Follow Us

  • Share

    Tips Mencari Pekerjaan Pertama Sebagai Fresh Graduate

    Memiliki pekerjaan setelah lulus kuliah merupakan tujuan semua mahasiswa yang telah merintis pendidikan selama bertahun-tahun di kampus. Faktanya, tidak semua fresh graduate (mahasiswa yang baru lulus kuliah) mudah mendapatkan pekerjaan, kemungkinan ini tidak terlepas dari banyak pesaing yang juga menginginkan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, perjuangan kamu setelah menjadi wisudawan atau wisudawati belum selesai, malah perjuangan baru dimulai setelah kamu menjadi sarjana.

    Pada saat memilih pekerjaan terkadang seorang fresh graduate juga tidak banyak memilih tempat dan jenis pekerjaan, terkadang gaji atau pendapatan juga bukan ukuran. Perusahaan yang memiliki suasana kantor yang menyenangkan dan nyaman pasti merupakan impian semua pekerja, tetapi sayangnya tidak semua perusahaan memiliki hal tersebut. Padahal dengan lingkungan yang menyenangkan kemungkinan akan membangkitkan semangat kerja dan memunculkan ide baru yang berguna untuk perusahaan itu sendiri.

    Sekarang, apakah sebagai fresh graduate kamu hanya berserah diri saja menunggu panggilan pekerjaan? atau sebenarnya banyak hal yang perlu kalian persiapkan sebelum mencari pekerjaan? Nah pada kali ini Sepulsa akan membagikan beberapa tips praktis mencari pekerjaan untuk kamu fresh graduate yang belum pernah bekerja sebelumnya, berikut beberapa informasi yang perlu kamu ketahui.

    Cara mencari pekerjaan untuk kamu yang baru saja lulus kuliah

    Passion

    Hal pertama yang perlu kamu cari tahu adalah minat pribadi kalian pada bidang yang kamu suka, banyak orang mengatakan bahwa setiap pekerjaan yang mengikuti passion itu lebih baik karena kamu melakukan semuanya dengan bahagia atau sebaliknya jika pekerjaan kamu tidak sesuai minat maka akan merasa terpaksa dan menderita. Walaupun pendapat demikian tidak selalu terbukti benar, mengikuti passion pasti akan membuat pengaruh besar pada setiap kegiatan yang kamu lakukan.

    passion bekerja
    passion bekerja via www.msbresources.com

    Sayangnya banyak fresh graduate sudah menentukan minat pribadi mereka se-dini mungkin, yang bisa jadi mungkin mereka salah menentukan passion mereka. Sebagai mahasiswa yang baru lulus mungkin kalian belum bisa sepenuhnya menentukan apa potensi kamu, sehingga ada baiknya kmu harus sedikit mengeksplorasi banyak hal dalam karir.

    Untuk menemukan passion yang ada dalam diri kamu, kamu perlu mengetahui dan mengenali siapa diri kamu?

    Pertajam skill dan pengetahuan

    Bukan hanya ijazah yang berpengaruh pada proses perekrutan karyawan, skill dan pengetahuan yang kalian miliki adalah faktor paling penting yang dinilai oleh bagian yang akan interview kalian. Skill merupakan amunisi untuk bersaing dengan fresh graduate lain, semakin banyak bidang yang kalian kuasai, makin mahir kalian dengan bidang yang biasa kalian geluti maka makin baik penilaian yang akan diberikan.

    pelajari banyak bahasa
    pelajari banyak bahasa via www.fluentin3months.com

    Jadi tidak ada salahnya seraya menunggu panggilan pekerjaan kalian juga mempertajam skill dan kemampuan, misalnya saja kamu dapat mengisi waktu dengan mengikuti kursus bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang atau Mandarin, atau mengikuti bootcamp Digital Marketing, Product Management atau bahkan Data Science. Ini mungkin adalah pilihan yang tepat untuk mempertajam skill kamu.

    Perbanyak jaringan pertemanan

    Semakin banyak informasi tentang lowongan pekerjaan pastinya ini akan mempermudah kalian menemukan pekerjan yang tepat, oleh karena itu perluas jaringan pertemanan kamu atau hubungi kembali kerabat yang sudah lama tidak berjumpa. Selain ini akan berguna saat kalian belum bekerja, jaringan yang kamu bangun sejak dini akan sangat bermanfaat nantinya.

    Perluas pertemanan kalian
    Perluas pertemanan kalian via www.meetup.com

    Bertukar pikiran tentang banyak hal dengan banyak orang pasti akan menjadi masukan yang berharga, Kerabat yang berpengalaman akan membantu kalian menyelesaikan masalah yang mungkin tidak bisa kamu atasi sendiri. Selain itu, pepatah mengatakan bahwa kompetensi dan jaringan adalah dua hal yang dapat membuat kamu sukses di dunia ini, khususnya dalam berkarir.

    Pilih perusahaan yang tepat

    Impian semua orang berada di perusahaan yang menyenangkan dan nyaman seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ini yang harus menjadi challenge kamu sebagai fresh graduate untuk mencari perusahaan yang bukan hanya menjadi tempat mencari nafkah tetapi bisa menjadi rumah kedua, tempat merintis karir, tempat mengembangkan bakat, yang peduli dengan kesejaterahan kamu.

    Pilih perusahaan yang tepat
    Pilih perusahaan yang tepat via dualenrollment.erau.edu

    Perusahaan seperti Google, Amazon, Facebook, dll telah membangun konsep sedemikian sehingga mereka telah menjadi perusahaan yang besar dengan dipenuhi karyawan yang loyal. Sayangnya tercatat di Indonesia hanya sedikit perusahaan yang mengikuti konsep demikian, salah satu perusahaan yang telah mengikuti metode di atas adalah PT. Sepulsa Teknologi Indonesia yang biasanya banyak orang kenal dari website mereka Sepulsa.com.

    Berikan kesan terbaik saat wawancara

    Wawancara antara pihak perusahaan dan calon karyawan adalah prosedur umum perekruitan karyawan, oleh karena itu alangkah lebih baik kamu mempersiapkan semua hal dengan baik. Contohnya cara berpakaian, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar menggunakan pakaian formal maka persiapkanlah pakaian yang layak ketika melakukan wawancara.

    Syarat lain seperti alat tulis dan berkas dokumen tidak kalah penting, tetapi umumnya pihak peusahaan akan memberi tahukan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh calon karyawan.

    berikan kesan baik saat interview
    berikan kesan baik saat interview via www.careerealism.com

    Saat memulai wawancara jawablah semua pertanyaaan dengan benar dan pastikan kamu yakin bahwa jawaban yang kamu berikan itu benar. Jika perusahaan yang kamu lamar adalah perusahaan yang kamu inginkan maka jangan ragu untuk memberi tahukan kepada mereka bahwa kamu sangat menginginkan kerja di tempat tersebut dan akan memberikan semua kemampuan terbaik untuk perusahaan tersebut.

    Nah… di atas merupakan tips untuk kamu fresh graduate mendapatkan pekerjaan pertama. Silahkan mencobanya dan bersiap mendapatkan pekerjaan pertama impian kamu!

    Baca Juga : Merekrut dan Bekerja dengan Milenials dan Gen Z

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah