Follow Us

  • Share

    Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan yang Menunggak

    Karena beberapa alasan, banyak peserta BPJS yang terlambat atau memang tidak dapat membayarkan iuran bulanan BPJS mereka.

    Padahal, jika kamu tidak membayar iuran paling lambat tanggal 10, maka kartu BPJS kesehatan kamu akan di non-aktifkan sementara dan kamu tidak dapat menggunakan kartu BPJS sebagai penjamin kesehatan.

    Kamu harus melunasi tunggakan untuk mengaktifkan kembali kartu BPJS. Pembayarannya tidak bisa dicicil, jadi kamu harus langsung melunasi tunggakan secara penuh.

    Jika sudah begini, beberapa oknum malah mengakalinya dengan membuat kartu BPJS baru karena tidak ingin membayarkan tunggakan yang diterima.

    Ini adalah ide yang salah karena sistem di database BPJS hanya membiarkan setiap penduduk indonesia untuk memiliki 1 unique ID alias 1 ID untuk masing-masing. Jadi sebenarnya kamu tidak dapat membuat kartu BPJS lain.

    Bagi kalian yang menunggak iuran BPJS selama 1 – 3 bulan, kamu hanya perlu membayarkan sisa tunggakan via ATM, Indomaret atau secara online dengan Sepulsa.

    Tetapi jika tunggakan telah dibiarkan selama 1 tahun maka kamu disarankan untuk melapor ke Dinas Sosial setempat. Saat melapor ke Dinas Sosial dokumen yang perlu disiapkan adalah KTP, Kartu Keluarga dan BPJS yang telaf non aktif. Kemudian pihak Dinas Sosial akan melakukan pengecekan dan akan mengeluarkan surat yang ditujukan ke pihak BPJS Kesehatan untuk proses reaktivasi.

    Nah, kalau BPJS kamu nunggak 1 – 3 bulan saja, Simak cara membayarkan BPJS online lewat Sepulsa sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut.

    Bayar Tunggakan BPJS yang Secara Online Via Sepulsa

    • Kunjungi Sepulsa disini
    • Masukan nomor telpon dan nomor pelanggan BPJS.
    • Dengan membayar 1 nomor peserta berarti kalian harus membayarkan 1 ID keluarga yang terdaftar di kartu keluarga. (Baca : September ini BPJS Kesehatan Terapkan Pembayaran Iuran 1 Keluarga)
    • Untuk setiap pembayaran BPJS di Sepulsa, maka kalian berhak untuk mendapatkan 3 voucher belanja GRATIS!
    • Setelah memilih coupon, maka kalian akan masuk ke halaman pembayaran.
    • Sepulsa memiliki banyak metode pembayaran, melalui debit, kartu kredit, dan pembayaran lainnya.
    • Setelah transaksi selesai, maka BPJS kalian akan segera aktif.

    Jadi, jika kartu BPJS kamu tidak aktif, maka kamu hanya perlu melunasi sisa tunggakan yang diterima.

    Baca Juga

    Bayar BPJS Kesehatan

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah