Follow Us

  • Share

    Sejarah Pembuatan Kartu Kredit

    Kartu kredit, sebuah kartu yang memberikan kemudahan transaksi dan menawarkan berbagai macam penawaran potongan harga mempunyai sejarah yang cukup menarik. Kartu kredit dahulu tidak berbentuk seperti yang kita lihat saat ini, seiring dengan waktu bentuknya berubah sesuai dengan keperluan sehari-hari. Tahukah Anda bagaimana perkembangan kartu kredit hingga saat ini?

    Pertama kali kartu kredit lahir dalam gagasan kartu tagihan atau charge card. Pada tahun 1946, seorang banker John Biggins menerbitkan kartu Charg-it. Kartu tersebut digunakan ketika pelanggan melakukan transaksi, tagihan akan dilayangkan ke bank Biggins. Bank akan memberikan reimburse kepada toko atau tempat transaksi ketika pelanggan telah membayar tagihan kartu charge it. Hanya saja, pembayaran berlaku pada tingkat lokal dan pelanggan harus memiliki akun bank di Bank Biggins.

    Yang menarik dari sejarah kartu kredit adalah ide mengenai gesek kartu bayar nanti muncul ketika seorang banker Frank McNamara sedang makan malam dan ketika tagihan datang, dia tidak membawa uang cash. Sungguh repot jika dia pergi ke ATM dahulu untuk menarik uang.

    Yang ia lakukan adalah menelpon istrinya untuk membawakannya uang untuk membayar uang makannya. Setelah kejadian tersebut hal yang terpikirkan adalah bagaimana jika ia dan koleganya menciptakan sebuah kartu tagihan (charge card) berbentuk kertas yang mana bisa digunakan terdahulu untuk membayar biaya restoran lalu saat masa jatuh tempo tiba membayar tagihan sepenuhnya ke penerbit kartu. Ini adalah asal usul lahirnya Diner’s Club.

    Baca Juga: Penasaran Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit? Cari Tahu Disini!

    Apa Itu Diner’s Club

    Diner’s Club membentuk sebuah jaringan yang terdiri dari restoran yang menerima metode pembayaran menggunakan Diner’s Club. Selanjutnya kartu kredit mengalami perubahan bentuk menjadi plastik ketika satu dekade munculnya Diner’s Club, Diner’s Club masih berbentuk Charge Card yang mana tagihan harus dibayar penuh ketika masa jatuh tempo.

    Menanggapi naik daunnya Diner’s Card, tahun 1958 American Express ikut serta dalam industri kartu kredit dengan produknya sendiri dan memperkenalkan kartu kredit berbahan dasar plastik. Setahun selanjutnya, MasterCard memperkenalkan adanya pilihan untuk revolving balance yaitu pemegang kartu tidak lagi harus membayar penuh tagihan setiap jatuh tempo yang mana memberikan keleluasaan bagi mereka untuk mengatur kondisi finansial.

    Tahun 1966 Kemunculan Visa berawal dari Bank of America mendirikan BankAmerica Service Corporation yang merupakan sebuah franchise BankAmericard (berganti nama menjadi Visa) secara nasional. Mereka memperkenalkan adanya kartu kredit berfungsi umum. Selanjutnya pada tahun yang sama, sebuah sistem kartu kredit nasional terbentuk ketika sebuah kelompok penerbit kartu kredit bergabung dan mendirikan The InterBank Card Association (yang berganti nama menjadi MasterCard).

    Dengan kemunculan Visa dan Mastercard yang mempunyai jaringan yang luas awalnya bank penerbit kartu kredit hanya boleh memilih salah satu jenis metode pembayaran kartu kredit saja namun sejalan dengan pergiliran waktu dan perubahan peraturan, kini bank bisa menerbitkan kartu kredit dengan kedua jenis metode pembayaran (visa dan mastercard).

    Nah, bagaimana dengan sejarah kartu kredit di Indonesia?

    Kartu kredit di Indonesia muncul pada tahun 1980an. Sebuah alat pembayaran yang praktis dan menghemat banyak waktu sungguh didambakan masyarakat Indonesia. Tahukah Anda proses pembuatan kartu kredit dahulu tidak semudah sekarang? Prosesnya cukup rumit dan hanya segilintir orang yang memilikinya. Adapun persyaratannya meliputi jumlah tabungan, jenis pekerjaan hingga status sosial. Disamping itu, jalur yang termudah untuk mengajukan kartu kredit adalah melalui referensi teman Anda dengan program member get member.

    Ekslusivitas yang ditawarkan kartu kredit membuat kepemilikannya mengandung elemen prestisius, pertama kali kartu kredit di Indonesia diprakarsai oleh Bank Duta yang saat itu bekerja sama dengan Mastercard dan Visa Internasional pada tahun 1980 akan tetapi kehadirannya mulai terpendam ketika munculnya pesaing-pesaing baru seperti Bank BCA dan Citibank pada tahun-tahun selanjutnya.

    Baca Juga: Jenis Kartu Kredit Dari Visa dan Mastercard

    Tertarik untuk apply kartu kredit?

    Kini pembuatan kartu kredit cukup mudah. Anda hanya perlu memenuhi persyaratan permohonan aplikasi kartu kredit lalu mengajukannya ke bank. Saat ini sudah ada layanan aplikasi kartu kredit online, setelah mengisi form pihak bank akan mengontak Anda untuk proses selanjutnya. Aplikasi kartu kredit memanglah mudah akan tetapi dalam penggunaanya Anda harus bijak. Anda bisa mengecek artikel sepulsa mengenai bagaimana menggunakan kartu kredit tepat.

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah