Follow Us

  • Share

    Cek Tagihan BPJS Kesehatan, Begini Caranya!

    Sepulsa mate, kabar baik bagi Anda peserta BPJS! Kembali dimudahkan dengan munculnya cara-cara mudah mengecek tagihan BPJS sehingga Anda tidak harus repot ke kantor BPJS.

    Sekarang sudah ada dua cara praktis untuk cek tagihan BPJS yaitu melalui website BPJS dan via SMS ke layanan BPJS. Cepat dan mudah, bukan? Nah, ini membantu Anda untuk membayar tepat waktu dan menghindari denda keterlambatan pembayaran.

    Tagihan beragam tergantung dari kelas layanan BPJS. BPJS mempunyai 3 kelas layanan (mulai dari kelas dengan pelayanan tertinggi hingga terendah) yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 dan tagihannya sebesar Rp80.000, Rp51.000, dan Rp25.500.

    Baca Juga : (Tarif BPJS sesuai kelas).

    Dengan besaran iuran tersebut, banyak layanan yang ditanggung oleh BPJS mulai dari rawat jalan, rawat inap, persalinan hingga alat bantuan kesehatan seperti gigi palsu, kacamata dan lainnya. Dapat dikatakan BPJS merupakan asuransi kesehatan yang ramah kantong yang menanggung berbagai macam kebutuhan kesehatan.

    Apa yang terjadi jika Anda telat membayar iuran bulanan? Sejak 1 Juli 2016, sebuah peraturan baru ditetapkan:  jika Anda telat membayar iuran selama satu bulan, status kartu BPJS Kesehatan akan dinonaktifkan secara otomatis oleh sistem.

    Kemudian dalam waktu 45 hari sejak status akun BPJS akan aktif, peserta wajib membayar denda BPJS Kesehatan untuk setiap pelayanan kesehatan rawat inap yang diperoleh.

    Baca juga: Ketentuan telat membayar iuran BPJS

    Perlu Anda ketahui bahwa kini BPJS sudah tidak menerapkan denda jika Anda telat membayar. Ini dia ketentuan baru dari BPJS untuk yang telat melakukan pembayaran :

    • Jika Anda telat atau menunggak pembayaran, maka BPJS akan di stop sementara.

    Jika Anda ingin kartu BPJS aktif kembali, maka Anda harus membayar tunggakan sesuai jumlah yang sudah ditentukan dari BPJS. Dan untuk menghindari kartu di stop sementara, jangan membayar tagihan lebih dari tanggal 10 setiap bulannya.

    Cara Cek Tagihan BPJS Online dan Via SMS

    1. Online, melalui website BPJS
    • Masukkan informasi yang tertera; nomor kartu BPJS, tanggal lahir, dan angka validasi

      cek tagihan bpjs 2
      cek tagihan bpjs 2

    • Informasi nama dan tanggal lahir masing-masing, status akun BPJS, dan tagihan beserta denda akan muncul pada layar.

      cek tagihan bpjs 3
      cek tagihan bpjs 3

    1. Via SMS layanan BPJS

    Cara melihat tagihan BPJS mudah, Anda cukup sms dengan format:

    NIK<spasi>Nomor Kependudukan

    atau

    NOKA<spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan

    atau

    NIP<spasi>Nomor Induk Pegawai

    Lalu, kirimkan sms ke nomor layanan BPJS 08777-5500-400.

    Sudahkah Anda membayar tagihan BPJS? Ingat, jangan sampai melewati tanggal 10 setiap bulannya ya! Kalau Anda lewat tanggal tersebut Anda harus membayar denda. Jangan khawatir, di Sepulsa Anda bisa membayar tagihan BPJS lho! Caranya cukup gampang, kunjungi web Sepulsa atau aplikasi Sepulsa dan masukkan nomor BPJS Anda. Sepulsa menyediakan metode pembayaran yang beragam mulai dari kartu kredit, bank transfer hingga kredivo.

    Tunggu apa lagi? Yuk, transaksi di Sepulsa!

    Bayar BPJS Kesehatan

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah