Follow Us

  • Share

    Cek Lalu Bayar Tagihan PLN Kamu Langsung di Sepulsa

    Sepulsa Mate, kamu barangkali sering sekali mendengar mengenai tagihan Listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara). Pastinya rumah kamu dialiri listrik PLN sehingga setiap bulannya kamu mengecek tagihan atau membeli token listrik agar listrik di rumah kamu tetap menyala.

    Berkat semakin banyaknya kampanye hijau atau penghematan energi, sebagian besar dari kamu pasti mulai memerhatikan pemakaian listrik agar sesuai dengan kebutuhan. (Cek harga listrik PLN per kWh di tahun 2019)

    Kalau kamu mulai sadar akan perlunya menghemat energi, kamu perlu mengetahui cara memantau tagihan listrik. Sepulsa akan berbagi informasi mengenai tagihan Listrik  agar kamu bisa memantau pemakaian listrik dan tagihan listrik  setiap bulannya.

    Karena besarnya jumlah masyarakat yang menggunakan jasa listrik PLN, PLN memberikan solusi bagi pelanggannya (ya, termasuk kamu) untuk mengecek tagihan listrik. PLN menyediakan berbagai channel untuk mengetahui informasi tagihan kamu. Mulai dari aplikasi PLN Mobile, layanan sms gateway PLN 8123, dan call center PLN 123

    Cara cek tagihan listrik:

    Mengecek tagihan listrik melalui website PLN di http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php. Caranya simpel dan gampang untuk mengecek tagihan setiap bulan pada website.

    Kamu bisa mengetahui jumlah tagihan kamu pada bulan tertentu cukup dengan masukkan nomor ID pelanggan pada kolom pelanggan. Setelah itu, nama dan ID pelanggan akan muncul beserta tagihan listrik yang terbilang pada bulan tersebut.

    Aplikasi PLN Mobile

    aplikasi-pln
    aplikasi-pln

    Kamu bisa men-download aplikasi ini di google play dengan link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123. Kamu harus log in atau register terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi ini. Dalam aplikasi ini terdapat banyak fitur-fitur yang terdiri dari info tarif terbaru, info tagihan listrik, pengaduan dan permohonan. Aplikasi ini menawarkan layanan yang lengkap, kamu bisa mengakses keperluan kamu hanya dengan beberapa ketukan.

    SMS Gateway PLN 8123

    Ada dua layanan yang ditawarkan oleh SMS GatewayPLN:

    Pertama, cara mendapatkan informasi mengenai tagihan listrik untuk bulan tertentu. Kamu bisa mengetik dengan format  REK<spasi>No ID Pelanggan dan kirim ke 8123.

    Contoh: REK 515430213019 kirim ke 8123

    Kedua, kamu bisa berlangganan informasi mengenai tagihan setiap bulan. Cukup dengan mengetik dengan format PLN<spasi>ON<spasi>No ID Pelanggan dan kirim ke 8123.

    Contoh : PLN ON 515430213019 kirim ke 8123

    Biaya untuk layanan per sms adalah sebesar Rp 500/sms. Terkait dengan poin kedua, kamu bisa unreg atau berhenti berlangganan SMS informasi tagihan listrik setiap bulannya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetik sesuai format PLN<spasi>OFF<spasi>No ID Pelanggan dan kirimkan 8123.

    Contoh : PLN OFF 515430213019 kirim ke 8123

    Call Center PLN 123

    call-center-pln-123
    call-center-pln-123

    Dalam layanan telepon Call Center PLN 123, kamu bisa mengikuti instruksi yang diberikan untuk mengecek atau langsung berbicara dengan layanan pelanggan untuk mengetahui informasi lebih rinci mengenai tagihan listrik.

    Setelah mengetahui cara mengecek tagihan listrik di berbagai channel, kamu tinggal bayar saja. Namun timbul pertanyaan bagaimana cara membayarnya.

    Nah, zaman sekarang yang segala hal sudah mulai migrasi menjadi online. Kamu bisa membayar tagihan PLN dengan cara yang lebih mudah dibandingkan harus mendatangi kantor PLN ataupun tempat pembayaran offline lainnya yaitu melalui Sepulsa.

    Mengapa lebih baik bayar tagihan listrik di Sepulsa? Sepulsa menyediakan solusi pembayaran tagihan listrik online, praktis hanya dengan beberapa klik saja, dan menjamin keamanan dan kenyamanan kamu. Jangan takut karena sepulsa menjaga informasi kamu dengan aman.

    Bagaimana cara transaksi di Sepulsa? Caranya gampang!

    aplikasi-android-baru-sepulsa
    aplikasi-android-baru-sepulsa
    • Pertama, Kunjungi website sepulsa di https://www.sepulsa.com atau download aplikasi adroid sepulsa langsung disini
    • Lalu, pada layanan ‘listrik pln’, untuk membayar tagihan listrik kamu pilih ‘pascabayar’,
    • Masukkan nomor handphone dan No ID pelanggan kamu. Setelah itu pilih proses.
    • Pilih 3 voucher menarik yang kamu suka lalu pilih proses.
    • Pada halaman pembayaran, isilah email kamu dan pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Metode pembayaran di Sepulsa cukup beragam mulai dari kartu kredit/debit, transfer bank hingga kredivo.
    • Setelah menyelesaikan transaksi tagihan listrik kamu akan mendapatkan email invoice sebagai bukti kamu telah membayar tagihan listrik.

    Jika kamu mengalami kendala dalam membayar tagihan listrik di Sepulsa atau pertanyaan terkait kamu bisa menghubungi layanan pelanggan 24 jam di info@sepulsa.com

    Adapun Sepulsa memberikan kamu sesuatu yang menarik. Kami dengan senang hati berbagi informasi mengenai cara-cara atau tips dan trik mengenai penggunaan listrik. Kalau kamu punya AC di rumah dan bingung cara menghematnya, Sepulsa pernah mengilas mengenai cara menjaga pemakaian AC agar tidak boros.

    Disamping itu juga tips dan trik penggunaan listrik di rumah yang aman. Adapun berbagai macam artikel mengenai listrik yang bisa kamu telusuri di blog Sepulsa.

    Faktor yang menyebabkan kenapa tagihan listrik terkadang bisa sangat mahal

    Salah satu kasus mengenai listrik yang sering kita temui adalah bagaimana cara pemakaian listrik agar tagihan tidak bengkak? Pertama-tama kamu harus mencari tahu mengapa tagihan listrik kamu bisa bengkak. Jika rumah kamu kosong, pastikan kamu telah membayar tagihan listrik pada bulan-bulan sebelumnya karena tagihan merupakan akumulasi tagihan sebelumnya.

    Adapun hal lain yang perlu diperhatikan adalah naik turunnya pembatas listrik, sering naik dan turun akan mengakibatkan aliran listrik. Terakhir adalah pemakaian listrik yang berlebihan khususnya pada perangkat Air Conditioner (AC).

    Lanjut, apa ya tips dan trik menjaga tagihan agar tidak bengkak? Pertama, kamu tentukan daya kebutuhan listrik sesuai dengan kebutuhan sesuai dengan golongan tarif yang tersedia pada PLN yaitu apakah R1, R2 atau R3. Golongan tarif tersebut menentukan biaya pemakaian dan bebannya setiap bukan.

    Kedua, desain rumah yang hemat energi seperti memfokuskan pada ventilasi udara dan pencahayaan sehingga kamu tidak sering menggunakan listrik. Ketiga, kurangi kebiasaan boros listrik–kamu bisa belajar menggunakan listrik sesuai dengan kebutuhan. Contohnya mematikan AC sewaktu tidak diperlukan. Terakhir, pilihlah perabot listrik yang berdaya kecil sehingga kamu bisa hemat listrik.

    Atau bisa saja kamu bukan lagi termasuk kategori orang yang mendapatkan subsidi listrik, karena lebih dari setengah pengguna listrik 900 VA dicabut subsidinya sehingga tagihan mereka membengkak pada bulan januari 2017 ini. Baca infographic dibawah yang akan menerangkan bagaimana subsidi listrik 900 va dicabut oleh pemerintah.

    subsidi-listrik-900-va
    kenaikan subsidi listrik 900 va

    Kalau kamu ingin melakukan pengaduan ke PLN karena adanya kendala atau permasalahan dalam penggunaan listrik, kamu dapat menghubungi PLN melalui berbagai cara:

    • Telepon Call Center PLN 123 dan sampaikan keluhan kepada layanan pelanggan.
    • Kamu bisa menghubungi PLN melalui social media seperti mention ke PLN melalui Twitter.
    • Terakhir, kamu bisa mengetuk fitur pengaduan di aplikasi PLN Mobile.

    Bagaimana, sudah jelas kan perihal yang menyangkut tagihan listrik? Ingat, tanggal 10 setiap bulannya adalah tenggat waktu pembayaran tagihan listrik ya. Sekarang kamu sudah mengetahui cara praktis mengecek tagihan dan membayarnya online di Sepulsa. Sepulsa mate, Jangan lupa jaga pemakaian listrik sesuai kebutuhan!

    Let’s save energy for better life and of course, better piggy bank 😉

    Beli Token Listrik

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah