Follow Us

  • Share

    Prospek Kerja Teknik Sipil Paling Menjanjikan

    Jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Dalam bidang studi ini, kamu akan mempelajari berbagai hal mengenai bangunan, mulai dari perancangan, teknik membangun, serta merenovasi bangunan atau tempat lainnya. Sehingga para lulusan teknik sipil pada umumnya memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam merancang berbagai infrastruktur maupun fasilitas umum lainnya guna menjunjang kehidupan seluruh masyarakat.

    Oleh karena itu, kamu harus memiliki kemampuan seperti berpikir logis, mendesain, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan melakukan perencanaan, kemampuan matematika dan fisika yang baik serta pemahaman terhadap desain 2D dan 3D.

    Nah, buat kamu yang sudah siap memilih jurusan teknik sipil, berikut 13 prospek kerja teknik sipil paling menjanjikan yang bisa kamu pertimbangkan saat lulus nanti.

    1. Konsultan Bangunan

    Sebagai lulusan teknik sipil, pastilah sudah mengetahui seluk-beluk mengenai rancang bangun. Kemampuan ini memungkinkan kamu untuk menjadi konsultan ahli dalam perencanaan konstruksi bangunan, baik itu rumah pribadi maupun perusahaan atau instansi pemerintahan. 

    Dalam bidang pekerjaan ini, kamu bertugas mengatur seluruh proses pembangunan bahkan mulai dari rencana keuangan hingga membicarakan faktor resiko yang mungkin terjadi saat proses pembangunan dilakukan.

    2. Transportation Engineer

    Prospek kerja teknik sipil ini berkaitan dengan pembangunan infrastruktur transportasi, meliputi jalan raya, jembatan, jalur kereta api, pembangunan bandara, dan transportasi lainnya.

    Jika kamu berencana menjadi insinyur transportasi, maka kamu harus belajar bagaimana caranya menganalisis data, mengidentifikasi masalah serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan pembangunan transportasi. Karena itu, dalam proyek seperti ini, kamu harus mampu mengumpulkan informasi dan data lalu lintas, seperti misalnya kecelakaan, atau kondisi lalu lintas terkini.

    3. Surveyor

    Ketika lulus dari jurusan teknik sipil, kamu juga bisa menjadi surveyor yang handal. Dalam suatu proyek konstruksi bangunan, peran surveyor sangat dibutuhkan dalam memetakan struktur bangunan dengan tepat.

    4. Design Engineer

    Dalam prospek kerja teknik sipil ini, selain memiliki kemampuan dalam rancang bangun, juga dibutuhkan keahlian dalam menggunakan software desain.

    Pekerjaan ini umumnya dikategorikan dalam posisi bergengsi karena selain kamu dapat bekerja dalam ruangan yang nyaman, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi. Ya, berbanding lurus dengan banyaknya keterampilan yang harus kamu kuasai.

    5. Site Engineer

    Menjadi site engineer adalah prospek kerja teknik sipil yang cukup menjanjikan. Posisi ini berkaitan dengan proyek pembangunan perumahan atau pusat perbelanjaan juga fasilitas umum lainnya.

    Di sini, kamu akan bertugas mengatur lokasi yang tepat untuk proyek pembangunan dan bertanggung jawab dalam keamanan dan keselamatan selama berlangsungnya pembangunan.

    6. Project Engineer

    Posisi pekerjaan ini umumnya menuntut kamu untuk terjun langsung ke lapangan kerja karena sebagai project engineer kamu bertanggung jawab memastikan proyek berjalan tepat sesuai anggaran keuangan dan target waktu.

    Selain itu, seorang project engineer harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk dapat mengkoordinasi para pekerja di lapangan agar proyek berlangsung lancer.

    7. Quality Control Engineer

    Setelah lulus dari teknik sipil, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang quality control engineer. Tugas yang akan kamu kerjakan adalah bertanggung jawab memastikan suatu produk maupun pelayanan terhadap konsumen sesuai dengan standar kualitas yang sudah ditetapkan.

    Karena itu, kamu juga harus mampu menulis dan menyusun berbagai ketentuan yang berkaitan dengan standar operasi prosedur serta melakukan pengkajian ulang secara rutin demi meningkatkan kualitas produk dan pelayanan terhadap konsumen.

    Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri 

    8. Project Manager

    Posisi yang tergolong sebagai jabatan tinggi ini bisa kamu dapatkan apabila sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam berbagai manajemen proyek. Mengapa? Karena kamu akan bertanggung jawab pada hampir seluruh bagian proyek, seperti mengawasi sumber daya, mengontrol para pekerja, mengatur tugas dalam suatu tim kerja, mengawasi berlangsungnya sebuah proyek juga pemeliharaan konstruksi setelah proses pembangunan.

    Namun, jika kamu berhasil menjadi project manager yang handal, akan ada banyak perusahaan yang siap menawarkan gaji yang tinggi kepada kamu.

    9. Highway Engineer

    Prospek kerja teknik sipil ini juga berkaitan dengan jalan raya, yaitu melakukan perencanaan terhadap pemeliharaan jalan raya agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas.

    Di sini kamu akan bertugas meneliti kondisi jalan secara berkala, mengamati faktor resiko, merencanakan biaya, serta mengawasi dan memastikan proyek dikerjakan sesuai estimasi waktu dan anggaran yang sudah ditentukan.

    10. Insinyur Air

    Nah, selain mengerjakan bangunan, prospek kerja teknik sipil bisa juga menjadi seorang insinyur air. Pada pekerjaan ini, kamu akan mengerjakan berbagai proyek yang berkaitan dengan air, seperti misalnya penanganan limbah air, menguji standar kelayakan air bersih, memelihara sumber air, melakukan tindakan pencegahan terhadap banjir, dan manajemen infrastruktur lainnya yang berhubungan dengan air.

    11. Rail System Engineer

    Ini adalah posisi pekerjaan yang bertugas pada transportasi kereta api. Seorang insinyur sistem kereta api bertanggung jawab terhadap setiap hal yang menyangkut kondisi teknis kereta api.

    Jadi, di sini kamu akan ditugaskan untuk secara rutin melakukan perawatan pada mesin kereta api, memeriksa sinyal kereta api, mengontrol lalu lintas kereta api, juga pembaharuan sistem kereta api.

    Selain itu, kamu juga mungkin diwajibkan memiliki keterampilan menggunakan software desain, membuat laporan serta bekerja sama dengan pihak-pihak lain yang terkait dalam proyek kereta api tersebut.

    12. Structural Engineer

    Menjadi lulusan teknik sipil memungkinkan kamu menempati posisi ini. Tugas yang akan kamu lakukan adalah merancang dan mengawasi kerangka struktur selama proses pembangunan guna memastikan ketahanan bangunan terhadap tekanan dan kondisi lingkungan di sekitarnya sehingga bangunan dapat dipastikan stabil dan bertahan lama.

    Sebagai structural engineer, dibutuhkan pengetahuan ilmu fisika dan matematika yang baik dalam menentukan perbandingan antara berbagai material yang akan digunakan, seperti batu, pasir, kayu, alumunium, dan lainnya.

    13. Drafter

    Prospek kerja teknik sipil yang satu ini pasti sudah sering kamu baca di berbagai media yang menampilkan adanya lowongan kerja. Tugas seorang drafter adalah menampilkan gambaran kerja yang nyata dari ide atau sketsa kasar seorang arsitek. Karena itu, jika ingin menjadi seorang drafter, kamu harus menguasai penggunaan software desain pada komputer.

    Sebenarnya masih ada banyak prospek kerja teknik sipil lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai target peluang kerja ketika lulus nanti. Namun, setidaknya kamu sudah memiliki gambaran mengenai posisi pekerjaan yang memungkinkan untuk kamu raih dan paham akan tugas dan tanggung jawab dari jabatan tersebut. Sekarang, yang wajib kamu lakukan terlebih dahulu adalah mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan terus meningkatkan keterampilan di berbagai bidang yang berkaitan dengan teknik sipil!

    Baca juga : Jurusan Teknik Lingkungan 

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah