Follow Us

  • Share

    Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Peluang Kerja yang Menjanjikan

    Prospek kerja ilmu komunikasi merupakan salah satu peluang kerja yang cukup banyak diminati di kalangan calon mahasiswa. Tentu ada banyak alasan yang mendukung hal tersebut. Jurusan ilmu komunikasi merupakan bidang studi yang memiliki cakupan yang cukup luas.

    Dalam bidang studi ini, kamu akan mendalami teknik berkomunikasi secara menyeluruh pada berbagai tingkatan, mulai dari tingkat individu, komunikasi intercultural, media publik, media sosial, bahkan dalam bidang seni.

    Keuntungan Memilih Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

    Nah, sebelum kita bahas apa saja bidang pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dengan memilih jurusan ilmu komunikasi saat akan memasuki dunia perkuliahan, kamu perlu tahu apa saja keuntungan mendaftar kuliah dalam bidang studi yang satu ini.

    • Jurusan ini memungkinkan kamu menguasai banyak keterampilan, mulai dari menulis, berbicara bahkan teknik mendengar yang baik.
    • Lulus dari jurusan ini bisa membuat kamu diterima di banyak perusahaan karena kemampuan dalam ilmu komunikasi memegang peranan yang sangat penting terutama pada posisi public relation maupun pada bagian marketing perusahaan. Prospek kerja ilmu komunikasi ini juga akan dibutuhkan untuk jangka waktu yang lama hingga masa mendatang.
    • Kamu memiliki peluang untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat pascasarjana di banyak pilihan universitas ternama di dalam maupun di luar negeri.

    Beragam Pilihan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Bisa Kamu Pilih

    1. Wartawan

    Menjadi wartawan adalah salah satu pekerjaan yang sangat berkaitan dengan jurusan ilmu komunikasi karena kegiatan setiap hari yang harus dilakukan antara lain meliputi mengelola informasi maupun berita serta menuliskannya untuk disampaikan ke publik.

    Namun, di samping memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sebagai seorang wartawan, kamu diwajibkan untuk memiliki mental yang kuat dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan maupun berinteraksi dengan berbagai macam orang. Juga, dibutuhkan komitmen yang tinggi mengingat pekerjaan ini seringkali tidak mengenal waktu dan harus siap siaga untuk mendapatkan bahan berita terbaru untuk ditampilkan di media.

    2. Public Relation

    Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini merupakan salah satu peluang kerja yang paling diincar oleh para lulusan ilmu komunikasi. Posisi public relation atau disebut juga dengan humas (hubungan masyarakat) memiliki tugas menghubungkan suatu perusahaan dengan masyarakat sehingga merk atau brand dari perusahaan tersebut dapat dikenal oleh khalayak ramai.

    Selain itu, pada penyelenggaraan berbagai event, peran public relation juga sangat dibutuhkan dalam menjalin kerja sama dengan para media iklan dan pihak sponsor.

    3. Blogger

    Peluang kerja yang tergolong baru ini tidak kalah penting untuk dipertimbangkan sebagai tujuan ketika kamu lulus nanti. Untuk menjadi seorang blogger, dibutuhkan kemampuan menulis dan menghasilkan tulisan disertai gambar atau foto yang menarik untuk dibaca oleh banyak orang yang kemudian menjadi prospek bisnis yang menjanjikan.

    Jika tulisanmu menarik dan memiliki banyak pengunjung, akan membuka peluang yang besar bagi para pelaku usaha untuk membuat promosi iklan dan meminta kamu bekerja sama dalam menawarkan produk mereka.

    Menariknya, jika kamu menjadi travel blogger, kamu bisa bekerja sambil menikmati liburan. Tentu pekerjaan yang sangat menyenangkan!

    4. Penyiar Radio

    Para lulusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi pekerjaan ini. Jadi, ketika lulus, kamu bisa langsung mencoba melamar lowongan pekerjaan sebagai penyiar radio. Cukup besar peluang kamu akan diterima!

    5. Master of Ceremonies

    Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini sering disingkat dengan sebutan MC. Pasti kamu sudah tahu apa tugas dari seorang MC, yaitu sebagai pemandu acara, mulai dari acara resmi, acara pernikahan, ulang tahun, bahkan acara adat istiadat.

    Nah, sampai kapan pun acara-acara tersebut pasti akan selalu ada ya. Jadi, peluang kamu untuk mendapatkan penghasilan juga akan terus ada.

    6. Youtuber

    Peluang kerja yang satu ini sedang ramai dibicarakan mulai dari remaja hingga orang dewasa. Kemampuan dalam ilmu komunikasi juga  bisa kamu terapkan dalam bidang pekerjaan ini, mulai dari teknik berbicara hingga memproduksi konten video yang menarik dan kreatif. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari Google atau dari media periklanan.

    7. Presenter

    Adakah yang menginginkan menjadi seorang presenter di masa remaja dulu? Bagi kamu yang menjawab ya, berarti harus mengambil jurusan ilmu komunikasi ya karena memang perusahaan membutuhkan para lulusan ilmu komunikasi untuk menempati posisi tersebut.

    Jika keterampilan berkomunikasi kamu sangat bagus dan terampil, kamu berpeluang besar menjadi presenter televisi yang terkenal seperti Najwa Shihab!

    8. Editor

    Editor merupakan prospek kerja ilmu komunikasi yang bertanggung jawab dalam menyunting suatu bahan sebelum dipublikasikan. Posisi ini juga memiliki banyak cakupan, antara lain editor foto, editor naskah, editor film, editor video, dan sebagainya.

    9. Analis

    Pekerjaan sebagai seorang analis yang profesional umumnya dimiliki oleh para lulusan ilmu komunikasi. Sebagai seorang analis, kamu harus mampu membuat perencanaan, meneliti dan mengolah suatu data hingga menjadi sebuah informasi yang akurat untuk dipublikasikan.

    10. Event Organizer

    Menjadi event organizer atau sering disingkat dengan EO, adalah salah satu prospek kerja ilmu komunikasi yang layak untuk dipertimbangkan. Namun, bidang pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang tinggi karena bertanggung jawab atas kelangsungan sebuah acara yang penting karena biasanya EO dipercayakan untuk merencanakan acara pernikahan maupun acara besar lainnya, mulai dari tamu undangan, acara pembukaan hingga penutup.

    11. Copywriter

    Para lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang yang besar untuk menjadi copywriter yang handal. Dengan latar belakang keterampilan menulis yang baik, kamu bisa menghasilkan tulisan yang jauh lebih menarik dan nyaman untuk dibaca. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan banyak instansi atau perusahaan yang ingin dipromosikan melalui tulisan kamu.

    12. Pengusaha

    Kesempatan menjadi seorang pengusaha bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dicapai sebagai prospek kerja ilmu komunikasi. Dengan kreatifitas yang tinggi dan keterampilan berkomunikasi yang lincah, tentu mendukung perkembangan usaha jenis apapun yang kamu rencanakan.

    Tentu saja, untuk menjadi seorang pengusaha, kamu harus memiliki kepercayaan diri dan ketekunan meski mengalami hambatan dan tidak takut pada kegagalan.

    Inilah beberapa prospek kerja ilmu komunikasi yang terbuka lebar di hadapan kamu ketika kamu nantinya lulus pada bidang studi ini. Masih banyak lagi peluang kerja yang bahkan bisa kamu ciptakan sendiri dengan latar belakang sebagai sarjana ilmu komunikasi jika kamu terus mengasah keterampilan dan kreatifitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan diimbangi dengan perkembangan teknologi yang kian canggih.  Jadi, jangan ragu-ragu untuk mengambil jurusan ilmu komunikasi!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah