Follow Us

  • Share

    Kuliah Jurusan Manajemen? Ada 6 Peluang Karir Bergengsi!

    Prospek kerja manajemen merupakan peluang kerja yang cukup sering dibutuhkan di berbagai perusahaan, baik itu dalam instansi pemerintahan maupun di perusahaan swasta. Ilmu manajemen merupakan bidang studi yang berfokus dalam perencanaan dan pengelolaan seluruh proses yang berlangsung di dalam suatu perusahaan.

    Dalam ilmu manajemen ini sendiri terdapat beberapa bidang, antara lain manajemen pemasaran, manajemen bisnis, manajemen keuanga, dan bidang spesifik lainnya. Masing-masing bidang ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan sumber daya yang produktif sesuai dengan prospek kerja manajemen yang tersedia.

    Prospek kerja manajemen tidak terbatas hanya sebagai karyawan di perusahaan saja, tetapi kamu bahkan memiliki peluang untuk membangun usaha maupun bisnis kamu sendiri dengan modal ilmu dari pendidikan ilmu manajemen yang kamu dapatkan selama beberapa tahun.

    Namun, ada baiknya kamu mempraktikkan ilmu manajemen kamu sebagai karyawan terlebih dahulu sebelum terjun langsung dalam bisnis sendiri. Berikut ini beberapa prospek kerja manajemen yang cukup menjanjikan ketika kamu lulus dengan nilai yang bagus.

    1. Pegawai Bank

    Menjadi pegawai bank adalah prospek kerja manajemen yang paling umum ditargetkan oleh para lulusan ilmu manajemen. Selain memiliki ruang kerja yang pasti nyaman dan fasilitas kerja yang memadai, pekerjaan ini juga diminati karena tawaran gaji yang cukup tinggi.

    Bekerja di bank juga memungkinkan kamu memiliki kesempatan untuk menemukan peluang bisnis yang menguntungkan karena di sana kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan yang kebanyakan adalah pengusaha, baik itu usaha kecil maupun pebisnis professional.

    Namun, tentu saja, bekerja di perusahaan perbankan adalah pekerjaan yang membutuhkan tanggung jawab yang besar. Kamu akan berurusan dengan keuangan setiap harinya sehingga wajib memiliki ketelitian tinggi agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

    Beberapa tugas sebagai pegawai bank yang perlu kamu ketahui adalah menarik sebanyak mungkin nasabah, menganalisis data para calon peminjam, bertanggung jawab terhadap penyimpanan uang para nasabah, teliti ketika melakukan penukaran uang baik melalui wesel maupun transfer uang, serta produk perbankan lainnya seperti saham obligasi, dan lainnya.

    Untuk mendapatkan prospek kerja manajemen dalam bidang perbankan ini, kamu perlu memiliki kemampuan analisis yang tinggi, kecakapan berpikir secara sistematis, pengalaman dalam kegiatan observasi, serta terampil dalam berkomunikasi dan menguasai bahasa asing.

    2. Akuntan

    Pekerjaan sebagai seorang akuntan juga merupakan prospek kerja manajemen yang turut menjanjikan. Tugas akuntan adalah meneliti seluruh informasi keuangan, mengoreksi dan membuat laporan keuangan yang akurat dari suatu perusahaan. Sehingga perusahaan dapat mengetahui tingkat kestabilan keuangan, termasuk kewajiban pembayaran pajak, kondisi aset, atau bahkan kerugian yang mungkin terjadi.

    Ada 3 bidang utama yang wajib kamu kuasai untuk menempati posisi ini, yaitu ekonomi dan akuntansi, administrasi dan manajemen, serta penguasaan bahasa inggris. Di samping itu, seorang akuntan juga diharapkan dapat berpikir kritis dan menemukan konsep penyelesaian masalah dengan baik, bisa membaca dengan teliti serta memiliki penalaran matematika yang cermat.

    3. Bagian Penjualan

    Faktanya, ilmu manajemen sangat dibutuhkan dalam menyusun perencanaan dalam meningkatkan angka penjualan suatu produk maupun jasa. Karena itu, menjadi seorang sales atau staff penjualan penjualan juga termasuk prospek kerja manajemen yang bisa kamu pertimbangkan.

    Jangan meremehkan peluang kerja ini, karena sebenarnya sebagai seorang sales, kamu berkesempatan untuk memiliki jenjang pendapatan yang tidak terbatas dan seringkali perusahaan memberikan jam kerja yang fleksibel untuk para sales. 

    Untuk bisa menjadi sales yang kompeten dan handal, kamu perlu melatih keterampilan dalam berkomunikasi dengan beragam orang dari berbagai latar belakang, mampu melakukan analisis dan riset pasar, memiliki pikiran yang kreatif, serta mampu bernegosiasi dengan baik.

    4. Bidang Operasional dan Logistik

    Prospek kerja manajemen terbuka untuk posisi bagian operasional dan logistik, mengingat dalam jurusan ini terdapat ilmu manajemen retail, manajemen pemasaran, dan manajemen logistik yang dibutuhkan oleh perusahaan.

    Dengan bekal ilmu manajemen yang baik, kamu akan mampu menyusun berbagai laporan yang berkaitan dengan operasional dan logistic perusahaan, antara lain laporan penyimpanan barang, laporan kegiatan logistik hingga laporan keuangan.

    5. Analis Manajemen Bisnis

    Tugas seorang analis manajemen bisnis adalah menganalisa dan mengontrol seluruh program dan sistem manajemen dalam perusahaan, serta bertanggung jawab terhadap perkembangan bisnis dan menemukan solusi yang tepat terhadap hambatan yang mungkin terjadi. 

    Prospek kerja manajemen sebagai analis harus dibekali pengetahuan administratif, misalnya menyusun catatan dan dokumen, membuat formulir, juga mengelola kata dalam berbagai kepentingan administratif perusahaan. Selain itu, pengetahuan dalam mengontrol sumber daya manusia dan pengetahuan akan prinsip ekonomi dan akuntansi juga turut mendukung kompetensi kamu untuk menjadi seorang analis manajemen bisnis yang berkualitas.

    6. Pegawai Asuransi

    Ilmu manajemen bisnis juga dapat diterapkan dalam profesi pegawai asuransi ya. Dalam prospek kerja manajemen ini, kamu bertanggung jawab terhadap kejelasan dan keakuratan informasi produk asuransi yang akan disampaikan, baik itu hak maupun kewajiban dari pemilik asuransi beserta pihak lain yang terlihat di dalamnya. Karena itu, kamu wajib menguasai seluruh informasi mengenai produk asuransi tersebut termasuk segala syarat dan ketentuan secara terperinci.

    Selain itu, sebagai pegawai asuransi, kamu harus selalu siap meluangkan waktu jika calon nasabah ataupun pemilik asuransi membutuhkan konsultasi dan solusi saat mengalami kendala yang berkaitan dengan asuransi tersebut.

    Tidak kalah menarik dengan peluang kerja lainnya, profesi sebagai pegawai asuransi juga memiliki jenjang karir dengan gaji yang cukup menjanjikan. Tahap paling awal adalah sebagai agent, kemudian Associate Unit Manager, Senior Unit Manager, hingga ke jenjang jabatan sebagai Agency Manager.

    7. Perencana Bisnis Berkelanjutan

    Profesi ini mungkin jarang kamu dengar atau bahkan baru kamu ketahui pada saat ini. Namun, ini bisa menjadi prospek kerja manajemen yang bagus untuk kamu pertimbangkan mengingat masih sedikit para lulusan ilmu manajemen yang terjun ke dalam profesi ini.

    Perencana bisnis berkelanjutan merupakan pekerjaan yang bergerak di bidang penanganan bisnis pasca krisis. Untuk itu, tugas seorang perencana bisnis berkelanjutan antara lain menyusun dan mengembangkan strategi pemulihan suatu bisnis, melakukan pelatihan penanganan bencana, serta rutin melakukan analisis terhadap faktor resiko yang mungkin timbul sehingga memungkinkan perusahaan dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat.

    Profesi ini menuntut kamu untuk memiliki kemampuan penalaran yang deduktif atau masuk akal, pengetahuan matematika, sensitivitas terhadap masalah, serta mampu menyusun informasi dengan akurat dan dapat dipahami.

    8. Manajer Pemasaran

    Prospek kerja manajemen ini tentunya merupakan profesi yang cukup bergengsi karena pada umumnya memiliki gaji yang cukup memuaskan. Namun, setara dengan penghasilannya, seorang manajer pemasaran memiliki peranan penting dan tanggung jawab besar dalam menangani seluruh kegiatan pemasaran, mulai dari strategi penjualan, analisis pasar, evaluasi produk, serta mengontrol setiap program dan kegiatan dalam pemasaran baik itu secara individu maupun kelompok.

    Kemampuan yang wajib kamu miliki untuk menduduki profesi ini adalah pemahaman dan ekspresi lisan dan tertulis yang baik, kemampuan menyusun informasi, pemikiran yang kreatif dan kritis, kepekaan sosial dan tentunya aktif belajar untuk menemukan hal-hal baru yang dapat diterapkan dalam kegiatan pemasaran.

    Demikianlah 8 prospek bisnis manajemen yang layak untuk kamu pertimbangkan sebagai peluang kerja setelah lulus dari bidang studi ilmu manajemen nanti. Meski seringkali kamu harus melewati tahapan seleksi yang rumit terlebih dahulu, yakinlah bekal ilmu dan keterampilan yang sudah kamu persiapkan dengan matang pasti membuahkan hasil yang baik!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah