Follow Us

  • Share

    Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Anda Secara Online!

    Semua orang yang lahir di Indonesia pasti mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai tanda bahwa kita adalah warga negara Indonesia asli dan terdaftar.

    Begitu pula dengan kendaraan, setiap kendaraan perlu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk memastikan bahwa kendaraan Anda terdaftar sesuai dengan nama pemiliknya.

    Warna kendaraan, tahun pembelian, dan nomor mesin pun tercantum pada surat tersebut, sehingga jika kendaraan Anda hilang bisa menjadi bukti validasi bahwa kendaraan adalah benar milik Anda.

    STNK datang berpasangan dengan plat kendaraan yang biasanya tertera kombinasi huruf dan angka.

    Huruf pertama pada plat nomor menandakan lokasi kendaraan misalkan plat mobil Anda B maka kendaraan Anda berasal dari Jakarta atau plat D adalah dari kota Bandung. Lalu ada 4 angka dan 2-3 huruf pada akhir plat mobil Anda.

    Plat nomor bisa dipesan sesuai dengan keinginan. Tak hanya itu plat nomor kendaraan juga berfungsi untuk mengetahui apakah pajak kendaraan Anda masih berlaku apa sudah jatuh tempo.

    Nah, buat Anda yang tidak tahu caranya cek plat nomor, simak langsung ulasannya di bawah ini!


    Cara Mengecek Plat Nomor Melalui SMS

    Sekarang Anda tidak perlu repot-repot cek ke Samsat untuk mengecek plat nomor, cukup lewat SMS Anda sudah bisa mengetahui tanggal berapa jatuh tempo dan harga pajak yang perlu Anda bayarkan.

    Sayangnya hanya ada beberapa kota yang menyediakan layanan pengecekan plat nomor melalui SMS seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Banten, dan Yogyakarta.

    1. Area Jakarta

    SMS ke 1717 dengan format Metro(spasi)nomor polisi

    Biaya SMS: Rp1000

    2. Area Jawa Barat

    SMS dengan format Info(spasi)nomor polisi(spasi)warna kendaraan misalkan info D1445HN hitam kirim ke 08112119211

    3. Area Jawa Tengah

    SMS ke 9600 dengan format JATENG(spasi)nomor polisi misal: JATENG H1111YA

    4. Area Jawa Timur

    Cek dengan cara SMS JATIM(spasi)Nomor Polisi seperti JATIM L3071HU ke nomor 7070

    5. Area Kepulauan Riau

    Untuk Kepulauan Riau, SMS ke 9969 dengan format Kepri(spasi)Nomor Polisi tanpa spasi pada nomor polisinya. Contohnya KEPRI BP1256G

    6. Area Yogyakarta

    Untuk warga daerah Yogyakarta bisa mengecek dengan cara mengirim SMS ke 9600 dan kirim DIY AB3456NU


    Cara Cek Nomor Polisi Online Melalui Situs Samsat

    Cek STNK Online

    Anda bisa cek nomor polisi melalui situs Samsat sesuai daerah Anda. Sayangnya, tidak semua kota sudah memiliki fitur ini, hanya beberapa kota saja yang sudah memberikan layanan ini.

    1. Area Jakarta

    Anda yang tinggal di Jakarya tidak perlu takut lagi kena razia ketika berada di jalan raya, karena sekarang Anda sudah bisa mengecek pajak kendaraan via online sehingga tak akan lupa untuk membayar sebelum tenggat waktunya. Caranya cukup dengan klik situs resmi E-Samsat jakarta, tulis nomor kendaraan dan klik Cari.

    2. Area Jawa Barat

    Melalui link Polda Jabar, Anda sudah bisa mengecek Pajak Kendaraan Bermotor via online. Cukup dengan masukan nomor polisi Anda dan klik Cari Anda sudah bisa mengetahui berapa pajak yang harus Anda bayar dan masa tenggangnya.

    3. Area Jawa Tengah

    Caranya cukup buka situs BPPD atau Badan Pengelola Pendapatan Daerah, lalu klik Info Cepat, dan pilih Info Pajak Kendaraan atau langsung saja klik di sini, tulis nomor kendaraan Anda ke dalam kolom Nomor Kendaraan dan klik Submit.

    4. Area Jawa Timur

    Akses link E-Samsat Jatim berikut dari handphone atau PC Anda, lalu pilih menu Info Pajak Kendaraan. Dari situ cantumkan nomor polisi kendaraan bermotor dan isi sandi Captcha.

    5. Area Banten

    Sekarang Anda bisa lho mengecek nomor polisi lewat http://dppkd.bantenprov.go.id/ dan ketik info PKB pada kolom pencarian situs. Tulis nomor kendaraan bermotor Anda dan klik CARI. 

    6. Area Yogyakarta

    Melalui situs Informasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor Yogyakarta, Anda bisa mencari tahu informasi mengenai nomor kendaraan Anda. Klik link berikut ini dan isi dengan nomor plat kendaraan Anda lalu klik Submit.

    7. Area Aceh

    Badan Pengelolaan Keuangan Provinsi Aceh meluncurkan sendiri layanan pengecekan elektronik Samsat. Cek nomor polisi Anda di E-Samsat Aceh, dan asyiknya Anda juga bisa membayar langsung via ATM ke rekening Bank Aceh Syariah yang sudah tertera.

    Sekarang Anda tidak lagi perlu repot-repot mengecek nomor polisi karena Sepulsa sudah memberikan segudang info mengenai STNK seperti cara perpanjang STNK, syarat perpanjang STNK, dan apa yang harus Anda lakukan apabila STNK Anda hilang.

    Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda, ya!

    Baca juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    1 Komentar

    • Bambang Sutrisno
      August 18, 2019 at 3:27 pm

      Utk Nopol KT (Kalimantan Timur) Kok Blum Ada ?
      Sy Mau Cek Mobil Nopol : KT 1063 CN Ini Pemilik Atas Siapa ?

      Trimksh.

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    1 Komentar

    • Bambang Sutrisno
      August 18, 2019 at 3:27 pm

      Utk Nopol KT (Kalimantan Timur) Kok Blum Ada ?
      Sy Mau Cek Mobil Nopol : KT 1063 CN Ini Pemilik Atas Siapa ?

      Trimksh.

      Balas Komentar