Follow Us

  • Share

    September ini BPJS Kesehatan Terapkan Pembayaran Iuran 1 Keluarga

    Tercatat mulai bulan september 2016 ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) memberlakukan pembayaran dengan sistem baru dimana peserta BPJS kesehatan harus melakukan pembayaran kolektif dalam satu kali transaksi.

    PROMO! Dengan membayar BPJS kesehatan sekarang di Sepulsa dapatkan 3 voucher gratis, kunjungi website Sepulsa disini

    Bagaimana cara kerja sistem baru ini? Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, dr. Elsa Novelia mengatakan bahwa sistem pembayaran baru ini akan dilakukan melalui virtual account (VA) kolektif yang berlaku untuk satu keluarga yang mengacu ke kartu keluarga (KK) yang terdaftar dalam kesepesertaan.

    “Sistem ini mulai berlaku per September 2016, yang mana cukup satu VA keluarga yang melakukan pembayaran.“

    Contohnya jika peserta BPJS kesehatan memiliki 4 anggota keluarga maka anggota yang melakukan pembayaran akan membayarkan total akumulasi biaya untuk 4 orang dalam satu kali transaksi. Jika sebelumnya kalian melakukan satu kali pembayaran untuk 1 no peserta BPJS, maka sekarang  peserta BPJS harus menyiapkan budget lebih untuk membayar iuran secara kolektif perkeluarga yang telah terdaftar di KK.

    Sistem ini juga berlaku jika kalian adalah orang tua yang ingin membayar BPJS untuk no peserta anak, maka tagihan yang akan muncul tetap akumulasi untuk satu keluarga dimana nama yang muncul di pos kasir adalah nama kepala keluarga bukan nama anak tersebut. Dengan sistem baru ini management BPJS berharap para peserta lebih mudah untuk membayar iuran tanpa harus repot membayar berkali-kali, cukup bayar 1 no peserta maka semua iuran VA keluarga lunas.

    Ketentuan tanggal ketelambatan pembayaran

    • Jika kalian telat melakukan pembayaran lebih dari 1 bulan sejak tanggal 10 maka status penjamin peserta BPJS akan dihentikan sementara.
    • Dalam waktu 45 hari sejak status diaktifkan kembali, peserta wajib membayarkan denda kepada pihak BPJS untuk setiap pelayanan rawat inap. Besaran denda yang dimaksud adalah sebesar 2,5% dari setiap biaya pelayanan kesehatan untuk setiap bulan tertunggak.
    • Ketentuan ini berlaku jika peserta menunggak sampai paling banyak 12 bulan dengan besar denda paling banyak Rp30.000.000.

    Sistem baru ini telah serentak berlaku untuk semua perserta JKN di seluruh Indonesia. Iuran kolektif juga berlaku saat kalian melakukan pembayaran BPJS di Sepulsa.com.

    Iuran BPJS kelas 1, 2, 3 terbaru

    Kelas 1 : Rp59.500 menjadi Rp80.000
    Kelas 2 : Rp42.500 menjadi Rp51.000
    Kelas 3 : Rp25.500 menjadi Rp25.500

    Iuran diatas adalah jumlah yang harus dibayar perorang tetapi dengan kebijakan yang baru ini kalian harus menambahkan total biaya untuk satu keluarga

    Kenapa kalian harus membayar BPJS di Sepulsa ?

    • Praktis, karena peserta BPJS dapat langsung membayar BPJS di rumah secara online.
    • Aman, transaksi aman lantaran Sepulsa menggunakan 3D Secure seperlu memastikan keamanan dari tiap-tiap transaksi dengan menambah autentikasi saat proses pembelian.
    • Banyak untungnya, Sepulsa menawarkan 3 voucher gratis untuk tiap transaksi.

    Cara Bayar BPJS Kesehatan di Sepulsa :

    • Download Aplikasi Sepulsa di Playstore atau Appstore.
    • Lalu masuk dengan akun Sepulsa Anda, jika belum memiliki akun Sepulsa silakan untuk registrasi terlebih dahulu.
    • Selanjutnya pilih menu lainnya, lalu pilih bayar BPJS.
    • Masukkan nomor BPJS Kesehatan dan nomor handphone Anda.
    • Dan tagihan BPJS Anda akan muncul, terakhir silakan bayar sesuai dengan tagihan yang muncul.
    • Selesai.

    Kunjungi situs Sepulsa disini

    Info Penting!

    Hai Sepulsa Mate,

    Mungkin bagi kalian yang sudah mapan dan memiliki penghasilan lebih pastinya sangat mudah untuk membayar iuran BPJS yang sekarang karena masih terbilang murah. Tapi Anda perlu tahu, bahwa pada 1 Januari 2020 iuran BPJS akan naik 100%.

    Berikut daftar iuran BPJS di 2020:

    • Kelas 1 Rp80.000 > Rp160.000
    • Kelas 2 Rp51.000 > Rp110.000
    • Kelas 3 Rp25.500 > Rp42.000
    Bayar BPJS Kesehatan

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah