Follow Us

  • Share

    Penasaran Berapa Gaji Pramugari di Indonesia? Simak Disini!

    Bagi kalian wanita yang ingin bekerja, tapi ingin selalu terlihat cantik dan anggun, dan ingin selalu jalan-jalan ke luar kota ataupun luar negeri tanpa harus menguras kantong sendiri, pramugari adalah profesi yang cocok untuk Anda.

    Dimata para pria, wanita yang berprofesi sebagai pramugari di anggap lebih menarik dan punya daya tarik tersendiri. Di Indonesia sendiri profesi pramugari cukup bergengsi karena bisa mendapatkan pendapatan yang lebih dari cukup untuk hidup Anda.

    Oleh karena itu tentu menarik untuk mengetahui berapakah sebenarnya gaji yang di dapatkan oleh para pramugari maskapai yang beroprasi di Indonesia. Untuk gaji pramugari sebenarnya tergantung kebijakan perusahaan masing-masing, dan tingkat dedikasi pramugari terhadap pekerjaan dan maskapainya.

    Maskapai penerbangan juga memperlakukan para pramugarinya dengan layak dan memberikan gaji yang memuaskan. Namun tentu Anda harus berhati hati kalau ingin memasuki kehidupan dunia penerbangan yang, sudah menjadi rahasia umum, liar dan bebas. Pastikan saja Anda sudah cukup dewasa, berpengalaman dalam berkarir, dan sudah paham semua ‘medan kehidupan’.

    Berikut adalah daftar gaji para pramugari maskapai Indonesia:


    Maskapai Garuda Indonesia

    Gaji pramugari GarudaMaskapai Garuda Indonesia adalah maskapai terbaik di Indonesia, dan gaji yang diberikan oleh perusahaan ini cukup memuaskan bagi para pekerjanya. Penasaran kan berapa gaji pramugari Garuda Indonesia khususnya mereka yang baru saja di terima menjadi pramugari di Garuda?

    Para pelamar yang baru saja lolos dari berbagai tes yang telah di uji dari maskapai dan diterima menjadi pramugari akan memperoleh training pendidikan pramugari, mereka akan diberikan gaji hingga Rp15.000.000 rupiah perbulan di luar beberapa uang tambahan lainnya.

    Para pramugari Garuda juga mendapatkan beberapa tiket gratis pulang pergi termasuk jatah tiket untuk keluarga inti. Untuk akomodasi selama di tempat tujuan pun disediakan hotel dimana Garuda Indonesia bersinggah.

    Untuk gaji pramugari Garuda akan terus meningkat bila semakin banyak jumlah jam terbang yang mereka miliki. Gaji senior pramugari garuda bisa mencapai sekitar Rp30.000.000 per bulan. Jadi Anda tidak akan ragu lagi bila ingin berkarir sebagai pramugari di maskapai Garuda Indonesia.


    Maskapai Lion Air

    Gaji pramugari lion air

    Salah satu maskapai penerbangan komersial yang cukup banyak diminati banyak orang untuk berkarir sebagai pramugari adalah maskapai Lion Air. Lion air sangat terkenal sebagai maskapai penerbangan lokal yang mampu memberikan tarif murah untuk semua jalur penerbangan yang mereka miliki, ke dalam maupun luar negeri.

    Menurut beberapa sumber, gaji pramugari Lion Air perbulannya berkisar antara 15 sampai 20 juta rupiah. Penghasilan 15 – 20 juta ini merupakan akumulasi dari gaji pokok dan benefit benefit lainnya. Gaji pokok pramugari junior berkisar 2 sampai 3 juta perbulan, dan 5 – 6 juta untuk pramugari senior.

    Benefit yang didapatkan oleh para pramugari adalah asuransi, jaminan kesehatan, dan uang pada saat terbang yang berkisar 50 ribu per jam.

    Dalam kurun waktu sebulan pramugari biasanya terbang sebanyak 25 sampai 30 kali. Saat pesawat akan lepas landas, pramugari wajib mengecek apakah setiap penumpang sudah mengenakan sabuk pengaman secara benar dan ketat atau belum, mengecek bagasi dan melakukan verifikasi daftar penumpang.

    Pramugari kemudian memeriksa setiap kursi yang ada di maskapai sebelum terbang dan kompartemen sudah dalam kondisi terpasang erat. Saat di udara dan dalam kondisi darurat maka seorang pramugari harus mampu mengarahkan penumpang dan memberikan pertolongan pertama yang dibutuhkan.

    Saat pesawat ingin mendarat maka pramugari akan beritahu kepada seluruh para penumpang dan langsung persiapkan kabin untuk mendarat.


    Maskapai AirAsia

    pramugari air asia

    AirAsia adalah maskapai penerbangan yang bertarif murah yang berasal dari Malaysia dengan menyediakan penerbangan di dalam maupun luar negeri. Para pramugari AirAsia terkenal dengan wajah yang ramah dan cantik.

    Pekerjaan yang dilakukan oleh pramugari yakni melayani para penumpang mulai dari pada saat mencari tempat duduk sampai saat mereka sampai di tempat tujuan. Menjadi pramugari AirAsia tak mudah, namun besarnya gaji pramugari di AirAsia sangat menartik perhatian masyarakat.

    Besarnya gaji pramugari Air Asia tidak sama dengan maskapai yang lainnya. Standar gaji yang ditetapkan oleh setiap maskapai sudah ditetapkan oleh oleh perusahaan maskapai tersebut. Air asia sendiri mempunyai standar kualifikasi dalam merekrut calon pramugari karena besarnya tanggung jawab yang mereka miliki.

    Besaran gaji pramugari Air Asia sudah layak. Gaji pokok masa kerja awal adalah sekitar 3 juta per bulan. Bukan hanya gaji pokok saja yang akan didapatkan oleh pramugari Air Asia. Ada tunjangan lain yang di dapatkan seperti uang terbang yang dihitung dalam satuan jam terbang dengan kisaran Rp. 50 ribu per jam.

    Gaji pramugari Air Asia yang level junior sudah bisa mengantongi Rp. 8-15 juta perbulan dan pastinya untuk level senior lebih besar pendapatannya.


    Maskapai Batik Air

    pramugari batik airPramugari yang menggunakan kebaya dan bawahan batik adalah ciri khas dan kebudayaan Indonesia. Pesawat Batik Air pastinya mempunyai pramugari dengan penampilan yang sama, untuk kelas bisnis dilayani 2 orang pramugari sementara untuk kelas ekonomi dilayani 3 pramugari.

    Setiap penumpang Batik Air selain akan mendapatkan minuman dan makanan pada saat mengudara. Uuntuk tujuan jarak jauh akan diberikan makanan utama. Pada setiap tempat duduk tersedia aneka hiburan seperti video atau musik.

    Usia minimal bila ingin berkarir sebagai pramugari adalah 18 tahun dan maksimal mencapai 35 tahun. Bila ingin menjadi pramugari ada 8 tahapan tes untuk menjadi pramugari yaitu: tes penampilan, psikotes tertulis dan bahasa inggris, wawancara psikotes, wawancara user, tes kesehatan, tes aspek keamanan, tes pantukhir dan mengikuti training selama 6 bulan

    Bila sudah selesai mengikuti pendidikan baru secara resmi menjadi pramugari dan mendapatkan kontrak kerja minimal 2 tahun, bila performanya bagus bisa diangkat sebagai pramugari tetap.

    Biasanya untuk pertama kali para pramugari memperoleh gaji pokok sekitar 2 sampai 3 juta rupiah per bulan. Ada tambahan lagi uang terbang dan uang makan. Untuk uang terbang bagi para pramugari junior biasanya 40 ribu rupiah per jam.

    Dalam waktu seminggu seorang pramugari rata-rata bisa menjalani sekitar 6 jam perjalanan, sehingga dalam seharinya mereka akan mendapatkan tambahan uang 240 ribu rupiah. Pada umumnya dalam waktu seminggu biasanya sampai 4 hari terbang.

    Masih ada lagi tambahan berupa uang makan untuk sekali makan sekitar 15 ribu atau 45 ribu per hari. Maka gaji yang didapatkan pramugari Batik Air jika ditotal 16 hari terbang adalah Rp3.000.000 (gaji pokok) + Rp3.840.000 (uang terbang) + Rp720.000 (uang makan) = Rp7.560.000. Bisa juga dalam sebulan pramugari tersebut bisa 25 hari terbang shingga otomatis gajinya akan bertambah.

    Baca Juga : Daftar Gaji PNS Tahun 2017

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah