Follow Us

  • Share

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit? Bisa! Ini Dia Caranya

    Kartu kredit merupakan salah satu upaya untuk membeli barang impian saat kamu sedang tidak memiliki dana yang besar. Membeli barang impian termasuk kedalam budaya konsumtif di Indonesia. Hampir seluruh warga Indonesia memiliki sifat konsumtif ini.

    Budaya konsumtif inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh banyak bank untuk menggaet nasabahnya agar mau menggunakan kartu kredit. 

    Mesin EDC

    Akan tetapi untuk memiliki kartu kredit diketahui tidaklah semudah membuka rekening di bank. Selain itu pun persentase bunga kredit yang beragam seringkali membuat orang-orang enggan membuat kartu kreit.

    Oleh karena itulah saat ini banyak bermunculan platform yang menawarkan layanan cicilan tanpa kartu kredit. Dengan segala kemudahan, dan bahkan ada platform cicilan tanpa kartu kredit yang sanggup memberikan cicilan bunga nol persen!

    Kami akan membahas beberapa platform cicilan tanpa kartu kredit itu satu per satu disini. Tapi sebelumnya, kami ingin memperingatkan bahwa sebelum kamu menggunakan layanan yang satu ini pastikan bahwa keuangan kamu telah stabil. Kami secara personal tidak pernah merekomendasikan kamu untuk menggunakan layanan-layanan kredit semacam ini.

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit Menggunakan Kredivo

    Kredivo

    Kredivo merupakan salah satu platform penyedia jasa cicilan tanpa kartu kredit yang paling awal muncul di Indonesia, atau setidaknya saat ini paling dikenal. Per tanggal 21 Maret 2018 bahkan Kredivo sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Terdaftarnya Kredivo di OJK merupakan salah satu pencapaian tertinggi fintech ini. Diantara ratusan fintech dengan berbagai layanannya, Kredivo sudah secara resmi diakui oleh badan tersebut.

    Untuk mendaftar di Kredivo, kamu bisa pertama-tama mengunduh aplikasi layanan cicilan tanpa kartu kredit ini di Appstore bagi yang menggunakan iOS ataupun di Google Playstore tentunya bagi kamu yang menggunakan Android.

    Dibandingkan membuat kartu kredit, persyaratan mendaftar Kredivo jauh lebih mudah. Syarat-syaratnya adalah:

    1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP
    2. Usia 18-60 tahun
    3. Bertempat tinggal/ domisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok,  Tangerang, Bekasi), Surabaya, Medan, Bandung, Denpasar, Palembang, dan Semarang
    4. Penghasilan bulanan paling sedikit Rp3.000.000,-

    Setelah mendaftar, kamu bisa segera berbelanja di berbagai marketplace yang telah bekerja sama dengan Kredivo. Jumlah marketplace yang telah bekerja sama dengan Kredivo saat ini sudah lebih dari 100 buah, dan diantaranya merupakan marketplace besar.

    Baca juga: Pinjam Sekarang Bayar Nanti Pakai Indodana

    Metode pembayaran yang ditawarkan oleh Kredivo cukup beragam, kamu bisa mencicil dalam 30 hari hingga cicilan 3 bulan/ 6 bulan/ 12 bulan. Menariknya saat ini Kredivo menerapkan Down Payment nol rupiah alias ditiadakan!

    Untuk melakukan cicilan tanpa kartu kredit menggunakan platform Kredivo, kamu cukup buka barang di marketplace yang ingin dibeli. Setelah itu lakukan pembiayaan seperti biasa, namun pilihlah pilihan cicilan menggunakan Kredivo.

    Setelah itu lakukanlah konfirmasi pembayaran di marketplace tersebut. Setelah terkonfirmasi, kamu bisa langsung login di akun Kredivo, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke ponsel kamu, dan voila transaksi kamu sudah berhasil!

    Baca Juga : Cara Apply Kartu Kredit BNI 

    Cicilan Produk Rumah Tangga Tanpa Kartu Kredit Menggunakan Home Credit

    Home Credit

    Sama dengan Kredivo, Home Credit merupakan salah satu fintech paling terkenal di Indonesia yang keduanya saat ini saling bersaing. Home Credit sendiri saat ini sudah berusia 10 tahun, dan masih terus berjalan.

    Awalnya Home Credit memberikan layanan cicilan tanpa kartu kreditnya bagi orang-orang yang ingin membeli produk-produk rumah tangga. Namun saat ini Home Credit mulai memberikan layanan cicilan tanpa kartu kredit untuk berbagai gadget dan keperluan lainnya.

    Mirip-mirip dengan Kredivo, sebelum bisa mendaftarkan diri kamu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yakni:

    1. Usia lebih dari 19 tahun bagi yang sudah menikah, atau lebih dari 21 tahun bagi yang belum menikah.
    2. Penghasilan bulanan paling sedikit Rp1.500.000,- dan Rp1.200.000,- bagi yang berdomisili di Yogyakarta dan Semarang
    3. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan dengan KTP serta 1 dokumen pendukung asli; misalnya passport, kartu keluarga, SIM, NPWP, Kartu Debit dengan nama, Kartu Kredit, hingga Tagihan-Tagihan dalam jangka waktu 1 bulan terakhir

    Langkah-lankah untuk menikmati layanan cicilan tanpa kartu kredit menggunakan Home Credit sama dengan langkah-langkah jika kamu ingin menggunakan Kredivo. Saat ini Kredivo juga sudah bekerja sama dengan banyak marketplace di Indonesia.

    Salah satu layanan terbaru yang dimiliki oleh Home Credit adalah DONA. Dengan menggunakan DONA kamu bisa menikmati layanan pembiayaan multiguna online, dengan nilai mencapai 15 juta rupiah.

    Khusus untuk menikmati layanan ini, pertama-tama tentu saja kamu harus memiliki aplikasi My Home Credit di ponsel kamu. Kamu bisa mencarinya di Appstore bagi pengguna iOS serta di Google Playstore apabila menggunakan Android.

    Penuhi persyaratan-persyaratan di atas ditambah syarat harus menggunakan Telkomsel dan segera ajukan pembiayaan. Setelah ini kamu harus cukup sabar menunggu karena pihak DONA akan melakukan assessment selama 1 sampai 2 hari kerja. Dalam 1-2 hari kerja tersebut kamu bisa segera menikmati pembayaran multiguna.

    Dengan pembiayaan DONA, kamu bisa mencicil pembayaran mulai dari 12 bulan hingga yang terlama adalah 36 bulan. Pembiayaan yang dapat ditanggung DONA diantaranya adalah liburan, pernikahan, hingga biaya renovasi rumah, menarik bukan?

    Baca Juga : Cara Apply Kartu Kredit CIMB Niaga 

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit Menggunakan Akulaku

    Akulaku

    Platform cicilan tanpa kartu kredit terakhir yang kami rekomendasikan ke kamu adalah Akulaku. Dengan plafon pinjaman hingga 2 juta dan tenor 30 hari, Akulaku merupakan salah satu platform cicilan ringan yang bisa kamu manfaatkan layanannya.

    Dibandingkan dengan Kredivo dan Home Credit, Akulaku merupakan salah satu platform yang memberikan layanan pinjaman kilat terbaik yang bisa kamu manfaatkan saat ini di Indonesia. Namun tentu saja kamu tidak bisa mencicil barang-barang yang terlalu mahal menggunakan Akulaku.

    Cewek Main Laptop

    Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit menggunakan Akulaku adalah:

    1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP
    2. Slip Gaji bagi kamu yang bekerja di perusahaan
    3. Foto asli beserta nama perusahaan tempat kamu  bekerja, jika kamu pekerja swasta

    Sementara untuk kamu  seorang wiraswasta berikut adalah beberapa persyaratan yang bisa dipenuhi:

    1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan dengan KTP
    2. NPWP
    3. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
    4. Foto tempat usaha milik kamu, dan jika toko kamu berbasis online maka bisa memasukkan tangkapan layar.
    5. Rekening koran tabungan yang masih aktif

    Driver Gojek Berbaris

    Terakhir, untuk kamu yang merupakan seorang driver online Akulaku juga memberikan kemudahan, beberapa persyaratan tersebut adalah:

    1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP.
    2. Tangkapan layar foto profile kamu, disertai tangkapan layar trip history dari aplikasi driver milik kamu.
    3. Nomor ponsel kerabat ataupun teman, tentu saja harus dengan persetujuan teman kamu.

    Nah meskipun terlihat cukup rumit, menurut kami Akulaku merupakan salah satu platform cicilan tanpa kartu kredit yang cukup bermanfaat. Mengingat plafon pinjaman yang cukup rendah dengan tenor yang cukup singkat.

    Pada akhirnya kami tetap menyarankan kamu untuk lebih bijak dalam menggunakan aplikasi ini. Kami pun tidak merekomendasikan kamu untuk mengambil cicilan secara khusus, terlebih lagi bagi yang kondisi keuangannya belum stabil. Semoga bermanfaat!

    Baca Juga : Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Yang Menempuk 

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah