Follow Us

  • Share

    Ingin Masuk PTN, Wajib Ikuti Tips Agar Lulus SBMPTN Ini!

    SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jadi, untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kamu harus lulus dengan nilai yang baik melalui ujian tertulis ini. Namun, itu bukanlah hal yang mudah!

    Bisa dikatakan hampir setiap pelajar yang lulus Sekolah Menengah Atas pada umumnya merencanakan agar bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri favorit yang mereka inginkan. Dengan demikian, tentu kamu harus siap bersaing secara sehat dengan ribuan calon mahasiswa lain yang memiliki target yang sama, yakni masuk PTN favorit. Selain itu, dalam ujian ini, kamu wajib mengikuti dua jenis ujian yang setiap tahunnya disesuaikan dengan standar pengembangan tes, yaitu Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

    Tapi, jangan khawatir! Kamu tetap punya kesempatan dan peluang menjadi mahasiswa di PTN favorit jika kamu berusaha untuk mengikuti tips agar lulus SBMPTN berikut ini.

    1. Dapatkan Informasi Lengkap Mengenai SBMPTN

    Tips agar lulus SBMPTN paling awal yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan informasi yang lengkap dan akurat mulai dari tahapan awal hingga proses ujian SBMPTN. 

    Pastikan kamu mengetahui kapan jadwal ujian akan berlangsung serta alamat portal resmi untuk melakukan pendaftaran. Dan jangan lupa untuk melengkapi seluruh persyaratan mencakup kelengkapan dokumen dan pastikan semuanya sudah sesuai dengan ketentuan yang dibutuhkan.

    2. Segera Mendaftar Pada Situs Resmi Pendaftaran SBMPTN

    Ketika kamu sudah mengetahui pembukaan jadwal pendaftaran SBMPTN, segeralah mendaftar dan jangan menunda untuk melengkapi seluruh alur pendaftaran.

    3. Menyusun Target Dalam Menentukan Jurusan 

    Buatlah strategi dalam memilih jurusan sesuai dengan urutan peminatnya maupun sesuai peringkat universitas tersebut. Ini sangat penting, karena kalau kamu salah memilih jurusan, bisa-bisa kamu gagal masuk PTN.

    4. Ambil Jurusan yang Memang Sesuai Bakat dan Minat Kamu

    Jangan terlalu terobsesi dengan prospek kerja atau penghasilan yang mungkin bisa kamu dapatkan setelah lulus nanti saat memilih jurusan.

    Mengambil jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan dapat membantu kamu menjalani masa kuliah dengan lebih nyaman dan tidak menutup kemungkinan kamu bisa lebih sukses daripada kamu memaksa memilih jurusan hanya karena harapan peluang kerja yang mudah didapatkan.

    5. Jika Mungkin, Pilih Jurusan yang Sama Pada Tiga Pilihan Universitas 

    Tips agar lulus SBMPTN ini memungkinkan kamu memiliki peluang lebih besar untuk diterima karena dengan memilih jurusan yang sama meskipun universitas berbeda, menunjukkan kamu benar-benar berminat dan serius pada jurusan tersebut.

    6. Tidak Perlu Khawatir dengan Sistem Penilaian Sebelumnya

    Pada ujian SBMPTN sebelumnya, banyak para calon mahasiswa yang tidak lulus karena sistem penilaian poin minus ketika salah menjawab soal. Nah, sistem ini tidak berlaku lagi pada SBMPTN sekarang ini sehingga kamu setidaknya tidak perlu terlalu khawatir dalam mengerjakan soal ujian.

    Namun, tentu saja, kamu tetap harus berupaya mempersiapkan diri agar dapat mengerjakan soal yang sulit dengan tepat agar mendapat poin lebih besar dan menambah peluang kamu untuk lulus.

    7. Rajin dan Tekun dalam Belajar

    Kesungguhan dan keseriusan dalam belajar adalah tips agar lulus SBMPTN yang paling mendasar. Niat untuk lulus harus diwujudkan dalam bentuk upaya dan kerja keras dalam belajar secara rutin.

    8. Mengasah Kemampuan Melalui Kegiatan Try Out

    Ikutilah berbagai macam try out yang tersedia di banyak lembaga bimbingan belajar. Tidak cukup hanya sekali saja, karena dengan mengikuti try out sesering mungkin, kemampuan kamu akan semakin diasah. Ingatan dalam mengerjakan soal-soal dengan benar juga akan semakin tajam sehingga rasa percaya diri untuk mengikuti SBMPTN juga tentu semakin tinggi.

    9. Rajin Mengerjakan Soal Latihan SBMPTN

    Rajin membaca saja tidak cukup jika kamu ingin tips agar lulus SBMPTN. Terlebih sekarang dengan teknologi yang canggih, kamu bisa mencari contoh-contoh soal SBMPTN sebelumnya melalui berbagai media.

    Kemudian, berlatihlah mengerjakannya dan memastikan bahwa jawaban kamu tepat. Untuk jawaban yang salah, bisa menjadi bahan koreksi diri untuk lebih dalam mempelajari materi tersebut.

    10. Menentukan Jadwal Belajar yang Rutin dan Tetap Tentu

    Sebagai bukti bahwa kamu memiliki komitmen yang tinggi untuk lulus pada ujian SBMPTN, kamu harus siap membuat program dan jadwal belajar yang wajib kamu lakukan. 

    Saat menyusun jadwal belajar, kamu perlu mempertimbangkan kegiatan rutin yang wajib kamu lakukan di samping waktu belajar agar tidak mengalami bentrok. Selain itu, kamu sebaiknya menentukan jam belajar yang sesuai dengan mood dan kenyamanan.

    Misalnya, kamu sebaiknya tidak membuat jadwal terlalu malam yang mana otak sudah merasa lelah dan sulit untuk berkonsentrasi sehingga pada akhirnya membuatmu mudah mengantuk.

    Untuk memiliki program dan jadwal belajar yang baik, kamu mungkin perlu mengurangi kegiatan-kegiatan lain yang kurang penting, seperti bepergian, berbelanja, dan sebagainya.

    11. Ikut Dalam Kelompok Belajar

    Bergabung dengan suatu komunitas kelompok belajar juga merupakan tips agar lulus SBMPTN yang tepat. Dengan memiliki teman belajar kelompok, kegiatan belajarmu bisa lebih menyenangkan. Tidak hanya itu, dalam kelompok belajar, satu sama lain dapat berbagi ilmu dan saling mengasah kemampuan. Kamu pasti setuju, bukan?

    12. Persiapan Kesehatan Fisik dan Mental

    Jangan sampai kamu tidak bisa ikut ujian karena sakit padahal kamu sudah berlatih berbulan-bulan sebelumnya. Ya, mempersiapkan diri untuk dapat menjawab soal ujian dengan tepat tentu menguras tenaga dan emosi. 

    Karena itu, kamu harus seimbang agar kesehatan tidak terabaikan. Pastikan tubuhmu mendapat waktu istirahat yang cukup dan jangan terlalu memaksakan diri sendiri untuk belajar saat merasa lelah. Olahraga dan mengkonsumsi vitamin serta makanan bergizi lebih baik daripada menggunakan waktu istirahatmu untuk bermain game dan memakan makanan cepat saji.

    13. Mengerjakan Soal SBMPTN dengan Teliti

    Tips agar lulus SBMPTN yang satu ini bisa kamu terapkan saat berhadapan langsung dengan lembar soal ujian. Manfaatkan batas waktu yang diberikan sebaik-baiknya dengan tetap tenang dan tidak terburu-buru.

    Dengan sering berlatih mengerjakan soal sebelumnya, akan mengurangi rasa panic saat mengadapi ujian yang sebenarnya. Bacalah soal dengan cermat dan teliti agar terhindar dari jawaban yang salah.

    Demikian beberapa tips agar lulus SBMPTN yang wajib kamu lakukan jika ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ingat, jangan menyerah sebelum mencoba dan berusahalah semaksimal mungkin!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah