Follow Us

  • Share

    Upaya Dalam Memperkuat Sinyal WiFi Yang Lemah

    Wi-Fi adalah jaringan nirkabel yang digunakan oleh perangkat komputer dan perangkat seluler untuk terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel. Wi-Fi sangat diidam-idamkan oleh masyrakat karena jauh lebih hemat dan lebih cepat dibandingkan dengan paket data. Apalagi Anda yang aktivitasnya kebanyakan dari rumah seperti melakukan Zoom atau Google Meet. Kemudian, Anda yang senang bermain game, Wi-Fi sangat dibutuhkan agar tidak mengalami lagging yang berdampak pada kekalahan.

    Namun, Wi-Fi tidak setiap hari mulus dan cepat. Terkadang saat kita sedang asik menggunakan internet, tiba – tiba Wi-Fi menjadi sangat lemot karena sinyal yang lemah. Banyak penyebab sinyal Wi-Fi lemah seperti : hujan, kabel Wi-Fi yang putus hingga gangguan dari server.

    Anda tidak perlu khawatir, Kami telah melakukan riset terkait upaya yang bisa Anda lakukan saat sinyal Wi-Fi lemah sebagai berikut :


    Pastikan router tidak terlalu dekat dengan perangkat elektronik lain

    wifi-terhalang-benda-lain

    Setelah di selidiki ternyata kecepatan sinyal wireless tidak akan terlalu baik jika kamu menempatkan router di berdekatan dengan barang elektronik lain, karena sinyal wireless Anda pastinya akan terhalangi oleh komponen metal dan bahan elektronik.

    Selain benda-benda tersebut, tembok dan benda padat juga dapat menjadi penyebab mengapa kecepatan wifi Anda tidak baik oleh karena itu pastikan router wireless di tempatkan di area yang sedikit terbuka.


    Pastikan router terkunci

    pastikan-wireless-kamu-terkunci

    Jika wireless ini adalah perangkat Anda sendiri, maka Anda harus memastikan router terkunci karena jika kecepatan wifi tiba-tiba menjadi lambat kemungkinan ada orang lain yang mengaksesnya juga sehingga bandwith jaringan Anda terbagi oleh orang lain.

    Jadi untuk mencegah hal itu terjadi, Anda harus menggunakan password sehingga hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

    Cek juga: Cara Mengganti Password WiFi Paling Lengkap


    Kontrol bandwith

    kontrol-bandwith

    Pastikan juga bandwith yang digunakan orang lain tidak melebihi kapasitas bandwith yang Anda punya, oleh karena itu Anda harus membatasi bandwith yang digunakan orang lain sehingga tidak akan terjadi kebocoran bandwith.


    Hindari terkoneksi dengan wireless yang lemot

    sinyal-wifi-lemah

    Jika Anda menggunakan smartphone untuk mengakses wifi maka Anda dapat memastikan bahwa handphone Anda harus terhubung dengan wifi yang memiliki kecepatan yang lumayan besar dan menggunakan “avoid poor connection” agar Anda tidak akan bisa terhubung dengan wireless yang memiliki sinyal lemah. Setelah itu Pilih setting – wifi – centang avoid poor connection.


    Gunakan perangkat external

    menambahkan-antena-external-untuk-wireless

    Sepertinya produsen router mendengarkan masukan dari konsumennya sehingga sekarang ini banyak sekali perangkat tambahan yang sengaja dibuat untuk meningkatkan dan memperluas jaringan wireless.

    Contohnya saja Anda dapat menggunakan antena external untuk wifi Anda, banyak sekali merk yang ditawarkan Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, beberapa orang juga mencoba membuat antena ini sendiri.

    Baca juga: Internet Lemot: Begini Cara Mengatasinya dengan Mudah


    Gunakan Aplikasi di handphone

    aplikasi-peanguat-wifi
    aplikasi-peanguat-wifi

    Trik beberapa orang untuk meningkatkan kecepatan browsing mereka berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi untuk memperkuat sinyal wifi mereka, salah satu aplikasi yang sering di gunakan adalah network signal booster, wifi booster dan wifi booster pro. Untuk Anda yang ingin mendownloadnya silakan klik salah satu link terkait dibawah ini.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah