Follow Us

  • Share

    Internet Lemot: Begini Cara Mengatasinya dengan Mudah

    Internet lemot menjadi masalah yang cukup sering dialami. Namun, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Yuk disimak!

    Koneksi internet menjadi salah satu kebutuhan untuk mendapatkan atau berbagai informasi dengan orang lain. Pada umumnya, internet memiliki manfaat sebagai sarana atau akses informasi, komunikasi, hingga konektivitas yang dibutuhkan. Hal ini terbukti dari laporan berjudul “Profil Internet Indonesia 22” yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

    Dalam laporan tersebut, sebanyak 210.026.769 dari total populasi 272.682.600 jiwa penduduk Indonesia yang terkoneksi dengan internet di 2021-2022. Artinya, tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 77,02% yang didominasi oleh pelajar atau mahasiswa dengan jumlah 99,26%. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2019-2020.

    penyebab internet lemot

    Pengertian Internet

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, internet diartikan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan antara jaringan  dengan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia. Baik melalui telepon ataupun satelit. Koneksi internet sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Hampir semua kalangan menggunakan koneksi ini, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, hingga pelajar. 

    Manfaat Internet

    Secara umum, internet memiliki manfaat di berbagai bidang. Dirangkum dari Kompas.com, berikut ini penjelasannya.

    Sarana Komunikasi 

    Internet menjadi sarana komunikasi yang baik dan efisien. Sebab, koneksi ini bisa menghubungkan dengan semua orang di seluruh dunia saat itu juga atau dalam waktu yang cepat meskipun terpisahkan oleh jarak yang jauh. Komunikasi yang bisa dilakukan melalui internet berupa chatting, video call, hingga mengirim email.

    Baca juga: Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi? Yuk Cari Tahu di Sini!

    Sarana Informasi

    Tidak dipungkiri internet mampu memberikan informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Hanya menggunakan mesin pencarian seperti Google, kamu bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan.

    Pencarian Alamat

    Internet juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan alamat yang dicari. Tidak hanya di Indonesia, semua tempat di dunia bisa kamu temui. Tidak hanya itu, kamu juga akan direkomendasikan berbagai rute untuk menuju lokasi menggunakan fitur GPS.

    Mengembangkan Bisnis

    Internet juga bisa memberikan kemudahan dalam mengembangkan bisnis. Kamu bisa melakukan pemasaran hingga transaksi jual beli produk hanya dengan koneksi tersebut.

    Sarana Hiburan

    Kamu malas keluar rumah untuk mencari hiburan? Tidak perlu khawatir karena internet bisa memberikan akses ke dunia hiburan yang lebih luas. mulai dari menonton film, video, musik, hingga bermain game online.

    penyebab internet lemot

    Penyebab Internet Lemot 

    Namun, dalam penggunaannya tidak jarang dari mereka yang mengeluh karena koneksi internet lemot sehingga mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan. Sebagai contoh, kamu sedang meeting online, hanya karena koneksi internet lemot menyebabkan informasi yang disampaikan terhambat atau tidak tersampaikan dengan jelas. 

    Koneksi internet menjadi lemot karena disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari teknis hingga penggunaannya. Supaya informasi yang diterima lebih jelas, berikut ini ulasannya yang dirangkum dari IDN Times.

    Gangguan Sistem Operasi

    Salah satu penyebab internet lemot dikarenakan gangguan pada sistem operasi. Hal ini wajar terjadi dan cara untuk mengatasinya cukup mudah. Kamu cukup melakukan restart pada perangkat smartphone atau WiFi.

    Provider Melakukan Perbaikan

    Koneksi internet tiba-tiba lemot bisa disebabkan adanya perbaikan atau maintenance pada provider yang kamu gunakan. Jika hal ini terjadi, cara satu-satunya hanya menunggu sampai perbaikan selesai atau menggunakan perangkat lain untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil.

    Curah Hujan yang Deras

    Curah hujan yang sangat deras kemungkinan menghambat sinyal-sinyal internet di udara sehingga mempengaruhi koneksi internet menjadi lemot.

    Baca juga: Upaya Dalam Memperkuat Sinyal WiFi yang Lemah

    Berada di Area yang Sulit Terjangkau Internet

    Koneksi internet bisa lambat jika kamu berada di area yang sulit terjangkau sinyal. Misalnya berada di area parkiran bawah tanah, terowongan panjang, atau lantai yang terlalu tinggi. 

    Jaringan Terlalu Sibuk

    Satu provider bisa digunakan oleh berjuta orang apalagi jika menggunakannya di waktu yang bersamaan. Kondisi ini yang menyebabkan jaringan internet kamu menjadi lambat. Hal ini juga berlaku untuk perangkat WiFi. Semakin banyak yang menggunakan perangkat ini, semakin berkurang kecepatan yang didapatkan oleh masing-masing pengguna.

    Kuota Habis

    Setiap provider memiliki batas kuota internet yang bisa digunakan oleh pengguna. Namun, karena penggunaan yang terlalu berlebihan menyebabkan kuota tersebut habis sebelum waktunya. Alhasil koneksi menjadi lemot.

    Terlalu Banyak Mengakses Aplikasi

    Semakin banyak aplikasi yang diakses secara bersamaan akan berdampak pada internet kamu menjadi lambat. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengakses aplikasi sesuai kebutuhan saja.

    cara mengatasi internet lemot

    Cara Mengatasi Internet Lemot

    Setiap penyebab pasti ada solusi untuk mengatasinya. Sama halnya dengan internet lemot yang bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini penjelasannya.

    Membersihkan Cache

    Selain memenuhi ruang penyimpanan internal, cache juga bisa menghambat koneksi internet. Jika hal ini terjadi, kamu bisa membersihkan cache yang mungkin sudah lama tidak dilakukan. 

    Restart Smartphone atau Router

    Jika kamu merasa koneksi internet menjadi lambat, coba lakukan restart kurang lebih 30 detik. Untuk di ponsel kamu bisa melakukannya dengan mematikan ponsel lalu setelah 30 detik kembali dinyalakan. Sementara untuk router WiFi, kamu bisa tekan tombol restart atau jika tidak ada, bisa melakukannya seperti pada ponsel. Mematikan terlebih dahulu baru menyalakannya kembali.

    Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Aplikasi

    Pembaruan atau update yang dilakukan aplikasi bisa menguras kuota internet kamu sehingga menyebabkan koneksi menjadi lemot. Untuk menghindarinya, kamu bisa menonaktifkan fitur ini dan melakukan pembaruan aplikasi secara manual.

    Upgrade Kecepatan Internet

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab internet menjadi lemot karena jaringan terlalu sibuk. Jika dalam satu jaringan digunakan oleh beberapa pengguna sedangkan kecepatan internet tidak bisa menampung, sebaiknya upgrade kecepatan menjadi lebih tinggi. 

    Ganti Provider

    Setiap provider memiliki jaringan internet yang berbeda. Jika semua usaha sudah dilakukan tapi koneksi masih lemot, tidak ada salahnya untuk mencoba provider lain dengan jaringan yang lebih baik.

    Baca juga: Mengatasi Internet Indosat, Telkomsel, dan XL yang Lemot

    Itulah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi koneksi internet lemot. Jika kamu sedang mencari paket internet murah dan lengkap bisa langsung kunjungi Sepulsa.com atau aplikasi Sepulsa di smartphone android. Ada banyak pilihan paket kuota internet dari berbagai macam provider yang pastinya dengan penawaran harga termurah. Tunggu apalagi? Yuk, cek dan beli kuota internet smartphone kamu di Sepulsa sekarang juga!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah