Follow Us

  • Share

    Berapa Penghasilan Seorang Driver Uber Motor?

    Uber adalah perusahaan berbasis transportasi yang bersal dari San Fransisco, California, USA, yang awal mula menemukan aplikasi penyedia transportasi dengan menghubungkan penumpangnya dengan sopir kendaraan sewaan seperti taksi convensional.

    Uber sendiri yang mengatur layanan penjemputan yang sekarang sudah ada di berbagai kota di seluruh dunia. Mobil bisa dipesan melalui aplikasi, khusus pilihan yang terakhir bisa digunakan untuk melacak lokasi mobil pesanan untuk para pengguna Uber.

    Pendaftaran yang mudah menjadi semakin banyak orang-orang yang mendaftar Uber Motor sebagai pengemudi sehingga persaingan sesama Driver Uber Motor semakin keras, dan kesempatan mendapatkan orderan semakin kecil.

    Sistem tarif uber cenderung dinamis (selalu berubah tergantung permintaan) yang membuat tarif di Uber yang tiba-tiba meningkat kalau permintaan lagi banyak. Dan bisa jadi membuat pengguna ojek online lebih memilih ojek online lainnya yang menggunakan sistem tarif flat.


    Sistem Pembayaran Uber

    Driver uber motor semua berasal dari latar belakang pendidikan dan latar sosial yang berbeda seperti dari mantan tukang ojek, mahasiswa, seorang pengusaha, atau orang kerja kantoran bahkan pelatih olahraga. Biasanya Setiap periode pembayaran mulai hari Senin jam 4 pagi dan berakhir di hari Senin dan seterusnya 3:59 pagi.

    Anda akan menerima email di hari Senin dengan link ke laporan pembayaran. Anda juga bisa langsung masuk ke partner dashboard. Dan tersedia fitur untuk melihat laporan mingguan. Penghasilan Anda akan diberikan melalui deposit langsung ke akun bank Anda setiap seminggu sekali. Kalau Anda belum memasukkan info rekening bank, lalu masukan di vault.uber.com supaya Uber bisa membayarnya.

    Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah pastinya mendaftar sebagai mitra Uber. Setelah mendaftar, pastikan setiap pagi Anda sudah siap dengan motor yang bersih, dan tentunya kondisi mesinnya harus diperhatikan.

    Tapi sayangnya saat ini perusahaan Uber yang sempat santer terdengar, dan ramai di gunakan para pejabat di Indonesia sudah tidak ada lagi. Uber sudah tidak beroperasi lagi di kawasan Indonesia khususnya ibu kota jakarta. Karena kalah dengan ojek online yang lain.


    Cara Mendapatkan Keuntungan di Uber Motor

    Pada waktu Anda sedang mencari penumpang, sebaiknya tidak boleh terjadi sesuatu yang mungkin bisa menyebabkan penumpang kecewa. Dan Anda harus memastikan juga smartphone Anda dalam kondisi yang masih bagus tidak ada cacat, plus power bank yang sudah penuh sebagai antisipasi jika smartphone kehabisan baterai.

    Setelah motor dan juga smartphone siap, berikutnya bersiaplah untuk online dan menunggu penumpang yang memanggil Anda melalui aplikasi lalu berikanlah pelayanan yang maksimal pada pelanggan, seperti cara mengendara Anda yang harus bisa membuat penumpang nyaman, selalu tersenyumlah dengan penumpang, dan tidak membawa motor secara ugal-ugalan.

    Intinya cara mendapatkan omset besar dari uber motor adalah dari diri Anda sendiri, bagaimana Anda meng-handle waktu untuk mencari penumpang. Kalau Anda rajin giat untuk mencari penumpang dan gak pernah nolak penumang, selalu memberi pelayanan yang bagus, maka sangat besar kemungkinan Anda bakalan mendapatkan omset besar.


    Sistem Pembagian Hasil di Uber Motor

    Kalau Anda ingin bergabung di Uber menjadi driver motor, pastinya Anda ingin mengetahui bagaimana sistem pembayaran di Uber atau pembagian hasil yang ditawarkan kepada mitranya. Berikut dijabarkan tarif resmi Uber motor sesuai dengan di website resmi Uber langsung.

    Tarif Dasar : 1000 Rupiah

    Tarif Per Menit : 100 Rupiah

    Tarif Per KM : 1000 Rupiah

    Tarif Minimum : 1000 Rupiah

    Maksud dari keterangan di atas adalah misalkan customer ada yang order untuk menempuh jarak sepanjang 10 Km, untuk menyelesaikan orderan tersebut, aplikasi Uber memperkirakan perjalanan sepanjang 10 Km tersebut memakan waktu misalkan selama 30 menit, maka perhitungan tarifnya seperti berikut:

    Tarif berdasarkan jarak = jarak tempuh x jarak perkilometer

    =  10 km x 1000 = 10.000 Rupiah

    Tarif berdasaran waktu = waktu tempuh x tarif per menit = 30 x 100 = Rp3.000

    Maka total tarif uber sebanyak Rp13.000 Rupiah. Seperti inilah skema perhitungan sebagai contoh. Jadi Anda akan menerima uang dari konsumen sebanyak Rp13.000 dan akan menerima deposit dari Uber sesuai dengan jaminan argo per order. Apa sih maksudnya jaminan argo per order itu?

    Pihak Uber motor memperbarui sistem jaminan trip yang berlaku di Jakarta.

    Jumlah Hari Waktu Minimum Perjalanan
    30 ribu/ jam Senin - Jumat 5:00-9:0016:00-20:00 2
    18 ribu/ jam Senin - Jumat 10:00-16:0020:00-22:00 41
    18 ribu/ jam Sabtu - Minggu 7:00-11:0011:00-15:0015:00-19:00 2

    Apabila penghasilan yang didapat oleh driver masih dibawah jaminan order, maka pihak Uber akan mensubsidi kekurangannya sehingga driver mendapatkan penghasilan senilai jaminan order. Mungkin sistem bagi hasil ini akan berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak ubernya.

    Baca Juga: Contoh Lengkap Slip Gaji Karyawan


    Skema Hasil Tambahan Uber

    Berikut adalah pembagian hasil tambahan untuk Uber motor bisa dilihat dibawah ini

    Harga Perkalian Hari Waktu
    1,5 X Senin-Jumat 05:00 – 09:0016:00 – 20: 00
    1,3 X Jumat 09:00 – 16:00

    Contoh skema tersebut adalah jika seorang driver mengantar penumpang pada hari dan jam dengan perkalian 1,5 X, maka kalau tarif yang tertera di aplikasi adalah Rp20.000, maka 1,5 X Rp20.000 = Rp25.000. Ini artinya uber akan menambahkan Rp5.000 dari tarif yang tertulis pada aplikasi. Ada syarat dan ketentuan yang berlaku bila ingin mendapatkan tambahan ini seperti :

    • Maksimal penambahan dari Uber 50.000 ribu
    • Driver sudah menyelesaikan 70% dari tingkat penerimaan order
    • Minimal Rating driver adalah bintang 4,5
    • Tidak melakukan kecurangan pada saat menyelesaikan orderan.

    Baca Juga : Berapa Gaji PNS di Tahun 2017?

    Grab Sudah Tidak Beroperasi di Indonesia

    Tapi perlu Anda ketahui, bahwa Uber sudah lagi tidak beroperasi di Indonesia karena sudah diakuisisi oleh Grab perusahaan yang lahir dari negara tetangga yaitu Singapore. Jika Anda kangen menggunakan Uber ya tidak perlu bersedih dan khawatir, karena Anda bisa menggunakan aplikasi Uber.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah