Follow Us

  • Share

    Tips Bisnis Rumahan Supaya Cepat Sukses bagi Usaha Pemula

    Tips bisnis rumahan supaya cepat sukses merupakan alternatif solusi dalam melewati kesulitan ekonomi di masa pandemi sekarang ini. Banyaknya pengurangan karyawan dan pemberlakukan aturan baru dari pemerintah membuat penghasilan kebanyakan orang menjadi berkurang atau bahkan kehilangan pekerjaan. Karena itu, banyak orang memikirkan bagaimana cara memulai bisnis rumahan untuk pemula atau tips memulai usaha dengan modal kecil.

    Memulai bisnis rumahan dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah maupun di sekitar rumah seperti pekarangan, dapur, atau juga garasi. Tentu ini merupakan salah satu kelebihan dari jenis usaha ini sehingga mengurangi budget modal yang dibutuhkan. Nah, apa saja tips bisnis rumahan supaya cepat sukses? Simak daftarnya berikut ini!

    1. Menyusun Rencana Bisnis yang Matang

    Membuat rencana bisnis yang jelas dan matang adalah langkah awal dalam tips bisnis rumahan supaya cepat sukses. Perencanaan usaha tidak sekedar menyusun target keuntungan yang akan didapatkan. Tetapi juga mempertimbangkan prospek bisnis yang akan kamu jalankan, apakah usaha tersebut dapat menjadi solusi kebutuhan para pelanggan nantinya.

    Ketika menyusun rencana bisnis, kamu perlu menuliskan secara detail mengenai latar belakang dari bisnis tersebut, target pasar yang ingin dicapai, bagaimana standar proses produksi yang akan dijalankan, serta dari mana kamu akan mendapatkan barang maupun jasa untuk mendukung kegiatan bisnis tersebut. Selain itu, mengumpulkan informasi yang akurat mengenai usaha lain yang menjadi kompetitor usahamu juga tidak kalah penting. Dengan rencana bisnis yang matang, kamu bisa menentukan langkah yang tepat dalam menjalankan visi dan misi dari usahamu sehingga membuat usaha lebih bertahan lama.

    2. Menentukan Jenis Usaha Rumahan yang Sesuai dengan Minat dan Kemampuan

    Memilih bisnis yang hanya berfokus pada keuntungan saja seringkali hanya akan berjalan untuk waktu yang singkat.  Sedangkan, mengembangkan usaha rumahan yang memang didasarkan oleh minat dan kemampuan akan lebih mudah dijalankan sehingga prospek untuk menjadi sukses dan bertahan lama juga semakin besar.

    Salah satu tips bisnis rumahan supaya cepat sukses ini juga memungkinkan kamu menjadi lebih konsisten dan tekun meski menghadapi hambatan selama proses awal memulai bisnis.

    3. Buatlah Target, Visi, dan Misi yang Jelas dan Rasional

    Tips bisnis rumahan supaya cepat sukses ini sangat penting khususnya bagi kamu yang tergolong sebagai pemula bisnis. Adanya visi dan misi yang jelas sangat berpengaruh dalam menentukan tindakan yang harus dilakukan untuk menjalankan usaha.

    Dengan adanya proyeksi bisnis dan target, kamu bisa membuat perhitungan modal yang dibutuhkan dan kemana saja modal tersebut akan digunakan. Misalnya, kamu perlu menentukan apakah kamu akan menjalankan bisnis dengan metode dropship atau dengan menyediakan stok barang melalui pembelian secara grosiran.

    4. Memilih Jenis Usaha dan Produk yang Unik untuk Dikembangkan

    Memulai usaha yang unik tentunya bisa menarik perhatian para pelanggan dengan cepat. Selain itu, produk yang unik dibandingkan dengan produk usaha lainnya bisa menjadi salah satu keunggulan yang membuat para pelanggan memilih untuk membelinya karena tidak bisa didapatkan di tempat lainnya.

    Dalam hal ini, dibutuhkan evaluasi secara rutin karena tentunya para kompetitor juga pasti akan berusaha untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan kualitas maupun bentuk produk mereka demi menarik minat pelanggan. 

    5. Membuat Perhitungan Modal yang Dibutuhkan Dan Bagaimana Memperolehnya

    Jika usaha yang akan kamu jalankan membutuhkan modal tertentu yang wajib tersedia, maka kamu harus memastikan jumlah spesifik modal yang diperlukan dan dari mana sumber modal tersebut bisa diperoleh. Meminimalisir modal yang dikeluarkan mengingat usahamu masih baru dimulai, misalnya dengan memanfaatkan barang-barang yang memang sudah ada di rumah atau membeli peralatan bekas ketimbang membeli yang baru.

    Kemudian, jika tidak memiliki tabungan yang cukup, upayakan untuk mendapat modal pinjaman tanpa bunga misalnya melalui keluarga atau teman. Atau jika tidak, maka pilihlah pinjaman dengan bunga rendah untuk meminimalisir resiko kesulitan membayar ketika sedang mengalami hambatan dalam memulai usaha.

    6. Pelajari Caranya Menyusun dan Mengelola Administrasi

    Meski usahamu merupakan usaha yang tergolong kecil-kecilan, membuat catatan administrasi yang baik adalah tips bisnis rumahan supaya cepat sukses. Ingatlah, sebuah bisnis besar dimulai dari bisnis kecil yang dikelola dengan rapi.

    Melalui teknik administrasi yang baik, kamu bisa lebih mudah mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran barang  setiap harinya, perputaran keuangan, dan tentunya lebih mudah mengetahui keuntungan maupun kerugian yang ada.

    7. Pahami Cara Mengelola Uang dengan Baik

    Tips bisnis rumahan supaya cepat sukses berikutnya adalah memastikan keseimbangan pemasukan dan pengeluaran uang . Semakin lancer usaha yang kamu jalankan, tentu perputaran uang juga semakin meningkat. Oleh sebab itu, kamu harus rutin memeriksa catatan keuangan setiap harinya agar terhindar dari kesalahan pencatatan atau bahkan penggelapan dana.

    Mengelola uang dengan baik juga dilakukan dengan memisahkan antara dana usaha dengan dana pribadi. Mencampurkan keuangan pribadi dan bisnis akan membuat kamu kesulitan mengetahui apakah usahamu berkembang atau justru merugi.

    Karena itu, buatlah penyimpanan uang yang berbeda antara uang pribadi dan dana usaha, dan jangan menggunakan dana usaha rumahan untuk kepentingan pribadi. Bahkan, untuk kebutuhan yang bersifat urgent, penggunaan dana usaha harus selalu dicatat dengan lengkap dan akurat meskipun untuk kebutuhan pribadi.

    8. Merencanakan Strategi Pemasaran yang Tepat

    Tips bisnis rumahan supaya cepat sukses pastilah tidak terlepas dari bagaimana memilih strategi promosi dengan tepat. Seringkali, produk dengan kualitas standar memiliki tingkat penjualan yang tinggi karena teknik promosi yang maksimal. 

    Terlebih lagi dengan teknologi canggih melalui beragam sosial media, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mudah. Misalnya melalui facebook, instagram, e-mail, website, juga melalui aplikasi canggih terbaru lainnya yang tersedia. Juga, jangan malu untuk mempromosikan produk usahamu mulai dari orang-orang terdekat di sekitarmu yang paling mungkin untuk dijangkau. Yang pasti, pertimbangkan dengan cermat strategi promosi yang sesuai dengan target pasar usaha kamu!

    9. Mengatur Waktu dan Tenaga Untuk Menjalankan Usaha Rumahan

    Jika kamu memulai usaha sembari menjalankan pekerjaan lain, maka kamu perlu memikirkan bagaimana membagi waktu secara efektif untuk kedua bidang pekerjaan tersebut agar tidak ada yang terbengkalai.

    Semakin sedikit waktu dan tenaga yang kamu gunakan untuk bisnis di rumah, tentu perkembangannya juga akan semakin lambat. Jika memungkinkan, kamu bisa mempertimbangkan untuk meminta bantuan orang lain yang bisa diajak kerja sama atau bisa juga dengan merekrut karyawan.

    10. Sesuaikan Bisnis Rumahan dengan Tren Terbaru

    Sebagai pemula bisnis, mengikuti tren terkini bisa menjadi tips bisnis rumahan supaya cepat sukses. Misalnya dengan meluaskan penjualan secara online melalui aplikasi yang sedang ramai digunakan. Atau, menambah fasilitas pembayaran menggunakan aplikasi maupun dompet digital.

    10 tips bisnis rumahan supaya cepat sukses yang sudah kita bahas wajib kamu terapkan ketika memulai usaha. Jangan lupa untuk menyiapkan mental yang kuat dalam menghadapi berbagai tantangan sebagai pemula bisnis dan juga dukungan dari keluarga. Pelajari saran dan pengalaman dari pengusaha yang terbukti berhasil memulai bisnis hingga sukses. Lakukan yang terbaik dan jangan ragu memulainya dari sekarang!

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah