Follow Us

  • Share

    Fungsi NPWP itu Banyak Loh, Silakan Baca Disini

    Mungkin Sepulsa Mate masih ingat, ketika Anda baru saja masuk kerja dan Anda diminta untuk melampirkan dokumen yang bernama NPWP. Saat itu, Anda baru saja lulus kuliah dan masih meraba-raba mengenai dunia kerja apalagi mengenai perpajakan. Bahkan Anda baru tahu jika bekerja itu punya hubungan dengan perpajakan–well  FYI, pendapatan yang Anda peroleh tiap tahunnya mendapatkan pemotongan pajak PPh 21 sebagai kontribusi pembangunan negara. Karena NPWP adalah satu dari sejumlah dokumen penting yang harus Anda lampirkan ke tempat Anda bekerja, pasti Anda mengambil langkah seribu untuk mengurusinya baik itu secara online atau datang langsung ke kantor pajak.

    Sekarang sudah memiliki NPWP? Selain kepemilikan NPWP diharuskan bagi orang yang berpenghasilan diatas Rp 36 juta per tahun, NPWP punya peran yang sangat penting dalam mengurusi perihal administrasi yang menyangkut perpajakan (pribadi ataupun perusahaan), perbankan, kredit, bahkan hingga saat ini telah menjadi salah satu dokumen pelengkap untuk mengajukan paspor. Terbayang nggak sama Anda jika Anda tidak mempunyai NPWP bakal sesulit apakah mengurusi dokumen-dokumen yang telah disebutkan diatas?

    Oh ya, Anda bisa cek online nomor NPWP Anda untuk melihat statusnya telah aktif atau belum. Anda bisa mengeceknya di beragam gadget Anda, pastikan Anda mempunyai paket data internet yang cukup ya. Paket data menipis? Anda bisa beli paket data internet di Sepulsa! Hanya beberapa ketukan, paket data Anda langsung terisi.

    Apa saja Fungsi NPWP yang harus Anda kenali?

    Yuk simak penjelasan mengenai fungsi NPWP dibawah ini.

    1. Memiliki NPWP mempunyai keterkaitan dengan kontribusi pajak dari penghasilan Anda

      Fungsi NPWP

    Memang sudah ada peraturannya (PPh 21) kalau Anda harus berkontribusi berupa pemotongan pajak dari penghasilan yang Anda terima setiap tahunnya. Nah, NPWP ini berguna sebagai identitas pembayar pajak yang menyimpan informasi berapa besar penghasilan yang Anda peroleh per tahunnya, berapa besar pajak penghasilan yang harus Anda bayar, hingga berapa besar penghasilan yang tidak kena pajak (PTKP) untuk Anda.

    Baik itu NPWP Pribadi atau NPWP Badan Usaha, Anda bisa mengajukan pengurangan pembayaran pajak jika Anda rasa pajak yang membebani Anda terlalu berat. Agar proses permohonan pengurangan pembayaran pajak lancar, Anda harus melampirkan NPWP Anda.

    Adapun fungsi lain yaing perlu Anda ketahui, Anda bisa mengajukan restitusi pajak saat Anda membayar pajak lebih besar daripada yang seharusnya. Hal ini bisa saja disebabkan oleh adanya kesalahan dalam penghitungan pajak. Untuk mendapatkan kembali selisih yang telah Anda bayar, Anda bisa mengajukan restitusi pajak di kantor pajak terdekat dengan menunjukkan NPWP.

    Tahukah Anda kalau Anda tidak punya NPWP Anda harus membayar pajak yang lebih besar daripada semestinya? Jadi, kalau Anda tidak punya NPWP Anda harus membayar pajak penghasilan 20% lebih besar daripada pajak yang seharusnya Anda bayar. Hal ini juga berlaku ketika Anda memesan barang online dari luar negeri yang kena pajak–jika Anda tidak punya NPWP Anda harus membayar pajak 20% lebih besar daripada pajak yang semestinya Anda bayar. Tentunya dengan memiliki NPWP Anda akan menghemat sejumlah uang dengan tidak adanya sanksi pajak tambahan yang harus Anda bayar.

    1. Mengajukan Kredit dan Membuka Rekening Tabungan

    Fungsi NPWP

    NPWP menjadi salah satu dokumen yang harus Anda lampirkan ketika Anda sedang mengajukan fasilitas kredit dan perbankan. Tentunya jika Anda tidak mempunyai NPWP, Anda akan mengalami kesusahan dalam memprosesnya bahkan pengajuan Anda bisa saja ditolak karena dokumen penting yang mereka wajibkan tidak bisa Anda sediakan.

    Fasilitas Kredit apa saja yang memerlukan NPWP sebagai salah satu dokumen penting yang ada dalam persyaratannya?

    • Kartu Kredit
    • Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
    • Kemudian kredit Tanpa Agunan (KTA)
    • Kredit Kendaraan Bermotor
    • Dan ada juga kredit Multiguna

    Jika Anda ingin membuka rekening tabungan di bank manapun di Indonesia, mereka mewajibkan calon nasabahnya memiliki NPWP. Dengan memiliki NPWP tentunya memperlancar proses ini sehingga pada akhirnya Anda memiliki rekening tabungan.

    Selain itu, jika Anda tertarik untuk melakukan investasi ataupun saham hal tersebut bisa Anda wujudkan jika Anda memiliki NPWP.

    Nah, Sekarang bisa dikatakan kalau NPWP mempunyai peran penting dalam urusan finansial seperti mengajukan kredit untuk kebutuhan Anda dan membuka rekening tabungan.

    1. NPWP Diperlukan untuk Memperoleh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

    Fungsi NPWP
    Contoh SIUP via Blogspot

    Anda ingin mendirikan sebuah usaha? Anda pastinya memerlukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang merupakan sebuah dokumen penting agar Anda bisa mendirikan dan menjalankan usaha Anda. Salah satu syarat pengajuan SIUP adalah NPWP. Maka dari itu, NPWP itu penting untuk melancarkan proses pengajuan SIUP.

    Demikianlah fungsi NPWP yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat ya, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah