Follow Us

  • Share

    Jenis-Jenis Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Menjanjikan!

    Dengan berkembangnya kondisi perekonomian Indonesia, dan semakin beragamnya permintaan masyarakat di masa sekang, berbagai macam bisnis maupun peluang usaha semakin banyak bermunculan mulai dari usaha-usaha dengan modal kecil hingga besar.

    Bagi Anda yang sudah memahami seluk beluk dunia usaha dan bisnis, Anda pasti akan memilih untuk memulainya dengan bisnis besar. Tapi bagi Anda yang baru mau mencoba merintis usaha Anda sendiri, ada baiknya Anda mencari peluang usaha dan bisnis dengan modal kecil.

    Hal ini tentu saja amat berkaitan dengan risiko yang harus Anda tanggung. Lagi pula dengan modal yang kecil, Anda tidak terlalu merasakan kepedihan ketika usaha Anda mengalami kerugian.

    Kali ini Sepulsa akan memberikan beberapa peluang usaha dan bisnis modal kecil yang mungkin bisa Anda coba sendiri di rumah. Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!


    1. Jasa Pengetikan dan Translate Artikel

    Jasa pengetikan dan translate artikel

    Jenis usaha ini cocok bagi Anda yang masih jadi mahasiswa jurusan apapun. Modalnya kecil dan Anda hanya membutuhkan laptop yang bisa digunakan untuk mengetik.

    Usaha macam ini amat besar peluangnya, terutama di kampus dengan jurusan yang terkenal dan tugas-tugas menumpuk misalnya teknik, ekonomi, apalagi kedokteran.

    Kalau Anda seorang mahasiswa kedokteran, anggaplah Anda bisa menerima jasa pengetikan dari 5 orang teman yang dalam satu bulan dikalikan dengan 5000 rupiah per lembar dan rata-rata misalnya 20-30 halaman per bulan, maka Anda bisa mendapatkan uang 500 hingga 750 ribu rupiah per-bulan!

    Sedangkan jasa translate alias terjemah artikel akan cocok bagi Anda yang dikelilingi teman penuh ambisi yang mau menerbitkan jurnal yang cukup tinggi. Walau rata-rata manuskrip jurnal berjumlah 5-10 lembar saja, tapi jasa terjemah ini biasanya berbiaya ratusan ribu loh per-lembarnya.


    2. Membuka Kedai Kopi “Minimalis”

    Setarbak kopi

    Jangan Anda bayangkan kedai kopi yang kami sebutkan di atas sebagai kedai kopi kekinian dengan mesin kopi ratusan juta dan suasana fancy yang memikat mata. Kedai kopi yang kami maksud justru kedai kopi kecil, murah, dan minimalis.

    Jika Anda memiliki sedikit ilmu kopi, tentu Anda bisa membeli peralatan manual brew yang harganya masih relatif terjangkau. Ditambah dengan beberapa peralatan menyeduh kopi sederhana, biji kopi premium, coffee shop pun siap berdiri!

    Tapi kalau Anda tidak punya ilmu tentang kopi, Anda bisa loh membuat kedai kopi yang lebih merakyat. Apalagi kalau Anda tinggal di dekat kampus atau terminal. Cukup buat kedai dengan modal kopi sachet dan padukan dengan mie instan!

    Jenis kedai kopi mana pun yang Anda pilih, tentu saja amat bergantung dari target pasar yang harus Anda ketahui sejak awal membuka. Keduanya sama-sama menjanjikan, kok!

    Baca juga : Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan 


    3. Berdagang Sayur, Daging, dan Bahan Makanan Rumah Tangga

    Dagang sayur

    Peluang usaha macam ini termasuk ke dalam peluang yang seringkali dianggap remeh dan disalahartikan oleh banyak orang. Seringkali orang menganggap bisnis modal kecil ini, merupakan bisnis yang tidak menjanjikan.

    Padahal kalau Anda mau melihat perhitungan aliran uangnya, bisnis ini menjanjikan keuntungan yang besar, lho! Tapi memang benar, untuk menjalankan usaha macam ini Anda harus mau bersusah payah datang ke pasar pagi-pagi untuk mencari bahan yang mau Anda jual.

    Anda harus mau datang sejak pukul 2 dan 3 subuh untuk mendapatkan sayur dan daging paling segar. Anda juga harus melakukan ini setiap hari, alias nyaris tidak mungkin Anda me-nyetok bahan-bahan jualan Anda.

    Setelah itu carilah perumahan-perumahan besar, yang umumnya dihuni oleh masyarakat kelas menengah ke atas. Orang-orang ini amat cocok menjadi target pasar Anda karena mereka tentu memiliki banyak uang dengan waktu yang amat minimal.

    Lalu perhatikan kebutuhan mereka setiap harinya, sehingga di kemudian hari Anda bisa memutuskan apa yang harus Anda beli lebih banyak dan apa yang harus lebih sedikit Anda beli. Jual seluruh bahan makanan tersebut dengan margin yang sedang.

    Margin penjualan yang terlalu tinggi tentu akan memberatkan konsumen, sementara margin yang amat tipis akan membuat usaha ini merugi.


    4. Dropshipping

    Bisnis dropshipping berarti Anda “menghubungkan” antara penjual dan pembeli di dunia maya, dan Anda mengambil keuntungan dari sana.

    Mudahnya si pembeli tidak akan berhubungan kepada supplier, tapi kepada Anda. Ketika mereka memesan barang, Anda langsung memesannya kepada supplier dan meminta untuk langsung mengirim barang kepada si pemesan.

    Terdengar mudah memang, dan tentu saja tanpa modal kecuali kuota. Namun, sebenarnya bisnis ini kian hari menjadi semakin sulit, mengingat mudahnya bisnis macam ini membuat orang-orang berlomba menjadi dropshipper.

    Kalau Anda masih ingin mencoba bisnis ini, mulai lah dengan belajar di Youtube. Banyak dropshipper-dropshipper kelas kakap yang membagi ilmunya secara cuma-cuma.

    Terakhir, bagi Anda yang lebih nekat. Anda bisa mencoba untuk jadi dropshipper internasional. Anda bisa mencari pasar melalui Amazone dan mencari supplier melalui AliExpress.

    Anda hanya membutuhkan keterampilan copywriting serta sedikit ilmu marketing dan advertising supaya bisa dapat untung dari bisnis modal kecil ini.


    5. Warung Sarapan Pagi Dadakan

    Ibu ibu jual sarapan

    Warung sarapan pagi dadakan menurut kami merupakan salah satu bisnis modal kecil terbaik yang ada di dalam artikel ini. Selain membutuhkan keahlian yang tidak terlalu tinggi, bisnis macam ini memiliki variasi dan pasar yang sangat luas.

    Anda bisa menjual jajanan pasar berupa kue-kue yang bisa dijajakan di rumah. Anda pun juga bisa membuat bubur ayam dengan beraneka sate jeroan, hingga menjajakan nasi uduk dengan berbagai lauk pauknya.

    Mengapa pasarnya luas? Kamu yang tinggal di kompleks perumahan kelas menengah, tinggal di perkampungan, tinggal di rumah yang dekat dengan sekolah, hingga tinggal di rumah yang dekat dengan kampus dan perkantoran. Semuanya cocok membuka bisnis jenis ini.

    Anda tinggal menyesuaikan dagangan Anda dengan kebutuhan masyarakat di sekitar. Kalau Anda tinggal di kompleks kelas menengah, Anda bisa mencoba peruntungan Anda dengan menjual sarapan yang cukup berat seperti nasi uduk, nasi kuning, hingga bubur ayam.

    Sementara Anda yang tinggal di dekat perkantoran, sekolahan, atau dekat kampus, Anda bisa menjual bubur ayam hingga kue-kue jajanan pasar yang relatif lebih mudah di bawa-bawa oleh para konsumen Anda.

    Kesimpulan

    Itulah 5 peluang usaha dan bisnis modal kecil yang bisa Anda jalankan sendiri atau bersama-sama teman. Semua ide di atas dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merintis usaha namun dengan modal pas-pasan.

    Intinya Anda harus menganalisis kemampuan diri Anda, kemudian analisis kebutuhan pasar Anda. Selebihnya sedikit gunakan ilmu marketing dan branding serta advertising yang ada. Terakhir, mulailah usaha Anda karena perencanaan tanpa eksekusi sama saja dengan tidak merencanakan sama sekali!

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah