Follow Us

  • Share

    Butuh Inspirasi? 12 Makanan Khas Idul Fitri dari Seluruh Penjuru Dunia

    Sepulsa Mates, perjuangan berpuasa beberapa hari lagi akan selesai lalu disambut dengan hari perayaan Idul Fitri. Idul Fitri di Indonesia selalu identik dengan ketupat, opor, rendang, dan sate. Walaupun Anda merayakan Idul Fitri setahun sekali, terkadang Anda butuh ide baru agar menyajikan hidangan yang berbeda dari tetangga, keluarga dan kerabat lainnya. Bagi Anda yang senang melakukan hal-hal baru, sajian khas Idul Fitri dari berbagai negara ini bisa menginspirasi Anda.

    Idul Fitri dirayakan umat muslim di seluruh penjuru dunia, selain dirayakan dengan beribadah, mereka juga merayakannya bersama keluarga dan teman dengan berbagai hidangan makanan ringan manis  dan makanan berat yang cenderung berasa asin. Setiap makanan khas setiap negara mempunyai sebuah cerita masing-masing dan cara memasaknya mengalami pengaruh dari kebudayaan setempat.

    Oh ya, salah satu tradisi penyajian makanan Idul Fitri khas Timur Tengah yang menarik adalah selain menyajikan kue kukis manis dan masakan daging, mereka menyajikan salad sayuran agar dapat kenyang sepanjang hari. Ini ide bagus, pesta daging selama hari raya bisa diimbangi dengan sayuran berserat agar Anda nggak lepas kendali memakan apa aja didepan mata.

    12 Makanan Khas Idul FItri dari Seluruh Penjuru Dunia Wajib Anda Cicipi!

    1. India & Pakistan – Sevaiyan Ki Kheer

    Idul FitriSevaiyan Ki Kheer via Sarita’s Kitchen

    Perayaan Idul Fitri di India dan Pakistan diramaikan oleh beragam makanan, salah satunya yang unik adalah Sevaiyan Ki Kheer yang merupakan sebuah sajian sup manis berisi bihun, susu, dan ditaburi potongan almond dan kismis. Slurrp, sajian Sevaiyan Ki Kheer memanjakan Anda yang suka dengan makanan pencuci mulut.  Selain ini, masyarakat India dan Pakistan menyajikan masakan biryani (semacam nasi yang dimasak bersama dengan kambing atau ayam).  

    2. Tiongkok – You Xiang

    Idul Fitri

    Anda akan menemukan populasi masyarakat Tiongkok muslim yang signifikan pada provinsi Xinjiang (bagian timur Tiongkok yang berbatasan dengan negara Asia Tengah). Ketika hari raya tiba, mereka selalu menyajikan You Xiang, sebuah roti goreng yang berongga didalamnya dan disantap dengan beragam makanan lainnya seperti sup.

    Tak hanya You Xiang, mereka juga menyantap sajian mi yaitu la mien sapi dengan kuah yang gurih.

    3. Rusia – Manti

    Idul Fitri

    Rusia, sebuah negara yang terletak dekat dengan kutub utara ini mempunyai tradisi penyajian makanan Idul Fitri yang menarik. Mereka menyiapkan suatu masakan yang identik sekali yaitu Manti, sejenis dumpling yang berisi daging ayam, sapi, atau kambing dengan sentuhan bumbu ala kari. Berbeda dengan dumpling asia yang cenderung berasa gurih, ketika Anda menikmati Manti Anda akan tahu hal yang membedakannya yaitu bumbu rempah sederhana yang menendang.

    4. Asia Tengah – Kabobs

    Idul Fitri

    Tidak jauh dari Rusia, negara yang terletak di Asia Tengah mengalami pengaruh budaya turki yang terlihat pada makanannya. Masyarakat muslim di kawasan ini biasanya menyajikan kabobs–potongan daging kambing dan kumpulan sayuran di tusukan sate yang dipanggang.

    5. Afghanistan – Bolani

    Idul Fitri

    Kebudayaan Afghanistan mempunyai sebuah pepatah yang mengatakan bahwa Idul Fitri itu milik anak-anak sehingga orang tua menyiapkan beragam makanan pada malam hari Idul Fitri yang pertama. Mereka tidak lupa menyajikan Bolani, sebuah pancake yang terbuat dari gandum dan berisi bayam, kentang, labu, atau lentil (sebuah jenis kacang-kacangan).

    6. Turki – Baklava

    Idul Fitri

    Siapa yang suka makanan pencuci mulut manis? Lidah Anda akan dimanjakan dengan masakan turki satu ini. Setiap Idul Fitri, masyarakat muslim Turki menyediakan Baklava. Baklava merupakan sebuah kue manis yang berisi potongan kacang pistachio dan berlapis lembaran tipis pastry.

    7. Lebanon – Knafeh

    Idul Fitri

    Lebanon juga nggak kalah dengan sajian Idul Fitri-nya yaitu Knafeh, sebuah kue manis yang terbuat dari keju lembut dengan gula sirup. Knafeh berbentuk seperti cheese cake namun dengan cara masakan ala timur tengah.

    8. Yemen – Bint Alsahan

    bint al sahn

    Keluarga Yemen Muslim mempunyai sebuah tradisi berkumpul untuk makan siang bersama. Hidangan Bint Alsahan selalu setia menemani. Bint Alsahan merupakan sebuah hidangan pencuci mulut menyurpai pie berisi berlapis-lapis lembaran tipis pastry dan ditaburi madu dan biji-bijian.

    9. Egypt – Atayef

    Idul Fitri

    Mungkin yang sering terdengar adalah hidangan butter cookies ala mesir, yahk, menjadi salah satu sajian yang ada terus saat Idul Fitri. Selain itu ada juga lho sajian manis yang cocok untuk cemil-cemilan yaitu Atayef, sebuah dumpling manis dengan isian krim atau potongan kacang. Hidangan Atayef sangat spesial, Anda hanya menemukan ini pada saat Ramadhan.

    10. Sudan & Libya – Aseeda

    Idul Fitri

    Disamping sajian berupa pastry, dumplings, atau cookies, yang menjadi pilihan saat Idul Fitri. Di Sudan dan Libya biasanya menyajikan sebuah hidangan yang mirip dengan jelly yaitu Aseeda. Berbahan dasar tepung terigu dan madu. Biasanya sajian ini dihidangkan secara panas-panas dan dimakan langsung.

    11. Maroko – Chicken Bastilla

    Idul Fitri

    Maroko mempunyai hidangan khas saat Idul Fitri yaitu Chicken Bastilla. Sejenis pie yang dilapisi banyak lapis tipis pastry dan berisi daging ayam. Plus, Chicken Bastilla dilumuri mentega pada seluruh sisinya. Karena pie ini dimasak dengan cara dipanggang dan terdiri dari banyak lapisan, Anda akan mendengar bunyi kerenyahannya saat memotong hidangan ini. Ditambah rasa dan aroma mentega membuat hidangan ini semakin gurih.

    12. Senegal – Ceebu Jen

    Idul Fitri

    Hampir mirip dengan nasi biryani atau nasi kebuli, Senegal, masyarakat muslim di negara Afrika Barat ini menyajikan hidangan andalannya ketika Idul Fitri yaitu Ceebu Jen, sebuah hidangan nasi bersama ikan dan sayuran diatasnya dan biasanya disajikan dalam porsi besar sehingga Anda bisa berbagi dengan keluarga atau teman.

    Anda tidak perlu bepergian jauh untuk mencicipi makanan khas Idul Fitri dari seluruh penjuru dunia, Anda bisa mencicipinya dengan mencoba membuatnya atau memasaknya dari resep yang ada di internet. Bahkan, sekarang Anda bisa lihat cara pembuatannya di Youtube. Kalaupun ada beberapa bahan yang tidak tersedia di rumah Anda, Anda bisa menggantinya dengan bumbu lain yang mempunyai rasa hampir serupa.

    Nah, mau nonton berbagai acara masak di Youtube nggak perlu takut paket data ataupun pulsa Anda bakal habis. Sepulsa, sahabat paket data online Anda, setia terus disampingmu lho. Beli paket data di Sepulsa itu praktis, hanya dengan beberapa klik Anda dapat menyelesaikan pembayaran. Plus, setiap kali Anda beli paket data ataupun transaksi lainnya di Sepulsa, Anda akan mendapatkan 3 voucher.  

    Mau kenal lebih dekat? Download aja aplikasinya di Google Play dan App store.

    Anyways, semoga Anda terinspirasi hidangan apa yang mau Anda sajikan saat Idul Fitri. Selamat mencoba, ya Sepulsa Mate!

    Ps. Selamat merayakan Idul Fitri dan Minal Aidin ya 🙂

    Baca juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah