Follow Us

  • Share

    Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Mudah

    Dana atau saldo yang ada pada BPJS Ketenagakerjaan sifatnya cukup penting dan bisa sangat bermanfaat untuk masa depan sekaligus hari tuamu nanti. Untuk itu, jangan sampai telat atau terlewat bayar iurannya. Anda bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Anda sendiri secara berkala dengan banyak cara.

    Adapun bentuk lain dari asuransi nasional selain BPJS Kesehatan adalah JHT atau BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan wajib dimiliki oleh seluruh tenaga kerja yang berada di Indonesia.

    Setiap perusahaan juga wajib mendaftarkan semua karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kewajiban ini sudah diatur secara mendetail dalam undang-undang tentang proteksi jaminan ketenagakerjaan.

    Jumlah iuran BPJS Ketenagakerjaan yang harus dibayar adalah sebesar 5,7% dari total penghasilan karyawan per bulannya. Jumlah iuran ini ditanggung oleh kedua belah pihak, baik perusahaan maupun karyawan.

    Karyawan menanggung iuran sebesar 3,7% sementara perusahaan menanggung sisanya, yaitu sebesar 2%. Setiap iuran yang dibayarkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan kemudian akan dikelola dan dikembangkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

    Nantinya, setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat keuntungan dari iuran yang dibayarkan per bulan berupa akumulasi saldo JHT atau BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dicairkan dalam periode tertentu sesuai aturan yang berlaku.

    Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Nggak hanya sebagai dana pensiun tapi juga untuk dana jaminan pengobatan penuh apabila terjadi kecelakaan dalam pekerjaan.

    Secara rutin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan, selama bertahun-tahun, mungkin saat ini Anda penasaran, sudah berapa ya jumlah saldo yang Anda punya? Nah, supaya nggak penasaran lagi, Anda bisa kok langsung cek saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Anda lewat cara-cara praktis berikut ini.

    1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS

    "<yoastmark

    Cara cek saldo BPJS online Ketenagakerjaan yang paling mudah dan cepat adalah melalui SMS. Bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun cuma dengan modal hp dan sedikit pulsa. Bagaimana caranya?

    1. Masuk ke menu SMS, buat pesan baru.
    2. Ketik SALDO[spasi]Nomor Peserta. Kirim ke 2757. Nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah 12 digit nomor yang tertera pada kartu BPJS Anda atau yang diberikan saat pendaftaran.
    3. Contoh: SALDO 1602770808080. Kirim SMS ke 2757.
    4. Anda akan dikenakan tarif SMS sebesar Rp165 untuk setiap SMS yang dikirim. Balas dengan “OK” apabila setuju.
    5. Tunggu beberapa detik, kemudian Anda akan menerima balasan otomatis dari operator yang berisi informasi total saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.
    6. Saat ini layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS baru berlaku untuk pelanggan Telkomsel, Indosat, dan XL.

    Sebelum cek saldo via SMS, pastikan Anda sudah teregistrasi dalam BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki nomor ID yang berlaku. Selain cek saldo, Anda juga bisa daftar, ganti nomor handphone, hingga ganti pin akun BPJS Ketenagakerjaan Anda lewat fitur SMS ini.

    Baca Juga: Mau Klaim Saldo BPJS Ketenagakerjaan Milikmu? Begini Tahapan-tahapannya

    2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU

    "<yoastmark

    Punya smartphone dengan kapasitas memori yang besar? Maka Anda bisa unduh aplikasi BPJSTKU sekarang juga melalui Google Play Store. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melihat semua informasi penting terkait akun BPJS Ketenagakerjaan milik Anda mulai dari rincian saldo, informasi pribadi seputar pembayaran iuran, hingga cara klaim saldo BPJS Ketenagakerjaan. Bagaimana caranya?

    1. Buka Google Play Store, lalu ketik “BPJSTKU“.
    2. Kemudian, download aplikasinya.
    3. Buka aplikasi lalu login dengan menggunakan alamat email atau PIN yang Anda gunakan saat registrasi BPJS Ketenagakerjaan.
    4. Selesai login, Anda dapat melihat berbagai informasi seputar akun BPJS Ketenagakerjaan milik Anda termasuk rincian jumlah saldo.
    5. Sebelum menggunakan layanan ini, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki nomor ID.
    6. Apabila belum memiliki username dan PIN untuk login, maka Anda bisa langsung pilih opsi “Buat Akun”.

    Saat ini, aplikasi BPJSTKU sudah tersedia di Android atau Google Play Store. Apabila Anda pengguna iOS atau iPhone, kabar bahagia datang untuk Anda. Karena aplikasi BPJSTKU sudah bisa di download di Appstore. Anda juga bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online lewat browser mobile dengan mengakses situs resmi BPJSTK: sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

    Baca Juga: Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dicairkan 100% Apabila Kamu Punya Alasan Ini

    3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi BPJSTK

    "Cara

    Khusus bagi Anda pengguna iOS ataupun pengguna smartphone dengan memori terbatas, sebagai alternatif, Anda bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengakses situs resminya langsung. Caranya adalah sebagai berikut.

    1. Pada tab browser Anda, ketik url sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
    2. Kalau sudah punya akun, silakan login menggunakan user ID atau email yang didaftarkan beserta PIN. Kemudian, masukkan kode pengaman atau captcha untuk verifikasi login.
    3. Kalau belum punya akun, pilih opsi “Buat Akun“.
    4. Kemudian, isi formulir yang tersedia mulai dari nomor peserta, nama lengkap, tanggal lahir, nomor E-KTP, nama ibu kandung, nomor hp, alamat email, dan kode keamanan.
    5. Centang/klik kotak tanda setuju dengan persyaratan yang berlaku, lalu klik “SUBMIT DATA“.
    6. Tunggu email atau SMS konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk aktivasi akun.
    7. Apabila sudah menerima email atau SMS, masukkan kode aktivasi pada menu yang tersedia agar akun Anda langsung dapat digunakan.
    8. Setelah berhasil login, Anda bisa langsung mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan atau JHT pada menu yang tersedia.

    Sama seperti aplikasi mobile BPJSTKU, di situs ini Anda bisa mengecek beragam informasi lainnya selain saldo, seperti profil, simulasi saldo, hingga mengajukan klaim saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online.

    Baca Juga: BPJS BPU: BPJS Ketenagakerjaan Khusus Pekerja Lepas/Freelancer, Nih!

    4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI

    "<yoastmark

    Khusus bagi Anda nasabah BNI, Anda bisa langsung mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Anda melalui ATM BNI yang tersebar di berbagai wilayah. Cukup dengan memasukkan ATM BNI Anda ke dalam ATM, masukkan PIN, lalu pilih menu Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan. Secara otomatis, jumlah saldo Anda akan tampil pada layar ATM. Gampang, kan?

    Baca Juga: Begini Cara Praktis Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan

    5. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan datang ke Kantor BPJS

    "<yoastmark

    Cara yang terakhir ini adalah cara paling manual untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Yaitu dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan membawa kartu peserta hingga e-KTP asli milik Anda sendiri.

    Anda dapat langsung menuju konter pelayanan untuk meminta bantuan petugas untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda punya.

    Namun, di era digital seperti sekarang, cara ini tentunya sudah sangat tidak praktis dan terkesan buang-buang waktu. Apalagi dengan hadirnya layanan digital dari BPJS Ketenagakerjaan via situs hingga aplikasi, tujuannya adalah untuk lebih memudahkan semua peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam mengurus dan mengakses akunnya lewat smartphone atau desktop.

    Bayar BPJS Kesehatan

    2 Komentar

    • suwarta
      November 17, 2020 at 10:07 am

      ko saya gak bisa ngecek saldo bpjs syaa ya? di email tulisan nya password salah. itu gmn ya?
      mohon bantuan nya.

      Balas Komentar
      • ADRIANTI
        January 27, 2021 at 7:29 pm

        Sya mau cek saldo BPJS ko’ nggk bisa ya

        Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    2 Komentar

    • suwarta
      November 17, 2020 at 10:07 am

      ko saya gak bisa ngecek saldo bpjs syaa ya? di email tulisan nya password salah. itu gmn ya?
      mohon bantuan nya.

      Balas Komentar
      • ADRIANTI
        January 27, 2021 at 7:29 pm

        Sya mau cek saldo BPJS ko’ nggk bisa ya

        Balas Komentar