Follow Us

  • Share

    Cara Buat Rekening Bank BTN lewat Kantor Cabang & Online

    Cara buat rekening bank BTN saat ini tidaklah sulit. Beragam pilihan disediakan oleh bank milik BUMN ini kepada masyarakat yang ingin membuka rekening baru.

    Saat ini sebagian besar transaksi masyarakat berhubungan dengan dunia perbankan. Semakin lama, jumlah kepemilikan akun atau rekening bank masyarakat juga  terus bertambah, baik untuk kebutuhan penyimpanan atau lainnya. 

    Peluang ini juga yang dimanfaatkan lembaga keuangan khususnya bank untuk menarik para calon nasabah. Berbagai fitur dan kemudahan diberikan bank kepada nasabah dalam melakukan pembukaan rekening.

    Bank BTN atau Bank Tabungan Negara  merupakan salah satu bank yang memiliki reputasi baik di Indonesia. Bank milik pemerintah yang terkenal dengan fasilitas pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) ini, tidak hanya menyediakan fasilitas pembiayaan rumah saja tetapi juga menyediakan beragam produk tabungan, kartu kredit BTN maupun fitur lainnya.

    Untuk produk tabungan, Bank BTN juga tak mau kalah dengan bank-bank lainnya. Selain menyediakan pengajuan rekening langsung ke bank, BTN menawarkan fitur pembukaan rekening tabungan melalui online.

    Untuk lebih jelasnya tentang cara buat rekening Bank BTN, tim Sepulsa telah merangkum beberapa ulasan khusus untuk kamu, sebagai berikut:

    Tentukan Rekening Produk Tabungan Bank BTN

    Cara buat rekening bank BTN, pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menentukan produk rekening atau tabungan bank BTN yang kamu butuhkan. Ada beragam produk tabungan yang disediakan bank yang berdiri sejak 1987 tersebut. 

    Produk tabungan Bank BTN yang tersedia saat ini antara lain:

    • Tabungan BTN Batara
    • Tabungan BTN Investasi
    • Tabungan BTN Cermat
    • Tabungan BTN Cermat Ponsel
    • Tabungan BTN e BATARAPOS
    • Tabungan BTN e BATARAPOS TKI
    • Tabungan BTN Juara
    • Tabungan BTN Junior
    • Tabungan BTN Payroll 
    • Tabungan BTN Pensiunan
    • Tabungan BTN Perumahan
    • Tabungan BTN Prima
    • Tabungan BTN Siap
    • Tabungan Simpanan Pelajar
    • Tabunganku

    Tiap-tiap produk tabungan ini disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Misalnya, Tabungan BTN Batara ditujukan untuk menunjang aktivitas keuangan keluarga, lalu ada Tabungan BTN Perumahan untuk membantu nasabah dalam mempersiapkan tempat tinggal dengan cicilan ringan.

    Begitu juga untuk nasabah yang membutuhkan produk tabungan investasi dengan suku bunga kompetitif dan lebih fleksibel tersedia Tabungan BTN Investa atau bagi nasabah yang ingin menyiapkan masa pensiun tersedia Tabungan BTN Pensiunan untuk menyalurkan dana pensiun dengan biaya administrasi lebih rendah.

    Tiap tiap jenis produk tabungan ini juga memiliki syarat dan ketentuan berbeda-beda mulai dari saldo dan setoran awal, suku bunga, biaya layanan, kelengkapan dokumen denda saldo, biaya penutupan rekening dan lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai jenis produk tabungan ini bisa kamu dapatkan di website resmi  Bank BTN yakni btn.co.id.

    Persyaratan Pembukaan Rekening Bank BTN

    Cara buat rekening Bank BTN selanjutnya dengan lebih dahulu melengkapi persyaratan. Syarat dan ketentuan pembukaan rekening Bank BTN ini disesuaikan dengan jenis produk atau tabungan yang kamu pilih. Namun, persyaratan umum untuk pembukaan rekening Bank BTN ini yakni dokumen identitas pribadi yakni copy KTP/SIM/Paspor/KITAS/kartu pelajar maupun NPWP.

    Untuk beberapa produk tabungan seperti  BTN Payroll, BTN Cermat, BTN Cermat Ponsel, BTN e Batarapos, BTN e Batarapos TKI, BTN Perumahan membutuhkan kelengkapan copy NPWP. 

    Sedangkan untuk produk jenis tertentu seperti  Tabungan BTN Pensiunan  membutuhkan dokumen tambahan seperti Identitas KARIP atau kartu identitas pensiun dan juga Surat Persyaratan Pembayaran Pensiun melalui Rekening ke PT Taspen (Persero) atau untuk Tabungan Juara dan Tabungan Junior membutuhkan dokumen akta kelahiran bagi nasabah yang belum memiliki KTP.

    Untuk lebih lengkap terkait dokumen persyaratan lainnya, nasabah bisa mengetahuinya di website resmi  Bank BTN yakni btn.co.id.

    Cara Buat Rekening Bank BTN

    Setelah menentukan produk tabungan yang kamu pilih dan mengetahui persyaratan dibutuhkan, kamu bisa mengajukan pembukaan rekening. Ada dua pilihan cara buat rekening  Bank BTN yang bisa dipilih yakni melalui kantor cabang Bank BTN terdekat atau melalui BTN Virtual Branch.

    1. Cara Buat Rekening Bank BTN Lewat Bank BTN Terdekat

    Pilihan pertama untuk membuka rekening Bank BTN adalah dengan mendatangi langsung kantor Bank BTN terdekat dari nasabah dan menuju bagian Customer Service.  Dalam proses pembukaan rekening melalui bank ini nasabah akan dibantu oleh petugas bank sampai rekening Bank BTN jadi. 

    Karena itu, cara buka rekening Bank BTN lewat bank ini menjadi pilihan umum nasabah selama ini. Namun, pengajuan melalui bank ini cukup memakan waktu karena nasabah perlu mengantre dengan nasabah lainnya dengan tujuan ke customer service.

    Karena itu, agar proses pembukaan rekening Bank BTN lebih cepat dan lancar kamu perlu datang lebih awal dan memastikan menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, mengisi formulir pengajuan rekening Bank BTN dengan benar dan menyiapkan uang yang cukup untuk penyetoran pertama.

    2. Cara Buat Rekening Bank BTN Lewat BTN Open Account

    Cara buat rekening Bank BTN melalui BTN Open Account ini menjadi salah satu pilihan alternatif jika kamu tidak mempunyai waktu untuk ke bank atau tak ingin mengantre di bank. Inovasi dari Bank BTN menyediakan layanan pembukaan rekening secara online hanya cukup melalui smartphone  atau gawai . Asalkan smartphone kamu terhubung internet, melalui cara ini nasabah bisa membuka rekening Bank BTN dimana saja dan kapan saja. 

    • Dikutip dari Youtube resmi Bank BTN, pertama kamu perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi BTN Digital Solution yang bisa didapatkan dari Google Play dan App Store.
    • Lalu daftarkan diri di BTN Digital Solution dengan mengklik menu pengaturan dan memilih menu “Daftar Sekarang”. Isi dan lengkapi data di BTN Digital Solution, setelah melengkapi kamu akan mendapat verifikasi email,  bahwa kamu sudah terdaftar di BTN Digital Solution.
    • Selanjutnya, kembali masuk ke aplikasi BTN Digital Solution. Untuk membuka rekening baru pilih ikon “Pembukaan Rekening baru” dan unduh BTN Open Account. 
    • Setelah BTN Open Account dipasang, klik buka lalu isi data diri dengan lengkap, lalu klik next dan isi data pekerjaan lalu klik next, isi info tambahan lalu next, klik ikon kamera untuk pengambilan swafoto anda , lalu klik ikon finish untuk mengirim data.
    • Selanjutnya kamu akan menerima SMS dan email notifikasi untuk nomor registrasi.
    •  Segera datang ke customer service Bank BTN terdekat untuk melakukan validasi serta aktivasi rekening Bank BTN dengan menunjukan nomor registrasi yang dikirim melalui SMS atau email.
    • Setelah validasi selesai, kamu akan mendapat buku tabungan dan kartu debit Bank BTN.

    Nah itu tadi ulasan terkait cara buat rekening Bank BTN untuk memudahkan pembukaan rekening Bank BTN. Semoga setelah membaca cara buat rekening Bank BTN ini kamu tidak lagi bingung melakukan pembukaan rekening Bank BTN.

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah