Follow Us

  • Share

    Daftar Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan dengan Gaji Kompetitif

    Prospek kerja ekonomi pembangunan terbilang cukup luas mencakup bidang industri, bisnis, maupun bidang perbankan. Pada dasarnya, program studi ini mendalami mengenai isu di bidang perekonomian yang bertujuan meningkatkan pembangunan negara khususnya di bidang ekonomi.

    Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memilih jurusan ini di perguruan tinggi. Pertama, pengetahuan yang kamu dapatkan di bidang ekonomi pembangunan merupakan modal yang dibutuhkan dalam pengkajian strategi pada suatu organisasi.

    Kedua, para lulusan ekonomi pembangunan yang disertai keahlian di bidang matematika, memiliki kemampuan lebih untuk menerapkan konsep matematis dalam memecahkan berbagai permasalahan ekonomi pembangunan yang tepat sasaran. Terakhir, para lulusan ekonomi pembangunan sangat dibutuhkan baik dalam perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan karena mampu menganalisa berbagai isu perekonomian dengan pikiran yang kritis, inovatif dan kreatif. Daftar prospek kerja ekonomi pembangunan berikut ini merupakan peluang kerja dengan gaji menarik yang wajib untuk kamu pertimbangkan!

    1. Akuntan

    Menjadi seorang akuntan merupakan prospek kerja ekonomi pembangunan yang cukup banyak diminati oleh para lulusan di bidang ini. Tugas utama akuntan adalah melakukan analisa keuangan serta menyusun laporan keuangan suatu perusahaan sehingga pemilik perusahaan dapat mengetahui kewajiban pajak, laba dan rugi, menentukan arsip aset serta semua hal lain yang berkaitan dengan kondisi keuangan.

    Selain pengetahuan dalam ekonomi, profesi ini perlu dibekali dengan kemampuan administrasi dan manajemen. Karena, seorang akuntan turut berperan dalam manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, dan manajemen program lainnya.

    Dalam hal keterampilan, prospek kerja ekonomi pembangunan yang satu ini membutuhkan para lulusan yang dapat berpikir secara kritis dan kreatif, memiliki penalaran matematika yang baik, cermat dalam mengidentifikasi berbagai permasalahan dan pemecahannya, serta ketelitian membaca.

    2. Analis Kredit

    Profesi ini sangat cocok buat kamu yang mampu berpikir secara kritis karena berkaitan dalam analisa data keuangan maupun pinjaman dari suatu perusahaan atau perorangan. Laporan analisa dari seorang analis kredit akan digunakan dalam menentukan tingkat resiko dalam peminjaman modal atau perpanjangan kredit.

    Namun, masih ada tanggung jawab lain yang harus kamu ketahui dalam prospek kerja ekonomi pembangunan ini. Pertama, menyusun perbandingan dan evaluasi mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan ataupun klien perorangan melalui program komputer. Kedua, meneliti setiap transaksi kredit dan kegiatan keuangan yang dilakukan oleh klien serta memberikan konsultasi seputar pemecahan masalah yang berkaitan dengan hal tersebut. Terakhir, mengumpulkan informasi yang akurat mengenai kredibilitas dan riwayat likuiditas suatu organisasi, kemudian membuat perbandingan antara satu dengan lainnya.

    Selain ilmu ekonomi pembangunan, pekerjaan sebagai analis kredit membutuhkan keahlian dalam pelayanan pelanggan dan personal, pengetahuan matematika, ilmu administrasi dan manajemen, juga kemampuan berbahasa inggris.

    3. Ahli Peneliti

    Profesi sebagai peneliti atau disebut juga dengan scientist, adalah pekerjaan yang mencakup beberapa bidang. Misalnya, peneliti di bidang makanan, peneliti di bidang kesehatan dan obat-obatan, ataupun peneliti di bidang mesin.

    Meski demikian, dalam semua bidang tersebut, seorang peneliti harus menguasai berbagai teknik, seperti pengumpulan data, merencanakan kegiatan penelitian, pengolahan data, teknik penulisan secara ilmiah, melakukan olah data, serta teknik melakukan presentasi. 

    Yang tidak kalah menarik dari salah satu prospek kerja ekonomi pembangunan ini, adalah seorang peneliti akan mendapat royalti atas hak paten dari pemanfaatan hasil penemuannya. Tentunya, jika kamu menginginkan profesi ini, maka kamu harus berpengalaman di bidang observasi, analisis, serta pemecahan masalah.

    4. Staf Penelitian dan Pengembangan

    Prospek kerja ekonomi pembangunan sebagai staf penelitian dan pengembangan tidak hanya tersedia di perusahaan swasta saja, tetapi juga di lembaga pendidikan serta instansi pemerintahan. Dalam profesi ini, seorang lulusan ekonomi pembangunan adalah melakukan riset ilmiah dan teknik pengembangan dalam ruang lingkup teknologi.

    Dalam menjalankan tugas ini, kamu harus mampu mengelola anggaran dana yang disediakan untuk kegiatan riset dan pengembangan dengan bijaksana. Teknologi yang dikembangkan harus memberikan peningkatan terhadap kualitas produk suatu perusahaan. Karena itu, kamu tentunya harus melakukan tes hingga beberapa kali dan bersiap menghadapi trial and error. Juga, kamu harus mampu bekerja sama dalam tim maupun pihak terkait lainnya di dalam perusahaan sehubungan pengadaan barang dan jasa untuk kepentingan pekerjaan.

    5. Pegawai Bank

    Para lulusan ekonomi pengembanganjuga berkesempatan untuk bekerja di bank lho! Tentunya prospek kerja ekonomi pembangunan sebagai pegawai bank tidak bertugas sebagai front office, melainkan akan ditempatkan di bagian back office, misalnya sebagai sales, funding officer, account officer, auditor, ataupun broker saham.

    Profesi sebagai pegawai bank sudah pasti memiliki jenjang karir yang disertai dengan peningkatan gaji sesuai jabatan yang didapatkan. Jika kamu memiliki predikat kerja yang bagus, kamu bisa dipromosikan menjadi supervisor, atau bahkan menjadi seorang manager.

    6. Analis Logistik

    Tugas seorang analis logistik mencakup mengelola dan menjaga penyimpanan data informasi logistik, menjelaskan secara akurat semua data yang berkaitan dengan kebutuhan logistik, serta bekerja sama dengan tim manajemen logistik dalam upaya meningkatkan pelayanan, efisiensi keluar masuknya pasokan, serta meminimalisir biaya yang dikeluarkan.

    Pada prospek kerja ekonomi pembangunan ini, kamu bertanggung jawab dalam melakukan dan menginformasikan analisis yang berkesinambungan pada seluruh bidang yang berkaitan dengan kepentingan logistik, antara lain seperti kegiatan pengiriman, biaya transportasi, dan pemesanan ulang alat dan suku cadang.

    Pekerjaan ini tidak sekedar membutuhkan ilmu ekonomi pengembangan saja, tetapi juga harus disertai pengetahuan di bidang elektronik dan perangkat komputer, kemampuan di bidang administrasi dan manajemen, pengetahuan matematika, dan tentunya metode dan berbagai prinsip di bidang transportasi.

    7. Pengajar bisnis

    Banyak ilmu yang bisa kamu ajarkan setelah menjadi lulusan ekonomi pembangunan dan itu bisa menjadi prospek bisnis yang menghasilkan. Ilmu akuntansi, ilmu pemasaran, manajemen sumber daya manusia, pengetahuan mengenai riset operasi dan seputar hubungan industrial merupakan beberapa topic yang banyak diminati oleh para klien dan calon peserta didik.

    Sama seperti tenaga pengajar lainnya, profesi sebagai pengajar bisnis bertugas menyediakan materi yang lengkap berkaitan dengan bidang studi yang dibutuhkan, termasuk materi pendukung seperti panduan dan silabus. Pengajar bisnis juga berperan sebagai moderator dalam kegiatan diskusi dan memberikan beberapa tugas serta memberikan penilaian yang objektif. Karena bidang ini bersifat dinamis, maka kamu harus secara rutin melakukan evaluasi, eksperimen, dan mempelajari berbagai isu terbaru yang berkaitan dengan bisnis.

    Untuk menjadi pengajar bisnis yang disenangi oleh banyak siswa, kamu sebaiknya mengasah keterampilan berkomunikasi dengan berbagai macam kepribadian dan latar belakang siswa didik. Dengan standar kualitas pelayanan yang maksimal, kamu bisa mencapai kepuasan pelanggan yang pastinya berdampak besar terhadap penghasilanmu.

    Semua lulusan ekonomi pembangunan memiliki peluang yang sama dalam meraih salah satu dari prospek kerja ekonomi pembangunan yang sudah kita bahas di artikel ini. Jadi, tingkatkan terus ilmu pengetahuan dan keterampilan agar peluang keberhasilanmu semakin besar!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah