Follow Us

  • Share

    Daftar Prospek Kerja Sistem Informasi yang Menjanjikan

    Prospek kerja sistem informasi terbilang cukup luas dan menjanjikan mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari hari ke hari. Tentunya, akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan para lulusan sistem informasi untuk menempati beberapa posisi sesuai kebutuhan perusahaan. Selain di perusahaan swasta, prospek kerja sistem informasi juga terbentang luas di instansi pemerintahan.

    Jurusan sistem informasi memungkinkan kamu untuk lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang sekarang ini serba menggunakan berbagai macam teknologi. Bahkan, bila kamu mencoba untuk memulai usaha sendiri, pemahaman dan ilmu dalam bidang studi ini bisa kamu terapkan dalam usaha tersebut. Yuk, langsung saja kita bahas apa saja prospek kerja sistem informasi yang bisa kamu pertimbangkan dari sekarang!

    1. Insinyur Aplikasi

    Untuk menjadi seorang insinyur aplikasi, kamu harus memiliki pengetahuan dalam bidang matematika, perangkat lunak, manajemen tim, serta keahlian dalam pengkodean.

    Tugas dari profesi ini hampir mirip dengan seorang programmer. Namun, seorang insinyur aplikasi biasanya tidak ditugaskan langsung untuk merancang sebuah program aplikasi, melainkan berperan dalam menguji dan mengevaluasi kelayakan dari sebuah aplikasi yang akan digunakan oleh suatu perusahaan.

    Selain itu, insinyur aplikasi juga bertanggung jawab terhadap pengembangan dan meningkatkan fungsi suatu sistem aplikasi agar tetap terintegrasi dengan teknologi yang terus menerus berkembang. Prospek kerja sistem informasi ini memiliki jenjang karir mulai dari posisi application Engineer, Application Manager, hingga menjadi Application Specialist.

    2. Digital Marketing

    Profesi kerja yang tergolong baru di dunia lapangan kerja ini merupakan salah satu pilihan pertimbangan setelah menjadi lulusan sistem informasi. Apa sih pekerjaan yang dilakukan di bidang digital marketing?

    Peran utama seorang digital marketer adalah membangun branding produk dari suatu perusahaan melalui kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang tersedia. Karena itu, seorang digital marketer bertugas merencanakan kegiatan promosi yang dilakukan melalui channel digital seperti website, media sosial, maupun e-mail.

    Profesi ini juga bertugas merancang konsep untuk melakukan kampanye marketing, mempertahankan laman perusahaan berada di posisi optimal dalam mesin pencari seperti google, dan menjaga hubungan serta komunikasi dengan pelanggan melalui konten-konten menarik di media sosial seperti facebook, instagram, dan sebagainya.

    Untuk menjalankan profesi dengan maksimal, dibutuhkan kemampuan teknis mengenai search engine marketing, search engine optimization, social media advertising, video marketing, serta content marketing. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan dalam berpikir strategis, melakukan riset pasar, dan yang tidak kalah penting adalah keterampilan berkomunikasi yang baik.

    3. Programmer

    Prospek kerja sistem informasi sebagai programmer merupakan profesi yang akan selalu dicari oleh banyak perusahaan dengan gaji yang terbilang cukup tinggi. Namun, tugas dan tanggung jawab seorang programmer lebih besar ketimbang bekerja sebagai insinyur aplikasi.

    Di sini, kamu harus mampu merancang suatu program yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan memahami berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, XML, SQL, PHP, dan jenis lainnya. Selain membuat program atau aplikasi, seorang programmer wajib memastikan suatu program dapat dijalankan dengan baik tanpa hambatan. Ini berarti seorang programmer harus terbiasa dengan trial and error.

    Setelah berhasil merancang suatu program, seorang programmer juga berperan dalam memberikan informasi yang lengkap dan detail seputar penggunaan program tersebut beserta fungsinya. Tentunya, programmer juga harus dapat berkomunikasi dengan baik karena wajib berkonsultasi dengan bagian teknis lainnya maupun pihak manajerial.

    4. Ahli Informasi Rekam Medis

    Prospek kerja sistem informasi yang satu ini tentunya dibutuhkan dalam dunia kesehatan, misalnya di rumah sakit maupun perusahaan medis lainnya. 

    Pada profesi ini, para lulusan sistem informasi akan bertugas mengelola data yang berkaitan dengan statistik medis dan merangkum informasi dengan teliti dan akurat sehingga dapat digunakan demi kepentingan pasien. Para ahli informasi rekam medis bertanggung jawab atas kerahasiaan seluruh data medis dari pihak yang tidak berkepentingan.

    Untuk mendapatkan peluang kerja ini, kamu tidak cukup hanya memiliki ilmu sistem informasi saja. Melainkan juga harus didukung oleh ilmu rekam medis, pengetahuan akan teknologi informasi, kemampuan dalam pengarsipan, serta kecakapan dalam berkomunikasi.

    5. Technopreneur

    Profesi ini diperuntukkan pada seseorang yang mengembangkan usaha mengikuti kemajuan teknologi. Salah satu contohnya adalah high-tech business, yakni pengelolaan usaha berlandaskan inovasi teknologi, sehingga memungkinkan suatu usaha bergerak lebih cepat, lebih efisien, serta tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

    Untuk bisa menjalankan prospek kerja sistem informasi ini dengan profesional, diperlukan pemikiran yang kritis, kreatif, dan mampu melakukan inovasi secara berkala. Karena bergerak di bidang usaha, maka seorang technopreneur juga harus mampu melakukan riset dengan teliti dan berpengalaman dalam bidang manajerial. Peluang kerja ini juga memiliki jenjang karir, yaitu sebagai executive director, dan chief executive officer (CEO).

    6. Konsultan IT

    Nah, untuk kamu para lulusan sistem informasi yang senang berinteraksi dengan berbagai macam orang, profesi sebagai konsultan IT tentu cocok untuk kamu pertimbangkan. Namun, sebagai konsultan IT, kamu harus terlebih dahulu memiliki pemahaman teknis serta konsep di bidang teknologi informasi.

    Karena itu, kamu harus sesering mungkin menggali berbagai informasi terbaru seputar bisnis dan teknologi. Kemudian, kamu juga perlu menganalisa berbagai masalah yang seringkali timbul untuk meningkatkan kemampuan problem solving yang kamu miliki. Kemampuanmu dalam membuat perencanaan dan pembaruan sistem, serta memastikan seluruh sistem dan perangkat komputer terintegrasi dengan baik adalah modal yang sangat penting dalam membangun kepercayaan para pelanggan terhadap jasa konsultan IT yang kamu tawarkan.

    Jadi, tingkatkan pengetahuan dan kemampuan khususnya di bidang program dan informatika, juga matematika. Selain itu, tingkatkan pengalaman dalam menganalisis dan mengevaluasi sistem. Dan yang tidak kalah penting adalah pengetahuan dalam bidang administrasi dan manajemen.

    7. Dosen

    Menjadi dosen tentu saja merupakan salah satu pilihan dari prospek kerja sistem informasi. Bekal ilmu yang kamu dapatkan selama menempuh pendidikan bisa kamu kembangkan untuk disalurkan kembali kepada para peserta didik.

    Namun, perlu kamu ketahui bahwa untuk mendapatkan profesi ini, kamu harus memiliki ijazah Magister dan wajib menggali informasi terkini seputar perkembangan maupun perubahan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena sebagai dosen, kamu tidak mungkin memberikan pemahaman yang bisa jadi sudah tidak berlaku di dunia pendidikan.

    Inilah 7 prospek kerja sistem informasi yang bisa kamu pertimbangkan saat ini. Setiap Profesi tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kamu juga harus menyesuaikan dengan kemampuan, bakat dan minat kamu terhadap profesi tersebut. Terlebih lagi, perkembangan teknologi yang semakin canggih mungkin saja turut menghadirkan beragam jenis profesi terbaru yang bisa kamu dapatkan sebagai lulusan sistem informasi.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah