Follow Us

  • Share

    11 Wisata Kuliner Semarang Yang Harus Anda Coba

    Berkunjung ke Kota Semarang memang berkesan. Suatu kesempatan untuk memperdalam pengetahui mengenai sejarah, budaya dan masyarakat Semarang. Katanya, travelling itu belum afdol kalau Anda belum merasakan kuliner lokal. Kebetulan nih, Semarang dikenal sebagai kota yang mempunyai berbagai kuliner yang menggoyang lidah yang harus Anda coba.

    Semarang terkenal dengan Lumpianya yang kaya rasa. Siap-siaplah untuk gegap gempita dengan kuliner lainnya yang memanjakan Anda; mulai dari bakmi, kue, tahu, hingga es puter legendaris.

    Sepulsa Mates yang merupakan pencinta makanan pastinya nggak akan kecewa dengan kuliner ibukota Provinsi Jawa Tengah ini.

    11 Wisata Kuliner Semarang yang Harus Anda Coba!

    1. Kue Leker Pa Imo

    Wisata Kuliner Semarang

    Mirip dengan martabak, tapi lebih tipis, kue leker menjadi salah satu kuliner favorit Semarang yang telah ada sejak Zaman Belanda. Biasanya kue lekker ini diisi dengan berbagai makanan seperti telur, keju, sosis, sayuran, tuna dan lainnya.

    Kue Leker ini terletak di sekitar SMA Kolese Loyola. Anda bisa menemukan Kue Leker Pa Imo sepanjang Jl. Karanganyar.

    2. Es Puter Cong Lik

    Wisata Kuliner Semarang

    Udara kota semarang yang cenderung hangat rasanya cocok sekali sambil jajan Es Puter Cong Lik. Es Puter Cong Lik mempertahankan pembuatan es puter dengan cara yang sama dengan 30 tahun yang lalu dan tidak menambahkan pengawet ataupun perasa lainnya, jadi benar-benar menjaga cita rasa asli. Rasa es puter yang disajikan beragam seperti kelapa muda, leci, blewah, durian, mangga, dan cokelat.

    Es Puter Cong Lik terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang.

    3. Pisang Plenet

    Wisata Kuliner Semarang

    Biasanya Anda kalau makan pisang goreng bentuknya seperti kipas, nah Anda akan menemukan kuliner pisang goreng yang berbeda nih di Semarang. Namanya, Pisang Plenet, Pisang yang ditekan sehingga bentuknya menyurpai pancake. Pisang Plenet biasanya ditaburi meses.

    Kamu bisa menemukan Pisang Plenet di kawasan Gajah Mada, Semarang.

    4. Tahu Gimbal Pak Edi

    tahu gimbal semarang

    Bukan tahu biasa, Tahu Gimbal merupakan sebuah makanan khas semarang yang berisikan tahu, udang tepung, irisan kol, toge, lontong, telur, dan disirami kuah kacang kasar yang telah dicampur dengan petis udang. Sluurrrp, membayangkannya aja udah bikin ngiler.

    Oh ya, nama Tahu Gimbal berasal dari kata gimbal yaitu menurut masyarakat lokal adalah udang tepung yang digoreng.

    Tahu Gimbal Pak Edi terletak di Jl. Mentri Supeno, Semarang.

    5. Bandeng Juwana

    Wisata Kuliner Semarang

    Anda yang suka bandeng, jangan lewatkan untuk mencicipi Bandeng presto Juwana khas Semarang yang terkenal dengan Bandeng Duri Lunak. Bandeng di Toko ini dimasak dengan beragam variasi mulai dari sate bandeng, gudeg bandeng, dan lainnya. Anda bisa menemui makanan ini di sepanjang jalan pandanaran Semarang.

    Toko Bandeng Juwana terletak di Jl. Pandanaran No. 57, Semarang.

    6. Lumpia Gang Lombok

    Wisata Kuliner Semarang

    Belum ke Semarang kalau Anda belum mencicipi Lumpia Semarang. Lumpia Semarang yang paling ramai pengunjungnya ada di Lumpia Gang Lombok. Lumpia yang tersedia ada dua jenis yaitu lumpia goreng dan lumpia basah. Isinya yang padat dengan sayuran, rebung, telur dan dipadukan dengan kuahnya yang khas membuat Anda ingin menambah terus.

    Lumpia Gang Lombok terletak di Jl. Gang Lombok No. 11, Semarang.

    7. Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem

    Wisata Kuliner Semarang

    Suka masakan asem-asem segar? Coba deh manjakan lidah Anda dengan bersantap di Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem. Sedikit berbeda dengan garang asem, masakan Koh Liem menggunakan daging sapi.

    Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem terletak di Jl. Karanganyar No. 28 C4, Semarang

    8. Bakmi Jawa Pak Gareng

    bakmi jawa

    Pencinta mi, pasti nggak mau melewatkan Bakmi Jawa yang enak di Semarang. Anda harus coba Bakmi Jawa Pak Gareng yang menjadi tempat kuliner favorit di Semarang. Ada dua jenis Bakmi yang disajikan yaitu Bakmi godhog (berkuah kental) dan Bakmi goreng. Isi Bakmi biasanya ayam suir-suir, telur, kol, dan sawi.

    Bakmi Jawa Pak Gareng terletak di Jl. Wotgandul Dalam No. 177, Semarang.

    9. Mie Siang Kie

    mie siang kie

    Adapun makanan non-halal yang menjadi tempat favorit yaitu Mie Siang Kie. Yang membuat Mie ini spesial adalah ayam suir-suir, sawi, potongan babi dan pangsit babi.

    Mie Siang Kie terletak di Jl. Gang Lombok, Semarang.

    10. Bebek Goreng Pak Thori

    bebek goreng pak thori

    Daging bebek sangat diminati karena rasanya yang gurih dan rasa lemaknya yang menggiurkan. Bebek Goreng Pak Thori akan menggoyang lidah Anda; potongan daging yang empuk dan tidak bau amis. Jangan lupa, coba juga dengan sambalnya, makanan ini akan membuat Anda terus ingat dengan Semarang.

    Bebek Goreng Pak Thori terletak di Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Semarang.

    11. Warung Semawis

    Wisata Kuliner Semarang

    Sebuah daerah di Semarang yang menjadi sebuah spot masyarakat lokal untuk mencari makanan di malam hari adalah warung Semawis. Disana Anda akan menemukan berbagai jenis kuliner yang akan mengejutkan Anda. Terdapat beragam makanan halal dan non-halal. Anda bisa menemukan nasi ayam, nasi goreng babat, bakmi jawa, bubur, gudeg hingga sate babi.

    Anda bisa menemukan Warung Semawis yang terletak di Jl. Gang Warung No. 50, Semarang.

    Ritual generasi millennial, sempatkan foto makanan dan abadikan di medsos Anda. Supaya bisa tersambung terus dengan internet, tentunya Anda harus punya paket data yang cukup. Sepulsa, sahabat paket data online Anda, ada selalu untuk Anda; dimanapun dan kapanpun Anda berada. Selain bikin praktis, Sepulsa juga punya banyak promo menarik yang menunggu Anda.

    12. Sop Kakap Bu Ndut

    sop kakap

    Jika berkujung ke Semarang belum lengkap rasanya jika Anda belum datang dan mencicipi sop kakap Bu Ndut. Ini adalah makanan berkuah kuning dari ikan kakap, rasanya sangat enak dan segar. Ditambah lagi dengan makanan pendampingnya, ada telur ika, perkeder dan segala macam ikan serta ayam.

    Anda bisa menemui makanan ini di jalan pemuda semarang, di samping bank BCA.

    Selamat berpetualang makanan, Sepulsa Mates!

    Baca Juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah