Follow Us

  • Share

    Jurusan Teknik Industri: 6 Prospek Kerja dengan Gaji Kompetitif!

    Jurusan teknik industri merupakan bidang studi perkuliahan yang mendalami seluruh bagian proses industri mulai dari segi manajemen hingga teknik. Jurusan yang merupakan bidang studi turunan dari teknik mesin ini pada umumnya terbagi dalam tiga bidang, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, serta sistem industri dan tekno ekonomi.

    Secara keseluruhan, jurusan teknik industri bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam perancangan, meningkatkan sistem industry, serta pemasangan sistem yang terintegrasi dan berkaitan dengan peran manusia, peralatan, energi, dan material pendukung.

    Oleh sebab itu, prospek kerja teknik industri juga sebenarnya terbentang cukup luas di berbagai lapangan pekerjaan. Nah, langsung saja kita bahas apa saja prospek kerja teknik industri yang bisa kamu incar setelah lulus nanti!

    1. Staff Operasional dan Logistik

    Bidang pekerjaan ini umumnya dibutuhkan di perusahaan retail. Untuk bisa meraih prospek kerja teknik industri yang satu ini, kamu perlu meningkatkan keahlian di bidang manajemen logistik, manajemen pemasaran, manajemen retail, kemampuan berkomunikasi antar organisasi atau dalam tim, serta pada beberapa perusahaan diwajibkan untuk menguasai bahasa asing dan kemampuan menjalin hubungan internasional.

    Beberapa tugas dan tanggung jawab yang akan kamu lakukan sebagai bagian dari operasional dan logistic adalah merencanakan lokasi yang tepat untuk pergudangan, mengatur transportasi yang efisien digunakan dalam proses pengiriman, membuat perencanaan sistem yang baik untuk manajemen logistic, serta mengawasi dan mengontrol setiap kegiatan operasional di gudang.

    Tidak terbatas pada ruang lingkup pergudangan saja, prospek kerja teknik industri di bagian operasioal dan logistic juga memegang peranan dalam keuangan, pelayanan dan informasi. Namun, tentu ada jenjang karir yang bisa kamu targetkan dalam prospek kerja ini, mulai dari staff operasional, supervisor, hingga menjadi manajer operasional dan logistic. Semakin tinggi jabatan yang bisa kamu raih, maka semakin tinggi pula gaji yang akan kamu dapatkan!

    2. Market Researcher

    Pekerjaan sebagai market researcher sangat cocok buat kamu yang memiliki bakat di bidang bisnis dan ekonomi. Secara garis besar, kamu bertugas untuk meneliti pasar dan membuat analisis data sehingga produk yang dihasilkan dapat memberi keuntungan bagi perusahaan tempat kamu bekerja.

    Nah, keuntungan menjadi market researcher salah satunya adalah kamu bisa memiliki banyak kesempatan untuk bekerja sambil liburan gratis! Karena tugas utama kamu adalah menganalisis perilaku konsumen di berbagai daerah sehingga tentu saja kamu bisa mengunjungi berbagai tempat bahkan tempat wisata dengan biaya yang ditanggung oleh perusahaan. Sangat menarik, bukan?

    Di samping itu, masih ada beberapa peran dan tanggung jawab yang perlu kamu ketahui dalam menjalankan posisi sebagai market researcher. Di antaranya adalah merangkum data secara lengkap baik data kuantitatif maupun data kualitatif yang berkaitan dengan produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. 

    Kemudian, kamu juga bertanggung jawab penuh dalam membuat perubahan yang signifikan jika diperlukan guna meningkatkan ketertarikan pelanggan terhadap produk tersebut. Kamu juga harus mampu membuat keputusan dalam menentukan target pasar, perencanaan pemasaran, sistem kerja, dan segmentasi pasar. Dan yang paling utama adalah memastikan rencana pemasaran produk berjalan lancar dengan hasil sesuai target.

    3. Project Manager

    Prospek kerja teknik sipil berikutnya adalah menjadi seorang project manager. Tentu kamu sudah tahu ya, bahwa posisi ini mengembang tanggung jawab yang cukup besar dalam suatu perusahaan. Oleh sebab itu, biasanya perusahaan mewajibkan seseorang yang telah memiliki cukup pengalaman yang akan menempati posisi ini.

    Secara garis besar, tugas project manager adalah membuat perencanaan proyek, mengontrol seluruh anggota tim proyek, serta memastikan suatu proyek berjalan sesuai target, baik itu target hasil, target waktu, serta target budget yang dikeluarkan. Tugas yang cukup berat ini tentunya sebanding dengan gaji yang akan ditawarkan kepada seorang project manager. Jadi, buat kamu yang berencana ingin menduduki jabatan ini, kamu bisa mengembangkan kemampuan teknik industri secara maksimal dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi mulai dari sekarang.

    4. Data Scientist

    Dalam prospek kerja teknik industri yang satu ini kamu wajib memiliki kemampuan  matematika, pemrograman, statistika, dan ilmu bisnis dan manajemen yang baik. Bagi kamu memiliki tingkat ketelitian yang cukup tinggi, profesi ini tentu sangat cocok untuk kamu tekuni mengingat pekerjaan yang akan kamu lakukan adalah seputar mengolah berbagai macam data perusahaan.

    Sebagai seorang data scientist, kamu akan ditugaskan mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis, antara lain data preparation, data exploration, dan data visualization. Karena itu, kamu diharapkan memiliki kemampuan berpikir secara sistematis, ahli dalam meriset, teliti dalam menganalisis, kemampuan statistika, serta memiliki pengetahuan pemrograman dan bahasa asing.

    Namun, dengan berbagai kemampuan intelektual tersebut, kamu tidak hanya bisa bekerja di perusahaan berbasis teknologi saja. Perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan, transportasi, logistik, olahraga, media, bahkan perbankan juga membuka lowongan pekerjaan untuk posisi ini. 

    5. Human Resources Development

    Posisi sebagai bagian personalia atau sering disingkat dengan sebutan HRD ini juga merupakan salah satu prospek kerja teknik industri lho! Kemampuan manajemen sumber daya manusia serta kemampuan di bidang administrasi perkantoran bisa menjadi modal yang sangat berguna untuk menjadi seorang HRD.

    Pekerjaan HRD tidak sebatas mewawancarai para pelamar kerja saja. Tetapi, HRD juga bertugas melakukan pelatihan untuk meningkatkan potensi kinerja sumber daya manusia di perusahaan tersebut. HRD juga berperan dalam menempatkan pegawai pada posisi yang sesuai dengan kemampuannya, dan bila perlu memindahkan posisi jabatan, menaikkan atau menurunkan jabatan karyawan demi kestabilan dan kenyamanan lingkungan kerja.

    6. Teknisi Produksi Manufaktur

    Prospek kerja teknik industri ini memang sangat membutuhkan seorang lulusan teknik industri karena tugas dari seorang teknisi produksi manufaktur adalah mengontrol dan menguji kelayakan mesin maupun peralatan teknis lainnya yang berbasis listrik dan teknologi.

    Pada posisi ini, kamu akan bertanggung jawab terhadap standar kelayakan pakai suatu mesin, mengontrol kualitas produksi, serta rutin mengevaluasi kondisi alat produksi agar tetap sesuai dengan standar prosedur operasi.

    Dalam menjalankan tugas ini, kamu harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup di bidang komputer, elektronik, kemampuan matematika yang bagus, pengetahuan mekanis seputar mesin dan peralatan di bidang industri, serta komitmen yang tinggi dalam menjaga keselamatan dan keamanan penggunaan mesin selama kegiatan produksi.

    Sekarang, kamu hanya perlu menentukan target prospek kerja teknik industri yang kamu inginkan. Jangan hanya berfokus pada nominal gaji yang tinggi saja ya, tetapi kamu perlu realistis memilih prospek kerja teknik industri yang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki. Sehingga, perusahaan juga akan puas melihat hasil kinerja yang kamu berikan. Karena itu, tingkatkan terus kemampuanmu dan jadilah lulusan teknik industri yang berkualitas!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah