Follow Us

  • Share

    Ini Contoh Lengkap Slip Gaji Karyawan!

    Apasih sebenarnya slip gaji itu? Anda semua pasti sudah mengetahuinya bagi karyawan atau pekerja menerima gaji dari tempat bekerjanya. Kalau jaman sekarang karena teknologi sudah maju, slip gaji dikirimkan melalui via email terlampir pada uang yang diterima, itulah pada umumnya yang biasa kita sebut slip gaji.

    Slip gaji adalah bukti otentik penerimaan gaji dari perusahaan kepada pegawai atau karyawannya. Tujuan adanya slip gaji sendiri adalah bukti tertulis jika suatu saat nanti timbul persepsi berbeda mengenai hak yang belum atau sudah dibayarkan. Bukti tertulis ini dianggap bukti yang kuat untuk menjelaskan hak karyawan atas upah itu sudah di bayarkan oleh sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh slip gaji karyawan:


    Contoh Gambar Slip Gaji

    Jika lengkap dalam slip gaji tersebut pastinya akan berpengaruh terhadap bagaimana keuntungan perusahaan yang memberikan gaji. Berikut Sepulsa akan memberikan contoh slip gaji karyawan yang dapat kamu lihat secara detil di bawah ini.


    Contoh Slip Gaji Pegawai Swasta:

    Contoh Slip Gaji Hilton International
    Slip Gaji dari Hilton International

    Contoh Slip Gaji PNS:

    Contoh Slip Gaji Gsoft Indonesia
    Slip Gaji dari Gsoft Indonesia

    Contoh Slip Gaji Guru Sekolah

    Contoh Slip Gaji Guru Sekolah
    Slip Gaji Guru Sekolah

     


    Aturan Pemerintah Mengenai Slip Gaji

    Untuk melindungi hak-hak para karyawan, pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai aturan yang berisi tentang pelaksanaan sistem kerja. Aturan ini dikenal sebagai Undang-Undang Ketenagakerjaan. Seorang HRD harus paham mengenai UU Ketenagakerjaan ini, begitu pula dengan karyawan itu sendiri agar ia tahu betul apa saja yang menjadi haknya pada saat bekerja di suatu perusahaan.


    Manfaat Slip Gaji

    Pembuatan slip gaji sebagai bukti pembayaran imbalan jasa. Seperti sebagai contoh karyawan merasa gajinya belum dibayarkan sedangkan dari pihak perusahaan sudah merasa membayarkan seluruh gaji. Maka, slip ini bisa menjadi bukti tertulis yang membantu Anda. Slip gaji ini wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawan agar mereka bisa mengetahui perhitungan gaji mereka secara detil.

    Semisal jika seorang karyawan memiliki gaji normal sebesar Rp10.000.000, namun di awal bukan ia hanya menerima sebesar Rp9.000.000, tentu ini akan membuat si karyawan kebingungan. Dengan slip gaji karyawan bisa melihat rincian perhitungan gaji kenapa bisa berkurang, misalnya karena keterlambatan atau mungkin izin tidak masuk ke kantor.

    Dari slip gaji, pemberi kredit bisa menganalisis kemampuan secara finansial Anda dari penghasilan per bulan. Dengan kata lain, slip gaji pun bisa sangat berguna untuk karyawan selain menunjukkan perhitungan upah secara detil. Misalnya seperti bila ingin mengajukan KPR atau sekadar mengambil kredit alat elektronik. Biasanya mereka membutuhkan slip gaji Anda untuk  bukti bahwa Anda benar memiliki gaji.


    Rincian Hak Penerima Gaji

    Jika data diri yang ada sudah sesuai, lalu pada bagian bawahnya terdapat rincian tentang hak apa saja yang harus diterimanya. Untuk rincian hak memang biasa dibuat lebih atas dibandingkan dengan rincian potongan. Sesuai dengan pengertian gaji sendiri, dimana gaji merupakan komisi atas kerja keras karyawan. Rincian hak akan sangat lebih penting dibanding dengan rincian potongan untuk karyawan. Karena kita harus tau secara jelas hak apa saja yang kita dapat dan yang di potong dari gaji pokok.

    Selain itu juga rincian hak juga diperlukan untuk menjelaskan besar komisi yang diberikan perusahan tersebut. Biasanya setiap perusahaan akan merinci dengan sangat detail untuk bagian hak ini supaya tidak ada perseturuan antara karyawan dan perusahaan dan tetara jelas. Karena perusahaan ingin membuat stigma yang baik bagi para karyawannya dengan membuat sederet rincian hak. Yang seolah-olah banyak tunjangan atau tambahan yang diterima oleh karyawan tersebut.

    Berlanjut ke format dokumen slip gaji karyawan pada bagian bawah rincian hak, yaitu rincian potongan. Mendengar kata-kata potongan gaji saja seakan sudah menyurutkan semangat kerja karyawan. Tetapi dibalik semua itu, harusnya sebagai seorang karyawan anda memahami dengan baik dan mengambil pelajaran atasnya, lalu sebisa mungkin menghindari hal-hal yang membuat gaji anda mendapat potongan.

    Tidak semuanya potongan pada slip gaji yang berisikan tentang kesalahan karyawan yang membuatnya harus menerima potongan gaji. Ada juga yang berisikan potongan wajib, misalnya potongan untuk dana sosial, potongan untuk kas wajib karyawan dan lain sebagainya tergantung kebijakan masing-masing saja.

    Slip Gaji Online

    Kini perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah menerapkan yang namanya payslip online atau bisa disebut juga slip gaji online. Jadi Anda sang penerima gaji yang sewaktu-waktu membutuhkan slip gaji, tidak perlu lagi untuk mencari-cari di tumpukan kertas yang sudah berdebu. Anda hanya perlu mencarinya di email dan bisa langsung Anda print out.

    Baca Juga


     

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah