Follow Us

  • Share

    Jangan lewatkan 14 Tempat Wisata di Jawa Timur yang melegenda ini!

    Nggak terasa beberapa minggu lagi, Lebaran akan tiba dan mudikpun mulai. Mudik, sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia yang merayakan lebaran merupakan sebuah perjalanan riang karena akan berkumpul kembali dengan keluarga. Tidak sedikit orang yang menempuh beratus-ratus kilometer menuju kampungnya. Biasanya satu keluarga berkendara bersama-sama.

    Jika Anda menuju timur melalui Pantura, sempatkan berpetualang ke 16 tempat wisata di Jawa Timur yang namanya semakin hits hari demi hari. Ibaratnya mendayung satu dua pulau terlampau, Anda mendapatkan tali silatuhrahmi yang semakin hangat dengan keluarga dan kerabat dan kesempatan berlibur plus juga belajar ke tempat wisata ini.

    Berbeda dengan provinsi di Jawa lainnya, dimana biasanya makanan Jawa itu manis tetapi makanan di Jawa Timur asin. Jawa timur dengan aksen, makanan, dan aspek lainnya membuatnya mempunyai warna tersendiri.

    Jawa Timur mempunyai banyak wisata alam seperti pantai, mendaki gunung, hingga bermain ke pulau kecil yang akan memacu adrenalin Anda. Disamping itu juga, Jawa Timur mempunyai peninggalan yang kaya akan sejarah. Anda juga akan melihat adanya berbagai jenis permainan seru di Taman Rekreasi yang sedang ngehits dikalangan pengunjung.

    Ada satu tips nih, persiapkan barang-barang termasuk pakaian, obat-obatan, makanan dan minuman dengan baik supaya perjalanan jauh Anda semakin nyaman. Tetap terhidrasi, makan bernutrisi dan istirahat yang cukup agar Anda bisa memelihara kesehatan Anda selama perjalanan.

    Oh ya, jika Anda bingung cara menuju ke tempat destinasi Anda, gunakan saja aplikasi penunjuk jalan dan paket data internet yang cukup. Bingung mau beli dimana? Beli paket data online di Sepulsa, praktis! Anda nggak hanya mendapatkan paket internet, tapi juga dapat 3 voucher! Baca disini, yuk.

    14 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Harus Anda Kunjungi!

    1. Gunung Semeru

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Pemandangannya yang fantastis menjadikan Gunung Semeru pendakian favorit bagi pendaki gunung. Bukan hanya bakal memompa adrenalin Anda saat mendaki, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini mempunyai spot-spot yang tidak akan mengecewakan Anda.

    Pertama, Tanjakan Cinta. Katanya jika Anda berjalan menuju pendakian sambil memikirkan seseorang yang Anda suka dan tidak menoleh kebelakang, Anda akan mendapatkan pendamping.

    Camp Kalimati menjadi sebuah pos peristirahatan favorit pendaki. Saat bermalam, cobalah memandang bintang-bintang dan Anda akan tahu perbedaannya jika Anda lakukan hal yang sama di perkotaan. Cahayanya yang terang dan bersih, tanpa ada awan, membuat Anda ingin berlama-lama.

    Ranu Kumbolo sering menjadi titik peristirahatan terakhir bagi pendaki. Anda akan terpukau dengan pemandangan danau Ranu Kumbolo yang sangat menyegarkan. Warna biru danau yang jernih serta pepohonan teduh yang menyelimutinya, merupakan sebuah hadiah alam untuk Anda yang telah menjelajahinya.

    Menuju ke Gunung Semeru, Anda bisa mengaksesnya melalui Malang atau Lumajang.

    2. Gunung Bromo

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Gunung Bromo sebagai tempat wisata sedang naik daun. Bukan hanya dari Indonesia saja,  Pengunjung dari seluruh penjuru dunia ingin menghabiskan waktu luangnya untuk berpetualang kesana. Kalau Anda bukan pendaki gunung, tenang saja, Anda bisa berjalan menuju puncak gunung melalui tangga dan setapak yang jelas.

    Hal yang membuat Gunung Bromo ini unik adalah, gunung ini dikelilingi padang pasir yang luas. Anda bisa bepergian ke sekelilingnya dengan menyewa kuda hingga jeep.

    Menuju Gunung Bromo, Anda bisa mengaksesnya melalui Malang.

    3. Kawah Ijen

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Mau lihat kawah yang mengeluarkan api biru? Kunjungilah Kawah Ijen. Masyarakat sekitar Gunung Ijen ini biasanya menambang belerang dengan cara tradisional. Nah, api biru itu muncul dari gas belerang yang ada dalam kawah. Pemandangan api biru memanglah hal yang langka sekali ditemukan di dunia ini. Maka dari itu, jangan sampai terlewatkan menyaksikan keajaiban alam ini saat travelling ke Kawah Ijen.

    Jika Anda ingin bawa oleh-oleh, Anda mungkin tertarik melihat beragam hasil kerajinan tangan yang terbuat dari belerang.

    Anda bisa mengakses Kawah Ijen melalui Banyuwangi.

    4. Gua Gong

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Ada petualangan alam yang seru, menunggu Anda di Pacitan lho. Gua Gong, dinamakan sedemikian pula karena terdapat batu yang jika Anda pukul akan berbunyi seperti gong dan struktur Gua yang beruang cukup besar menjadikan suara tersebut teresonansi.

    Gua gong terbentuk dari bebatuan yang berjenis karst sehingga berwarna hitam. Anda jangan takut gelap saat berjalan didalamnya karena terdapat penerangan yang sangat membantumu mengeksplor gua ini.

    Anda bisa mengakses Gua Gong melalui Pacitan atau bagian selatan Solo.

    5. Air Terjun Madakaripura

    air terjun madakaripura

    Sedang ingin memanjakan mata Anda? Segeralah mengunjungi Air Terjun Madaripura ketika Anda sedang berencana berwisata ke Jawa Timur. Air Terjun ini sangat ikonik karena bentuknya yang membuat Anda ingin berlama-lama memandangnya. Air Terjun ini dikelilingi oleh beragam tumbuhan hijau dan lantainya penuh dengan bebatuan.

    Agar pengalaman berwisata Anda semakin nyaman, sebaiknya Anda menyewa pemandu yang akan membantu Anda menuju Air Terjun Madakaripura.

    Melalui kota Malang atau Probolinggo, Anda bisa berkendara menuju Air Terjun Madakaripura.

    6. Pantai Balekambang

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Kota Malang sepertinya punya segalanya; pegunungan, taman rekreasi penuh dengan atraksi, dan pantai. Ketika Anda berada di Malang, sempatkanlah sebagian waktu Anda untuk mengunjungi Pantai Balekambang–sebuah pantai di Jawa Timur yang mirip dengan Tanah Lot di Bali.

    Jika Anda berkunjung bersama keluarga, pantai ini mempunyai beragam permainan seperti flying fox, ayunan dan lainnya.

    Disamping itu, pantai ini juga menawarkan wisata religi. Umat Hindu yang merayakan nyepi biasanya mengunjungi pura yang terletak di Pulau Ismoyo–seberang Pantai Balekambang.

    7. Pantai Tiga Warna

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Satu lagi pantai andalan di Malang yaitu Pantai Tiga Warna. Ya, benar, pantai ini memancarkan tiga warna; bening, biru, dan hijau. Kebersihan pantai ini juga terjaga dengan baik, maka dari itu Anda sebaiknya jangan membuang sampah apapun di Pantai ini. Bahkan katanya, pantai ini tidak membolehkan menggunakan sabun ataupun shampoo yang mana akan mengotori air Pantai.

    Jika Anda ingin mengunjungi pantai tiga warna, Anda bisa berkendara melalui Malang.

    8. Pulau Merah

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Pulau Merah merupakan sebuah bukit yang menjulang seperti pulau berada di tepi pantai. Dinamakan sebagai pulau merah karena ketika matahari akan terbit pantai ini memantulkan cahaya merah. Menuju pulau tersebut bisa dilakukan dengan berlayar dalam waktu singkat dari tepi pantai.

    Kamu bisa berkendara menuju pantai dekat Pulau Merah ini melalui Banyuwangi.

    9. Batu Eco Green Park

    batu eco green park

    Suasana Batu yang sejuk sangat mendorong Anda untuk melakukan aktivitas santai. Nah, selagi Anda berada di Batu, kunjungilah Batu Eco Green Park. Sebuah taman rekreasi bertemakan lingkungan. Disana Anda bisa banyak belajar mengenai beragam flora dan fauna, menyaksikan pertunjukan seru  dan juga bermain di berbagai wahana.

    Batu Eco Green Park terletak di Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9A, Temas, Batu.

    10. Museum Angkut

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Anda suka mobil jaman dulu atau ala vintage? Siapkan kamera untuk pamer fotomu bersama mobil vintage yang ada di Museum Angkut di media sosial.

    Museum Angkut memamerkan angkutan tradisional hingga mutakhir yang ada di Indonesia. Luasnya Museum Angkut ini bukan menjadi masalah bagi Anda yang nggak kebiasa berjalan kaki lama karena ada transportasi yang menghubungkan antar taman rekreasi berupa kereta dan mobil.

    Tak hanya itu, Museum Angkut hadir membuat pengunjung terhibur dengan beragam pertunjukan, wahana, dan taman rekreasi yang memiliki tema menarik.

    Museum Angkut terletak di Jalan Sultan Agung, Ngaglik, Batu.

    11. Candi Singhasari

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Sesudah Anda menikmati alam dan taman rekreasi yang ada di Jawa Timur ini, ada baiknya Anda mengetahui sejarah yang terjadi di Jawa Timur. Anda masih ingat kan dulu sewaktu bersekolah, salah satu kerajaan hindu di Indonesia yang cukup terkenal adalah Singhasari. Anda bisa melihat peninggalan sejarahnya berupa Candi yang terletak sekitar 10 km dari Malang. Bagian dari Sejarah Indonesia dimulai dari Candi Singhasari ini.

    12. Patung Buddha Empat Rupa

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Wisata alam, cek. Wisata edukasi, cek. Wisata memanjakan diri, cek. Bagaimana dengan wisata religi? Bagi Anda yang tertarik dengan perihal religi, Anda bisa mengunjungi Patung Buddha Empat Rupa yang terletak di Klenteng Sanggar Agung, Surabaya. Patung ini mempunyai empat rupa yang merupakan sebuah simbol sifat Buddha yang murah hati, adil, dan bermeditasi.

    Anda bisa melihat patung ini dengan berkendara ke Klenteng Sanggar Agung yang terletak di Jl. Sukolilo No. 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya.

    13. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

    Tempat Wisata di Jawa Timur

    Gereja Katolik yang bergaya Gothic ini merupakan gereja tertua di Surabaya. Arsitektur ala Eropa ini sangat memukau sekali.

    Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria terletak di Jl. Kepanjen, Surabaya.

    14. Mesjid Cheng Ho

    masjid cheng ho

    Selaras dengan keinginan untuk mengapresiasi jasa Cheng Ho, masyarakat lokal mendirikan Mesjid Cheng Ho yang didedikasikan untuknya. Mesjid ini unik sekali, 3 gaya arsitektur yang bisa Anda lihat–pada tampilan luar Anda akan melihat gaya arsitektur Tionghoa, dan didalamnya terdapat paduan gaya arsitektur Indonesia dan Arab. Warna luar mesjid inipun sangat khas dengan warna merah menyala.

    Mesjid Cheng Ho terletak di Jl. Gading No. 2, Genteng, Surabaya.

    Banyak petualangan di Jawa Timur yang menunggu kamu.

    Happy Travels, Sepulsa Mate!

    Baca juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah