Follow Us

  • Share

    Keuntungan Membuat Paspor Online!

    Dokumen yang terpenting saat kamu hendak akan bepergian keluar negeri adalah paspor. Bila tidak punya paspor maka kamu tidak akan diperbolehkan melewati imigrasi keberangkatan ataupun ketibaan di bandara, jadi tidak mungkin kalau kamu akan naik ke pesawat.

    Paspor adalah dokumen resmi yang sangat penting dapat digunakan sebagai identitas diri saat berada di negara asing. Dalam paspor akan ada info mengenai nama panjang, negara asal, foto, tanda tangan, tempat & tanggal lahir, dan informasi penting lainnya yang bakalan di perlukan di negara lain.

    Kalau kamu belum punya paspor dan ingin membuatnya maka dapat mengunjungi kantor imigrasi terdekat dari tempat kamu berasal dan melakukan pembuatan disana sesuai dengan prosedur.

    Tetapi, sekarang ini kamu bisa melakukan pembuatan paspor melalui online dan hanya memerlukan waktu 5 menit saja. Jadi tujuan di adakan pembuatan melalui online ini adalah mempersingkat waktu dan praktis di bandingkan datang langsung ke kantor imigrasi yang harus mengantri panjang dan memakan waktu yang cukup lama.

    Dengan mendatangi ke kantor imigrasi saja kamu harus datang dari subuh sebelum kantor buka agar bisa mendapatkan antrian duluan. Dan tiap wilayah jumlah pemohon di batasi jadi belum tentu kamu dapat melakukan proses pembuatan paspor pada hari itu juga.

    Kentungan Membuat Paspor Online


    Keuntungan Membuat Paspor Online

    1. Sangat mudah karena bisa melakukan proses permohonannya di rumah saja dan yang terpenting yaitu akses internet atau bisa juga mengunjungi warnet terdekat.
    2. Murah, karena tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, hanya Rp225.000, tetapi bila memakai calo kamu harus mengeluarkan uang sebesar 2 kali lipatnya. Jadi lebih baik mengurus sendiri secara online tanpa harus menggunakan calo.
    3. Prosesnya yang cepat, karena berkaitan dengan proses ambil foto dan wawancara yang harus dilakukan setelah berkas permohonan disetujui, Waktu pengerjaannya lebih cepat di banding dengan pengajuan paspor yang harus datang ke kantor imigrasinya secara langsung.
    4. Di wilayah tertentu seperti di Jakarta dan Surabaya bagi pemohon paspor online bisa melakukan wawancara dan foto pada saat di hari yang sama dengan saat mengajukan berkas permohonan. Bila di tempat yang lainnya proses wawancara dan fotonya keesokan hari setelah proses pengajuan permohonan paspor. Proses ini bisa di bilang lebih cepat di banding yang mengajukan manual: menunggu 4 sampai 5 hari untuk melakukan proses wawancara dan foto.

    Pendaftaran Melalui Whatsapp

    Perkembangan teknologi saat ini membuat semua masyarakat memiliki telepon seluler dan di lengkapi aplikasi yang bernama WhatsApp. Imigrasi sekarang mempunyai layanan pendaftaran paspor via aplikasi WhatsApp.

    Layanan ini memberikan informasi kepastian waktu para pemohon untuk dapat membuat atau bila ingin memperpanjang paspor tanpa antre panjang sejak pagi hari.

    Layanan ini akan di luncurkan secara serentak di 26 kantor imigrasi yang ada di wilayah Indonesia dengan jumlah pemohon sebesar 150 orang perhari. Seperti di Jabodetabek dan Jawa Tengah.

    Inovasi layanan pendaftaran paspor melalui WhatApp ini adalah dari Direktorat Keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan layanan kepada masyarakat dalam pengurusan administrasi keimigrasian.

    Baca Juga: Paspor


    Tata Cara Paspor Online

    Untuk pengajuan permohonan paspor sekarang bisa melalui online dengan dilakukan cara sebagai berikut

    • Di menu utama pemohon mengklik menu pra permohonan personal
    • Pada menu informasi pemohon, pemohon isi data yang berupa:

    a. Memilih jenis permohonan yang sesuai. Permohonan jenis Penggantian Paspor karena hilang atau rusak yang masih berlaku sebaiknya mengajukan permohonan dengan cara manual.

    b. Isilah data Nomor Paspor lama untuk jenis permohonan penggantian paspor.

    c. Pilihlah jenis paspor baru yang dimohonkan.

    d. Memilih Lokasi Kantor Imigrasi yang dituju.

    e. Memasukkan data yang sesuai nama lengkap, Jenis Kelamin dan seterusnya hingga tanggal berlaku   KTP dan klik lanjut.

    f. Mengisi data alamat tempat tinggal dan seterusnya, setelah itu kamu klik LANJUT.

    g. Pada menu selanjutnya terdapat informasi data pemohon, biaya permohonan yang   harus dibayarkan, hari dan tanggal yang tersedia untuk kedatangan ke Kantor Imigrasi serta cara  pembayaran.

    h. Kode Verifikasi Data harus di masukkan dengan benar terdapat pada layar kemudian klik OK.

    i. Untuk para pemohon lakukanlah konfirmasi pada email masing-masing, lalu mencetak tanda terima Pra Permohonan, dan melakukan pembayaran ke bank.

    Habis melakukan pembayaran, pemohon memilih tanggal kedatangan ke Kantor Imigrasi untuk proses permohonan caranya dengan tinggal mengklik URL yang terdapat pada email pemohon.

    Jika pada email tidak terdapat konfirmasi, silahkan membuka kembali layanan paspor online dan klik yang ada kalimat Kirim Ulang Email Pra Permohonan Personal.

    j. Setelah kamu melakukan pembayaran dan sudah menentukan tanggal kedatangan, pemohon wajib datang sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan dan serta membawa persyaratan permohonan harus foto copy asli untuk lanjut ke tahap penerbitan paspor.

    Baca Juga :

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah