Follow Us

  • Share

    Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal Wifi? Yuk Cari Tau disini!

    Saat ini WiFi dapat dikatakan sebagai kebutuhan “nyaris primer” bagi kebanyakan orang. Terutama bagi anda yang kesehariannya banyak berkutat dengan internet, mulai dari pekerja kantoran, orang-orang yang bermain saham, hingga mahasiswa atau sekadar siswa sekolah. WiFi seolah-olah sudah menjadi bagian penting dari internet.

    Mobilitas yang tinggi menjadi alasan orang-orang mulai meninggalkan kabel dibandingkan WiFi. Selain itu ketersediaan WiFi akan memudahkan banyak orang untuk menggunakan fasilitas internet secara bersama-sama. Dengan kata lain WiFi berarti efektif dan efisien.

    Namun WiFi ternyata bukan barang yang sempurna, seringkali masalah-masalah yang ditemukan oleh pengguna WiFi berupa internet yang lambat, penerimaan sinyal WiFi yang buruk, atau justru kekuatan sinyal yang tidak merata di ruangan yang berbeda. Belum lagi kecepatan internet di Indonesia yang memang dari awal sudah lambat.

    Tapi sebenarnya banyak sekali cara memperkuat sinyal WiFi yang dapat anda lakukan. Ada beberapa cara yang kami sarankan dan bisa anda lakukan sebagai penguat sinyal WiFi anda. Namun kami memperingatkan anda, apapun yang anda lakukan terhadap piranti lunak maupun piranti keras yang anda punya, kami tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi.


    Gunakan Router Teknologi Terbaru

    Penggunaan piranti keras terbaru merupakan solusi instan penguat sinyal WiFi. Hal utama yang perlu anda ketahui mengenai teknologi ini adalah: wireless tipe A, B, G, dan N, serta AC. A/B/G/N/AC melambangkan generasi dari masing-masing piranti WiFi.

    Biasanya dilambangkan sebagai IEEE 802.11a, IEEE 802.11b hingga IEEE 802.11ac. Jadi jika anda penasaran dengan teknologi WiFi anda, silahkan anda cek, jika anda menemukan tulisan “ac” dari WiFi anda, percayalah bahwa WiFi anda merupakan generasi termutakhir.

    Jika anda baru memasang router akhir-akhir ini, umumnya perusahaan-perusahaan penyedia piranti keras router sudah mengeluarkan versi terbarunya. Namun bagi anda yang sudah memasang router sejak lama, maka silahkan beralih ke router generasi terbaru sebagai penguat sinyal WiFi anda.

    Baca: Cara Mengganti Password WiFi Indihome, Huawei, dan TP-Link


    Cari Posisi Router yang Pas

    cara memperkuat koneksi internet

    Kesalahan pengguna WiFi rumahan adalah menyembunyikan router WiFi karena dianggap memiliki tampilan yang jelek dan mengganggu kecantikan rumah si pemiliknya. Padahal hal ini justru akan memperburuk kinerja router. Memindahkannya ke tempat yang terbuka bisa jadi merupakan cara memperkuat sinyal WiFi yang mudah.

    Anda bisa meletakkan router anda di meja, diletakkan di dinding, atau diletakkan di langit-langit. Dengan catatan, yang terbaik adalah anda meletakkan router tepat di tengah-tengah rumah anda. Cara memperkuat sinyal WiFi yang lainnya adalah dengan memposisikan antenna router secara tegak lurus, diyakini hal ini merupakan salah satu metode penguat sinyal WiFi yang ampuh.


    Cari Kanal yang Tepat

    cara memperkuat koneksi internet wifi

    Bertetangga dengan orang yang memiliki WiFi juga dapat menjadi salah satu sumber masalah WiFi. Hal ini dikarenakan mungkin saja anda dan tetangga anda menggunakan kanal router yang sama. Akibatnya kualitas sinyal router anda akan menurun.

    Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan tools yang sudah tersedia secara gratis misalnya inssider atau apps yang banyak tersedia di appstore maupun googleplay.

    Setelah menemukan kanal yang kosong, silahkan pilih kanal tersebut, atau setidaknya pilihlah kanal yang sedikit penggunanya agar gangguan sinyal dapat diminimalisasi, sebagai salah satu cara memperkuat sinyal WiFi anda.


    Jauhkan Perangkat Lain yang Dapat Mengganggu Sinyal WiFi

    Ca Memperkuat Koneksi Wifi

    Ada beberapa perangkat lain yang diketahui dapat mengganggu sinyal WiFi anda. Beberapa peralatan tersebut misalnya telepon tanpa kabel, microwave, atau alat monitor bayi. Apapun yang berjalan pada band 2,4GHz dapat mengganggu router 802.11g/n single band.

    Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan peralatan elektronik rumah tangga yang menggunakan saluran yang berbeda dengan router yang anda miliki.


    Lindungi WiFi dari si Pencuri Sinyal

    Pencuri Sinyal Wifi

    Setelah melakukan berbagai macam cara memperkuat sinyal WiFi di atas, anda masih merasakan buruknya performa WiFi anda? Kali ini anda bisa berburuk sangka bahwa ada orang yang sedang sibuk mencuri sinyal WiFi anda.

    Lalu bagaimana caranya untuk menangkal hal tersebut? Kami menemukan banyak cara yang dapat anda lakukan untuk melawan si pencuri.

    Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menyembunyikan sinyal WiFi anda sehingga orang asing tidak dapat melihat jaringan WiFi anda. Hanya saja Joshua Wright yang merupakan ahli keamanan WiFi menjelaskan cara ini mungkin efektif untuk tetangga anda, namun cara ini buruk ketika tetangga anda merupakan seorang ahli teknologi.

    Cara lain yang dapat anda lakukan adalah (1) mengganti username dan password default administrator jika memungkinkan, (2) ganti SSID (atau nama jaringan nirkabel anda), (3) ganti mode keamanan jaringan nirkabel anda menjadi WPA2 dan pilih password yang panjang dan sulit ditebak.

    Keempat hal di atas menurut kami adalah metode termudah yang dapat anda lakukan, meskipun anda bukan seorang ahli teknologi, sebagai metode penguat sinyal WiFi anda.


    Kontrol Bandwidth

    Kontrol bandwith sebagai penguat sinyal WiFi merupakan salah satu cara yang dapat anda tempuh untuk menangani WiFi yang lemot. Hal ini biasanya terjadi jika orang lain di rumah/kantor anda sering memanfaatkan internet untuk bermain game online, chatting video, mengunduh torrent, atau menonton video via Netflix atau layanan sejenisnya.

    Orang-orang ini biasanya akan menyedot bandwith sehingga berakibat pada lemotnya jaringan.

    Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan menggunakan QoS/Quality of Service untuk menentukan prioritas aplikasi di atas aplikasi yang lain dalam sedot-menyedot bandwith. Dengan kata lain anda membatasi penggunaan bandwith seenaknya sebagai cara memperkuat sinyal WiFi anda.


    Gunakan WiFi Repeater

    WiFi repeater

    Rumah anda terlalu besar sehingga sinyal WiFi sulit sampai ke kamar-kamar yang letaknya jauh dari sumber WiFi? Repeater merupakan salah satu solusi yang dapat anda pilih untuk memperkuat sinyal WiFi anda.

    Repeater bekerja dengan cara menerima sinyal WiFi untuk dipancarkan kembali dengan lebih kuat. Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya dengan prinsip yang serupa adalah dengan cara menghubungkan router yang satu dengan router yang lainnya via kabel Ethernet dan membuat access point lain di rumah anda.


    Gunakan Trik-Trik DIY

     

    Kaleng minuman ringan sebagai WiFi extender? Mengapa tidak. Trik simpel ini dapat dengan mudah anda temukan di internet, bahkan di berbagai macam website teknologi di luar negeri menjelaskan secara gamblang mengenai metode ini.

    Baca juga: Internet Lemot: Begini Cara Mengatasinya


    Hacking

    Cara hack password wifi

    Hacking mungkin kata yang terlalu berlebihan untuk menggambarkan aktivitas ini. Aktivitas ini melibatkan piranti lunak DD-WRT firmware. Piranti lunak ini sebenarnya ‘hanya’ memaksa router anda untuk bekerja di atas kemampuan rata-ratanya. DD-WRT mampu meningkatkan daya transmisi router anda, dengan kata lain anda memiliki supercharged router. Terdengar keren bukan?

    Namun penggunaan DD-WRT bukanlah tindakan yang tidak memiliki risiko. DD-WRT sendiri menyarankan peningkatan daya transmisi router maksimal sebesar 70 mW. Namun kami mendengar beberapa pengguna menggunakan DD-WRT dan meningkatkan daya transmisi hingga lebih dari 100.

    Sekali lagi, penggunaan DD-WRT merupakan salah satu cara memperkuat sinyal WiFi anda. Namun kami tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang ditimbulkan karena penggunaan hal ini. Untuk lebih jelasnya anda bisa mencari informasi lebih lanjut yang banyak tersebar di internet.


    Reboot Router Secara Berkala

    Router diketahui dapat memiliki masalah jika digunakan secara terus menerus tanpa dimatikan. Oleh karena itu reboot router secara berkala merupakan salah satu solusi terhadap hal ini.

    Anda bisa melakukan hal ini secara manual, ataupun menggunakan beberapa aplikasi seperti DD-WRT. Terutama jika anda meletakkan router anda di langit-langit, sehingga menyulitkan untuk melakukan hal ini secara manual.

    Diluar 10 cara ini, kami yakin ada banyak cara-cara lain yang mungkin lebih mudah atau lebih baik untuk dilakukan. Namun kami menyarankan 10 cara ini karena informasi mengenai panduan, maupun risiko serta kelebihan dan kekurangannya tersebar luas di internet.

    Kesimpulannya 10 metode diatas merupakan metode terbaik sebagai penguat sinyal WiFi yang dapat anda lakukan.

    Baca Juga: Sejarah Internet Yang Sebenarnya

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah