Follow Us

  • Share

    Oleh-Oleh Favorit Khas Surabaya yang Wajib Dibeli!

    Surabaya, sebuah kota yang penuh dengan keceriaan.  Nah, sebelum Anda kembali ke rumah, sebaiknya Anda membawa cenderamata atau oleh-oleh sehingga Anda akan selalu ingat dengan kenangan dan cerita yang Anda bawa dari kota ini.

    Bagi Anda pencinta kuliner tentunya akan lebih pas kalau Anda membawa makanan khas Surabaya untuk berbagi dengan keluarga dan teman.

    Surabaya memang jadi salah satu kota dengan makanan terbaik, dari mulai makanan manis hingga hidangan utama semuanya tersedia lengkap di sini.

    Untuk Anda yang sedang berlibur atau berencana bepergian ke Surabaya, ini dia rekomendasi oleh-oleh favorit khas Surabaya. Penasaran? Simak langsung ulasannya di sini!


    11 Oleh-Oleh Khas Surabaya 

    1. Sambal Bu Rudy

    Oleh oleh khas surabaya

    Sambal Bu Rudy terkenal akan kelezatan dan pedas yang bikin Anda nafsu makan. Selain sambal merah yang menjadi ciri khasnya, tersedia juga sambal hijau dan sambal udang, dan yang lainnya.

    Anda bisa menemukan “Sambal Bu Rudy” di berbagai swalayan di Surabaya atau bisa langsung mengunjungi Depot Bu Rudy di Jl. Dharmahusada No. 140, Surabaya.


    2. Bandeng Asap

    oleh oleh khas Surabaya

    Ada cara yang berbeda dalam mengolah ikan bandeng. Di Semarang bandeng diolah menjadi bandeng duri lunak yang dibaluri telur sedangkan di Surabaya bandeng diolah menjadi bandeng asap. Anda bisa merasakan rasa panggang atau smoky-nya hingga ke dagingnya.

    Salah satu tempat yang menjual Bandeng Asap, Panen Raya yang terletak di Jl. Raya Nginden No. 88 B, Surabaya.


    3. Bunarendang

    Bundarendang makanan khas Surabaya

    Bunarendang, makanan yang lagi ngetren di kalangan anak muda Surabaya, merupakan sebuah singkatan yaitu Burger Nasi Rendang.

    Makanan unik ini bisa Anda beli sebagai oleh-oleh di Swalayan Sakinah Surabaya, kawasan Dukuh Kupang, Jl. Manyar Surabaya.


    4. Kerupuk Ikan Kenjeran

    Anda tidak bisa melewatkan kerupuk satu ini. Kota yang kaya akan makanan lautnya, juga terkenal akan Kerupuk Ikan Kenjeran.

    Anda bisa membeli mentahannya untuk digoreng nanti setelah Anda berada di rumah. Krupuk Ikan Kenjeran bisa Anda temukan di Jl. Sukolilo.


    5. Petis

    oleh oleh khas surabaya

    Bumbu yang sering menjadi kuah rujak, tahu, dan beragam makanan khas Surabaya ini wajib Anda beli untuk dibawa pulang.

    Petis susah ditemukan di pasar ataupun swalayan di luar kota Surabaya. Anda bisa membeli bumbu petis yang biasanya bertekstur kental.

    Hanya dengan menambahkan air panas, dan sudah bisa Anda cocol ke berbagai makanan dengan petis ini. Disamping itu, Anda bisa memasak masakan Surabaya dengan mudah dengan adanya bumbu Petis ini. Anda bisa menemukan Petis di pasar ataupun Supermarket di Surabaya.


    6. Abon Sapi Padmosusastro

    oleh oleh khas surabaya

    Abon biasanya identik dengan rasa manis, tapi beda lho dengan abon yang khas dari kota Surabaya ini. Karena abon Sapi khas Surabaya ini menyediakan dua rasa yaitu pedas dan manis.

    Anda bisa membeli Abon Sapi Padmosusastro di Jl. Padmosusastro, Surabaya.


    7. Bumbu Masakan Surabaya

    oleh oleh khas surabaya

    Tiap kali Anda kangen masakan Surabaya, Anda nggak perlu khawatir. Beli aja bumbu masakannya yang tersedia di pasar. Cukup Anda persiapkan bahan utama dengan mencampurkan bumbu tersebut.

    Rasa kangen Anda akan terobati tanpa harus menunggu waktu luang untuk mengunjunginya lagi.


    8. Sirup Mangrove

    sirup mangrove khas surabaya

    Tumbuhan Mangrove ternyata bisa diolah menjadi sirup, dan ini hanya bisa kamu temukan di Surabaya. Rasanya yang segar; asam dan manis, merupakan ciri khasnya.

    Sirup Mangrove bisa menjadi pilihan minuman kamu sehari-hari. Sirup mangrove ini bisa Anda temukan di Jl. Sonnetaria Rungkut, Surabaya.


    9. Siropen Telasih

    oleh oleh khas Surabaya

    Sebuah sirup dari Surabaya yang telah ada sejak tahun 1920-an dan dahulu biasanya diminum oleh kalangan bangsawan saja.

    Siropen Telasih tidak menggunakan bahan pengawet dalam mengolah sirupnya dan tersedia beragam rasa yang biasanya nggak Anda temukan di Sirup biasanya seperti jeruk keprok, mawar, vanili, dan lain-lain.

    Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Pabriknya langsung yang terletak di Jl. Milwis, Surabaya.


    10. Lapis Surabaya Spikoe

    oleh oleh khas surabaya

    Berbeda dengan lapis spekkoek yang terdiri dari banyak lapisan. Lapis Surabaya Spikoe hanya ada 3 lapisan namun manis, lembut dan buttery.

    Menggunakan resep yang sama sejak zaman dulu sehingga cita rasanya terjaga baik. Banyak sekali pengunjung ataupun orang lokal Surabaya membeli Lapis Spikoe sebagai oleh-oleh ataupun disajikan saat Idul Fitri.

    Lapis Spikoe bisa Anda dapatkan di Jl. Rungkut Madya No. 70, Surabaya.


    11. Almond Crispy

    oleh oleh khas surabaya

    Berbentuk biskuit tipis dan renyah dengan taburan almond dan keju, menjadikan Almond Crispy oleh-oleh favorit dari Surabaya. Beragam rasa yang bisa kamu temukan dari Almond Crispy yaitu matcha (green tea), original, dan cokelat.

    Anda bisa beli Almond Crispy di pusat oleh-oleh Jl. Raya Jemur Sari No. 164, Surabaya.

    Nah, itu dia rekomendasi oleh-oleh asli Surabaya yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda, ya!

    Baca Juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah