Follow Us

  • Share

    Tantang Diri Anda dengan Berpetualang, Inilah Tips Menjadi Backpacker untuk Pemula!

    Sepulsa Mate, selagi Anda masih muda dan semangat Anda masih membara untuk menjelajahi sebuah tempat yang asing, gunakanlah momentum ini untuk berpetualang dengan backpacking. Mengapa backpacking cocok bagi Anda yang menyukai tantangan? Bermodalkan tas ransel dan segala terbatas, Anda akan berusaha menemukan cara terbaik untuk bisa liburan di destinasi impian Anda.

    Backpacking juga membawa manfaat bagi perkembangan diri Anda, salah satunya menjadi lebih mandiri. Mulai dari proses persiapan, saat liburan, hingga akhir liburan, hanya dirimulah yang bisa mengatur dan menentukan langkah-langkah yang akan Anda ambil. Anda akan sadar seberapa mampu diri Anda mengurus dirimu sendiri sehingga Anda tidak lagi terlalu bergantung pada orang lain.

    Tahukah Anda backpacking juga bisa membantu diri Anda untuk lebih percaya diri? Saat Anda berpetualang ala backpacker, situasi akan membuat Anda untuk berani mengambil keputusan dan bisa menerima konsekuensinya. Juga, ketegasan Anda akan diuji. Hal ini dikarenakan jika Anda terbiasa dengan menjadi plin-plan saat mengambil keputusan, Anda akan mengalami kesusahan dalam menikmati liburan Anda saat itu. Nah, bagi Anda yang suka ragu dengan diri sendiri, Backpacking bisa nih membantu Anda untuk menjadi lebih percaya diri.

    Menjadi backpacker merupakan sebuah panggilan jiwa. Agar Anda tidak mengalami kesusahan ataupun kerepotan saat berwisata ala backpacker di masa depan, Sepulsa akan berbagi tips menjadi backpacker bagi pemula yang sebaiknya Anda harus tahu sebelum melakukan petualangan baru.

    Tips Menjadi Backpacker untuk Pemula

    Atur Rencana Perjalanan

    Tentukan tujuan perjalanan Anda, tempat wisata mana saja yang akan Amda kunjungi, tempat menginap, transportasi yang digunakan. Aturlah sesuai senyamannya Anda (jika bepergian sendirian) atau kesepakatan teman Anda (jika Anda bepergian dengan teman-teman).

    tips menjadi backpacker
    Contoh Itinerary 3 hari ke Cebu City via PH Travel Express

    Jika Anda berencana bepergian bersama teman-teman Anda, Anda harus waspada akan drama yang akan muncul saat kalian backpacking bersama. Untuk mengatasi sebelum hal tersebut terjadi adalah Anda dan teman-teman Anda harus sepakat dalam rencana perjalanan yang akan kalian lakukan supaya tidak ada perselisihan pada saat hari H.

    Jangan packing terlalu banyak barang

    Cara handal untuk mengetahui apa saja yang sebaiknya Anda bawa adalah menuliskan barang apa saja yang akan Anda bawa. Selanjutnya, Anda kurangi 50% dari total.

    tips menjadi backpacker

    Yang paling penting dari bawaan Anda dalam tas adalah pakaian dalam, obat-obatan, 2 stel pakaian sehari-hari. Jika Anda ingin membawa pakaian lebih banyak, sebaiknya Anda beli saat Anda berpetualang sehingga Anda tidak membawa tas yang berat. Simpanlah sepatu dan sendal pada bagian paling bawah tas.

    Jika Anda berencana untuk backpacking lebih dari 7 hari, bawalah pakaian yang bisa Anda gunakan untuk 7 hari. Saat Anda backpacking Anda bisa  baju dan menggunakannya kembali.

    Setelah packing, selalu pastikan berat tas tidak terlalu berat untuk tubuh Anda. Jika terlalu berat, Anda harus mengurangi beban dalam tas.

    Pandai-pandai menentukan teman yang cocok untuk backpacking bersama Anda

    tips menjadi backpacker

    Travelling dalam grup baik itu bersama teman Anda atau keluarga Anda bisa membawa kesenangan dan juga membawa drama yang berdampak pada pengalaman travelling Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda menentukan teman ataupun keluarga yang mempunyai sifat atau kepribadian yang hampir mirip dengan Anda, budget yang sama, dan tujuan wisata yang sama. Walaupun setiap orang mempunyai pribadi yang berbeda, tetapi pasti ada benang merah yang merupakan kesamaan diantara Anda dan teman Anda.

    Hanya karena Anda akan backpacking, jangan membeli atau membawa banyak gadget.

    Lihat kembali rencana perjalanan Anda, dan pikirkan gadget apa saja yang Anda butuhkan.

    tips menjadi backpacker

    Demi kenyamanan dan keamanan Anda bertransaksi, bawalah gadget yang Anda butuhkan yang pasti akan Anda gunakan saat travelling.

    Gunakan Ear Plug agar perjalanan Anda dan tidur Anda nyaman

    Bepergian dengan pesawat ataupun bus yang penuh penumpang ataupun tidur di kamar berbagi dengan backpacker lainnya di hostel, gunakan earplug untuk memudahkan Anda fokus pada aktivitas Anda.

    tips menjadi backpacker
    ear plugs via Amazon

    Suara yang mengganggu Anda untuk tidur sering menjadi kendala untuk tidur sejenak sehingga membuat suasana hati (mood) jelek dan sulit fokus untuk memulai kegiatan selanjutnya.

    Simpanlah satu pasang ear plug di tas ranselmu dan satu pasang lagi pada tas utama Anda.

    Stay hydrated. Bawalah Botol Minum kemana Anda pergi

    Kurang meminum air putih bisa menimbulkan kendala saat Anda travelling.

    tips menjadi backpacker

    Bawalah botol minum yang mudah dibawa kemana-mana. Jika Anda tidak punya banyak ruang dalam tas Anda, sebaiknya Anda membawa tempat minum yang bisa dilipat.

    Mengatur Keuangan

    Saat Anda mengatur budget travelling, pastikan Anda menyediakan anggaran untuk dana tidak terduga setidaknya cukup untuk menginap 1 hari.

    tips menjadi backpacker
    Travel wallet via Samsonite

    Simpanlah uang Anda pada tempat-tempat terpisah; di tas ransel, tas utama, dan hidden money belt. Hidden money belt berguna sekali untuk menyimpan dokumen penting seperti passport, identitas, dan uang.

    Bawalah uang cash yang cukup. Jika Anda mengunjungi kota-kota kecil, sebagian besar mereka hanya menerima uang cash.

    Tapi ingat, jangan terlalu banyak membawa uang cash. Anda bisa mengambil uang cash di ATM yang memiliki logo yang sama pada kartu ATM Anda.

    Simpan Dokumen Penting di berbagai tempat

    Dokumen penting saat travelling berupa kartu identitas, passport, fotokopi halaman visa, tiket transportasi (pesawat, bus, dan transportasi lainnya), dan voucher hotel.

    tips menjadi backpacker

    Simpan fotokopi dokumen diatas pada tas ranselmu dan tas utama.

    Anda juga perlu menyimpan file scan dari seluruh dokumen diatas dan menyimpannya di flashdisk, cloud storage (seperti dropbox dan google drive), dan wadah penyimpanan file digital lainnya.

    Akan lebih baik, jika Anda email seluruh dokumen ini kepada keluarga Anda. Jadi, sewaktu-waktu Anda kehilangan dokumen tersebut pada diri Anda, Anda masih bisa meminta tolong dari keluarga Anda untuk mengirimkannya kepada Anda.

    Calling Options

    Pastikan sebelum travelling Anda sudah menyiapkan segala keperluan telekomunikasi, baik itu pulsa, paket data, dan paket roaming (jika Anda travelling ke luar negeri). Jika Anda bepergian dengan persiapan telekomunikasi yang lengkap, Anda akan tenang diperjalanan menuju destinasi wisata Anda.

    Sepulsa

    Sekarang sudah ada solusi mudah untuk mengisi pulsa, paket data, dan paket roaming, yaitu secara online. Website dan aplikasi Sepulsa menyediakan ketiga hal diatas untuk Anda. Hanya dengan beberapa klik, Anda bisa mengisi pulsa, paket data dan mengaktifkan paket roaming.

    Semakin cepat dan praktis lagi, jika Anda menggunakan Sepulsa Kredit, Anda akan melewati beberapa langkah sehingga waktu yang Anda habiskan 50% lebih singkat daripada metode pembayaran lainnya. Mau tahu semudah apa menggunakan Sepulsa Kredit? Cek link disini.

    Peta Offline

    Salah satu persiapan yang harus Anda perhatikan. Jika Anda tidak menemukan peta turis, Anda bisa menggunakan aplikasi peta seperti Google Map untuk menyimpan peta kota yang Anda tuju. Jadi, Anda bisa membuka peta tersebut saat Anda tidak tersambung dengan internet.

    offline maps

    Jika perlu, Anda download peta tersebut dan simpan di memori smartphone Anda atau mencetaknya.

    Walaupun banyak tempat yang ingin Anda tuju, kenali seberapa besar kemampuan Anda untuk mengunjunginya.

    tips menjadi backpacker

    Satu lagi nih tips yang harus Anda ingat. Punya dorongan untuk mengunjungi seluruh tempat wisata yang telah Anda rencanakan itu baik. Tetapi ingat, Anda harus tahu kemampuan stamina dan energi Anda untuk bisa mencapai ke tempat tersebut; Anda harus memperkirakan waktu yang akan Anda relakan saat menggunakan kendaraan umum.

    Daripada Anda habis waktu dijalan, sebaiknya Anda kunjungi ke tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dan nikmati waktu Anda ketika berada disana. Intinya, benar-benar enjoy tanpa khawatir harus bergerak menuju tempat selanjutnya.

    Itulah tips praktis menjadi backpacker pemula. Semoga Anda bisa menikmati petualangan backpacking pertama Anda. Semangat, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah