Follow Us

  • Share

    Mau Transaksi Mudah dan Cepat? Bayar Telkom Lewat Layanan Bank BRI Saja

    Apakah Anda salah satu pengguna layanan Telkom? Tidak dimungkiri, perusahaan yang satu ini memiliki jaringan pasar terbesar di Indonesia. Lebih dari 100 juta penduduk Indonesia telah memanfaatkan layanan dan produk Telkom. Itulah sebabnya, Telkom terus menciptakan inovasi sesuai denga perkembangan teknologi.

    Sebagai perusahaan jasa telekomunikasi dan jaringan, Telkom selalu memberikan produk berkualitas untuk penggunanya. Bahkan, tahun 2015 silam, Telkom menggelar pameran dan peluncuran produk terbaru. Momen itu mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia. Terlebih, fitur yang dikeluarkan mampu bersaing dengan produk luar negeri.

    IndiHome dan teknologi 4G Lite merupaka dua contoh produk yang laris manis di pasaran. Menginjak tahun 2017, penggunanya makin bertambah. Oleh karena itu, Telkom memberikan kemudahan dari segala aspek, salah satunya pembayaran tagihan.

    Dulu, pembayaran tagihan hanya bisa dilakukan di bank, kantor pos, atau tempat yang menyediakan layanan online untuk pelanggan Telkom. Tapi, evolusi teknologi mendorong Telkom untuk memanfaatkan produk inovasi perbankan. Perusahaan ini bekerja sama dengan bank-bank ternama di Indonesia.

    Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank yang digandeng Telkom untuk memudahkan transaksi pembayaran tagihan. Bank yang berdiri tahun 1895 ini menyediakan layanan pembayaran melalui empat cara, yaitu ATM BRI, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking. Untuk mengetahui cara pemakaiannya, simak ulasan berikut ini.

    Cara Bayar Telkom Lewat Layanan Bank BRI

    Bayar Telkom Lewat ATM BRI

    Bayar Telkom Lewat Bank BRI

    Lebih dari 125 juta penduduk Indonesia telah menggunakan ATM. Produk perbankan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Keberadaan ATM memudahkan semua jenis transaksi keuangan.

    BRI pun turut andil dalam mengembangkan produk ATM. BRI merupakan satu-satunya bank yang memiliki gerai ATM hingga ke pelosok daerah di Indonesia. Pengguna ATM BRI tidak hanya dari kalangan elit, tetapi juga masyarakat menengah ke bawah.

    Itulah sebabnya, bayar Telkom lewat layanan Bank BRI, khususnya ATM BRI merupakan cara termudah yang bisa dijangkau siapa saja. Berikut ini langkah-langkah membayar Telkom lewat ATM BRI.

    • Langkah pertama, masukkan kartu ATM Anda, lalu pilih bahasa yang ingin digunakan.
    • Selanjutnya, masukkan PIN BRI dan pilih menu “Transaksi Lainnya”.
    • Pada halaman berikutnya, tekan menu “Pembayaran”.
    • Lalu, pilih opsi “TELKOM/FLEXI/SPEEDY”.
    • Setelah itu, akan muncul permintaan ID pelanggan. Silakan masukkan ID Anda sebanyak 12 digit.
    • Pilih opsi “BENAR” untuk menyetujui pembayaran tagihan.
    • Langkah terakhir, Anda harus memilih menu “YA” agar transaksi selesai.

    Jika permintaan sukses, tampilan akan kembali ke menu utama. Silakan pilih “KELUAR” untuk mengakhiri transaksi ATM.

    Bayar Telkom Lewat Internet Banking BRI

    Bayar Telkom Lewat Layanan Bank BRI

    Anda tidak punya waktu ke gerai ATM? BRI menyediakan layanan Internet Banking yang memudahkan nasabahnya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Internet Banking ini bisa diakses melalui komputer, laptop, atau ponsel. Tidak perlu mengunduh aplikasinya karena dapat dibuka lewat browser.

    Bayar Telkom lewat Internet Banking BRI tidak sulit. Siapkan saja komputer yang terkoneksi dengan internet, lalu ikuti tahapan-tahapan berikut ini.

    • Pertama, buka situs halaman ib.bri.co.id.
    • Langkah kedua, pilih menu “Pembayaran”.
    • Setelah itu, klik opsi “Telepon/Selular”.
    • Selanjutnya, Anda harus mengisi data yang tersedia, yaitu sumber rekening, keperluan pembayaran, nama tagihan, dan nomor telepon. Jangan lupa mencetang kotak penyimpanan data dan mengetikkan nama Anda.
    • Kemudian, pilih opsi permintaan mToken.
    • Pada tampilan berikutnya, Anda akan melihat jumlah tagihan berserta data pelanggan. Di bagian ini, silakan isi menu “Password” dan “mToken”.
    • Sesudah mengisi halaman tersebut, secara otomatis transaksi pembayaran Telkom telah selesai.

    Sebelum keluar dari situs Internet Banking BRI, sebaiknya simpan resi pembayaran Telkom. Jangan lupa, menekan opsi “Logout” ketika Anda ingin menutup browser.

    Bayar Telkom Lewat Mobile Banking BRI

    Bayar Telkom lewat Bank BRI

    Mau cara yang lebih praktis, mudah, dan bisa dilakukan di mana saja? Anda bisa bayar Telkom lewat Mobile Banking BRI. Aplikasi ini merupakan terobosan teknologi yang paling diminati masyarakat. Pasalnya, untuk mengaksesnya, cukup menggunakan media ponsel atau smartphone yang kompatibel.

    Mobile Banking BRI menyediakan berbagai jenis transaksi, salah satunya pembayaran tagihan Telkom. Caranya sebagai berikut.

    • Pertama, unduh aplikasi Internet Banking BRI dan pasang di ponsel atau smartphone.
    • Langkah kedua, pilih menu “Mobile Banking”.
    • Kemudian, klik opsi “Pembayaran”.
    • Langkah ketiga, pilih menu “TELKOM”.
    • Pada halaman berikutnya, silakan isi kode area dan nomor telepon.
    • Selanjutnya, masukkan PIN dan pilih menu “SEND”.
    • Setelah itu, Anda akan melihat pesan yang berisi konfirmasi bahwa proses transaksi dilanjutkan melalui SMS.

    Konfirmasi yang masuk ke kotak pesan ponsel berisi tentang jumlah tagihan yang telah dibayarkan. Simpan notifikasi tersebut sebagai bukti pembayaran telah selesai dilakukan.

    Bayar Telkom Lewat SMS Banking BRI

    Bayar Telkom lewat Layanan Bank BR
    Bayar Telkom lewat Layanan Bank BRI

    Fitur SMS Banking BRI merupakan layanan transaksi yang dikemas dalam bentuk SMS. Layanan ini tidak memerlukan jaringan internet, tapi menggunakan pulsa biasa. Beberapa jenis transaksi yang bisa dilakukan melalui SMS Banking BRI, yaitu informasi saldo, tagihan, transfer sesama BRI atau bank lain, pengisian pulsa, dan pembayaran tagihan.

    Layanan ini merupakan layanan berbayar. Tapi, tidak ada spesifikasi khusus untuk ponsel yang boleh digunakan. Semua ponsel bisa mengakses layanan ini asalkan nomornya telah terdaftar di BRI. Cara mendaftarkan nomor ke BRI, yaitu :

    • Pergilah ke cabang BRI terdekat dengan membawa ponsel, buku tabungan, dan kartu identitas.
    • Setelah sampai di BRI, Anda akan diarahkan menuju meja customer service, kemudian mengisi formulir yang disediakan. Customer service akan memproses data jika nama yang tertera di kartu identitas sesuai dengan buku tabungan.

    Proses pendaftaran ini tidak memakan waktu lama. Dalam waktu 1 x 24 jam, Anda sudah bisa menikmati layanan SMS Banking BRI.

    Lalu, bagaimana cara bayar Telkom lewat SMS Banking BRI? Caranya sangat mudah. Pertama, bukalah menu “Pesan” di ponsel, kemudian kirim SMS dengan format BAYAR_JENIS TAGIHAN_ID PELANGGAN/NOMOR TELEPON_PIN. Selajutnya, kirim format SMS tersebut ke nomor 3300. Biaya untuk satu kali transaksi lewat SMS sebesar Rp. 500,00.

    Itulah cara bayar Telkom melalui fitur yang disediakan Bank BRI. Semoga bermanfaat.

    Baca juga

    Bayar Tagihan Telkom

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah