Follow Us

  • Share

    Ini Lho Film Hollywood yang Diadaptasi Dari Game!

    Sekarang ini banyak sekali film yang dibuat berdasarkan game untuk memenuhi kebutuhan akan kalian yang gak cuma sering main game tapi juga suka nonton film. Seiring dengan perkembangan zaman, film juga memiliki genre yang beragam. Tak Sedikit juga film yang idenya terinspirasi oleh game komputer.

    Banyak sineas Hollywood yang membuat film yang terinspirasi dari game. Para produsen film ini harus memiliki konsep yang tak kalah menarik dari game yang dimaksud. Sayangnya, proses pembuatan film ini seringkali berakhir menjadi kerugian daripada kesuksesan.

    Anda mungkin sering melihat film adaptasi game yang terlalu menyimpang dari cerita aslinya dan akhirnya mengecewakan.

    Walaupun seringkali berakhir pada hasil yang buruk, bukan berarti tidak ada film adaptasi game yang mampu tampil bagus dan menarik hati para gamer. Beberapa film berhasil menghasilkan atmosfer yang serupa dengan yang ditampilkan oleh versi gamenya.

    Dengan usaha untuk mempertahankan orisinalitas dari segi desain, setting, cerita, dan karakter. Walaupun ini terhitung sebagai kejadian yang jarang terjadi di Hollywood, penyamaan seperti ini boleh terbilang menjadi sesuatu yang wajib untuk dilakukan oleh para sineas film Jepang, bahkan beberapa judul film lahir dari tangan sang publisher game itu sendiri.

    Beberapa diantaranya divisualisasikan lewat aktor ternama, namun tidak sedikit pula yang menggunakan teknologi CGI sebagai teknik pembuatan tokohnya. Satu yang pasti, film-film ini berhasil menangkap esensi yang diharapkan oleh gamer.

    Jadi dari segudang film adaptasi video game yang bertebaran di pasaran, film-film apa saja yang berhasil membuktikan diri sebagai yang terbaik?


    1. Warcraft

    film yang diadaptasi dari game

    Mungkin Anda pernah menonton film yang diadaptasi dari game WOW ini. Film Warcraft memang masih tergolong baru. Film ini sebenarnya oke untuk ditonton, namun upaya sutradara untuk memasukkan sebanyak mungkin lore dan efek CGI ke dalam filmnya sepertinya justru menghambat film ini untuk disukai banyak penonton.

    Pendapatan Warcraft juga tergolong anjlok di pasar Amerika Serikat. Namun film ini masih bisa tertolong berkat pemasukan dari pasar internasional, terutama dari China. Jadi jika Anda masih mengharapkan sekuel dari Warcraft ini, jangan khawatir karena kesempatan itu masih ada.

    Baca juga: 10 figur paling dihormati di dunia game!


    2. Resident Evil

    film yang diadaptasi dari game

    Sebagian besar penggemar Resident Evil tentu sangat menunggu kehadiran RE versi Hollywood ketika pertama kali diluncurkan. Namun keputusan untuk menciptakan timeline cerita yang berbeda dengan karakter “fiktif” – Alice sebagai fokus utama dirasa mencederai harapan para gamer.

    Untungnya, Capcom juga melahirkan sebuah seri CGI yang tetap mempertahankan orisinalitas yang ada. Resident Evil: Degeneration dan Damnation yang menjadikan Leon sebagai tokoh sentral menawarkan semua hal yang membuatnya lebih pantas sebagai sebuah film Resident Evil yang “sebenarnya”.

    Hampir sebagian besar gamer yang setia pada franchise ini tentu akan lebih memilih versi asli Capcom ini daripada mimpi buruk yang diluncurkan oleh Hollywood.

    Cukup menakjubkan juga sebenarnya menyadari ada franchise film adaptasi game yang kuat bertahan berjudul-judul. Sementara Prince of Persia gagal dilanjutkan, Tomb Raider hanya bertahan dua film, dan Warcraft masih diragukan, Resident Evil karya Paul W.S.

    Anderson masih bertahan hingga sekarang. Kualitasnya? Yah, tak satu pun film adaptasi Resident Evil ini yang dianggap bagus oleh 40% reviewer. Tapi kualitas dari filmnya sendiri lumayan konsisten, terbukti dari Resident Evil: Retribution bukanlah satu-satunya judul seri ini yang masuk ke film adaptasi game terbaik menurut kami.

    Baca juga: Begini Cara Nonton Drama Korea di Apilkasi Viu Secara Eksklusif


    3. Tomb Raider

    film yang diadaptasi dari game

    Siapa yang tidak mengenal sosok ikonik Lara Croft dan franchise populernya Tomb Raider? Menceritakan tentang perburuan harta karun dengan karakter utama wanita yang sensual, Tomb Raider memang menawarkan elemen-elemen dasar yang membuatnya mudah untuk dicintai.

    Paras cantik Angelina Jolie dan kemampuannya membawakan karakter British yang kental, ditambah lagi dengan plot perburuan menyusuri misteri relik yang misterius membuat versi fillm ini tetap bertahan kuat pada esensi versi video gamenya. Karena alasan ini pulalah, Tomb Raider pantas mendapatkan posisi di dalam list ini.

    Salah satunya adalah yang berjudul Tomb Raider: The Cradle of Life berhasil dianggap bagus oleh 24% reviewer. Sebenarnya ini merupakan sebuah peningkatan yang signifikan dari film sebelumnya dan hanya dikatakan cukup baik oleh 20% reviewer dan bahkan tidak masuk ke peringkat sepuluh.

    Namun hasil dari film ini di bawah ekspektasi studio pembuat film ini, yang pada akhirnya menyerah dan tidak tertarik lagi untuk membuat lanjutan petualangan Angeline Jolie sebagai Lara Croft. Tapi jangan kecewa dulu, Lara Croft akan kembali lagi di tahun 2018. Kali ini dia akan diperankan oleh Alicia Vikander.


    4. Silent Hill

    film yang diadaptasi dari game

    Dari segi visual dan musik, Silent Hill pertama jelas juara. Kota Silent Hill yang berkabut dan misterius disajikan dengan apik dan menarik. Monster yang dihadirkan pun tampil dengan mantap. Sayang penyajian horornya kurang terasa, jadi film ini justru terasa agak membosankan di beberapa bagian.

    Sayangnya seperti sekuel yang dihadirkan perdana oleh Silent Hill yang berjudul Silent Hill: Revelations yang justru hadir luar biasa jelek dan mendapat respon buruk dari para pengamat film.


    5. Assassin’s Creed

    film yang diadaptasi dari game

    Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan game ini bukan? Yup, Assassin’s Creed memang menjadi game terbaik yang berhasil diadaptasi menjadi sebuah film.

    Selama beberapa tahun terakhir ini, gamer yang menggemari franchise Ubisoft – Assassin’s Creed memang tidak hanya sekedar disuguhkan sebuah drama dan aksi yang menakjubkan dari sosok seorang Assassin bernama Ezio. Ubisoft seolah tak ingin berhenti.

    Lewat sebuah film pendek  Assassin’s Creed gamer dibawa pada saat-saat terakhir Ezio yang kini sudah lebih jauh menua. Film yang juga diperankan oleh Michael Fassbender ini merupakan perjalanan pendek yang menjadi sebuah akhir, sekaligus juga kesimpulan dari pengalaman emosional yang sudah terbangun dengan baik selama ini.


    6. Angry Birds

    film yang diadaptasi dari game

    Angry Birds Movie mungkin memiliki banyak kelemahan, seperti muatan referensi pop culture yang terkesan dipaksakan masuk agar filmnya terasa nyata serta penyajian humor yang kadang kelewat berlebihan untuk seukuran film yang bisa ditonton semua umur.

    Namun akhirnya dari 141 review yang masuk, Angry Birds diakui bagus oleh 43% diantaranya dan itu sukses mengantarkan film yang satu ini ke dalam jajaran atas film adaptasi game terbaik yang patut untuk ditonton sekeluarga.

    Mengesampingkan kelemahannya, Angry Birds memang sangat mudah dinikmati dan memiliki banyak momen lucu. Jadi tak heran juga kalau kualitasnya dianggap lebih bagus dari film-film yang lain.

    Itulah beberapa contoh film yang diangkat dari sebuah game. Walaupun mungkin hasilnya tidak sesuai dengan jalan cerita atau bahkan ekspektasi Anda, tapi tetap saja film ini bisa menjadi andalan untuk Anda yang gamer sejati dan juga suka tonton.

    Baca Juga:

    Beli Voucher Game

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah