Follow Us

  • Share

    Lakukan Hal Ini Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

    Saat ini memiliki penghasilan tambahan menjadi dambaan semua orang. Mulai dari pelajar sampai dengan karyawan. Sebab kebutuhan yang semakin meningkat,  uang jajan dari orang tua serta gaji dari perusahaan dirasa kurang mencukupi.

    Selain dapat memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat, penghasilan tambahan dapat membuat para pelajar dan karyawan untuk menabung lebih sehingga mereka dapat mencapai tujuan keuangan mereka masing – masing.

    Namun, masih banyak pelajar dan karyawan yang bingung bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan. Kami telah merangkum hal – hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai berikut :


    1. Jual barang lama yang sudah tidak terpakai

    Jika kamu mempunyai barang yang sudah tidak terpakai lagi, daripada mubazir lebih baik dijual. Sebagai contohnya, koleksi komik atau koleksi cd vinyl lama dapat dijual dengan harga yang tinggi kepada kolektor. Selain itu, kamu juga bisa saja menjual barang seperti baju bekas yang masih layak di pakai kepada calon pembeli. Cara ini bisa menghasilkan uang dengan cukup cepat, terlebih kalau kamu punya banyak kenalan sehingga bisa mempermudah untuk mengembangkan bisnis yang kamu punya.

    Kamu juga bisa menjual barang-barang lama menggunakan sosial media atau di e-commerce. Ini bisa menjadi peluang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pastikan kamu memiliki content yang baik agar calon pembeli tertarik untuk membeli barang yang kamu jual. Selamat mencoba ya!


    2. Menjadi Guru Les atau Privat

    Kalau kamu punya keponakan atau saudara yang masih duduk di bangku sekolah, kamu bisa menawarkan diri kepada keluarganya untuk menjadi guru les privat. Kamu bisa mengajarkan pelajaran-pelajaran sederhana seperti Matematika dan Bahasa Inggris. Atau, kalau kamu punya prestasi bagus saat kuliah, kamu bisa coba-coba menjadi guru les bagi mahasiswa. Prestasi bagus kamu bisa menjadi nilai jual tambah untuk mereka dan lumayan bisa mendapatkan uang tambahan.

    Guru les atau privat ini menjadi posisi yang diidamkan bagi pelajar dan karyawan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. So kamu juga bisa mencobanya.


    3. Menjadi Freelancer

    Freelancer merupakan cara lain untuk mengumpulkan uang tambahan dengan cara cepat, asalkan kamu punya suatu kemampuan yang dapat dijual. Beberapa keahlian yang banyak dicari dari seorang freelancer adalah seperti menulis, desain, pemograman, dan pemasaran digital serta media sosial. Jika kamu merasa yakin, cobalah asah kemampuan kamu dan mulailah menjadi freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


    4. Menjadi Makelar

    Menjadi makelar merupakan cara yang mudah untuk mencari penghasilan tambahan. Mungkin ada teman yang ingin menjual rumah atau mobil dan kita kenal dengan orang yang ingin membelinya, lalu kamu pertemukan mereka dan mendapatkan komisi. Simple sekali bukan?

    Namun, untuk menjadi makelar, kamu harus memiliki keahlian negosiasi dan melobby untuk meyakinkan pembeli supaya kamu berhasil menjual rumah atau mobil tersebut.


    5. Masak

    Apabila hobi masak, bisa menjadi peluang bisnis nih. Anda bisa membuka warung kecil dan menjual aneka macam kue, atau bisa membuka usaha katering untuk mendapatkan uang tambahan. Yang sedang popular saat ini adalah bisnis menyediakan sarapan dan makanan bayi.

    Pastikan masakan kamu memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kompetitor kamu agar calon pembeli makin tertarik untuk membeli hasil masakan kamu. Selain itu, kamu juga perlu content untuk berjualan di sosial media dan jangkau lebih luas calon pembeli kamu.


    6. Menjadi Driver Online

    Jika ada mobil atau motor nganggur,  kamu bisa coba untuk menyewakannya terhadap orang yang mau menjadi supir online, bahkan diri kamu sendiri bisa. Dengan modal yang sudah ada seperti mobil, kamu langsung bisa daftarkan diri untuk menjadi mitra driver online.

    Kamu bisa menjalani pekerjaan sampingan sebagai driver online ketika sudah selesai pulang kerja atau saat hari libur. Jika kamu serius dan tekun menjalaninya, penghasilan sebagai seorang driver online ini sangat menjanjikan lho… kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan bangeet!

    Baca Juga: Berapa Penghasilan Driver Go-Jek?


    7. Buka Toko Online

    Membuka toko online bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Saat ini kamu sudah bisa membuat toko online dengan Rp500.000, Caranya dengan membeli barang secara offline dan menjualnya ke luar daerah atau memakai sistem dropship, dimana pesanan dari customer langsung di oper ke supplier yang akan langsung mengirimkannya ke customer.

    Jadi kamu hanya menerima pembayaran dan uangnya langsung di bayarkan ke supplier. Dengan kekuatan internet sekarang kamu bisa melakukan apa saja terutama dalam hal jual-beli yang sekarang serba online.


    8. Investasi

    Jika mempunyai uang berlebih, Anda bisa investasikan uang kamu pada reksadana. Sebagai pemula sebaiknya memilih reksadana dengan tingkat resiko yang rendah yaitu reksadana pendapatan tetap. Saat ini kita dapat memperoleh sekitar 0.5-1% per bulan dari reksadana pendapatan tetap. Daripada duit kamu di hambur-hamburkan lebih baik berinvestasi, kan? Buatlah uangmu bekerja untukmu.


    9. Menjadi blogger

    Blog bisa menjadi cara kamu mendapatkan penghasilan dari internet. Caranya cukup gampang, kamu tinggal buat blog saja. Kemudian kamu harus memiliki Google Adsense.  Lalu isilah blog kamu dengan pengalaman yang menarik atau unik serta tips-tips yang layak untuk diberikan. Blogmu akan memiliki iklan di dalamnya. Semakin banyak orang yang membaca dan mengunjungi blogmu maka semakin banyak uang yang masuk ke rekening kamu.

    Ini bisa menjadi passive income kamu lho! Selama blog kamu aktif, tanpa kerja keras kamu akan terus mendapatkan uang.


    10. Bisnis Reseller

    Banyak cara yang bisa kamu tempuh, apalagi untuk kamu yang ingin mempunyai uang tambahan. Bisnis reseller bisa menjadi cara lain untuk mencari uang tambahan tanpa modal dan bisa dilakukan oleh siapa saja seperti karyawan, ibu rumah tangga, dan mahasiswa. Untuk menjadi reseller bisa dilakukan dengan cara mudah.

    Kamu bisa memulai bisnis ini dengan cara menjual kembali produk tertentu kepada orang lain. Sebagai contoh adalah produk-produk berupa makanan, baju, dan segala macam barang yang bisa kamu sesuaikan dengan minat. Reseller saat ini sudah menjadi salah satu bisnis yang menjamur.

    Walaupun sudah banyak dilakukan, bisnis reseller sangat efektif untuk kamu yang ingin mencari uang tambahan tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.Bisnis reseller juga bisa dilakukan di mana saja. Tergantung dengan metode kamu berjualan. kamu bisa berbisnis reseller dengan cara online maupun offline.

    Kunci utama untuk memulai bisnis reseller yaitu memiliki sarana promosi yang baik. Promosi merupakan kunci utama untuk memasarkan suatu produk. Dengan melakukan promosi, Anda bisa memiliki target pasaran yang lebih luas. Target pasaran yang luas bisa mempermudahkan Anda berjualan sehingga semakin banyak target maka semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Bisnis reseller secara online bisa menjadi salah satu cara cari uang tambahan tanpa modal yang banyak.


    11. Menjual Foto dan Video

    Yang terakhir, ini sangat cocok untuk kamu yang suka memfoto dan membuat video. Ternyata, foto dan video yang kamu buat itu bisa dijual dan harganya lumayan banget! Kamu bisa menjual foto dan video tersebut di situs penyedia stok foto dan video seperti iStockphoto, Shutterstock dan platform lainnya.

    Setiap pengunjung situs platform tersebut mengunduh karya yang kamu miliki, kamu akan mendapatkan komisi 20% hingga 45% dari hasil penjualan sebagai keuntungan kamu. Menarik bukan?

    Nah… hal – hal diatas bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin mendaptkan penghasilan tambahan. Selama kamu terus berusaha, peluang untuk mendapatkan uang lebih terbuka sangat lebar. So jangan malas-malas ya!


    Baca Juga: 5 peluang usaha dengan modal kecil

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah