor yang masuk ke dalam website dan blog Anda, sehingga amat bermanfaat nantinya!

    Nah WordFence Security sebagaimana namanya merupakan plug in tambahan yang memberikan kemanan bagi website dan blog Anda. Plug in ini memberikan Anda keamanan dan perlindungan dari malware, virus, hacker, hingga tools seperti core file integrity dan real time traffic.

    wordfence dashboard

    Kesimpulan

    Dengan berkembangnya zaman, saat ini banyak perusahaan yang menawarkan jasa CMS alias Content Management Sytem. Anda bisa pilih CMS apapun yang menurut Anda paling praktis dan nyaman.

    Meski demikian secara umum kami merekomendasikan kalian untuk menggunakan WP, selain merupakan CMS dengan pengguna paling banyak, WP juga memiliki kemudahan GUI dan navigasi sehingga cocok digunakan bagi Anda yang masih pemula.

    Setelah mencari CMS yang cocok Anda juga harus mencari jasa hosting yang tentu cocok dengan peruntukan dan kondisi keuangan Anda. Lagi-lagi dengan banyaknya penyedia jasa hosting saat ini, Anda cukup memilih setelah tentunya melakukan cek dan ricek agar penyedia jasa hosting yang Anda pilih adalah penyedia jasa hosting yang terpercaya. (sumber – cara membuat website untuk pemula)

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah