Follow Us

  • Share

    Syarat dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan via Online

    Halo Sepulsa Mates! Sudah bayar BPJS belum bulan ini? Apa jangan-jangan kamu belum tahu apa itu BPJS? Kalau belum tahu, BPJS itu adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yaitu layanan publik yang memberikan proteksi untuk masyarakat Indonesia, bisa dibilang fungsinya sama dengan asuransi sosial. Nah BPJS ini ada dua jenis yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

    Bedanya, BPJS Kesehatan menyelenggarakan layanan jaminan perlindungan untuk warna negara Indonesia dan warna negara asing yang minimal sudah berada diIndonesia selama 6 bulan. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada buruh dan pegawai karena keselamatan buruh adalah tanggung jawab negara guys.

    Pada awalnya, BPJS ini bernama Jamsostek atau PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang dibentuk pada tahun 1992 lalu pada tahun 2011 Jamsostek diubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Tidak semua yang mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan adalah orang-orang yang bekerja di kantor formal. Pegawai nonformal pun bisa kok mendapatkan pelayanan BPJS ini dengan cara membayar sendiri uang keanggotaan sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP).

    Kalau pegawai formal sih biaya BPJSnya sudah ditanggung oleh perusahaan tempat mereka bekerja jadi kamu gak perlu membayar iuran BPJS. Nanti kalau sudah membutuhkan, kamu bisa klaim BPJSnya. Nah buat kamu yang bingung apa saja syarat dan gimana cara daftar BPJS Ketengakerjaan, silahkan simak ya!

    Ada lima program BPJS Ketenagakerjaan yang akan Anda dapatkan yaitu:

    1. Jaminan Hari Tua (JHT) -> Pegawai akan mendapatkan iuran yang sudah ditanggung oleh perusahaan sebesar 3,7% dari total iuran sampai usia pensiun yaituu 55 tahun.
    2. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) -> JKK adalah jaminan yang diberikan kepada tenaga kerja yang mengalami kecelakaan mulai dari berangkat kerja sampai kembali ke rumah atau pegawai mengalami penyakit akibat pekerjaannya.
    3. Jaminan Kematian (JK) -> JK adalah uang sejumlah 21 juta yang akan didapatkan oleh ahli waris atau keluarga dari pegawai yang meninggal di luar pekerjaan.
    4. Jaminan Pensiun (JP) -> Program JP bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup keluarga sang pegawai
    5. Jasa Kontruksi -> Bertujuan untuk memberikan layanan konsultasi perencaan dalam kerja konstruksi
    6. Bukan Penerima Upah (BPU) -> masyarakat yang bekerja secara mandiri contohnya seperti pedagang kaki lima, dokter, atau artis.

    Syarat Pendaftaran BPJS Yang Harus Dipersiapkan

    Ketenagakerjaan terbagi menjadi dua jenis yaitu Tenaga Kerja dalam Hubungan Kerja (PNS, TNI/POLRI,BUMN, BUMD, Swasta, Yayasan dan Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, Veteran) dam Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja (Pekerja informal dan Mandiri minimal 10 orang mendaftar). Berikut yang harus kamu persiapkan

    Syarat Peserta Tenaga Kerja dalam Hubungan Kerja :

    1. Siapkan fotokopi dan surat asli SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
    2. Print out asli NPWP dan fotokopi
    3. Print out asli Akta Perdagangan Perusahaan beserta fotokopinya
    4. Fotokopi KTP setiap karyawan
    5. Fotokopi Kartu Keluarga pegawai
    6. Pas foto pekerja yang berwarna dengan ukuran 2×3 satu lembar

    Syarat Peserta BPJS Tenaga Kerja Luar Hubungan kerja :

    1. Surat izin usaha RT/RW/Kelurahan Setempat
    2. Fotokopi KTP Pegawai yang ingin mendaftar
    3. Fotokopi Kartu Keluarga
    4. Pas foto berwarna setiap pegawai dengan ukuran 2×3

    Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Via Online

    daftar bpjs ketenagakerjaan
    Daftar BPJSTK via cermati

    Sama sekali gak ribet untuk mendaftar ke BPJS kok guys kamu cukup membutuhkan koneksi internet saja. Berikut Sepulsa jelaskani langkah-langkah pendaftaran BPJS secara online:

    1. Buka browser di gadget anda lalu masuk ke situs BPJS Ketenagakerjaan
    2. Lalu kamu bisa lihat di home BPJS sebelah kanan bawah ada banner dengan bacaan “Mau jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan”
    3. Setelah itu, klik Daftar
    4. Nanti akan ada kolom pengisian email, isilah dengan email perusahaan atau email wakil kelompok pekerjaan kamu
    5. Tunggu email notifikasi dari BPJS
    6. Setelah itu, kamu tinggal membawa persyaratannya ke kantor BPJS yang ada di kota kamu.

    Gampang kan guys mau daftar BPJS? Yuk bersama-sama kita manfaatkan fasilitas negara demi keselamatan diri kita dan keluarga! Oh iya, kamu bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui 5 cara praktis.

    Baca juga : Cara Melakukan Claim BPJS


    Bayar BPJS? Lewat Sepulsa Aja!

    Daftar BPJS aja udah lewat online, masa kamu bayarnya masih pakai cara lama? Pakai Sepulsa untuk memudahkan hidup dan meringankan penat kamu. Lho gimana tuh caranya ? Gampang dong! Download aplikasi Sepulsa di Google Play Store atau di App Store kamu lalu ikuti cara-cara bayar BPJS berikut:

    1. Install dulu ya aplikasi Sepulsa di handphone kamu atau bisa melalui website Sepulsa
    2. Kemudian pilih menu “Bayar BPJS” lalu masukkan nomor BPJS dan nomor handphone kamu
    3. Free! Pilih dong 3 voucher yang kamu suka dari merchant Online dan Offline Store
    4. Masuk ke Menu Pembayaran, terdapat beragam jenis pembayaran yang bisa kamu gunakan yaitu Virtual Account, Credit Card, Kredivo, dan Transfer ATM
    5. Pilih tipe pembayaran yang kamu mau
    6. Simpan bukti pembayaran kamu
    7. Untuk pembayaran via Transfer ATM HARUS melakukan konfirmasi setelah melakukan pembayaran
    8. Untuk pembayaran via kartu kredit, virtual account, dan Kredivo kamu tidak perlu melakukan konfirmasi karena pembayaran akan langsung terdeteksi.
    9. Pilih “Menu” lalu masuk ke “Voucher Saya” untuk melihat voucher yang sudah kamu pilih

    Metode Pembayaran Sepulsa

    • Ikuti instruksi pembayaran via Mandiri dan BCA Virtual Account. Virtual Account ini bisa kamu pergunakan untuk nasabah Mandiri dan BCA dan jangan lupa simpan bukti transaksi
    • Gunakan BCA Bank Transfer apabila kamu tidak memiliki kartu kredit atau virtual account dan jangan lupa simpan bukti transaksi untuk melakukan konfirmasi
    • Dapatkan promo menarik untuk pengguna kartu kredit ANZ dan Bank Permata
    • Pengguna kartu kredit TIDAK perlu melakukan konfirmasi pembayaran
    • Beli Sekarang, Bayar Nanti Pakai Kredivo! Yap, pengguna Android Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, dan Denpasar bisa membeli via Kredivo dan bayar dalam 30 hari tanpa bunga lho atau kamu bisa melakukan cicilan 3 selama 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Ikuti cara-cara pendaftaran Kredivo di halaman pembayaran

    Lho apa bedanya sama bayar BPJS di ATM? Tentu beda dong kan di Sepulsa kamu bakal mendapatkan banyak voucher menarik! Vouchernya pun sangat menarik dan bisa Anda tukarkan dengan makanan dan minuman enak di restoran ternama di Indonesia, selain itu kamu juga bisa mendapatkan voucher belanja di merchant-merchant online dan offline.

    Bayar BPJS Kesehatan

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah