Follow Us

  • Share

    Perlu Refreshing? 6 Kota Tempat Wisata di Vietnam ini Memanggil Jiwa Petualangmu!

    Vietnam, negara ASEAN yang menghadap langsung ke Laut Cina Selatan, mempunyai keindahan dan eksotisme Asia yang tidak kamu temukan di negara lainnya. Mulai dari keindahan alam yang kamu lihat di Halong Bay, sisi kota tua Hoi An yang romantis hingga kuliner yang tak kalah menggoyang lidahmu–bayangkan kamu bisa menemukan semangkuk sup daging Pho murah dan enak di seluruh kota di Vietnam. Slurrrp!

    Pencinta sejarahpun juga tidak boleh melewatkan Vietnam dari wishlist tempat wisata. Jauh sebelum kedatangan Perancis, Vietnam mendapatkan pengaruh dari Tiongkok yang kuat terlihat dari aksara zaman dahulu, bentuk pakaian tradisional (seperti Ao Dai), hingga arsitektur bangunan seperti pagoda dan lainnya.  Salah satu kota tua di Vietnam yang mendapatkan gelar UNESCO World heritage dan sebaiknya kamu kunjungi adalah Hoi An.

    Selanjutnya, perang dingin pun terjadi dan kamu dapat melihat peninggalan sejarah pada museum yang ada di Hanoi. Jika kamu tidak takut akan ruang yang sempit, kamu mungkin ingin mengunjungi Cu Chi Tunnels di Ho Chi Minh City, sebuah terowongan sempit yang menjadi tempat bersembunyi tentara vietnam selatan.

    Mengunjungi Vietnam cukup budget friendly. Opsi travelling murah meriah di Asia selain Thailand adalah Vietnam, bahkan biaya hidup di Vietnam cenderung lebih murah dibandingkan di Thailand.

    Oh ya sebelum ke Vietnam, Siapkan dulu ya paket roaming kamu agar pengalaman berwisatamu semakin nyaman. Di Sepulsa sudah ada paket roaming online, lho! Kamu bisa membelinya melalui website ataupun aplikasi Sepulsa. Mau tahu secepat dan semudah apa menggunakan Sepulsa? Download aplikasinya di Google Play atau Appstore.

     

    6 Kota Tempat Wisata di Vietnam yang Harus Kamu Kunjungi

     

    Sepulsa akan berbagi cerita mengenai berbagai tempat wisata di Vietnam yang sangat recommended untuk kamu yang haus akan petualangan. Tempat-tempat wisata tersebut terletak di Ho Chi Minh City (Saigon), Hanoi, Halong Bay, Hoi An, Da Lat, Hue City,

     

    Ho Chi Minh City

    Sebelum perang dingin, kota ini terletak di Vietnam Selatan ini dikenal sebagai Saigon. Namun setelah perang dimenangkan oleh Vietnam, kota di Vietnam bagian selatan ini diberi nama Ho Chi Minh City. Ho Chi Minh merupakan presiden Vietnam.

     

    Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Ho Chi Minh City:

    • War Remnants Museum.
      • Museum peninggalan sejarah peperangan yang terjadi di Vietnam. Kamu bisa melihat senjata perang apa saja yang digunakan saat itu, serta kendaraan perang seperti pesawat udara, tank, hingga diorama tahanan perang.
      • War Remnants Museum terletak di 28 Võ Văn Tần, Phường 6, Quận 3, Hồ Chí Minh, Vietnam.
    tempat wisata di Vietnam
    War Remnants Museum via Deluxe Group Tours

     

    • Cu Chi Tunnels
      • Terowongan sempit yang menjadi tempat persembunyian tentara saat berperang. Jika kamu tidak takut akan ruang yang sempit, kamu bisa mencoba masuk ke dalam Terowongan Cu Chi dan mencoba keluar ke permukaan tanah.
    tempat wisata di Vietnam
    Cu Chi Tunnels via Les Rives Experience

     

    • Seruput kopi lokal (Kopi Vietnam) di Tuli Coffee.
      • Kafe beken ini dahulu bernama Cucuta Coffee dan sampai saat ini terkenal dengan sajian kopi vietnamnya. Selain bersantai menikmati kota Ho Chi Minh, kamu bisa bermain dengan kucing peliharaan di cafe ini.
      • Tuli Coffee terletak di 193/D3, Nam Kỳ Khởi Nghĩa, Phường 7, Quận 3, Hồ Chí Minh, Vietnam.
    tempat wisata di Vietnam
    Tuli Coffee (Cucuta Coffee) di Ho Chi Minh City via Thanhnien

     

    • Nikmati bir Vietnam ala warga lokal, di Bia Sai Gon 73.
      • Bagaimana cara warga lokal menikmati bir di petang hari? Duduk di kursi plastik biru atau merah sambil ngobrol bareng teman-teman. Harga bir lokal, seperti Bia Hoi , cukup murah, sebotol bisa dibeli dengan harga 10000 VND atau sekitar Rp 6000 saja. Kandungan alkoholnya pun cukup rendah sekitar 3% dan biasanya disajikan dingin. Cocok sekali dikonsumsi di udara tropis.
      • Bia Sai Gon 73 terletak di Jalan Bui Vien, Ho Chi Minh, Vietnam.

     

    Hanoi

    Ibu Kota Vietnam, dimana kamu akan menemukan berbagai gedung pemerintahan disini. Berbeda dengan suasana Ho Chi Minh yang hidup dan meriah, Hanoi terlihat lebih tenang.

    Selagi berada di Hanoi, tempat wisata yang menarik dikunjungi:

    • Old Quarter (kawasan kota tua di Hanoi) terletak di bagian utara Danau Hoan Kiem.
      • Thang Long Water Puppet Theatre, sebuah pertunjukan seni Vietnam berupa boneka yang dimainkan diatas air.
      • Maison Centrale Hanoi (Penjara Hoa Lo), sebuah penjara yang dibangun pada zaman penjajahan Perancis yang berfungsi hingga saat perang dingin. Pada waktu itu, penjara ini tempat menampung tentara Amerika Serikat yang tertangkap. Terdapat diorama yang menggambarkan ilustrasi suasana penjara pada zaman dahulu.
    tempat wisata di vietnam
    Old Quarter di Hanoi via Vietnam Hotels and Travel Guide

     

    • Cicipi Egg Coffee di Cafe Giang.
      • Egg coffee berbentuk seperti tiramisu dalam bentuk cair. Foam coffee yang terbuat dari kuning telur dan gula membuat rasa kopi semakin creamy. Pemilik Cafe Giang merupakan orang pertama yang menemukan minuman ini.
      • Cafe Giang terletak di 39 Nguyễn Hữu Huân, Lý Thái Tổ, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam.
    tempat wisata di vietnam
    Egg Coffee Giang Cafe di Hanoi via Giang Cafe Hanoi

     

    • Hanoi Food Tour di Hanoi Street Food Tour yang terletak di Old Quarter.
      • Tur makanan keliling Old Quarter Hanoi dengan sepeda, sepeda motor, becak atau berjalan kaki. Kamu akan mencicipi berbagai makanan mulai dari Pho, lumpia vietnam hingga makanan penutup.
    tempat wisata di Vietnam
    Street Food di Old Quarter via Phoenix Palace Hotel

     

    Halong Bay

    tempat wisata di Vietnam
    Halong Bay via Halong Bay Holiday

    Tempat wisata ini bisa dicapai 4 jam berkendara dari Hanoi. Halong Bay yang menawarkan pemandangan laut yang dikelilingi oleh tebing tinggi serta pulau-pulau kecil yang berbentuk batu-batuan besar. Kamu bisa menyewa perahu ataupun kapal pesiar mengelilingi sekitar daerah Ha Long.

    • Jika ada waktu lebihm kunjungi Goa Hang Sung Sot. Letaknya tidak jauh dari Halong Bay.Goa Hang Sung Sot terletak di pulau Bo Hon. Goa yang ditemukan oleh Perancis pada tahun 1901 ini terkenal dengan interiornya yang berwarna cerah.
    tempat wisata di Vietnam
    Gua Hang Sung Sot

     

    Hue

    Sebuah kota tua yang sarat dengan peninggalan sejarah yang terletak di bagian Tengah Vietnam dan di kota ini terdapat Kota Imperial yang mendapatkan gelar peninggalan sejarah dari UNESCO.

    • Kunjungi Tomb of Nguyen Emperor, Khai Dinh. Raja Khai Dinh merupakan raja ke-12 dalam Kekaisaran Nguyen.
      • Sebuah bangunan eksterior tradisional Vietnam mengejutkan pengunjung dengan interiornya yang menggunakan berbagai gaya arsitektur. Interiornya didesain megah. Karena pada saat itu Raja Khai Dinh bekerja sama dengan Perancis, interior gedung pemakaman ini mendapatkan pengaruh gaya bangunan Eropa.
      • Pemakaman Kaisar Nguyen, Khai Dinh terletak di pegunungan Chau Chu, dekat kota Hue.
    tempat wisata di Vietnam
    Tomb of Nguyen Emperor Khai Dinh via Our Global Trek

     

    Hoi An

    tempat wisata di vietnam
    Hoi An

    Hoi An, sebuah kota di Vietnam Tengah menyandang gelar kota peninggalan sejarah dan budaya Vietnam yang menawarkan ketenangan dan suasana kota yang romantis. Kamu bisa mencapai Hoi An dengan berkendara 30 menit dari Da Nang.

    • Saat tiba di Hoi An, kunjungilah kota tuanya. Kamu akan menemukan berbagai bangunan yang masih mempertahankan keaslian bentuknya. Bentuknya tipikal bangunan tradisional asia. Saat malam hari, kota Hoi An diterangi oleh lampion-lampion yang dilepaskan ke angkasa.
    • Kegiatan yang bisa kamu lakukan di Hoi An adalah melepaskan lampion, bersepeda mengelilingi kota tua, melihat sebuah jembatan bersejarah yang berarsitektur Jepang, dan jika kamu ingin membawa sebuah tanda kenangan… bisa banget kamu menjahit baju Ao Dai di penjahit lokal.
    • Pencinta kuliner? Ikuti workshop memasak masakan vietnam di Pulau Tuanh Tinh. Semua bahan masak yang segar sudah disediakan sehingga kamu tidak perlu menyiapkan.
    tempat wisata di Vietnam
    Cooking Tour di Pulau Thuan Tinh, Hoi An via Just Gola

     

    • Kunjungi Kompleks Pura Hindu My Son. Situs My Son merupakan peninggalan sejarah kerajaan Champa.
    tempat wisata di Vietnam
    My Son via Crossing Travel

    Da Lat

    Mungkin kamu mengenal kota ini dari buku sejarah saat sekolah, tahukah kota ini mempunyai tempat wisata ikonik yang banyak mengingatkan wisatawan terhadapnya? Dalat terkenal dengan tempat wisata Crazy House.

    • Crazy House merupakan sebuah guest house atau tempat penginapan dengan arsitektur yang tidak biasa. Interior dan eksteriornya berupa seperti bangunan imajinasi. Menginap disini pasti memberikan suatu sensasi yang berbeda.
    • Crazy House terletak di 03 Huynh Thuc Khang St, Ward 4, Da Lat, Vietnam.
    tempat wisata di Vietnam
    Crazy House di Da Lat via Urban Capture

     

    Siapkah kamu untuk berpetualang di Vietnam?

    Selamat berwisata, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah