Follow Us

  • Share

    10 Tempat Wisata di Semarang yang Instagrammable!

    Biasanya melalui makanan, And baru mengenal asal kotanya. Saat Anda mengigit lumpia semarang yang terkenal dengan cita rasa khas dan kerenyahannya, makanan ini membawa Anda ke kota Semarang. Turis yang mengunjungi Semarang, tidak akan kecewa dengan wisata kulinernya yang bakal membawa lidah Anda berpetualang diantara berbagai makanan.

    Tapi Semarang bukan hanya terkenal dengan kulinernya saja, tapi juga kental dengan sejarah. Anda akan kagum ketika Anda tahu bahwa Semarang dahulunya sebuah kota yang menjadi bagian dari sejarah dunia. Cheng Ho, seorang penjelajah dunia yang berasal dari Tiongkok, sempat bersinggah di Semarang. Ada sebuah patung yang didedikasikan untuk beliau dan adapun beberapa kelenteng yang mempunyai keterikatan dengannya.

    Semarang juga diramaikan dengan beberapa peninggalan Sejarah dari zaman Belanda. Arsitektur bergaya eropa membuat kota ini indah dengan kenangan yang dimilikinya dan menarik banyak pengunjung yang ingin berlibur ke Semarang.

    Yang lebih seru lagi, Anda bisa pamer foto Anda sedang berada di tempat wisata berharga ini di instagram dan media sosial lainnya. Siapin dulu paket data internet biar ntar pas upload foto nggak ngadat.

    Pssst.. Keseruan jadi dobel ketika Anda beli paket data di Sepulsa! Anda bakal dapat paket data sekaligus 3 voucher belanja.

    Anyways, Inilah 10 Tempat Wisata di Semarang yang bakal keren kalau Anda post di instagram.

    10 Tempat Wisata di Semarang yang Instagrammable!

    1. Simpang Lima

    Tempat Wisata di Semarang

    Sebuah alun-alun kota yang terletak di pertemuan 5 jalan di Semarang, bernama Simpang Lima, merupakan jantung dari keramaian masyarakat lokal. Anda akan melihat banyak sekali kegiatan di Simpang Lima seperti jalan-jalan dan berolahraga. kalau Anda tertarik untuk mengetahui tentang mereka, Anda bisa nongkrong di tempat ini.

    Berkesempatan mengunjungi Semarang saat malam pergantian tahun? Lihat pertunjukan kembang api di Simpang lima.

    2. Lawang Sewu

    Tempat Wisata di Semarang

    Semarang terkenal dengan banyak peninggalan sejarah. Saat Zaman Belanda, gedung yang sekarang bernama Lawang Sewu ini digunakan sebagai kantor Kereta Api Hindia Belanda. Namun sejumlah dekade kemudian, gedung ini dijadikan sebuah cagar budaya oleh pemerintah lokal.

    Buat Anda yang belum tahu, gedung ini dinamakan lawang sewu (pintu seribu, dalam bahasa Jawa) karena mempunyai banyak pintu.

    Lawang Sewu dimeriahkan dengan lampu-lampu yang semakin mempercantik gedung ini di malam hari.

    3. Sam Poo Kong

    Tempat Wisata di Semarang

    Sam Poo Kong merupakan satu tempat yang mempunyai sejarah yang menarik.  Sam Poo Kong ini terletak dekat dengan sebuah gua atau gedung batu yang dahulu menjadi tempat persinggahan Cheng Ho, eorang penjelajah berasal dari Tiongkok. Didalamnya, terdapat sebuah altar yang didedikasikan untuk Sam Poo Tay Djien. Arsitektur Sam Poo Kong ini merupakan sebuah campuran dari gaya arsitektur Jawa dan Tiongkok.  

    Selain Klenteng Sam Poo Kong, disekitarnya juga terdapat 4 klenteng lainnya yaitu Tho Tee Kong, Kyai Juru Mudi Temple, Kyai Jangkar, dan Kyai Cundrik Bumi.

    Sam Poo Kong terletak di Jl. Simongan no. 129, Semarang.

    4. Klenteng Tay Kak Sie

    Tempat Wisata di Semarang

    Selain Sam Poo Kong, Klenteng Tay Kak Sie juga merupakan bagian dari sejarah Indonesia. Klenteng yang dibangun pada abad ke-18. Pada pintu masuk klenteng terdapat sebuah papan yang merupakan catatan tahun pemerintahan Kaisar Dao Guang Dinasti Qing pada abad ke 19 yang berisikan nama Tay Kak Sie yang berarti Kuil Kesadaran Agung.

    Klenteng Tay Kak Sie terletak di Mlatiharjo, Semarang.

    5. Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagay

    Tempat Wisata di Semarang

    Pagoda Avalokitesvara merupakan sebuah pagoda tertinggi di Indonesia. Terdiri dari tujuh tingkatan yang semakin mengecil diatasnya.

    Tahukah Anda pagoda ini juga dikenal sebagai pagoda Cinta Kasih? Pagoda ini dinamakan sedemikian pula karena saat Anda memasuki pagoda Anda akan disambut oleh patung Dewi Cinta Kasih yaitu Dewi Kwan Im.

    Terdapat patung Buddha Avalokitesvara yang menjadi tempat ritual Tjiam Shi masyarakat Buddha. Ritual Tjiam Shi merupakan sebuah ritual untuk mengetahui nasib manusia. Kalau Anda suka dengan ramalan, Anda bisa meminta dibacakan ramalan nasib Tjiam Shi oleh petugas Pagoda.

    Pagoda Avalokitesvara terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Semarang.

    6. Gereja Blenduk

    Tempat Wista di Semarang

    Satu lagi bangunan peninggalan zaman Belanda, sebuah Gereja Protestan berarsitektur Eropa dengan gaya Baroque  dibangun pada abad ke 18. Keaslian gedung bersejarah ini masih terjaga dengan baik. Didalamnya Anda akan melihat kursi yang terbuat dari rotan, organ pipa dari abad ke 18, dan lantainya masih terjaga dengan warna asli putih, kuning, dan hitam.

    Gereja ini dinamakan Gereja Blenduk karena bentuk atapnya yang seperti bulatan.

    Gereja Blenduk terletak di Jl. Letjen Suprapto no. 32, Semarang.

    7. Pantai Marina

    pantai marinaWisata lokal yang membahagiakan masyarakat lokal; sebuah pantai yang indah dekat dengan kota dan tidak membuat kantong Anda kering. Anda bisa menikmati senja di Pantai ini. Bisa juga dengan membawa keluarga Anda dan bermain pasir di tepi pantai, berkuliner ria hingga berolahraga.

    Pantai Marina terletak 4 km dari Tugu Muda.

    8. Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

    Tempat Wisata di Semarang

    Kunjungi peninggalan sejarah dari perkembangan islam di Jawa Tengah di Museum ini. Terdapat beragam peninggalan dari peralatan makanan, gamelan, ornamen dua sisi hingga buku-buku saksi sejarah. Museum ini terletak di Lantai 2 dan 3 Tower Asma’ul Husna di Kompleks Mesjid Agung Jawa Tengah.

    Anda bisa mengunjungi Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah di Jalan Gajah, Semarang.

    9. Museum Jamu Nyonya Meneer

    Tempat Wisata di Semarang

    Semarang juga terkenal dengan jamunya. Anda bisa melihat perkembangan sejarah pembuatan dan pengolahan Jamu Nyonya Meneer di museum ini.  Ketika Anda memasuki museum ini, Anda akan disambut oleh arsitektur Jawa disetiap sudut museum.

    Museum Jamu Nyonya Meneer terletak di Jl. Kaligawe Km 4, Semarang.

    10. Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI)

    Tempat Wisata di Semarang

    Saat berada di Semarang, ada baiknya Anda berkunjung ke Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk melihat apa saja warga di Indonesia telah lakukan yang memecahkan rekor. Tak hanya foto-foto tindakan yang memecahkan rekor tetapi juga terdapat berupa instalasi fisik juga. Anda akan semakin kagum dan terinspirasi. Ingat lho, sky is the limit.

    MURI terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 275, Semarang.

    Semarang penuh seru ya!
    Kalau Anda ada waktu lebih, mungkin Anda tertarik untuk berwisata ke Jawa Timur?

    Happy and safe travels, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah